6+ Cara Mengawinkan Hamster dengan Benar (Terbukti Berhasil)

Cara mengawinkan hamster mungkin menjadi hal yang penting Anda ketahui, khususnya bagi Anda yang akan mengembangbiakan hamster. Dengan mengatahuinya, proses perkawinan hamster untuk pengembangbiakan akan lancar dan berhasil.

Dengan keberhasilan mengawinkan hamster, keuntungan yang didapatkan mungkin bisa menjualnya kembali atau untuk keperkuan lainnya. Jadi sangat penting bukan untuk mengetahui cara mengawinkan hamster?.

Namun, pertanyaannya sekarang adalah bagi pemula pasti akan merasa kesulitan dalam mengawinkan hamster Syria dengan Roborovski ataupun jenis lainnya. Ya kan?

Namun tentunya hal ini bukan tidak mungkin. Di bawah ini akan kita bahas lebih lanjut mengenai cara mengawinkan hamster dengan baik.  Simak di bawah ini!

6+ Cara Mengawinkan Hamster dengan Benar (Terbukti Berhasil)
Gambar Via : petpintar


Cara Mengawinkan Hamster dengan Mudah bagi Pemula

Secara umum, memelihara hamster sebenarnya relatif mudah. Pasalnya, hamster memiliki sistem reproduksi yang relatif baik. 

Setiap hamster memiliki waktu kawin yang berbeda. Spesies Robrovski membutuhkan 4-5 minggu, sedangkan spesies Syria dan Campbell membutuhkan 3 minggu.

Beberapa ahli menganjurkan agar hamster melakukan proses kawin pada usia 5-6 bulan agar alat kelaminnya matang sepenuhnya. Dengan cara ini, mereka dapat memproduksi anak yang berkualitas dan meminimalkan kegagalan.  

Cara Mengawinkan Hamster dengan Benar bagi Pemula (Terbukti Berhasil)

1. Pilih Indukan Yang Berkualitas

Tentunya untuk mendapatkan keturunan hamster yang berkualitas, kita juga harus memilih ras atau indukan yang berkualitas juga.

Lalu bagaimana cara memilih indukan hamster yang berkualitas? Pertama, pastikan indukan hamster telah berusia di atas 5 bulan dan dalam keadaan sehat serta tidak mengalami sakit bagian dalam.

Hamster jantan harus agresif dan usianya pun lebih tua dari pada betina. Dalam proses kawin seharusnya jumlah betina melebihi jumlah jantan.

Untuk membedakan hamster jantan dan betina bisa melihat pada alat kelaminnya. Pada hamster betina memiliki lubang kelamin di dekat anus. Sedangkan pada hamster jantan, dua lubang ini jaraknya berjauhan, terdapat juga dua testis akan menggantung di tubuh dekat anus.

Untuk lebih lengkapnya, silahkan Anda kunjungi halaman berikut : 7 Cara Membedakan Hamster Jantan & Betina (Mudah & Akurat)

2. Sediakan Lokasi / Kandang yang Nyaman

Anda harus terlebih dahulu memastikan tempat atau kandang yang nyaman. Jangan tunda untuk mengganti sebuk kayu sebagai alas dan barang lainnya demi kenyamanan hamster.

Baca Juga :

9 Cara Merawat Hamster agar Tumbuh Sehat & Tidak Cepat Mati

10 Ciri-Ciri Hamster Stres dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

7+ Cara Merawat Hamster Agar Tidak Bau (Mudah dan Terbukti)

10 Jenis Hamster dan Harganya | Jinak & Lucu untuk Dipelihara

Tempat pemijahan yang baik adalah kandang yang bersih, tidak transparan, dan berada di tempat yang tenang. Segala isinya, seperti tempat makanan dan minuman telah dibersihkan terlebih dahulu agar indukan hamster tidak stres atau terganggu.

3. Pertemukan Hamster untuk Proses Pemijahan

Setelah kandangnya bersih dan nyaman, kemudian pertemukan indukan hamster jantan dan betina di kandang yang telah disiapkan sebelumnya. Biasanya indukan jantan dan betina akan bertengkar satu sama lain sebagai tanda perkenalan diri selama 2-3 hari.

Untuk menghindarinya, Anda bisa membuat pemisah antara hamster betina dan betina. Atau pisahkan mereka sejenak saat pertengkaran terjadi.

Idealnya, mereka hanya membutuhkan waktu satu minggu untuk melakukan proses kawin. Mereka sudah akan mengenali aroma atau bau satu sama lain. Kemudian, hamster jantan mendekati betina yang terlihat sulit untuk dikawini. 

Mereka akan berkejar-kejaran hingga akhirnya menyelesaikan proses perkawinan. Apabila hamster betina terlihat hanya ingin bertengkar hamster jantan, segera pisahkan dan pilih hamster betina yang lain.

4. Memisahkan Hamster Betina yang Hamil

Setelah proses pembuahan, langkah selanjutnya adalah mengharapkan hamster betina hamil. Proses ini tidak memakan waktu lama dan segera pisahkan indukan betina dari hamster jantan saat terindikasi sudah hamil.

Jika keduanya masih berada di satu tempat, hamster betina mungkin merasa terganggu dan terancam yang kemudian dapat menimbulkan stres.

Jika hamster betina sedang stres, Anda bisa berpotensi mengalami kerugian karena indukan betina tidak bisa melahirkan hamster dengan baik.

Hamster betina akan terlihat bunting sekitar 2-3 minggu setelah proses kawin. Dia akan tampak lebih banyak makan dan kurang beraktivitas seperti biasanya.

Mereka juga tampak lebih agresif saat mendekati waktu melahirkan. Setiap hamster memiliki waktu bersalin yang berbeda, tetapi pada umumnya diperkirakan berumur sekitar 18-22 hari.

5. Berikan Makanan Bergizi

Sama seperti manusia, saat hamil dianjurkan untuk memberi makan dan minum secara teratur.  Makanan yang sangat direkomendasikan yaitu makanan yang kaya akan sumber protein.

Baca Juga :

Hamster Syrian dan Harga | jenis Hamster Syrian & Cara Merawat

Hamster Campbell dan Harganya | Jenis, Ciri, dan Cara Merawat

Hamster Roborovski | Harga, ciri, Makanan, dan Cara Merawatnya

Misalnya telur, kemudian semua makanan yang mengandung ragi, seperti roti atau biskuit. Kedua makanan ini bisa diberikan secara rutin sebelum proses kawin untuk meningkatkan gairah seksual dan relaksasi selama proses perkawinan.

Anda juga bisa memberikan ½  tablet vitamin anjing atau kucing yang mengandung vitamin B sebagai suplemen atau nutrisi tambahan.

6. Perawatan Bayi Hamster

Setelah sekitar 18-22 hari, anak hamster dilahirkan dengan ukuran kecil. Jumlah anak hamster yang lahir bisa bervariasi dari 3 hingga 12 ekor, tergantung pada jenis hamster.

Perlu diperhatikan bahwa tidak semua induk hamster merawat anaknya. Dalam beberapa kasus, ada juga hamster betina yang memakan anaknya sendiri.

Jika bayi hamster sudah lahir, jangan buka kandang untuk melihatnya. Setidaknya harus menunggu selama dua minggu agar induknya tidak menganggapnya berbahaya dan akhirnya memakan anak-anaknya.

Hamster bisa mulai minum air pada usia 13-15 tahun kemudian makan selama 16-21 hari. Pastikan mereka bisa menjangkau botol air dan tempat makan. Para anak hamster itu bergerak dan makan bersama.

Para baby hamster akan lepas dari induknya setelah sekitar 3 minggu. Mereka mungkin mencapai usia dewasa dalam 6-7 minggu. 

Bagaimana Cara Mengawinkan Hamster beda Jenis? Apakah bisa

Pertanyaan inilah yang banyak ditanyakan oleh banyak pemelihara hamster, apakah bisa mengawinkan hamster yang berbeda jenis? Jawabannya pun beragam, ada yang berpendapat tidak bisa karena keduanya memiliki sifat yang berbeda. 

Namun, berdasarkan berbagai informasi yang diperoleh dari laman lainnya. Proses perkawinan hamster yang berbeda jenis akan bisa dikawinkan, namun persentase keberhasilannya cukup kecil.

Itupun harus dengan berbagai macam syarat. Pertama, hamster yang berbeda harus memiliki ukuran yang sama. Jadi salah satu dari mereka tidak boleh lebih besar dari hamster yang ingin mereka kawinkan.

Hal ini dikarenakan pada hamster yang tidak memiliki ukuran yang sama atau satu lebih besar, mereka  cenderung lebih galak dan berujung pada kematian. 

Sebaliknya, mereka saling bertengkar dan menolak untuk kawin.  Oleh karena itu, ini adalah salah satu syarat mutlak yang harus Anda penuhi.

Contoh hamster yang bisa disilangkan yaitu hamster campbell dan winter white karena keduanya berukuran kecil. Namun, ini menimbulkan bahaya besar bagi keturunannya  karena hamster bisa mengalami kelainan genetik, seperti infeksi penyakit langka yang tidak bisa diobati.

Jadi sebaiknya jangan mengawinkan hamster yang berbeda jenis, paham kan? 

Mengembngbiakan hamster memang mudah, tetapi sangat penting untuk melakukannya dengan benar. Oleh karena itu, kawinkan hamster dengan baik dan sabar. Anda pasti akan mendapatkan hasil dan kualitas yang baik dan Anda tidak akan kecewa.  Selain itu, Anda dapat menghindari bahaya sebesar mungkin.

Itulah Cara Mengawinkan Hamster yang Benar Untuk Pemula

Semoga ulasan di atas mengenai cara mengawinkan hamster yang benar bisa menjadi referensi bagi Anda yang mulai memelihara hewan menggemaskan ini. Lakukanlah prose perkawinan hamster ini dengan benar dan sabar agar mendapatkan keturunan yang bagus.

Semoga dapat bermanfaat, sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Belum ada Komentar untuk "6+ Cara Mengawinkan Hamster dengan Benar (Terbukti Berhasil)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel