Hamster Syrian dan Harga | jenis Hamster Syrian & Cara Merawat

Hamster Syria (Syria hamster) merupakan hamster terbesar diantara jenis hamster lainnya.  Seperti namanya, hamster ini berasal dari Syria dan karena warnanya yang coklat muda maka hamster Syria ini juga disebut dengan golden atau bear hamster.  Dengan perkembangan teknologi breeding maka warna hamster Syria pun berbeda, bahkan polanya pun berbeda.

Jenis hamster ini memiliki tubuh yang padat, berekor kecil yang hampir tidak terlihat karena ditutupi dengan bulu tubuh.

Meskipun tubuhnya agak besar, namun hamster syria memiliki telinga dan mata yang kecil. Keistimewaan hamster ini adalah kemampuannya dalam menyimpan makanan di kedua pipinya di dalam kantong pipi. Jadi kalau makan, terlihat mengemaskan bukan? 

Hamster Syrian dan Harga | jenis Hamster Syrian & Cara Merawat
Gambar Via : duniaq


Mengenal Hamster Syria dan Harganya + Ciri-Ciri dan Cara Perawatannya

Dikutip dari laman Wikipedia, hamster Syria atau Golden Hamster memiliki nama latin Mesocricetus Auratus adalah jenis hamster yang masih anggota subfamily Cricetinae. Di alam bebas, jenis hamster ini mulai terancam kepunahannya karena dijadikan sebagai hewan peliharaan dan untuk penelitian. Oleh karena itu, jenis hamster ini disebut dengan Golden Hamster.

Hamster dewasa berukuran 13-20 cm dengan berat badan dewasa 120-125 gram. Hamster ini juga menjadi salah satu jenis hamster yang menjadi buronan karena memiliki bentuk tubuh yang lucu dan menggemaskan.

Hamster Syrian (The Gold Hamster) 


Ciri-Ciri Hamster Syria

Berikut karakteristik yang dimiliki hamster Syria :

  • Pergerakan tubuh lambat (karena tubuh relatif besar)
  • Memiliki sifat soliter / suka menyendiri
  • Beberapa jenisnya memiliki bulu yang panjang
  • Ukuran hamster dewasa bisa bisa mencapai 12 sampai 20 cm.
  • Sangat lembut dan ramah kepada orang-orang
  • Salah satu jenis hamster yang tidak suka menggigit
  • Hamster Syria merupakan hewan nokturnal yang menghabiskan waktu pada malam hari dan beristirahat pada siang hari.

Jenis Bulu Hamster Syria 

Menurut laman rajapetsop, secara genetik, hamster memiliki bulu yang pendek, namun berkat rekayasa dan perkawinan silang, mereka menjadi hamster dengan jenis bulu yang berbeda. Berikut jenis-jenis hamster berdasarkan jenis bulunya :

  • Long hair atau disebut juga teddy bear atau angora. Jenis hamster ini memiliki bulu yang panjang, namun hanya hamster jantan yang dapat memiliki bulu hingga sepanjang 7-10 cm. Hamster berbulu panjang membutuhkan perawatan khusus agar bulunya tetap sehat dan teratur.
  • Satin, yaitu jenis hamster Syria yang berambut mengkilat. Namun hamster berbulu satin sebaiknya tidak dikawinkan karena akan menghasilkan keturunan dengan bulu yang kasar dan tipis.
  • Rex merupakan jenis bulu hamster yang keriting atau bergelombang tapi pendek. Jenis hamaster berambut rex ini umumnya ada Eropa.

Jenis Warna Hamster

Sesuai yang dilansir dari berbagai laman, warna-warna hamster Syria merupakan hasil persilangan induk dengan warna yang berbeda untuk mendapatkan warna yang baru. Berikut warna-warna hamster Syria :

  • Beige, warna ini muncul hasil persilangan antara hamster warna coklat dengan hamster warna abu-abu. Waktu kelahiran, biasanya warna beige ​​memiliki ukuran yang paling kecil dengan ekor yang melengkung.
  • Hitam, yaitu hamster yang berwarna hitam dari ujung kepala sampai ujung kaki, tetapi ada hamster dengan perut dan telapak kaki yang berwarna putih.
  • Krem, ada tiga jenis hamster berbulu krem yang dibedakan berdasarkan warna matanya. Yaitu merah, hitam dan ruby ​​(merah keunguan). Telinga hamster bermata merah lebih pucat dari warna tubuhnya.
  • Sable, yaitu hamster berwarna gelap sehinga sering disamakan dengan warna hitam. Warna bulu hamster ini lebih ke abu-abu, namun lebih gelap, dimana bulu bagian permukaan berwarna hitam, sedangkan bulu bagian dalam dan sekitar mata berwarna krem.
  • Putih, hamster bulu putih juga bisa dibedakan berdasarkan warna telinganya, yaitu telinga berwarna putih dan telinga yang berwarna lebih gelap. Hamster dengan telinga yang berwarna sama dengan tubuhnya yang putih disebut hamster albino.

Umur hamster Syria

Hamster Syira dapat hidup hingga 2-3 tahun dan menjadi dewasa secara seksual atau siap kawin pada usia 2-3 bulan. Waktu bertahan hidup hamster bergantung pada :

  • Genetika / keturunan
  • Makanan dan nutrisi
  • Pemeliharaan
  • Lingkungan sekitar
  • Latihan / aktivitas fisik
  • Sakit

Perbedaan Hamster Syria dan Hamster Biasa (Dwarf)

Hamster Syria jelas berbeda dengan hamster jenis biasa, berikut beberapa perbedaan baik secara fisik maupun karakter atau sifatnya :

  • Ukuran hamster Syria lebih besar dari pada hamster dwarf
  • Hamster Syria lebih sedang soliter atau hidup sendiri, sedangkan dwarf hidup berkelompok atau koloni
  • Hamster Syria memiliki ragam warna yang lebih beragam dibandingkan dengan hamster dwarf
  • Hamster Syria dapat tetap jinak bahkan setelah beberapa hari diabaikan, sedangkan hamster dwarf harus selalu mendapat perhatian dan sentuhan tangan manusia untuk menjinakkannya.

Cara Perawatan Hamster Syria

Merawat hamster Syria ini tergolong mudah karena jenis hamster ini tergolong hewan soliter atau suka menyendiri. Jadi apabila tidak ada pasangan atau temannya, Anda tidak perlu khawatir akan stres. Meskipun merupakan hewan individu, Anda harus tetap memberikan waktu bermain hamster untuk meningkatkan hubungan antara pemilik dan hewan tersebut.

Selain itu, hamster Syria termasuk hewan yang bersih, jadi dengan memberikan kandang yang cukup lebar maka akan lebih memudahkan hamster untuk mencari tempat yang bersih (tidak akan bercampur dengan kotoran atau fesesnya). 

1. Makanan

Sesuai yang terlansir dalam laman rajapetsop, menu makan hamster harus baik, yaitu terdiri dari biji-bijian, kacang-kacangan dan sereal dengan minimal kandungan protein 12-15% dan lemak 3-6%.  

Untuk hamster yang sedang hamil dan menyusui pasti membutuhkan lebih banyak protein dan lemak.  Selain makanan, Anda juga bisa memberi buah-buahan, tapi pastikan tidak ada sisa-sisa pestisida, karena bisa menyebabkan diare pada hamster.

2. Makanan / Cemilan Tambahan

Hamster juga sangat menyukai camilan untuk menambah kebutuhan proteinnya. Selain itu, jumlah camilan yang diberikan juga tidak boleh berlebihan, karena beberapa makanan mungkin terlalu berbahaya jika diberikan secara berlebih. Berikut contoh camilan atau makanan tambahan yang bisa diberikan pada hamster :

  • Biji bunga matahari
  • Keju
  • Putih telur rebus
  • Hay

Selain itu, pastikan juga bahwa di kandang hamster Anda selalu tersedia air minum. Wadah makanan atau botol minuman harus terbuat dari bahan yang tidak mudah menggigit.

2. Kandang Hamster

Hamster Syria termasuk hewan soliter atau suka menyendiri, meskipun saat usia bayi masih berkelompok atau bergerombol, namun ketika mulai umur 4-5 minggu maka harus  dipisahkan. Selain itu, jika Anda memiliki lebih dari 1 hamster, maka harus disediakan media pemisah keduanya.  

Serutan kayu yang lembut bisa digunakan di dasar kandang sehingga hamster dapat menggali seperti aslinya.  Gergaji kayu menjadi pilihan yang tepat untuk memberikan kenyamanan dalam kandang hamster. Sertan kayu yang lunak dan bebas debu sangat membantu dalam mengurangi risiko alergi dan iritasi. Anda juga dapat menambahkan aroma buah segar bisa membuat kandang hamster semakin nyaman.

Kandang yang disediakan haruslah luas agar hamster tidak stress, dengan tambahan tempat bermain atau latihan seperti roda, agar hamster tidak menderita stress dan mencegah terjadinya obesitas pada hamster. Sesuaikan juga ukuran roda dengan ukuran tubuh hamster agar tidak terlalu sempit.

Itulah ulasan Hamster Syria dan Harganya + Ciri-Ciri dan Cara Merawatnya

Semoga ulasan di atas mengenai apa itu hamster Syria dan harganya dapat menjadi referensi bagi Anda yang sedang mencari hewan peliharaan. Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Belum ada Komentar untuk "Hamster Syrian dan Harga | jenis Hamster Syrian & Cara Merawat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel