9 Unsur-Unsur Musik Beserta Pengertian & Contohnya (Lengkap)

Unsur-unsur musik ini memiliki fungsi masing-masing dalam membentuk keseluruhan musik, sehingga bisa dinikmati alunannya. Para penikmat musik yang mendengarkan musik setiap waktu senggang, baik dari televisi, radio, handphone, dan media lainnya pasti tidak asing dengan istilah dalam unsur-unsur musik. Terdapat beberapa unsur musik, seperti irama, tangga nada, tempo, dan lainnya.

Secara umum, pengertian musik adalah seni atau ilmu dalam menyusun nada atau bunyi menjadi urutan, struktur, dan hubungan temporal untuk menciptakan struktur (suara) yang mempunyai suatu kesatuan dan keharmonisan.

9 Unsur-Unsur Musik Beserta Pengertian & Contohnya (Lengkap)


Unsur-Unsur Musik beserta Pengertian dan Contohnya (Lengkap)

Sama seperti karya seni lainnya, seni musik adalah sebuah karya seni yang di dalamnya terdapat unsur-unsur seni musik yang saling berkaitan membantuk sebuah nada atau suara yang enak didengar. Musik dibagi menjadi dua jenis, yaitu musik tradisional dan musik kontemporer atau modern.  Namun, sekarang ini terdapat berbagai genre musik, mulai dari pop, hip-hop, rock, jazz, blues, reggae, R&B, folk, dan lain sebagainya.

Unsur Musik dan Pengertiannya

Secara umum, dalam seni music terdapat 8 unsur musik yaitu berupa melodi, tempo / ritme, kerangka waktu, harmoni, volume, ritme, dinamika, dan bel. Nah, seperti apa penjelasan mengenai unsur-unsur musik? Cermati ulasan di bawah ini :

1. Melodi 

Unsur atau elemen musik yang pertama yaitu melodi. Pengertian melodi adalah kesatuan frase yang dari nada-nada dengan urutan, interval, dan tinggi rendah yang teratur.

Sederhananya, yang dimaksud melodi merupakan tinggi-rendah, dan panjang-pendeknya nada dalam sebuah musik. Dengan adanya melodi ini akan membuat musik semakin berwarna dan enak didengar.

Dalam musik, melodi ibarat nada yang seolah-olah mendekati klimaks atau puncak lalu kembali ke keadaan semula. Susunan melodi terdiri dari pitch, durasi, dan tone.

2. Irama / Ritme

Irama atau biasa disebut ritme juga merupakan elemen atau unsur dalam musik. Pengertian irama atau ritme adalah rangkaian gerak teratur yang menjadi elemen dasar dalam musik.

Irama juga dapat diartikan sebagai pergantian panjang-pendek, tinggi -rendah, dan keras-lembutnya nada atau suara dalam satu rangkaian musik. Irama juga dapat menentukan ketukan dalam musik.

Jika mendengar music secara sekilas, Anda akan tidak langsung merasakan ritmenya.  Untuk menentukannya, Anda perlu sering-sering atau berulang-ulang mendengarkan musik agar kita tahu struktur ritmenya.

3. Birama

Pengertian birama adalah ayunan atau ketukan berulang yang terus-menerus hadir secara teratur pada waktu yang sama. Birama ini menjadi salah satu elemen atau unsur music yang penting.

Birama biasanya ditulis dalam bentuk pecahan seperti 2/4, 3/4, 2/3, dan seterusnya.  Angka di atas tanda “/” atau penyebut menunjukkan nilai not atau nada dalam satu ketukan.

Jika dilihat dari bilangan penyebutnya, birama dapat dibedakan menjadi dua, yaitu birama bainar dan birama tainar. Birama yang mempunyai bilangan penyebut genap disebut dengan birama bainar, sedangkan birama yang memiliki bilangan penyebut ganjil disebut sebagai birama tainar.

4. Tangga Nada

Tangga nada merupakan unsur atau elemen musik yang cukup umum didengar.  Pengertian tangga nada merupakan rangkaian urutan nada yang disusun membentuk tangga. Tangga nada pada umumnya terbagi menjadi dua, yaitu tangga nada diatonik dan tangga nada pentatonik.

Tangga diatonik adalah tangga nada yang terdiri dari 7 nada dengan dua jenis jenis jarak (1/2 dan 1). Sedangkan tangga nada pentatonik adalah tangga nada yang terdiri dari 5 nada dasar.

Pada sebuah tangga nada, pasti di dalamnya mempunyai satu nada dasar yang diikuti oleh nada-nada lain, dan bisa lebih rendah ataupun lebih tinggi dalam pola interval tertentu. Dengan demikian sebuah musik akan memiliki ciri khasnya atau karakteristik tertentu.

5. Harmoni

Harmoni merupakan sekumpulan nada yang jika dimainkan secara bersama-sama akan menghasilkan bunyi yang enak untuk dinikmati. Sehingga harmoni ini menjadi salah satu unsur dalam seni musik.

Sama seperti namanya, harmoni adalah bentuk keselarasan dengan nada dan bunyi. Unsur dalam harmoni meliputi susunan, peranan, dan hubungan dari sebuah paduan bunyi dengan bentuk keseluruhan.

Harmoni juga dapat didefinisikan sebagai rangkaian akor-akor yang disusun selaras dan dimainkan sebagai musik pengiring.  Akor inilah yang akan mengiringi melodi.

6. Tempo

Tak hanya dalam seni tari, tempo juga menjadi salah satu unsur dalam seni musik. Pengertian tempo musik adalah ukuran kecepatan birama lagu. Semakin cepat lagu dimainkan, akan semakin besar pula tempo lagu tersebut.

Ukuran dari tempo yaitu beat. Beat adalah jumlah ketukan yang menunjukan banyaknya ketukan dalam satu menit.  Dalam musik, tempo menjadi hal yang penting untuk menyesuaikan kecepatan sebuah lagu dengan iringan musiknya.

Pada umum, terdapat 8 kategori tempo, diantaranya yaitu :

  • Tempo Largo (sangat lambat)
  • Tempo Lento (lebih lambat)
  • Tempo Adagio (lambat)
  • Tempo Andante (sedang)
  • Tempo Moderato (sedang agak cepat)
  • Tempo Allegro (cepat)
  • Tempo Vivace (Lebih cepat)
  • Tempo Presto (sangat cepat)

7. Dinamika

Komponen atau unsur musik selanjutnya yaitu dinamika. Dalam dunia musik, pengertian dinamika adalah tanda untuk memainkan nada dengan volume nyaring  atau lembut.

Dinamika memang memiliki peranan penting, yaitu dapat mengungkapkan nuansa dari sebuah lagu. Baik itu nuansa senang, sedih, fatar, agresif, dan lain sebagainya. Dinamika juga dapat mengungkapkan perasaan dan emosi dalam sebuah lagu.

Keadaan nyaring (keras) atau lembut dalam dinamika memiliki penamaan atau istilahnya masing-masing. Diantaranya yaitu :

  • Piano (Lembut)
  • Pianissioma (Sangat Lembut)
  • Mezzo Piano (Setengah Lembut)
  • Mezzo Forte (Setengah Keras)
  • Forte (Keras)
  • Fortissimo (Sangat Keras)
  • Dan lain sebaginya.

8. Timbre

Timbre adalah perbedaan sifat  dari dua nada yang sama kuat dan tinggi dalam pembuatan atau kontruksi instrumen.

Sederhanya, timbre dapat didefinisikan sebagai kualitas atau warna bunyi dalam musik. Bunyi dari timbre akan sangat dipengaruhi oleh sumber suara dari instrument musiknya.

Misalnya, timbre yang dihasilkan pada alat musik tiup akan sangat berbeda dengan timbre yang dihasilkan pada alat musik petik, meskipun keduanya dimainkan pada not atau nada yang sama.

9. Ekspresi

Unsur music yang terakhir yaitu ekspresi. Pengertian ekspresi dalam seni musik yaitu ungkapan perasaan hati dari seorang musisi yang nantinya akan dituangkan dalam sebuah lagu.

Itulah Unsur-Unsur Musik beserta Pengertian dan Contohnya (Lengkap)

Semoga ulasan di atas mengenai 8 unsur atau elemen music beserta penjelasan dan contohnya dapat menjadi referensi bagi Anda yang tengah mendalami seni musik. Dapat disimpulkan bahwa unsur musik terdiri dari melodi, irama/ritme, birama, harmoni, tangga nada, tempo, dinamika, timbre, dan ekspresi.

Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Belum ada Komentar untuk "9 Unsur-Unsur Musik Beserta Pengertian & Contohnya (Lengkap)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel