15 Fungsi Musik Secara Umum beserta Contoh & Penjelasannya

Fungsi musik memang sangatlah beragam dalam kehidupan manusia, mulai dari musik sebagai media hiburan, sebagai media keagamaan, hingga berguna dalam bidang kesehatan. Namun, terdapat fungsi lain yang tak terduga dari musik ini.

Musik adalah salah satu cabang seni yang bisa dinikmati melalui indera pendengaran atau telinga. Seni musik ini memakai instrumen musik sebagai alat pendukungnya. Seni musik memiliki banyak fungsi dalam kehidupan manusia, baik di bidang pendidikan, agama, kesehatan, ekonomi, sosial  budaya, dan masih banyak lagi.

Pengertian musik secara umum, yaitu seni menyusun nada atau bunyi dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal untuk menciptakan komposisi (suara) yang memiliki kesatuan dan keharmonisan.  

15 Fungsi Musik Secara Umum beserta Contoh & Penjelasannya


Fungsi Musik dalam Kehidupan Sehari-hari beserta Penjelasan dan Contohnya

Seni musik dibuat dengan menggunakan alat yang mampu menghasilkan bunyi, seperti gitar, drum, seruling, piano, terompet, dan lain sebagainya.  Dalam musik juga terdapat unsur tertentu, seperti melodi, irama, birama, dan tangga nada.  Selain itu, dalam seni musik juga terdapat tempo dan harmoni yang harus dipertimbangkan.

Umumnya, musik digunakan sebagai hiburan. Saat waktu senggang, kita sering mendengarkan musik dari perangkat seluler.  Bahkan di setiap kafe, kendaraan umum, ataupun toko pada setiap harinya akan memutarkan sebuah musik. Namun, ternyata musik juga memiliki banyak fungsi selain hiburan, mulai dari musik berfungsi dalam bidang keagamaan, kesehatan, dan pendidikan, dan lain sebagainya. 

Fungsi Musik dalam Kehidupan Manusia di Berbagai Bidang 

Sesuai yang dilansir liputan6.com, filsuf Plato asal Athena-Yunani, menyatakan bahwa selain berfungsi dalam kehidupan manusia, musik juga mempunyai pengaruh kuat dalam bidang politik. Bahkan sebuah negara bisa berjaya atau runtuh disebabkan karena musik.

Di bawah ini merupakan uraian fungsi seni musik dalam kehidupan manusia. Bail di bidang pendidikan, ekonomi, budaya, agama, kesehatan, dan sosial kemasyarakatan. Berikut diantaranya :

Musik Sebagai Media Ekspresi

Fungsi musik yang pertama yaitu sebagai media guna mengungkapkan ekspresi diri. Musik menjadi salah satu cara yang tepat untuk mengekspresikan diri melalui sebuah karya seni musik. Musisi dapat mengungkapkan pikirannya dalam bentuk musik melalui alunan nada dan lirik lagu.

Musik Sebagai Media Hiburan

Mungkin fungsi musik inilah yang kebanyakan dirasakan oleh manusia, yaiku sebagai  media sebagai hiburan. Terdapat berbagai jenis genre lagu dari artis dan band favorit kita yang sering kita dengarkan untuk mengisi waktu luang, pastinya untuk menghidupkan suasana.  Selain itu, jika diadakan konser musik maka akan sangat menghibur sekali. 

Musik Sebagai Media Upacara Keagamaan

Musik juga berperan dalam upacara adat atau ritual keagamaan. Musik pun biasanya dipakai dalam mengiringi upacara pernikahan, kelahiran atau kematian, atau ritual adat lainnya. Pada beberapa musik atau bunyi-bunyian juga masih dipercaya mengandung unsur mistis.

Musik Sebagai Media Pendidikan

Musik juga memegang peranan penting dalam institusi pendidikan. Musik dapat digunakan pada berbagai bidang dalam proses pembelajaran di lembaga pendidikan. Selain itu, dalam dunia pendidikan musik juga dapat digunakan sebagai sarana pembentukan kepribadian siswa dan pengembangan diri.

Dalam laman liputan6.com menjelaskan terdapat sebuah jurnal dari Nature berjudul “Musical and Spatial Task Perfomance” menjelaskan bahwa fungsi music Mozart juga bisa membuat kecerdasan dalam belajar meningkat. Selain itu, dengan mendengarkan music klasik juga mampu meningkatkan konsentrasi dan kemampuan mendengar.

Musik Sebagai Alat Komunikasi

Selanjutnya, musik juga bisa menjadi media komunikasi  berupa pesan-pesan yang ingin disampaikan. Banyak lagu yang isi di dalamnya mengandung makna atau pesan, baik untuk kritik sosial maupun himbauan tertentu. Oleh karena itu, musik dapat digunakan sebagai media komunikasi.

Seperti yang dilansir di liputan6, musik juga mampu menciptakan perdamaian dan solidaritas kemanusiaan. Sehingga mampu menciptakan suatu media komunikasi yang baik antar manusia, meskipun dari latar belakang yang berbeda-beda.

Musik Baik untuk Kesehatan

Fungsi musik sebagai media pengobatan atau terapi digunakan untuk penyembuhan luka atau trauma secara psikologis. Fungsi musik sebagai bengobatan rupanya telah digunakan untuk merawat korban Perang Dunia II. Saat ini, banyak orang yang menggunakan musik sebagai terapi untuk menyegarkan sistem otak setelah dipakai saat belajat atau bekerja.

Baca Juga : Jenis-Jenis Seni Tari Dengan Fungsi, Ciri-Ciri, Dan Contohnya

Musik juga mampu membuat kita lebih berenergi dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Untuk memperoleh fungsi musik ini, sobat bisa mencoba lagu bergenre pop atau techno. Lewat dentuman bassnya, pasti akan membuat sobat lebih berenergi lagi. Sehingga sangat cocok didengar saat bekerja atau aktivitas lain.

Liputan6.com telah melansir berita mengenai fungsi musik yang baik dalam mengurangi tekanan darah. Dituturkan bahwa, menurut penelitian dalam acara pertemuan America Society of Hypertension di New Orleans, dengan mendengarkan music setiap hari 30 menit bisa mengurangi tekanan darah secara signifikan.

Musik Sebagai Media Pengiring Tari

Selanjutnya, fungsi seni musik juga dapat digunakan sebagai elemen pengiring tari. Seni tari tidak lepas dari unsur seni musik, karena pertunjukan tari biasanya juga diiringi oleh musik dengan irama dan temponya sesuai dengan gerakan penarinya. Dengan iringan musik ini, pertunjukan tari pastinya akan lebih indah dan menarik.

Musik Sebagai Media Kreativitas

Seni musik menjadi salah satu cara untuk menuangkan kreativitas diri. Dengan berkreasi lewat musik, kita akan selalu diiringi guna memenuhi kebutuhannya. Kehadiran seni musik ini dapat menumbuhkan dan mengembangkan sisi kreatifitas diri.

Musik Sebagai Media Mendiskripsikan Sesuatu (Perlambang)

Bagi penggemar musik, pasti tidak asing dengan fungsi musik yang satu ini.  Musik juga bisa sebagai cara dalam mendekripsikan sesuatu, misalnya musik dengan lirik sedih melambangkan kesedihan, galau, atau kebingungan dalam jiwa. Demikian pula musik patriotik atau musik kebangsaan yang dijadikan sebagai simbol perjuangan dan patriotisme.

Musik Sebagai Salah Satu Bentuk Kebudayaan

Sudah barang tentu bahwa musik dan budaya memang tidak bisa dipisahkan. Buktinya, terdapat banyak lagu daerah yang menjadi warisan budaya di bidang musik. Bahkan, setiap suku di Indonesia memiliki musik khas daerahnya, baik berupa alat music daerah maupun lagu daerah.

Musik Sebagai Sarana Ekonomi

Musisi membuat lagu atau album untuk dijual langsung atau digital. Selain itu, musisi atau penyanyi juga dapat menyelenggarakan konser untuk mendapatkan penghasilan. Contoh paling sederhana yaitu ketika seorang musisi jalanan atau pengamen bernyanyi untuk mendapatkan uang. Dengan demikian, musik juga berperan sebagai sumber pendapatan.  

Musik Sebagai Media Identitas dan Pemersatu Bangsa

Fungsi musik dalam organisasi atau sebuah badan ini digunakan sebagai simbol atau identitas dari masing-masing organisasi. Dalam lirik musiknya biasanya berisi sebuah visi dan misi yang ingin diwujudkan. 

Baca Juga : Jenis-Jenis Seni Tari Dengan Fungsi, Ciri-Ciri, Dan Contohnya

Pada setiap negara pasti mempunyai lagu kebangsaan yang menjadi simbol dari masing-masing negara tersebut. Di Indonesia terdapat lagu Indonesia Raya yang menjadi alat pemersatu bangsa di tengah kebhinekaan masyarakat Indonesia. 

Musik Sebagai Media Pengontrol Suasana

Musik juga dapat dimanfaatkan untuk mengontrol mood atau perasaan. Rupanya dengan music ini memang sangat efektif digunakan untuk memperbaiki suasana hati, dari yang semula sedih atau bosan, dengan musik perasaan kita menjadi lebih bahagia dan menyenangkan. Sehingga dengan musik, kita akan terhindar dari stres dan perasaan kebingungan di dalam jiwa.

Hal ini sejalan menurut para ilmuwan University of Missouri dalam The Journal of Poditive Psychology yang menyatakan bahwa perbaikan suasana hati atau mood dan penurunan stress akan terlihat setelah dua minggu rutin mendengarkan music. (Liputan6.com)

Musik Sebagai Sarana Estetika

Salah satu cabang seni yaitu berupa seni musik. Sudah barang tentu bahwa seni musik juga dijadikan sebagai seni murni yang memiliki nilai estetika.  Hal ini termasuk elemen atau unsur yang ditemukan dalam musik seperti nada, tempo, irama, dan tangga lagu.

Musik Sebagai Media Promosi

Musik juga dapat digunakan sebagai sarana untuk mempromosikan atau memperkenalkan suatu produk atau jasa kepada masyarakat luas. Dengan digunakannya musik dalam sebagai media periklanan, iklan tersebut akan menjadi lebih menarik dan mudah diingat bagi konsumen yang menjadi sasarannya. Sehingga dapat menaikkan profit atau keuntungan.

Itulah Fungsi Musik dalam Kehidupan Sehari-hari beserta Penjelasan dan Contohnya

Semoga ulasan dai atas mengenai fungsi music di berbagai bidang dapat menambah wawasan sobat. Dapat disimpulkan bahwa fungsi music sebagai sarana untuk mengekepresikan diri, sarana hiburan, sarana pendidikan, serta sarana ekonomi, dan lainnya. Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Belum ada Komentar untuk "15 Fungsi Musik Secara Umum beserta Contoh & Penjelasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel