10 Ciri-Ciri Hamster Stres dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

Apa saja ciri-ciri hamster yang sedang stres? Jangan sampai lengah, yuk cari tahu apa saja ciri-ciri hamster yang stress beserta cara mengatasinya di bawah ini!

Mungkin ciri-ciri hamster yang stres jarang Anda jumpai, oleh karena itu Anda tidak mengetahui seperti apa hamster stress itu. Sehingga jika Anda telat dalam mengambil tindakan, maka bisa berdampak seriun pada hamster.

Seperti yang Anda telah ketahui bahwa hamster merupakan hewan yang berumur pendek. Hewan yang menggemaskan ini sangat peka terhadap lingkungan dan ini membuat mereka lebih mudah sakit.

10 Ciri-Ciri Hamster Stres dan Cara Mengatasinya dengan Mudah
Gambar Via : petpintar


Ciri-Ciri Hamster Stres beserta Cara Mengatasinya dengan Mudah

Sedikit saja perubahan lingkungan tempat tinggal, maka bisa menyebabkan hamster stres.  Saat stres terjadi, hamster akan jatuh sakit yang bisa berakibat fatal, bahkan kematian. Jadi Anda harus merawatnya dengan baik dan benar.

Jika Anda membeli hamster dan menjumpai perilaku atau ciri-ciri hamster stress di bawah ini, Anda harus berhati-hati. Mungkin saja hamster Anda sedang stres dan bertingkah laku aneh. Nah, bagi pemula yang belum paham apa saja ciri-ciri hamster sters, berikut akan dijabarkan penjelasannya!

Apa saja ciri-ciri hamster stres? Bagaimana cara mengatasi stres pada hamster?

Karakteristik dan Ciri-Ciri Hamster Stres 

Faktor stres sebenarnya berbeda untuk setiap hamster. Ada hamster yang stres dengan lingkungan, ada yang tidak stres karena tidak dirawat dengan baik atau takut akan bahaya yang berhubungan dengan makhluk hidup lain.

Itu semua tergantung pada jenis hamster yang Anda pelihara, namun di bawah ini beberapa ciri hamster stres pada umumnya. Berikut penjelasan :

1. Tubuh Hamster Gemetar

Saat hamster merasakan ketakutan, biasanya ia mengalami ketegangan otot. Dalam beberapa kasus, hamster yang stres menunjukkan bahwa kekakuan otot ini begitu kuat sehingga tubuh hamster terlihat gemetar seperti orang yang ketakutan.

2. Perilaku agresif

Stres menyebabkan hamster berperilaku agresif. Selain agresif, mereka tidak takut untuk bereaksi terhadap apapun yang mendekati mereka.

Saat hewan pengerat ini memperlihatkan gigi, menggerakkan telinganya ke belakang dan menggeram seperti marah, itu artinya mereka siap menyerang.

Dalam situasi seperti itu, Anda harus menghindari hamster dan memberinya kesempatan untuk menenangkan diri agar merasa lebih aman.

Namun, jika Anda memperhatikan bahwa hamster terus-menerus agresif dan bersiap menyerang siapa saja, segera hubungi dokter hewan terdekat.

3. Perilaku hamster terlihat terlalu berlebihan

Hamster yang stres di lingkungan sangat hiperaktif bahkan di kandangnya sendiri. Mereka pindah ke sini secara tidak teratur, mencoba keluar dari kandang dan tampak lebih gugup dari biasanya.

Baca Juga :

 10 Jenis Hamster dan Harganya | Jinak & Lucu untuk Dipelihara

Hamster Syrian dan Harga | jenis Hamster Syrian & Cara Merawat

Hamster Campbell dan Harganya | Jenis, Ciri, dan Cara Merawat

Ini semua adalah tanda atau indikasi hamster stres yang berusaha mencari cara untuk menyingkirkannya.

4. Suara hamster

Padahal, hamster adalah hewan yang pendiam. Namun, saat sedang stres, hewan kecil ini mengeluarkan suara yang khas dan bisa dikenali. Hamster yang bersuara dan berteriak biasanya terjadi saat ada bahaya.

Ini bisa jadi pertanda hamster stres yang harus Anda waspadai. Ini sangat jarang terjadi pada hamster yang sehat.

5. Perilaku tidak biasa

Jika hamster Anda tidak dikelilingi oleh lingkungan yang menyenangkan, ia akan menjadi destruktif dan sangat agresif. Setiap hamster harus berada dalam lingkungan yang mendukungnya dalam melatih kemampuan fisik, emosional, dan sosialnya.

Jika setiap hamster tidak hidup dalam lingkungan yang mendukung, ia akan mencoba menghabiskan energinya dan mengurangi stres dengan cara lain. Salah satunya dengan kebiasaan dan perilaku yang tidak jelas di dalam kandang.

6. Rambut rontok hamster

Hamster yang menderita stres sering kali mengalami kerontokan rambut. Hamster yang stres mungkin mulai kehilangan bulunya atau memiliki rambut berminyak.

Dalam kasus yang parah, beberapa hewan pengerat menggaruk bulunya tanpa menyadari bahwa bulunya berjatuhan. Meski stres bukan satu-satunya penyebab rambut rontok hamster, itu tandanya Anda perlu lebih memperhatikannya.

7. Perilaku berulang

Perilaku yang diulangi-ulang umumnya terjadi pada kebanyakan hewan yang stres. Contohnya seperti menggaruk badan secara terus menerus, mengendus-endus serbuk gergaji secara terus menerus di dalam sangkar, dan lainnya.

Dalam kasus yang lebih parah, hamster mungkin dapat melukai dirinya sendiri. Jika bagi para pemula yang pertama kali melihat tingkah hamster seperti ini, pasti akan sangat khawatir.

8. Hamster selalu berembunyi

Hamster biasanya bersembunyi saat tidur dan makan. Jika Anda memperhatikan bahwa mereka sering bersembunyi di balik batu atau mainan hamster, itu artinya mereka sedang stres.

Ini mungkin terjadi saat pertama kalinya Anda membeli hamster. Hamster sering kali bingung dan stres saat berada di lingkungan baru.

Jadi, proses beradaptasi dengan lingkungan baru benar-benar membuat stres. Saat Anda melihat hamster yang baru diadopsi bersembunyi, hal itu bisa menimbulkan stres karena ia belum bisa beradaptasi dengan lingkungan barunya.

9. Mencoba kabur

Hamster yang sedang stress akan mencoba untuk melarikan diri dari kandangnya. Ini sebenarnya wajar karena berusaha keluar dari lingkungan negatif. Saat hamster bangun atau siap lari dari Anda, telinga dengan pipi menonjol akan keluar.

10. Hamster tidak mau makan

Hamster di kandang yang stres biasanya menolak makan dan minum. Bahkan jika sedang stres, mereka terkadang tidak menyimpan makanan. Seperti yang kita ketahui, hamster selalu menyimpan makanannya saat lapar di malam hari.

Jika Anda melihat hamster dengan ciri-ciri tersebut, berarti ada masalah kesehatan mental yang juga memengaruhi kesehatan fisiknya.

Nah, jika Anda melihat hamster stres dalam waktu yang lama, sebaiknya segera bawa ke dokter hewan untuk penanganan yang lebih serius.

Cara Mengatasi Stres pada Hamster

Jika hamster kesayangan Anda mengalami ciri-ciri di atas, biarkan sejenak. Di bawah ini terdapat beberapa cara mudah dalam mengatasi hamster yang stress. Berikut penjelasannya :

1. Tempatkan kandang di ruangan yang tenang

Seperti hewan peliharaan lainnya, hamster menginginkan kandang yang aman dan tenang. Jika Anda memiliki hewan peliharaan lain dengan ukuran yang lebih besar, sebaiknya jauhkan kandangnya dari kandang hamster. Jika tidak, hamster kesayangan Anda akan stress, karena merasa takut.

2. Berkomunikasi dengan hamster

Jika Anda memiliki hamster baru, Anda harus merawatnya dengan baik dan memperlakukannya dengan lembut. Beri dia hadiah untuk menarik perhatian Anda.

Setelah hamster terbiasa, carilah waktu bersamanya dengan jadwal yang teratur agar Anda dapat berkomunikasi dengan lebih baik.

3. Membuat lingkungannya semenarik mungkin

Faktor kebosanan merupakan masalah stres utama bagi hamster. Oleh karena itu, Anda perlu mengaturnya agar kandang hamster semakin menarik. Berikan mainan yang bisa melayih mental dan fisiknya.

Hewan peliharaan seperti hamster membutuhkan mainan seperti roda, bola, atau tabung mainan untuk menghilangkan stres.

Itulah Ciri-Ciri Hamster yang Stres beserta Cara Mengatasinya

Patut diperhatikan jika gejala di atas berlangsung lama, maka segera hubungi dokter untuk penanganan yang lebih intensif lagi. Semoga ulasan di atas mengenai ciri-ciri hamster stress dan cara mengatasinya bisa bermanfaat. Sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Belum ada Komentar untuk "10 Ciri-Ciri Hamster Stres dan Cara Mengatasinya dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel