Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Sampah Dan Strukturnya

Teks observasi tentang sampah-Teks observasi adalah teks yang berisi penjabaran umum atau informasi berdasarkan hasil pengamatan (observasi). Teks observasi menggambarkan bentuk, ciri, sifat dari sebuah objek berupa hewan, tumbuhan, benda ataupun peristiwa yang terjadi di alam semesta.

Nah di bawah ini akan kita bahas mengenai contoh teks observasi yang berdasarkan pada objek sampah. Seperti apa contohnya? Yuk cermati ulasan di bawah ini :

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Sampah Dan Strukturnya

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Sampah Dan Strukturnya

Sampah

  • Definisi Umum

Sampah merupakan barang atau benda yang dibuang karena tidak terpakai lagi dan biasanya menjadi limbah. Sampah merupakan material sisa yang kurang memiliki nilai ekonomis. Sampah sendiri bisa berasal dari manusia, alam, pertambangan dan lainnya.


Baca Juga : Teks Laporan Hasil Observasi-Struktur, Kaidah, Ciri-Ciri &Contoh

Sampah menjadi salah satu masalah serius yang harus diatasi, khususnya di kota-kota besar. Banyak sekali bencana yang ditimbulkan akibat pembuangan sampah sembarangan, misalnya banjir. Sampah berdasarkan pada sifatnya dibedakan menjadi dua, yaitu sampah organik dan sampah anorganik.

  • Deskripsi Bagian

Sampah organik merupakan jenis sampah yang dapat diuraikan atau mudah membusuk. Sampah organic biasanya berasal dari tumbuh-tumbuhan. Contohnya adalah sisa sayuran, buah-buahan, daun keringm dan lainnya.

Sampah anorganik adalah sampah yang terdiri atas unsur yang tidak dapat diproses secara alami, artinya sampah anorganik sulit diuraikan atau membutuhkan waktu lama untuk menguraikan. Contohnya yaitu kaleng, plastik, dan lainnya.

Baca Juga : Teks Prosedur-Pengertian, Struktur, Tujuan, Kaidah, Dan Contoh

Sampah organik terbagi lagi menjadi sampah organik basah atau sampah organic yang masih mengandung air misalnya kulit buah ataupun sayuran dan sampah organik kering, misalnya dedaunan kering dan ranting pohon.

Sampah anorganik dapat dibedakan menjadi dua, yaitu sampah anorganik yang dapat didaur ulang (recyclable) dan sampah anorganik yang tidak dapat didaur ulang (non recyclable). Sampah recyclable contohnya adalah sampah plastik yang tidak terpakai, dan bisa menjadi bahan daur ulang untuk menciptakan barang yang memiliki nilai guna dan ekonomis serta sampah yang tidak dapat didaur ulang adalah therm coal dan karbon paper.

  • Deskripsi manfaat

Semua sampah sebenarnya masih bisa dimanfaatkan, tergantung pada kreativitas yang dimiliki seseorang. Misalnya sampah organik cocok untuk pembuatan pupuk kompos yang baik untuk perkembangan tumbuhan dan kesuburan tanah. Tak hanya itu, sampah anorganik juga bisa didaur ulang menjadi peralatan yang mempunyai fungsi dan nilai jual tinggi. Misalnya plastik bisa didaur ulang menjadi peralatan ataupun mainan yang terbuat dari bahan dasar plastik.

Kesimpulan

Nah, itulah contoh dari teks observasi tentang rumah, semoga contoh tadi bisa menjadi referensi bagi sobat dalam berkarya melalui teks observasi. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Sampah Dan Strukturnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel