7+ Cara Merawat Hamster Agar Tidak Bau (Mudah dan Terbukti)

Cara merawat hamster agar tidak bau mungkin menjadi bagian penting untuk Anda ketahui. Cara merawat hamster agar tidak bau ini akan membuat Anda semakin senang terhadap hamster. Selain hamsternya yang bersih dan wangi, Anda pun akan merasa nyaman karena hamsternya tidak bau.

Kebanyakan orang pasti akan tidak menyukai bau yang sumbernya dari hamster peliharaan Anda. Bau ini disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari kebersihan hamster itu sendiri hingga kebersihan kandangnya.

Terkadang baunya tercium dan Anda sebagai pemiliknya harus sangat berhati-hati saat menjaganya agar tetap bersih.  Jadi bagaimana cara merawat hamster agar tidak bau? Cermati ulasan cara perawatan hamster agar tidak bau di bawah ini

7+ Cara Merawat Hamster Agar Tidak Bau (Mudah dan Terbukti)
Gambar Via : arenahewan


Cara Merawat Hamster agar Tidak Bau 

Seperti yang sudah kita ketahui, pada beberapa jenis hamster ada yang berbulu tipis dan ada juga yang berbulu tebal. Sudah bisa dibayangkan apabila kandang dan tubuh hamster dalam keadaan kotor, maka bulu-bulunya pun akan berbau karena kotorannya tersimpan dalam bulunya.

Namun tenang saja, di bawah ini telah disiapkan beberapa cara merawat hamster agar tidak bau. Berikut diantaranya :

7 Cara Merawat Hamster agar Tidak Bau (Mudah dan Terbukti) 

1. Memandikan hamster

Hal pertama untuk merawat hamster agar tidak bau yaitu dari hamster itu sendiri, misalnya dengan rajin memandikannya. Layaknya kucing, Anda bisa memandikan dan mengajak hamster bermain-main. Namun dengan catatan jangan terlalu lama karena  akan membuatnya kedinginan.  

Mandikan juga dengan air hangat (tidak panas) dan seka atau usap tubuhnya dengan kain. Jangan lupa untuk selalu menggunakan sabun agar wangi, kemudian bilas hingga sabunnya benar-benar hilang.

2. Menjemur Hamster

Setelah hamster merasa segar setelah dimandikan, kemudian jemur dengan meletakannya di bawah sinar matahari langsung di pagi hari, bukan pada siang hari. Waktu terbaik di pagi hari adalah 8.00 - 09.00. Namun, durasi terbaik dan yang disarankan adalah 15 menit, tidak kurang dan tidak lebih.

Hampir sama dengan merawat burung yang biasa dijemur di pagi hari. Tujuan menjemur hamster ini yaitu untuk menghilangkan bau busuk. 

3. Menyemprotkan Parfum pada Hamster

Mungkin cara ini masih terdengar aneh bagi para pemelihara hamster. Namun, jika Anda memiliki kucing di rumah, Anda mungkin memberinya wewangian agar tubuhnya harum.  

Baca Juga :

9 Cara Merawat Hamster agar Tumbuh Sehat & Tidak Cepat Mati

7 Cara Membedakan Hamster Jantan & Betina (Mudah & Akurat)

10 Ciri-Ciri Hamster Stres dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

Nah, Anda bisa menggunakan parfum kucing ini pada hamster agar tubunya selalu wangi. Semprotkan parfum ini ke hamster sehari sekali agar selalu wangi dan menutupi aroma baunya.

4. Menjaga Kebersihan Kandang

Setelah menjaga kebersihan hamsernya, cara merawat hamster hamster agar tidak berbau berikutnya yaitu dengan rajin membersihkan kandang. Pasalnya saat hamster yang masih di dalam kandang, mereka akan selalu membuang kotoran kesana-kemari, sehingga jika tidak dibersihkan akan menyusut dan lama kelamaan mengeluarkan bau yang relatif menyengat.  

Apabila hamster Anda dipelihara dalam kandang seperti pekarangan yang luas, mungkin membersihkan kandangnya akan tidak terlalu sering. Pasalnya mereka akan bergerak bebas dan bisa membuang kotoran ke tanah langsung. Namun, jika Anda tidak memiliki halaman yang tertutup, ada kekhawatiran hamster bisa kabur dan menghilang. 

Jadi walaupun hamster dipelihara dalam kandang yang tidak terlalu besar, jika rajin dibersihkan minimal satu haru sekali, maka hamster akan terhindar dari bau yang tidak sedap. Intinya rajin membersihkan kandang ya!

5. Cuci Kandang

Setelah membuang kotorannya secara berkala, Anda bisa mencuci atau mengelap alas kandang dan bagian lainnya setiap tiga hari atau seminggu sekali. Memcuci kandang artinya menggosok alas dan bagian lainnya dengan sabun, kemudian membilasnya dengan air hingga bersih.

6. Menjemur Kandang

Setelah kandang hamster bersih karena sudah dicuci. Kemudian jemurlah kandang hamster dengan tujuan untuk menghilangkan bau dan mengeringkan kandang. 

Baca Juga :

Hamster Syrian dan Harga | jenis Hamster Syrian & Cara Merawat

Hamster Campbell dan Harganya | Jenis, Ciri, dan Cara Merawat

Hamster Roborovski | Harga, ciri, Makanan, dan Cara Merawatnya

Karena jika tidak menjemurnya di bawah terik matahari, biasanya bau hamster akan menempel meskipun sudah dicuci dengan sabun. Untuk menjemur kandangnya, lakukan selama kurang lebih satu jam. Jika alasnya sudah terlanjur sangat kotor dan berbau, maka dianjurkan untuk mengganti semua alas dengan yang bersih.

7. Pasang Pengharum di Kandang Hamster

Jika diperlukan, Anda bisa memasang pengharum pada area kandang hamster. Dengan ini, setidaknya dapat meminimalisir bau hamster yang relatif menyengat. Selain hamsternya yang merasa nyaman, keluarga di rumah pun akan tidak merasa bau yang menyengat dari hamster ini.

Itulah Cara Merawat Hamster agar Tidak Bau (Mudah dan Terbukti)

Demikian ulasan mengenai cara merawat hamster agar tidak bau. Dengan kondisi hamster dan kandangnya yang harum, maka Anda akan semakin saying terhadap hewan peliharaan yang lucu ini. Keluarga di rumah pun tidak akan merasa terganggu karena bau hamster yang menyengat ini.

Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Belum ada Komentar untuk "7+ Cara Merawat Hamster Agar Tidak Bau (Mudah dan Terbukti)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel