Hamster Campbell dan Harganya | Jenis, Ciri, dan Cara Merawat

Jenis hamster Campbell memang dikenal sebagai jenis hamster yang paling banyak di pasaran. Jenis hamster Campbell ini juga sangat lucu, mungil dan menggemaskan. Untuk lebih mengenal hamster Campbell ini, Anda perlu banyak membaca tentang sejarah penemuannya. 

Hamster Campbell ini ditemukan di Tuva, Mongolia atau di sekitar China dan Rusia. Meski demikian, ada yang mengatakan bahwa hamster campbell ini ditemukan di kawasan Asia Tengah, yakni di Laut Cina Timur.

Nah, seperti apa hamster Campbell itu? Yuk ikuti penjelasan di bawah ini mengenai jenis hamster Campbell beserta gambar dan klasifikasi lengkapnya.

Hamster Campbell dan Harganya | Jenis, Ciri, dan Cara Merawat
Gambar Via : hobinatang


Hamster Campbell dan Harganya + Ciri-ciri dan Cara Merawatnya 


Hamster Campbell ditemukan oleh seseorang bernama W.C. Campbell. Oleh karena itu, hewan temuannya ini disebut dengan hamster Campbell. Namun, di beberapa tempat hamster disebut sebagai hamster Rusia, yang memiliki kedekatan genetik dengan hamster winter white. Meskipun memiliki gen yang dekat, mereka tidak bisa disatukan satu kandang karena mereka akan tarung satu sama lain.

Sesuai yang dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah klasifikasi lengkap hamster campbell, dilengkapi juga jenis hamster Campbell dan karakteristik beserta gambarnya.

Mengenal Hamster Campbell beserta Ciri-ciri dan Harganya 


1. Klasifikasi Hamster Campbell

Jenis hamster campbell mempunyai nama latin Cricetinae Phodopus Sungorus Campbell. Namun di beberapa daerah, jenis hamster ini sering disebut sebagai Djungarian Dwarf Hamster dan Mad Hmaster. Ia termasuk hewan nokturnal, dimana ia tidur pada siang hari dan aktif pada malam hari. Jadi ketika Anda tidur malam, jangan lupakan makanan yang ada di kandang.

Habitat aslinya adalah di padang rumput, semi gurun, ataupun padang pasir dimana mereka biasanya memakan serangga dan biji-bijian. Hamster campbell ini tidak suka tempat basah, lembab, suhu panas, dan angin yang kencang. Mereka akan mudah sakit jika berada di tempat tersebut.

2. Ciri-Ciri Hamster Campbell

Beberapa karakter menonjol pada hamster Campbell. Diantaranya yaitu :

  • Hewan nokturnal yang aktif pada malam hari 
  • Sangat agresif sehingga cukup sulit untuk dipelihara 
  • Memiliki umur yang cukup lama, hingga dua tahun.  
  • Selain itu hamster Campbell ini memiliki panjang tubuh 9-15 cm
  • Lebih suka menggigit 
  • Hidup berkelompok (koloni), jadi kalau bisa jangan asal beli, tapi beli berpasangan.

3. Jenis hamster campbell

Terdapat banyak jenis hamster Campbell di dunia, dari yang paling lucu dan menggemaskan hingga yang paling tidak diminati. Pada umumhya, pembagian jenis Campbell ini didasarkan pada warnanya. Apa jenis hamster campbell itu? Cermati ulasan di bawah ini :

  • Black Eye Lilac, yaitu jenis hamster Campbell yang hampir semua bulunya berwarna ungu keabu-abuan, kecuali bulu di daerah mata yang berwarna hitam. Jenis hamster ini memiliki bulu cukup lembut.
  • Bandit Campbell, yaitu hamster Campbell yang memiliki dua warna pada tubuhnya, hitam dan putih. Dimana warna putihnya melingkari bagian tubuh di sekitar leher.
  • Lilac lilac, yaitu jenis hamster Campbell yang berbulu coklat muda dengan garis biru keabuan. Bola matanya berwarna hitam dan telinga abu-abu.
  • Red Eye Lilac, hamster yang warna badannya sama dengan black eye lilac yaitu ungu keabu-abuan. Perbedaannya warna bola matanya merah dan daun telinganya pink.
  • Argente Red Eye, Red eye berarti mata merah. Jenis hamster Campbell ini memiliki warna bola mata merah yang menawan. Di bagian punggungnya berwarna jingga atau oranye muda, dengan garis coklat dan telinganya berwarna merah muda.
  • Argenta Black Eye, hamster Campbell yang badannya memiliki warna yang unik, punggungnya berwarna krem ​​dengan garis coklat dan oranye yang melengkung. Terdapat juga garis putih pucat dengan lapisan coklat tua di perut, bola mata berwarna hitam dan telinga merah muda.
  • Blue Fawn, hamster yang hampir seluruh tubuhnya berwarna krem ​​gelap dengan garis abu-abu kebiruan di perut. Untuk bagian telinganya berwarna merah muda dan bola matanya berawarna merah.
  • Blue beige, hamster yang hampir mirip dengan jenis hamster blue fawn, yaitu bulunya berwarna krem ​​dengan garis biru dan garis abu-abu pada perut, warna bola matanya merah dan daun telinganya abu-abu.
  • Dove, hamster dengan warna bulu abu-abu kecoklatan, bola matanya berwarna merah dan daun telinganya berwarna merah muda sehingga bisa dikatakan mirip dengan burung merpati.
  • Champagne, yaitu jenis hamster Campbell yang tubuhnya berwarna krem ​​cerah, mata merah dan daun telinganya berwarna merah muda.
  • Spotted Campbell, jenis hamster Campbell yang warna tubuhnya cukup mudah dikenali, yaitu adanya bintik-bintik putih di sekujur tubuh.
  • Beige, hamster Campbell yang memiliki bulu berwarna kuning krem ​​dengan garis coklat di punggung. Bola matanya merah dan telinga berwarna abu-abu.
  • Black, seperti namanya, jenis hamster ini memiliki tubuh yang sepenuhnya berwarna hitam, sampai-sampai bola mata dan telinganya pun hitam.
  • Coklat, jenis hamster Campbell yang di seluruh tubuhnya berwarna coklat tua, dengan telinganya berwarna abu-abu dan bola matanya hitam pekat.
  • Albino, mungkin jenis hamster Campbell ini terkenal dengan keindahannya. Campbell albino memiliki tubuh berwarna putih, bola mata merah dan daun telinganya merah muda.
  • Opal, jenis hamster Campbell yang memiliki punggung berwarna abu-abu serta terdapat garis biru dan putih pucat di perut dengan lapisan abu-abu kontras. Untuk daun telinganya berwarna abu-abu gelap dan bola mata hitam gelap.

4. Harga Hamster Campbell 


Berdasarkan yang dilansir di dalam harga. web. id, untuk harga hamster Campbell sendiri bermacam-macam. Hal ini tergantung dari jenisnya, berikut kami tampilkan harga hamster Campbell ini :

Hamster Campbell dan Harganya | Jenis, Ciri, dan Cara Merawat
Gambar Via : harga. web. id


5. Masa Subur Hamster Campbell

Hamster campbell dikenal dengan jenis hamster yang mempunyai masa subur cukup cepat yaitu 2-3 hari.  Untuk hamster betina yang siap kawin biasanya berumur 3 bulan dan hamster jantan harus lebih tua dari betina.  

Cara mengawinkannya sama dengan jenis hamster lainnya yaitu dengan menyiapkan kardus khusus dan menempatkan pejantannya sendiri selama 2-3 hari untuk beradaptasi terlebih dahulu baru kemudian hamster betina dimasukkan ke dalam kardus tersebut.

Hamster jantan secara naluriah akan mengendus alat kelamin betina kemudian akan dikawini. Setelah kawin, hendaknya menunggu hingga terdapat tanda kehamilan pada hamster betina. Jika berhasil hamil, pisahkan pejantan karena pada kebanyakan kasus hamster betina yang hamil akan sensitif dan tidak ingin pejantan mendekatinya. Untuk masa kehamilan hamster campbell yaitu antara 15 dan 20 hari.

6. Keunggulan Hamster Campbell

Hamster campbell memiliki banyak keunggulan. Salah satunya jenis hamster Campbell ini memiliki banyak jenis, mulai dari Campbell Argente, Campbell albino, Campbell black, Campbell dove, Campbell lilac, Campbell panda, Campbell blue, dan banyak lainnya.

Selain itu, hamster Campbell ini juga mempunyai berbagai jenis warna pada bulunya, sehingga Anda dapat memilih sesuai yang diinginkan. Menariknya, dengan perawatan yang tepat, mereka bisa mencapai usia dua tahun.

7. Kekurangan Hamster Campbell

Jenis hamster yang lucu ini ternyata juga memiliki kekurangan. Hamster campbell ini bersifat agresif sehingga cenderung akan suka menggigit jika merasa terancam. Misalkan, kita memperlakukannya dengan kurang baik, jangan kaget jika dia akan menggigit.

Memang sudah secara naluriah hewan akan menggigit karena merasa terancam. Jadi apabila hamster campbell Anda galak, jangan dekatkan dengan anak-anak. Selain itu, jangan pula terlalu mengganggunya sampai dia bisa menyesuaikan diri dengan Anda.  

Untuk kekurangan jenis hamster Campbell ini yaitu kualitas hamster campbell di Indonesia kurang bagus karena diproduksi atau dikembangbiakan dalam jumlah masal. Sehingga kurang terkontrol kualitasnya.

Itulah Jenis-Jenis Hamster Campbell dan Harganya + Ciri & Cara Merawatnya 

Semoga ulasan di atas mengenai jenis-jenis hamaster Campbell beserta klasifikasi, penjelasan, dan gambarnya dapat menjadi referensi bagi Anda yang akan memelihara hamster Campbell ini. Sekian dan terima kasih atas kunjungannya. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Hamster Campbell dan Harganya | Jenis, Ciri, dan Cara Merawat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel