7 Cara Membedakan Hamster Jantan & Betina (Mudah & Akurat)

Cara membedakan hamster jantan dan betina memang menjadi salah satu hal yang penting untuk Anda para pecinta hamster ketahui. Dengan mengetahui cara membedakan hamster jantan dan hamster betina, maka saat membeli hamster Anda tidak akan salah.

Hamster adalah salah satu hewan menggemaskan dan lucu, sehingga banyak orang yang tertarik memeliharanya. Mulai dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa pun menyukai hewan ini.

Bagi Anda yang masih pemula atau awam mengenai hamster, khususnya dalam cara membedakan hamster jantan dan betina. Anda harus membaca uraian di bawah ini agar nantinya bisa membedakan hamster jantan dan betina dengan benar.

Seperti apa perbedaan hamster jantan dan betina? Cermati ulasannya di bawah ini!

7 Cara Membedakan Hamster Jantan & Betina (Mudah & Akurat)
Gambar Via : arenahewan


Cara Mudah dan Akurat untuk Membedakan Hamster Jantan dan Betina

Sebelum berkanjut, alangkah baiknya Anda mengetahui perbedaan hamster dengan spesies terdekatnya yaitu tikus. Pasalnya, masih ada orang yang menganggap hamster itu sama seperti tikus. Kedua spesies ini pada dasarnya sangat berbeda, jika dilihat saja hamster lebih besar dan lebih tebal bulunya daripada tikus dengan bentuk tubuh kecil.

Perbedaan Hamster dan Tikus

Berikut perbedaan hamster dan tikus pada umumnya :

  • Ukuran hidung dan mulut tikus yang yang lebih panjang daripada hamster
  • Tikus memiliki gigi yang lebih tajam daripada gigi hamster
  • Hamster memiliki ekor yang relatif pendek tidak terlihat, khususnya hamster Robrosky. Sedangkan tikus memiliki tikus ekor yang lebih panjang, sehingga keseimbangan tubuhnya lebih terjaga
  • Hamster memiliki kantong di pipi yang dapat menampung dan menyimpan makanan. Berbeda dengan tikus yang tidak memiliki kantong di pipinya, mereka lebih suka makan makanan secara langsung.  
  • Tikus umumnya hidup di tempat yang kotor, lembab, becek, dan sering dijumpai di selokan. Itu membuat orang merasa jijik. Ini sangat berbeda dengan hamster yang biasanya memiliki habitat yang lebih bersih dan tentunya sangat cantik.

Cara Membedakan Hamster Jantan dan Betina

Setelah mengetahui perbedaan antara hamster dan tikus, selanjutnya Anda harus mengetahui cara membedakan antara hamster jantan dan betina. Kebanyakan orang pada umumnya tidak terlalalu cermat dalam membedakan hamster jantan dan betina. 

Seperti apa cara membedakan hamster jantan dan betina? Cermati uraian lengkapnya di bawah ini :

1. Kelamin

Cara pertama membedakan hamster jantan dan betina yaitu dengan melihat alat kelaminnya. Cara membedakannya bisa dengan meraba bagian atas pada anus. Sebelum mengeceknya, pastikan bahwa hamster berusia 3 hingga 4 bulan, jika usianya kurang dari itu, maka alat kelaminnya tidak cukup menonjol. Sehingga akan sulit dibedakan mana jantan dan betinanya.

Semakin dewasa, Anda akan melihat perbedaan yang signifikan antara hamster jantan dan betina. Anda dapat melihatnya di area sekitar anus hamster. Terdapat 2 buah lubang atau benjolan, yaitu lubang yang berada di dekat ekor adalah anus dan lubang di atasnya adalah lubang alat kelamin (penile). 

7 Cara Membedakan Hamster Jantan & Betina (Mudah & Akurat)
Gambar Via : clarasarchan

Pada hamster jantan, jarak anus dan alat kelaminnya cukup jauh yaitu sekitar 2-3 cm. Pada hamster betina, jarak antara anus dan alat kelamin hampir tidak ada.

2. Puting susu

Cara selanjutnya untuk membedakan hamster jantan dan betina yaitu melihat putingnya. Sama seperti mamalia lainya, hamster jantan tidak memiliki puting susu. Sedangkan hamster betina memiliki puting susu.  

Baca Juga :

Hamster Syrian dan Harga | jenis Hamster Syrian & Cara Merawat

Hamster Campbell dan Harganya | Jenis, Ciri, dan Cara Merawat

Bahkan hamster betina memiliki 4-6 buah puting yang letaknya di sisi perutnya. Jadi, jika ingin melihatnya dengan jelas harus membuka bulunya, tetapi jika umurnya sudah dewasa,  tanpa membukanya maka sudah terlihat jelas.  

3. Kelenjar bau hamster

Kemudian, cara membedakan hamster jantan dan betina yaitu dengan cara mengamati kelenjar baunya. Kelenjar bau hamster berfungsi sebagai penanda di daerahnya. Dengan mengeluarkan bau yang khas dan mencolok, hamster menyadari dan paham bahwa area terebut sudah pernah dilewati.

Caranya dengan memegang hamster lalu lihat perutnya. Namun waspadalah terhadap gigitan (biasanya yang suka menggigit adalah hamster Campbell dan Winter White).  

Setelah dipegang, periksalah kelenjar baunya. Pada hamster jantan biasanya memiliki kelenjar bau yang lebih besar dan letaknya jauh dari anus. Untuk hamster betina kemungkinannya memiliki, tetapi tidak besar dari hamster jantan.

4. Skrotum testis

Cara selanjutnya yaitu dengan menentukan ada tidaknya skrotum pada testis. Untuk mengeceknya pada hamster biasanya bisa terlihat pada usia 4 minggu, hamster jantan memiliki skrotum dengan testis. Sedangkan pada hamster betina tidak memiliki.

Untuk sekadar pengetahuan, testis pada hamster jantan ini berukuran cukup besar sehingga beberapa orang terkadang menganggapnya sebagai tumor. Padahal itu bukan tumor.

5. Karakter hamster jantan dan betina

Cara membedakan hamster jantan dan betina selanjutnya yaitu dengan melihat tingkah laku atau kepribadian. Pada umumnya, hamster jantan biasanya lebih agresif dari pada hamster betina.

6. Pantat Hamster

Cara selanjutnya dalam membedakan hamster jantan dan betina yaitu yaitu dengan melihat bagian pantat (bokong). Pantat hamster jantan terlihat lebih panjang dan bulat dari pada betina, terutama hamster asli Tiongkok. Sedangkan pada hamster betina biasanya akan terlihat ekor yang lebih memanjang daripada pantatnya.  

7. Ketangkasan

Dilihat dari kelincahannya, hamster jantan umumnya lebih lincah dan tangkas dibandingkan hamster betina.

Itulah Cara Membedakan Hamster Jantan dan Betina dengan Mudah dan Akurat

Demikia ulasan mengenai cara membedakan hamster jantan dan betina dengan mudah dan akurat. Dengan uraian di atas, maka Anda sudah bisa membedakan jenis hamster jantan dan hamster betina. Sehingga bisa membeli pasangan hamster yang baik untuk dikembangbiakan.

Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

Belum ada Komentar untuk "7 Cara Membedakan Hamster Jantan & Betina (Mudah & Akurat)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel