Hamster Roborovski | Harga, ciri, Makanan, dan Cara Merawatnya

Jenis hamster roborovski merupakan salah satu jenis hamster yang banyak digemari. Di Indonesia sendiri, banyak yang ingin memelihara hamster roborovski ini karena dikenal sebagai hamster kecil yang menggemaskan. Jadi kalau mereka bergerak akan terlihat sangat mungil, lincah, dan gesit.

Meskipun jenis hamster ini menggemaskan, hamster roborovski ini tergolong dalam jenis hamster yang penakut. Misalnya saja mereka suka melompat-lompat dan bersembunyi, jadi akan sulit untuk mengajak hamster ini bermain.

Hamster Roborovski | Harga, ciri, Makanan, dan Cara Merawatnya
Gambar Via : Carousell


Hamster Roborovsky dan Harganya + Jenis, Ciri, dan Cara Merawat

Di bawah ini terdapat ulasan lengkap mengenai jenis hamster roborovski, mulai dari klasifikasi, sejarah, ciri-ciri, dan cara merawat hamster roborovski ini. Seperti apa ulasan lengkapnya? Cermati ulasan di bawah ini !

Hamster Roborovski 

1. Klasifikasi Ilmiah dan Habitat Hamster Roborovsky

Jenis hamster roborovski ini mempunyai nama latin, yaitu Cricetinae Phodopus Roborovski atau lebih dikenal dengan hamster Roborovski pada umumnya. Di negara Inggris, hewan ini disebut dengan Desert Hamster. Berikut klasifikasi ilmiahnya :

  • Nama populer : Hamters Roborovski
  • Nama latin : Cricetinae Phodopus roborovski
  • Nama lain di Inggris : Desert Hamster
  • Genus : Phodopus
  • Family : Cricetidae

Secara historis, habitat asli hamster Roborovski adalah Gurun Gobi dan padang pasir kering di Tiongkok utara dan Mongolia. Meski kelangkaan air, Roborovski mampu bertahan dengan baik dan tetap menghemat penggunaan air dengan mengolah cairan uring sekental-kentalnya untuk menghemat air. 

Selain itu, meski suhu di gurun sangat panas dan dingin, hamster Roborovski ini tetap mampu bertahan dan beradaptasi dengan lingkungannya.

2. Ciri-ciri dan Sifat Hamster Roborovski

Seperti yang telah disebutkan di atas, ukuran hamster roborovski sangat kecil dan ramping serta memiliki kaki yang panjang, yang membuat gerakannya sangat gesit dan lincah. 

Di masa dewasa, hamster roborovski berukuran sekitar 5-6 cm dan memiliki panjang ekor hanya 1 cm. Seluruh tubuh didominasi oleh warna cokelat kekunigan hingga cokelat kemerahan. Namun ada warna lain seperti abu-abu di tengah kepala dan putih di perut kaki dan telinga bagian dalam.  

Baca Juga :

Hamster Syrian dan Harga | jenis Hamster Syrian & Cara Merawat

Hamster Campbell dan Harganya | Jenis, Ciri, dan Cara Merawat

Dari segi karakter yang dimiliki hamster Roborovski ini, selain gerakannya yang cepat, hamster roborovski juga memiliki kebiasaan berkoloni atau hidup berkelompok dengan temannya. Jenis hamster ini juga suka bersembunyi dan aktif. Berdasarkan usianya, hewan peliharaan yang menggemaskan ini dapat hidup hingga 2-3 tahun.

3. Jenis Hamster Roborovsky

Diketahui secara umum bahwa hamster Roborovski mempunyai 2 spesies atau jenis yang terbagi berdasarkan varian warnanya yaitu muka putih (white face) dan muka coklat (brown face). Brown face merupakan warna yang normal atau agouti.

Namun, pada tahun 2011 telah ditemukan 7 varian warna Roborovsky.  Yaitu :

  • Roborovski white face
  • Roborovski agouti (Brown Face)
  • Roborovski husky
  • Platinum
  • Putih
  • Red eyed 
  • Mottled

Sedangkan jenis hamster roborovski yang banyak ditemukan di Indonesia yaitu jenis hamster roborovski white face, brown face, dan husky.

Untuk Roborovski white face memiliki ciri-ciri wajahnya berwarna putih, namun punggung dan kepalanya berwarna coklat. 

4. Cara Merawat Hamster Roborovski

Tidak ada cara merawat yang khusus untuk hamster roborovski, cara perawatan hamster ini sama dengan jenis hamster pada umumnya. Hanya karena hamster Roborovski ini sangat aktif, maka perlu ditambahkan aksesoris seperti mainan roda sebagai ruang gerak. Anda juga dapat menambahkan mainan lorong kecil sebagai tempat persembunyiannya.

Baca Juga :

10 Jenis Hamster dan Harganya | Jinak & Lucu untuk Dipelihara

Sama seperti hamster pada umumnya, Anda dapat menambahkan pasir sebagai alasnya. Selain menambah kenyamanan, pasir juga dapat menetralkan bau yang berasal dari kotoran hamster.

Anda juga harus membersihkan kandang saat kotoran hamster sudah menumpuk, bisa dilakukan setiap satu minggu sekali. Jangan lupa juga untuk sesekali memandikan hamster dan mengejaknya bermain di luar kandang guna mencegah stress yang terjadi pada hamster. 

5. Makanan Hamster Roborovsky 

Jika dilihat dari makanannya, hamster Roborovski ini sama dengan jenis hamster lain yang memakan bijian, seperti millet, kacang hijau, bunga matahari, dan mungkin kacang tanah. Selain itu, Anda juga harus selalu menyediakan air minum. 

Patut Anda perhatikan untuk tidak memberi makanan seperti Coklat, bawang, dan kacang panjang mentah. Hal ini dikarenakan akan membuat hamster ini keracunan yang akan bberdampak fatal pada hamster, yaitu kematian.

6. Cara mengawinkan hamster Roborovsky

Bagi yang ingin mengawinkan sepasang hamster Roborovski bisa langsung melakukannya di dalam kandang. Dari segi usia, syarat, dan caranya tidak jauh berbeda dengan perkawinan hamster pada umumnya.  

Langkap pertama bisa dengan memilih indukan yang berkualitas, kemudian menyiapkan kandang yang nyaman untuk pasangan hamster roborovski ini. Pada umumnya, hanya satu minggu hamster ini melakukan proses perkawinan.

Setelah hamster betina positif hamil, maka segera pisahkan dengan hamster jantan karena biasanya hamster yang sedang hamil akan sangat protektif sekali. Setelah itu, tinggal tunggu sampai hamster melahirkan.

7. Keunggulan dan Kelemahan Hamster Roborovski

Setiap jenis hewan peliharaan pasti memiliki plus/minusnya. Sama seperti hamster roborovski ini yang memiliki keunggulan dan kekurangannya. Apa saja plus/minusnya? Cermati ulasan di bawah ini !

Keunggulan :

  • Hamster Roborovsky memiliki ukuran tubuh yang kecil yang membuatnya sangat mungil dan menggemaskan.
  • Ada banyak pilihan warna yang sangat cantik dan elok.
  • Sangat lincah dan aktif, sehingga sangat mudah diajak main.

Kekurangan :

  • Hamster Roborovska suka bersembunyi, melompat, dan sangat agresif. Jadi akan sulit dipegang oleh Anda.
  • Mempunyai karakter yang bersifat protektif, jadi terkadang menggigit atau bahkan takut.
  • Tidak cocok bagi anak kecil karena dikhawatirkan mereka akan meremas hamster ini.

8. Harga Hamster Roborovski 


Untuk harga hamster roborovski sendiri dibedakan berdasarkan jenisnya. Berikut rincian lengkapnya :

Hamster Roborovski | Harga, ciri, Makanan, dan Cara Merawatnya
Gambar Via : infoharga. web. id


Itulah ulasan Hamster Roborovski dan Harganya + Jenis, Ciri, dan Cara Merawat

Demikian ulasan lengkap tentang hewan yang menggemaskan ini, mulai dari ciri-ciri hamster roborovski, jenis hamser roborovski, hingga cara merawat hamster roborovski. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat bagi Anda yang baru pertama kali memelihara jenis hamster roborovski ini.

Sekian, dan terima kasih banyak atas kunjungannya.

Belum ada Komentar untuk "Hamster Roborovski | Harga, ciri, Makanan, dan Cara Merawatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel