Cara Membuat Kandang Hamster dengan Mudah dan Sederhana

Apakah Anda mau memelihara hamster?  Jangan lupa untuk menyiapkan kandangnya dengan baik.  Oleh karena itu, perhatikan ulasan cara membuat kandang hamster di bawah ini!

Untuk memeliharanya sebenarnya tidak memerlukan perawatan yang sulit. Dengan asumsi Anda mengetahui beberapa hal sebelum memelihara hamsternya. Salah satu yang perlu disiapkan yaitu kandang hamster.

Cara membuat kandang hamster ini penting untuk diketahui bagi Anda yang sedang memulai memelihara hewan lucu ini. Dengan kandang yang baik pastinya akan membuat hamster nyaman dan bisa tumbuh dengan sehat.

Seperti apa cara membuat kandang hamster yang nyaman? Yuk cermati ulasan cara membuat kandang hamster di bawah ini !

Cara Membuat Kandang Hamster dengan Mudah dan Sederhana
Gambar Via : petpintar


Gampang Babget! Begini Cara Mudah Membuat Kandang Hamster Sendiri

Cara membuat kandang hamster ini akan membantu Anda dalam menghemat pengeluaran biaya dalam memelihara hamster. Pasalnya Anda Cuma harus membeli bahan-bahan untuk membuat kandang, bahkan Anda pun bisa menggunakan kayu atau bahan bekas lain untuk membuatnya. 

Jadi biaya yang keluar pasti akan lebih sedikit dibanding Anda harus membeli kandang hamster yang sudah jadi. Jadi sangat murah bukan?

Selain itu, Anda juga dapat mengkreasikan kandang hamster Anda sesuai selera. Nah, seperti apa cara membuat kandang hamster? Cermati ulasan di bawah ini :

Cara Membuat Kandang Hamster Sendiri yang Mudah dan Sederhana 

Sebelum membangun kandang hamster, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membuat kandang yang nyaman.  Diantaranya yaitu menentukan ukuran, bahan-bahan atau benda yang ingin kita taruh di kandang, dan mainan untuk bermain hamster.

Berikut persiapan atau tips mengenai cara membuat kandang hamster dengan benar :

1. Ukuran Kandang Harus Sesuai

Sudah pasti bahwa hal pertama yang harus diperhatikan saat membuat kandang hamster adalah ukuran yang tepat untuk hamster Anda.  Jika ukuran kandangnaya tidak sesuai, bisa jadi hamster akan merasakan terganggu dan stres di dalam kandangnya. 

Anda bisa menentukan ukuran kandang hamster dari seberapa besar hamster Anda dan seberapa banyak hamster yang akan dipelihara.

Baca Juga :

9 Cara Merawat Hamster agar Tumbuh Sehat & Tidak Cepat Mati

7 Cara Membedakan Hamster Jantan & Betina (Mudah & Akurat)

10 Ciri-Ciri Hamster Stres dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

 5 Cara Menjinakkan Hamster Galak agar Bisa Dipegang Manusia

Disarankan untuk membuat kandang yang besar karena hamster lebih menyukai kandang yang besar dan luas.  Untuk ukuran satu hamster normal , sebaiknya memilih ukuran minimal 35 x 35 x 35 cm untuk kandangnya.

Jadi Anda bisa membuat kandang hamster berbentuk akuarium dari bahan yang digunakan di rumah anda.  Tentu saja, jika Anda berencana memelihara banyak hamster, kandang yang Anda butuhkan juga harus lebih besar lagi.

2. Berikan Alas pada Kandang Hamster 

Selain faktor ukuran dan keamanan kandangnya, Anda juga harus memperhatikan faktor kenyamanan hamster saat menghuni kandang tersebut. Pemberian imunisasi dasar di kandang hamster memungkinkan hamster untuk hidup nyaman di dalam kandangnya.

Hamster pada dasarnya adalah hewan pengerat yang suka menggali dan mencari jalan lain. Untuk alasnya, Anda bisa menggunakan serbuk kayu ataupun pasir. Selain sebagai media mainan untuk menggali, alas ini juga dapat digunakan untuk menghangatkan tubuh.

3. Jangan Biarkan Kandang Terbuka

Hal yang harus diperhatikan dalam cara membuat kandang hamster yang sederhana adalah dengan membuat kandang hamster yang tertutup. Ini karena hamster adalah hewan yang cukup cerdas, jadi Anda harus menutup celah yang bisa memungkinkan hamster keluar kandang.

Baca Juga :

7+ Cara Merawat Hamster Agar Tidak Bau (Mudah dan Terbukti)

6+ Cara Mengawinkan Hamster dengan Benar (Terbukti Berhasil)

8+ Penyebab Bulu Hamster Rontok beserta Cara Mengatasinya

Selain itu, kandang hamster juga tertutup rapat juga akan mencegah hewan lain masuk ke kandang hamster. Jadi hamster Anda akan aman jika kandangnya tertutup.

Jangan salah pemahaman ya, kandang yang tertutup itu bukan berarti tidak ada ventilasi udara. Anda juga harus memastikan sirkulasi udara di dalam kandang hamster cukup baik agar hamster tidak kehabisan oksigen.

jika Anda menggunakan wadah tanpa celah seperti akuarium, pastikan bagian atasnya terbuka dan usahakan sisi akuarium tetap tinggi agar hamster tidak bisa menjangkau untuk berusaha keluar. Dengan demikian sirkulasi udara di dalam kandang akan tetap aman.

Jika Anda membuat kandang dari jeruji besi, justru hal ini akan memperlancar sirkulasi udara dari kandang hamster.

4. Sediakan Tempat Makan dan Minum

Hal lain yang tidak boleh Anda lewatkan  Sediakan makanan dan minuman khususnya untuk hamster, dan produk tersebut bisa anda dapatkan dari toko hewan terdekat.  Tujuannya untuk mencegah makanan dan minuman hamster tidak berceceran yang bisa mengotori alas kandang hamster.

Letakkan wadah makanan sedikit lebih tinggi karena wadah hamster akan mengacak-acak wadah makanan tersebut. Jadi Anda bisa memasangnya sedikit lebih di atas.

Sedikit fakta menarik makanan hamster, ia terbiasa menyimpan makanan di pojok favoritnya agar tidak mencarinya terlalu jauh saat lapar.

5. Memberi Mainan pada Kandang Hamster

Salah satu alasan kandang hamster Anda begitu besar adalah karena Anda bisa memasukkan hamster ke dalam kandang. Beberapa mainan hamster, seperti roda putar merupakan permainan berguna karena dengan adanya mainan tersebut dapat mengurangi tingkat stres hamster.

Selain itu masih banyak lagi mainan yang bisa kamu buat di dalam kandang hamster, jika kondisinya hanya 1, yang terpenting kamu memiliki kandang yang besar.

Baca Juga :

4+ Macam Perbedaan Hamster dan Tikus yang Mudah Dikenali

Hamster Syrian dan Harga | jenis Hamster Syrian & Cara Merawat

Hamster Campbell dan Harganya | Jenis, Ciri, dan Cara Merawat

Hamster Roborovski | Harga, ciri, Makanan, dan Cara Merawatnya

Nah, jika Anda tidak memiliki kandang yang cukup besar, Anda tidak perlu memberikan mainan pada hamster. Jika Anda tetap memaksa, justru akan membuat hamster stress.

Buat serbuk gergaji dan talang sehingga Anda bisa bermain-main dengannya.

6. Usahakan Membeli Aksesori Kandang Terpisah

Anda sebaiknya memilih kandang dengan aksesoris terpisah. Banyak teman pecinta hamster yang tidak mau membuat kandang hamster sendiri, sehingga lebih suka membeli kandang hamster yang sudah jadi dan dilengkapi aksesorisnya.

Namun kenyataannya mereka kurang puas dengan kualitas kandang tersebut.

Beberapa aksesori atau mainan mungkin tidak berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, Anda sebisa mungkin tidak membeli kandang hamster yang sudah jadi.

Biasanya hamster merasa tidak nyaman dengan desainnya, jadi lebih baik Anda membuat kandang hamster sendiri. Sehingga bisa mengkreasikan sesuai kemauan Anda.

Itulah beberapa Tips Cara Membuat Kandang Hamster Sendiri dengan Mudah dan Sederhana

Dengan ulasan di atas, tentunya sekarang Anda sudah cukup mengetahui tentang cara membuat kandang hamster. Kenyamanan dalam kehidupan hamster sangat penting baginya untuk dapat hidup lebih lama atau tinggal lebih lama.  

Semoga artikel di atas dapat bermanfaat, sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Kandang Hamster dengan Mudah dan Sederhana"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel