10 Fungsi Tari Bagi Manusia Beserta Manfaat dan Penjelasannya

Fungsi tari selain sebagai media hiburan juga menjadi bagian dari sebuah upacara adat ataupun keagamaan. Tak hanya itu, masih banyak fungsi tari dalam kehidupan manusia, mulai dari bidang pendidikan, religi, dan masih banyak lainnya. 

Dalam pementasannya, tarian biasanya diiringi dengan musik dan irama pengiring. Setiap gerakan tari juga memiliki arti dan maknanya sendiri, hal ini sesuai dengan pengertian tari pada umumnya, yaitu suatu cabang seni dimana gerakan tubuh yang ritmis digunakan untuk mengekspresikan perasaan, ide dan gagasan.

10 Fungsi Tari Bagi Manusia Beserta Manfaat dan Penjelasannya


Fungsi Tari dalam Kehidupan Masyarakat beserta Penjelasannya

Tari merupakan seni yang menggunakan gerakan tubuh manusia yang diiringi irama sebagai medianya.  Aktivitas menari juga menjadi salah satu kegiatan yang paling digemari, baik tari tradisional maupun tari kontemporer atau modern.  Seni tari memiliki berbagai fungsi bagi kehidupan manusia, misalnya seperti sebagai sarana religi, pendidikan dan hiburan.

Dalam tari terdapat tiga elemen utama tarian, yaitu rasa, raga atau gerak, dan irama. Ada juga unsur tambahan atau pelengkap lainnya, seperti pola lantai, kostum, riasan, alat peraga, dan penataan panggung.  

Seperti yang sudah disinggung di atas, seni tari memiliki beberapa fungsi tertentu. Menari dapat digunakan dalam ritual keagamaan atau sebagai sarana pembelajaran kebudayaan.  Dengan fungsi dan manfaat yang beragam membuat sebagian orang mulai tertarik dan menggemari seni tari untuk mengisi waktu luang.

Fungsi Tari dan Penjelasan

Nah, apa saja fungsi dari tari dalam berbagai bidang kehidupan manusia. Yuk ikuti penjelasan sepuluh fungsi tarian beserta manfaatnya dan penjelasannya. Cermati penjelasannya di bawah ini :

1. Fungsi Tari Sebagai Media Hiburan

Mungkin fungsi tari yang satu ini sering kita nikmati, baik secara langsung maupun menontonnya di media sosial. Menari memang menjadi salah satu media atau sarana hiburan. Terdapat beragam jenis tarian yang digunakan sebagai hiburan, sehingga mampu membuat penonton terhibur dengan gerakan dan kostum tarian yang menarik. 


Setiap daerah dan suku di Indonesia memiliki tarian yang berbeda-beda, sehingga akan membuat penontonnya terkesima akan beragam gerak dari setiap tarian daerah. Contohnya tari Tayub dari Jawa Tengah yang diadakan sesusai panen, tari Serampang Duabelas dari Sumatra, tari Giring-Giring dari Kalimantan, dan masih banyak lainnya.

2. Fungsi Tari Sebagai Media Pendidikan

Fungsi tari juga berperan penting dalam dunia pendidikan. Dengan seni tari ini, para siswa atau murid akan diajari untuk bersikap lebih dewasa serta mematuhi nilai-nilai dan norma masyarakat.  Nilai-nilai keindahan dan keluhuran yang terkandung dalam seni tari mampu mengasah perasaan seseorang.  Seni tari juga menjadi media untuk mengajarkan dan mewariskan kebudayaan tradisional kepada anak-anak.

3. Fungsi Tari Sebagai Sarana Upacara Adat atau Keagamaan

Fungsi tari yang satu ini memang sering kita jumpai di Indonesia, yaitu sebagai sarana dalam upacara adat atau keagamaan. Ada banyak tarian yang digunakan sebagai sarana uacara adat atau keagamaan menurut kepercayaan masyarakat setempat. 


Misalnya tarian yang ditarikan sebagai bentuk persembahan yaitu tari Gantar dari Kalimantan yang ditarikan guna selamatan untuk Dewi Sri dan tari Pendet dari Bali.

4. Fungsi Tari Sebagai Media Pertunjukan

Seni tari adalah salah satu tontonan yang dipertunjukkan atau dipentaskan di atas panggung.  Dalam fungsi tari sebagai media pertunjukan ini, tarian harus dipersiapkan dengan baik dan matang. Mulai dari koreografi, tema, pesan serta hasil atau output yang diharapkan dari penampilan sebuah tari. Suatu pertunjukan tari pastinya akan menarik banyak penonton untuk melihatnya.

Contoh fungsi tari ini bisa kita lihat pada pagelaran Sendra Tari Ramayana di kompleks Candi Prambanan Yogyakarta. Selain sebagai pertunjukan, seni tari ini juga mampu menarik wisatawan lokal maupun asing untuk berkunjung.

5. Fungsi Tari Sebagai Media Pergaulan

Seni tari dapat dilakukan secara individu ataupun kolektif. Dengan diadakannya pagelaran atau pertunjukkan seni tari secara masal, akan ada banyak orang berpartisipasi di dalamnya, baik seorang koreografer hingga penarinya.  


Dengan cara ini, tari juga berperan sebagai sarana pergaulan untuk berinteraksi dengan orang lain dan menambah teman sesama penari dalan pagelaran tersebut.

6. Fungsi Tari Sebagai Media Penyalur Bakat

Seni tari memang menjadi salah satu kesenian yang mulai digemari oleh sebagian orang. Untuk itu tari bisa dijadikan sebagai saeana untuk menyalurkan hobi, minat, dan bakat. Dengan meningkatkan dan mengasah keterampilan dalam menari, baik itu tarian tradisional atau tari modern, pasti akan mengembangkan hobi Anda dan bisa digunakan dalam mengisi waktu senggang.

7. Fungsi Tari Sebagai Media Pengobatan atau Terapi

Fungsi seni tari ternyata bisa digunakan dalam dunia pengobatan atau terapi. Fungsi tarian ini umumnya ditujukan terhadap orang-orang disabilitas atau berkebutuhan khusus, misalnya seperti cacat fisik. Penyalurannya pun dapat dilakukan secara langsung atau tidak langsung.

8. Fungsi Tari Sebagai Sarana Ekonomi

Seni tari  juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana ekonomi yang mampu mendatangkan keuntungan finansial. Hal ini bisa dilakukan oleh penari profesional yang sudah terkenal. Dengan menyelenggarakan atau diundang untuk mementaskan sebuah tari, penari tersebut akan mendapat upah atau sejumlah uang, sehingga seni tari tersebut juga mempunyai fungsi di bidang ekonomi.

9. Fungsi Tari Sebagai Sarana Kesehatan

Seni tari juga mempunyai banyak fungsi dalam kesehatan tubuh manusia. Seni tari sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung dan melenturkan tubuh untuk bergerak. Selain itu, dengan menggerakan anggota tubuh saat menari juga dapat menurunkan berat badan, menambah energi, memperbaiki mood atau perasaan, menjaga kesehatan jantung, dan masih banyak lainnya. Fungsi tari juga mendukung proses tumbuh kembang anak.

10. Fungsi Tari Sebagai Sarana Katarsis

Fungsi seni tari sebagai sarana katarsis atau pemurnian atau pembersihan jiwa. Seni tari sebagai sarana katarsis umumnya akan lebih mudah dilakukan oleh orang yang telah mencapai tingkat atas dalam penghayatan mereka terhadap seni.  


Oleh karena itu, jenis tarian ini biasanya dibawakan oleh seniman hakiki yang telah malang-melintang dalam dunia seni tari.

Itulah Fungsi Tari bagi Manusia beserta Manfaat dan Penjelasannya

Semoga ulasan di atas mengenai fungsi tari bagi manusia beserta manfaat dan penjelasannya dapat dijadikan sebagi referensi bagi Anda yang sedang mempelajari dunia tari. Dapat disimpulkan bahwa fungsi tari bagi manusia ini terdapat di berbagai bidang, mulai dari fungsi tari di bidang kesehatan, agama, hiburan, ekonomi, pendidikan, dan pergaulan.

Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Belum ada Komentar untuk "10 Fungsi Tari Bagi Manusia Beserta Manfaat dan Penjelasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel