9 Cara Merawat Hamster agar Tumbuh Sehat & Tidak Cepat Mati

Cara merawat hamster menjadi salah satu hal yang penting Anda ketahui untuk tahu bahaimana sih caranya merawat hewan peliharaan yang menggemaskan ini. Sehingga dengan mengetahui cara merawat hamster dengan baik, hamster akan tumbuh dengan baik.

Seperti yang kita ketahui, hamster merupakan salah satu hewan yang mudah mati. Seperti yang Anda telah ketahui bahwa hamster merupakan hewan yang berumur pendek. Hewan yang menggemaskan ini sangat peka terhadap lingkungan dan ini membuat mereka lebih mudah sakit.

Sedikit saja perubahan lingkungan tempat tinggal, maka bisa menyebabkan hamster stres.  Saat stres terjadi, hamster akan jatuh sakit yang bisa berakibat fatal, bahkan kematian. Jadi Anda harus merawatnya dengan baik dan benar.

Untuk memastikan pertumbuhan yang sehat, ikuti cara merawat hamster agar sehat dan tidak cepat mati di bawah ini!

9 Cara Merawat Hamster agar Tumbuh Sehat & Tidak Cepat Mati
Gambar Via : 99. co


Cara Merawat Hamster dengan Baik agar Sehat dan Tidak Mati 

Seperti yang sudah disinggung di atas, kebanyakan hamster hanya hidup 4 sampai 8 tahun. Namun, kita bisa memperpanjang umur hamster jika kita paham cara merawatnya dengan baik.

Cara dan tips ini dikhususkan untuk jenis hamster yang memang dikembangbiakan untuk dipelihara di dalam ruangan. Seperti apa cara merawat hamster dengan baik?

Berikut tips dan cara merawat hamster agar tumbuh sehat!

Cara Merawat Hamster


Jenis-Jenis Hamster yang Ramah dan Cocok Dipelihara di Rumah

Sebelum berlanjut mempelajari cara merawat hamster, penting untuk mengetahui jenis hamster apa saja yang cocok untuk dipelihara di dalam rumah. Hal ini dikarenakan tidak semua hamster bisa hidup di dalam bangunan tertutup dalam waktu yang lama. Ini karena banyaknya sinar matahari langsung yang mereka butuhkan setiap hari.

Nah, bagi Anda yang ingin memelihara hewan lucu dan menggemaskan ini di rumah, berikut beberapa jenis hamster yang mudah dipelihara di rumah.

1. Hamster Campbell

Hamster Campbell merupakan salah satu jenis hamster yang tersebar luas di pasaran karena distribusinya yang luas. Beberapa faktor yang menguatkan fakta di atas adalah jenis yang mudah dibudidayakan dan dipelihara. 

Hamster ini jika dalam keadaan yang terancam, maka akan menggigit lalu bersembunyi dalam waktu yang lama.

2. Hamster Syria Long Hair / Short Hair

Apakah Anda ingin memelhara hamster yang ukurannya lebih besar? Pilihlah hamster Syria. Selain memiliki ukuran yang besar, hamster siria ini mampu beradaptasi dengan lingkungan tertutup. Sehingga bisa hidup lebih lama di dalam rumah.

Beberapa keunggulan lain dari hamster siria adalah sifatnya yang jinak, mudah dikendalikan dan tidak mudah stres.

3. Hamster Winter White

Winter white merupakan jenis hamster favorit banyak orang. Selain bulunya yang tebal dan halus, hamster ini memiliki keistimewaan dengan kemampuannya yang bisa merubah warna bulu tergantung iklim sekitarnya.

Bulu putih hamster bisa berubah dari abu-abu menjadi cokelat keemasan. Perubahan kulit ini disebabkan oleh pigmen rambut hamster yang disuplai dengan hormon prolaktin dan genetika.

4. Hamster Robrovski

Jika Anda tidak menginginkan hamster yang besar, hamster Roborovski ini mungkin cocok untuk Anda! jenis hamster ini sangat lincah dan membutuhkan ruang bermain di kandangnya. Apabila tidak, hamster robrowski ini akan cepat stres jika dipelihara di ruangan kecil, jadi pastikan kandangnya luas.

Jenis hamster jenis ini akan selalu terlihat cantik meskipun ukurannnya yang besar. Hal ini dikarenakan hamster roborovski tidak memiliki bulu yang tebal dengan banyak corak. 

Untuk lebih jelasnya, silahkan Anda baca : 10 Jenis Hamster dan Harganya | Jinak & Lucu untuk Dipelihara  

Cara Merawat Hamster agar Sehat dan Tidak Cepat Mati

1. Pilih kandang yang sesuai

Salah satu cara merawat hamster dengan baik dan benar adalah mengetahui jenis kandang yang dibutuhkan dan sesuai karakter hamster. Setiap hamster membutuhkan kandang yang berbeda. Tapi  yang pasti mereka membutuhkan ruang yang cukup untuk bertahan hidup.

Pada umumnya, kandang hamster berukuran sekitar 0,24 meter persegi (60 x 30 cm). Disarankan kandang ini terbuat dari kaca atau plastik tebal dan memiliki lubang kecil sebagai ventilasi.

Anda juga bisa menurunkan bagian atas sangkar dan menggantinya dengan kawat agar sobat kecil anda bisa bernafas dengan nyaman.

2. Akomodasi di kandang hamster

Karena perawatan hamster tidak kalah pentingnya, inilah posisi kandangnya. Posisi paling nyaman dan teraman adalah sudut rumah yang tidak terkena sinar matahari langsung.

Hamster yang terus menerus terpapar sinar matahari sulit berkembang biak karena panas. Saat hamster dalam keadaan panas, mereka bersembunyi di kandangnya dan kesulitan untuk makan. Akibatnya, dia mati lebih cepat.

3. Alas kandang

Cara merawat hamster selanjutnya adalah dengan memilih alas kandang yang tepat. Tempat tidur di sini bukanlah karpet atau karton yang biasa Anda lihat di pasaran, melainkan limbah gergaji kayu.

Baca Juga :

Hamster Syrian dan Harga | jenis Hamster Syrian & Cara Merawat

Hamster Campbell dan Harganya | Jenis, Ciri, dan Cara Merawat

Potongan kayu lunak digunakan untuk mengistirahatkan dan merilekskan hamster. Lantai kandang hamster setidaknya harus setebal 5 cm. Kayu serut biasanya terbuat dari rusa. 

Hindari serutan kayu pinus dan cedar karena dapat merusak kesehatan hamster. Jenis pohon ini tidak cocok untuk sistem pernafasan hamster karena mengandung benih kecil yang dapat terbang di dalam kandang. 

Jangan lupa untuk menjaga kesehatannya, bersihkan alas kandang setiap hari untuk melindunginya dari bakteri yang terdapat dalam kotoran atau benda lainnya.

4. Perlengkapan kandang

Selain kandang kandang yang sesuai, hamster juga membutuhkan perlengkapan di dalamnya. Peralatan ini diberikan dengan tujuan agar hamster tidak merasa bosan dan dapat bertahan hidup lebih lama.

Misalnya untuk menghindari stres dan menjadi sehat, Anda membutuhkan tempat makan, pipa untuk minum air dan taman bermain.

Apabila hamster Anda karakternya pasif dan malas bergerak seperti jenis Suriah. Sangat direkomendasikan untuk memasang roda yang nantinya digunakan hamster untuk bermain, sehingga hamster dapat gerak kembali.

5. Air bersih

Gabungkan makanan segar dengan air bersih. Pipa air minum biasanya merupakan air bersih untuk hamster. Bentuk ini seperti corong yang bisa dihisap hamster saat haus.

Anda harus mengganti air bersih ini sekali sehari, karena kualitas dan suhu air dapat berubah dengan cepat. Hamster tidak suka air panas. Mereka lebih suka air tawar, jadi pastikan air keran selalu dingin.

6. Makan secara teratur

Seperti hewan peliharaan lainnya, hamster perlu diberi makan agar tumbuh dengan sehat. Makanan hamster harus disiapkan sekitar 15-20 gram per hari.

Salah satu masalah dalam pemberian makan hamster adalah kebiasaannya mengumpulkan dan menyembunyikan makanan. Kebanyakan hamster pada akhirnya akan membuang makanan yang dikumpulkan karena tidak segar.

Nah, jangan bekerja di lantai atas ya, teman 99. Membuang makanan yang dikumpulkan hamster akan mengguncangnya dan membuatnya merasa tersesat. Sebaiknya periksa kandang secara teratur untuk memastikan makanannya lapang dan bau.

Jika benar-benar berbau, buang saja dan ganti makanan segar dengan berat yang sama. Sebagai suplemen makanan, Anda bisa membeli beberapa jenis vitamin dari toko hewan terdekat.

Dari vitamin A di mata hingga vitamin D untuk kesehatan dan manis lemak tubuh! Ingatlah untuk menggunakan peralatan logam untuk menghindari mengunyah atau menelan saat makan.

7. Rasakan naluri hamster

Merawat hamster itu penting karena jika Anda mengabaikannya, hewan peliharaan Anda bisa mati.  Hamster merupakan hewan darat yang sangat melindungi wilayahnya dengan bau khasnya. Jika wilayahnya diusik hamster lain, mereka bisa bertarung sampai mati.

Namun, untuk jenis hamster seperti White White dan Roborovsky dapat hidup berdampingan dengan hamster lain. Sebelum memindahkannya ke satu tempat, pastikan mereka terlihat familier beberapa kali di kotak kaca.

8. Ajak bermain

Meskipun hamster tidak gesit seperti kucing dan anjing, yang membutuhkan waktu bermain yang teratur, mereka tidak dapat memeliharanya dalam waktu lama.

Anda membutuhkan hamster untuk bermain di sini. Anda tidak perlu khawatir, Anda hanya membutuhkan akuarium dengan ukuran 80x80x80cm dan segala macam mainan hamster.

Ini adalah mainan yang telah diubah menjadi roda dan terowongan plastik. Bagi yang tidak kesulitan membangun akuarium, Anda bisa membeli hamster untuk dipelihara.

Alat khusus hamster ini akan membuat Anda lebih nyaman dan aktif di rumah. Dengan alat ini, Anda tidak perlu khawatir untuk menimbang hamster kecil Anda, karena bolanya cukup besar dan warnanya sangat mengesankan.

9. Waspada akan hamster melarikan diri

Hamster adalah hewan kecil yang gesit. Saat mereka keluar dari kandang, mereka bisa lari dengan cepat. Jika Anda mengalami hal ini, Anda akan kesulitan menemukan hamster yang kabur.

Kondisi di luar kandang sangat berbahaya bagi hamster, baik dari lingkungan sekitar maupun hewan buas lainnya. Jika Anda ingin mengeluarkan hamster dari kandang, pastikan mereka masih dalam kendali Anda.

Itulah Cara Merawat Hamster agar Sehat dan Tidak Cepat Mati

Demikian ulasan mengenai cara merawat hamster agar sehat dan tidak cepat mati di atas dapat digunakan bagi Anda yang pertama kali terjun untuk memelihara hewan menggemaskan ini. Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Belum ada Komentar untuk "9 Cara Merawat Hamster agar Tumbuh Sehat & Tidak Cepat Mati"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel