10 Jenis Hamster dan Harganya | Jinak & Lucu untuk Dipelihara

Jenis-jenis hamster memang sangat cocok menjadi hewan peliharaan. Mengingat memelihara hewan peliharaan memang penting bagi sebagian orang. Apabila Anda lelah tetapi tidak bisa bepergian kemana-mana, mungkin dengan bermain bersama binatang peliharaan sudah sangat menyenangkan.

Namun sayangnya, seseorang yang memiliki kesibukan akan pekerjaan mungkin harus berpikir ulang jika akan memelihara hewan peliharaan. Misalnya, mengenai masalah pemberian pakan secara rutin dan pembersihan kandang.

Bagi yang ingin memiliki hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan namun mudah dirawat, beberapa jenis hamster di bawah ini bisa menjadi pilihan.

Jenis-Jenis Hamster dan Harganya + Ciri-Ciri dan Gambarnya 

Memang hewan pengerat seperti tikus ini sangat mudah dalam perawatannya. Jenis-jenis hamaster hanya membutuhkan kandang, pakan rumput dan pembersihan kandang yang dilakukan dua atau satu hari sekali.

Apakah Anda tertarik memelihara hamster?  Berikut 10 rekomendasi jenis-jenis hamster yang cocok untuk dipelihara beserta harganya lengkap!

Jenis Hamster beserta Ciri-Ciri dan Gambarnya 


1. Hamster Campbell


10 Jenis Hamster dan harganya | Jinak & Lucu untuk Dipelihara
Gambar Via : arenahewan
Jenis hamster campbell merupakan hamster yang paling laris di pasaran karena sangat mudah dan murah untuk dikembangbiakkan. Anda bisa memilih dari beberapa pilihan warna yang menarik, seperti dove, satin, panda, arente campbell dan masih banyak lagi jenis lainnya.

Yang membedakan hamster ini dari spesies lain adalah gerakannya yang lebih agresif, sehingga Anda membutuhkan kandang yang cukup besar supaya nyaman untuk bermain. Selain itu, hamster ini patut diwaspadai, karena jika merasa terancam bisa menggigit kemudian langsung kabur.

2. Hamster Syirian Short Hair dan Long Hair 


10 Jenis Hamster dan harganya | Jinak & Lucu untuk Dipelihara
Gambar Via : duniaq
Bagi yang ingin memberikan hamster kepada anak-anak, hamster syria ini paling cocok untuk dipelihara. Jenis hamster ini bergerak lebih lambat dari hamster lain, varian Syria ini lebih mudah untuk dijinakkan dan diajak bermain.

Sementara itu, jenis hamster ini memang memiliki ukuran lebih besar dari hamster lain. Ukurannya bisa berkisar antara 12 hingga 20 cm, dan diperkirakan bisa berumur 1,5 hingga 2,5 tahun.

Untuk varian satu warna dengan warna berbeda. Anda juga harus berhati-hati saat membersihkan kandang karena ukurannya yang lebih besar pastinya akan memiliki kotoran yang lebih banyak dan bau.

Ingat juga bahwa saat menjinakkan hamster Syria ini, pastikan untuk menangkapnya dengan hati-hati, pertama menangkapnya dari depan lalu membiarkannya berdiri.

3. Hamster Roborovsky Normal dan White Face


10 Jenis Hamster dan harganya | Jinak & Lucu untuk Dipelihara
Gambar Via : duniaq
Hamster roborovski ini memiliki tubuh yang paling kecil dibandingkan dengan jenis hamster lainnya. Dimana ukuran tubuhnya hanya bisa mencapai 4 sampai 5 cm, sedangkan usianya hanya bisa mencapai 2 sampai 4 tahun.

Namun walaupun berukuran sangat kecil, hamster ini memiliki gerakan yang paling lihai, bahkan ia suka berlari dan melompat. Anda dapat memilih warna dengan warna normal dan wajah dengan rambut putih dan kuning.

Bukan cerdas dan suka berlari, jenis hamster ini juga paling sulit diajak bermain. Bahkan jika hamster Roborovski ini dipegang, biasanya akan langsung melompat dan berlari. Tapi hamster jenis ini tidak akan menggigit Anda! Jadi, aman untuk dipelihara.

4. Hamster Winter White


10 Jenis Hamster dan harganya | Jinak & Lucu untuk Dipelihara
Gambar Via : duniaq
Jenis hamster ini mungkin yang paling diinginkan banyak orang. Ada 3 jenis warna yang menarik untuk diri Anda yaitu normal, pearl dan saphire.

Mungkin yang menjadi daya tarik hamster ini karena memiliki keunikan dari bulunya yang bisa berubah-ubah setiap saat sepanjang tahun, dan perubahan ini dipengaruhi oleh hormon prolaktin dan genetika. Di musim panas bulunya berwarna coklat tua, tetapi dalam cuaca hujan warnanya coklat muda abu-abu.

Berbeda dengan hamster campbell, hamster putih musim dingin ini lebih tenang, jadi sangat cocok untuk mereka yang baru memelihara hamster. Untuk menghilangkan rasa lelah yang dirasakan, Anda bisa bermain dengan hamster ini jika bisa menjinakkannya.

Secara bentuk, hamster white winter ini hampir sama dengan campbell, namun kepalanya lebih bulat.  Dan dari segi ukuran tubuh, jenis hamster ini hanya bisa mencapai ukuran 9 hingga 12 centimeter, dengan usia rata-rata hanya 2 hingga 2,5 tahun.

Di mana mereka bisa naik di pangkuan Anda atau memanjakan Anda. Namun, hamster white winter ini malas bergerak dibanding hamster lainnya, karena waktu mereka lebih banyak digunakan untuk tidur daripada bermain.

5. Hamster Suriah

10 Jenis Hamster dan harganya | Jinak & Lucu untuk Dipelihara
Gambar Via : wikiedia 
Pilihan yang paling diinginkan untuk jenis hamster ini. Hamster siria atau yang sering disebut dengan golden hamster masih satu subfamili dengan crokerine.

Disebut Golden Hamster karena trah jenis hamster ini semakin punah, sehingga sulit untuk ditemukan.  Dalam ukurannya, hamster Syria ini memiliki panjang 5-7 inci dan memiliki umur hanya 2-3 tahun.

6. Hamster Eropa


10 Jenis Hamster dan harganya | Jinak & Lucu untuk Dipelihara
Gambar Via : saudeanimal
Hewan yang bernama Cirectus cirectus dalam bahasa latin ini merupakan hamster yang hidup di eropa dan memiliki warna yang sangat unik.

Pada jenis hamster ini, keseluruhan bagian tubuhnya berwarna coklat, tapi kakinya berwarna hitam.  Menurut umurnya, hamster eropa ini hanya mencapai umur 2-3 tahun.

7. Hamster Kerdil Putih Rusia


10 Jenis Hamster dan harganya | Jinak & Lucu untuk Dipelihara
Gambar Via : wikipedia 
Seperti namanya, hamster kerdil putih rusia ini berasal dari Rusia, namun juga bisa ditemukan di daerah lain, seperti Siberia, Kazakhstan, Manchuria dan Mongolia.

Dikarenakan ciri khasnya, hamster ini memiliki bulu berwarna coklat tua di bagian atas tubuh dan warna krem ​​di bagian bawah. Dapat diperkirakan bahwa usia jenis hamster ini bisa mencapai 1,5 hingga 2 tahun.

8. Hamster Tiongkok


10 Jenis Hamster dan harganya | Jinak & Lucu untuk Dipelihara
Gambar Via : okdogi
Jenis hamster ini berasal dari China dan memiliki tubuh yang mungil, yaitu dengan panjangnya yang hanya 7,5 hingga 9 inci dan berat mencapai 50 hingga 70 gram, berusia 2-3 tahun. Daya tarik dari jenis hamster ini mungkin dari jenis bulunya yang memiliki warna yang pucat atau biasanya berwarna abu-abu.

9. Hamster Gansu


10 Jenis Hamster dan harganya | Jinak & Lucu untuk Dipelihara
Gambar Via : beyondthettreat
Seperti halnya hamster cina, hamster gansu ini berasal dari cina dan merupakan satu-satunya keluarga dari cansumys. Kerikan yang dimiliki oleh hamster ini memiliki tubuh berwarna putih dan kepala berwarna coklat muda. Apakah itu terlihat sangat lucu?

10. Hamster Korea


10 Jenis Hamster dan harganya | Jinak & Lucu untuk Dipelihara
Gambar Via : infobinatang
Bagi Anda penggemar Korea, mungkin sudah seharusnya juga mempunyai jenis hamster yang berasal dari Korea ini. Hamster Korea memiliki warna kulit yang unik, sehinga jenis hamster ini sangat digemari.

Dimana seluruh tubuh berwarna coklat, terdapat juga bercak hitam pada badan. Sehingga menyisakan kesan garis-garis hitam dan coklat pada tubuh.

Itulah Jenis-Jenis Hamster dan Harganya | Jinak dan Cocok Dipelihara 

Merawat hamster sebenarnya sangat mudah, yaitu cukup membersihkan kandang secara rutin dan memperhatikan pola makannya. Selain itu tips bagi yang ingin menjinakkan hamster pastikan untuk mengambil hamster tersebut kemudian diamkan hingga dirasa benar-benar aman.

Jadi, apakah Anda memilih hamster untuk hewan peliharaan Anda?  Siapkan kandangnya. Sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Belum ada Komentar untuk "10 Jenis Hamster dan Harganya | Jinak & Lucu untuk Dipelihara "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel