8+ Penyebab Bulu Hamster Rontok beserta Cara Mengatasinya

Bulu hamster kesayangan Anda banyak yang rontok?  Tenang dan jangan panik, di bawah ini terdapat ulasan mengenai penyebab bulu hamster rontok dan cara mengatasinya dengan mudah.

Anda sebagai salah satu pemelihara hamster pasti pernah merasa khawatir mengenai bulu hamster yang rontok? Terlebih bagi mereka yang masih pemula, pasti bingung  bagaimana cara mengatasi bulu hamster yang rontok ini.

Seperti yang sudah kita ketahui, hamster merupakan hewan berbulu. Jadi akan sangat rawan mengalami kerontokkan. Hal ini memang normal, tapi beda ceritanya kalau hamster kesayangan Anda kehilangan terlalu banyak bulu karena rontok, maka Anda harus berhati-hati. Mungkin terdapat faktor kelainan yang terjadi pada hamster Anda.

8+ Penyebab Bulu Hamster Rontok beserta Cara Mengatasinya
Gambar Via : petpintar


Jangan Panik! Inilah Penyebab Bulu Hamster Rontok beserta Cara Mengatasinya 


Rambut atau bulu yang rontok pada hewan sering disebut sebagai alopecia. Gejala ini sering terjadi pada hewan berbulu karena berbagai alasan. Apabila bulu hamster rontok terus-menerus, maka bisa menyebabkan kebotakan yang dapat mengindikasikan masalah kesehatannya.

Sebelum mengetahui cara mengatasi bulu hamster yang rontok, Anda harus mengetahui beberapa penyebab bulu rontok pada hamster. Sehingga dapat mencegahnya sebelum kerontokkan pada hamster berlanjut parah.

Penyebab Bulu Hamster Rontok beserta Cara Mengatasinya dengan Mudah dan Ampuh


Sesuai yang dilansir dari berbagai sumber, inilah beberapa penyebab bulu hamster yang rontok!

1. Kekurangan Nutrisi

Salah satu faktor internal penyebab utama bulu hamster rontok yaitu kekurangan nutrisi. Khususnya vitamin B, jika Anda tidak mencukupi vitamin B, mungkin akan menjadi penyebab utama bulu hamster rontok.

Selain itu, kekurangan protein dan terlalu banyak mengonsumsi biji-bijian juga dapat merusak bulu hamster.

Beberapa makanan yang cocok untuk memberi makan hamster antara lain biji-bijian tanpa pemanis, telur rebus, keju, pasta utuh, serta sayur dan buah segar.

Selain itu, vitamin yang larut dalam air dapat mengatasi masalah ini. Untuk menghindari kesalahpahaman, Anda bisa berkonsultasi dokter hewan mengenai masalah ini. 

2. Parasit

Faktor eksternal yang bisa memengaruhi bulu hamster rontok yaitu adanya parasit seperti kutu, lumut, dan tungau. Layaknya kucing, parasit pada hamster dapat menyebabkan gatal pada bagian tubuh. Jika hamster menggaruknya terlalu keras, maka bulunya bisa rontok.

3. Gesekan

Hamster termasuk hewan yang bergerak aktif. Bahkan di dalam kandang, hamster selalu berlari dari sudut ke sudut dan bermain dengan mainannya.

Baca Juga :

Hamster Syrian dan Harga | jenis Hamster Syrian & Cara Merawat

Hamster Campbell dan Harganya | Jenis, Ciri, dan Cara Merawat

Hamster Roborovski | Harga, ciri, Makanan, dan Cara Merawatnya

Jika hamster Anda termasuk dalam kelompok ini, kerusakan ini dapat terjadi karena tubuh hamster bergesekan pada permukaan yang kasar, seperti sisi kandang atau mainan. Gesekan yang berlebihan bisa menyebabkan hamster mati.

4. Stres

Memang penyebab utama penyakit pada hamster biasanya dimulai dengan stres. Tidak hanya manusia yang bisa stres, hamster juga dapat stress yang diakibatkan karena faktor penyebab tertentu.

Salah satunya karena lingkungan sekitar yang membosankan. Hal ini akan menyebabkan hamster mencari jalan untuk keluar dari kandangnya. Sehingga terjadi gesekan yang dapat menyebabkan bulu hamster rontok.

5. Penyakit dan Penuaan

Terdapat beberapa penyakit yang dapat menyebabkan bulu hamster rontok. Misalnya alergi, t-Cell Lymphoma, hingga gagal ginjal kronik. Alergi hamster bisa karena makanan, serbuk gergaji hingga alas kandang.

Anda juga harus waspada terhadap penyakit kudis. Selain rambut rontok, kudis bisa menyebar ke hewan peliharaan lain bahkan manusia. Ketidakseimbangan hormon mungkin menjadi penyebabnya.

Tak hanya itu, seiring bertambahnya usia, hamster juga mulai kehilangan kulitnya. Hamster betina yang menyusui juga mengalami sedikit kerontokan rambut.

6. Kelembaban yang berlebihan

Pernahkah Anda menemukan hamster yang bulunya selalu basah?  Nah, kasus seperti ini sebaiknya tidak segera ditindaklanjuti.

Baca Juga :

9 Cara Merawat Hamster agar Tumbuh Sehat & Tidak Cepat Mati

7 Cara Membedakan Hamster Jantan & Betina (Mudah & Akurat)

10 Ciri-Ciri Hamster Stres dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

Bulu hamster yang terlalu basah atau lembab dapat merusak pertumbuhan rambut yang sehat. Salah satunya penyebabnya yaitu jamur yang dapat mempengaruhi kesehatan bulunya. Baik karena tubuhnya yang langsung terkena air secara terus-menerus ataupun alas kandangnya yang basah.

7. Alergi

Beberapa hamster lebih sering menggaruk dan mencakar tubuhnya dari biasanya. Hal ini menyebabkan kerontokan bulu dan munculnya bintik-bintik botak.

Kondisi ini sering terjadi ketika kulit hamster mengalami iritasi atau sensitif terhadap alas kandang. Anda harus memeriksanya supaya tidak semakin parah. 

Dikhawatirkan jika kandang hamster menjadi sarang kutu, tungau, atau caplak. Sehingga membuat hamster merasa gatal dan terus-menerus menggaruk tubuhnya.

8. Masa Pergantian Bulu

Hamster akan mengalami pergantian bulu secara teratur, terutama di musim semi dan musim gugur. Ini normal, jadi jangan khawatir. Bulu hamster Anda akan kembali normal dalam beberapa minggu.  Tidak semua hamster merasakan periode relaksasi ini.

Pada masa ini biasanya bulu hamster terlihat sedikit lebih tipis dari biasanya. Berbeda pada kerontokkan bulu hamster, dimana terdapat bagian tubuh yang botak dan tidak ada bulu sama sekali.

Misalnya, hamster Suriah dan Rusia diketahui sering berganti bulu. Untuk jenis hamster lainnya, seperti hamster China dan hamster Robrowski, mereka tidak sering mengganti bulunya.

Cara Mengatasi Bulu Hamster yang rontok

Setelah Anda memahami penyebab utama rambut rontok hamster. Di bawah ini tersedia cara untuk mengatasi bulu hamster rontok. Berikut penjelasannya :

1. Menyesuaikan Menu Makan

Hamster Anda membutuhkan banyak protein untuk mengatasi masalah kerontokan pada bulunya.  Makanan yang kaya protein dan cocok untuk hamster yaitu kacang-kacangan dan biji-bijian.

Usahakan 16% protein selalu ada dalam menu makanan hamster Anda.  Namun, perlu diingat bahwa jika hamster mengonsumsi protein berlebihan juga dapat memicu kerontokan bulu pada hamster. Jadi hati-hati ya!

Dianjurkan juga untuk mengonsumsi makanan kaya zat besi seperti telur rebus dan buah-buahan kering. Hamster Anda membutuhkan sekitar 10 miligram zat besi per kilogram berat badannya. Jika perlu, berikan suplemen dan vitamin pada hamster.

2. Membasmi Parasit dan Jamur Kurap

Apabila kerontokkan bulu hamster disebabkan oleh parasite pada hamster ataupun kandangnya, Anda harus segera membasminya. Jika Anda membawanya ke dokter, biasanya Anda akan mendapat obat.

Selain itu, membunuh parasit tubuh hamster bisa dengan suntikan, lotion dan krim. Ikuti instruksi mengenai resep dokter  untuk menghindari overdosis.

Baca Juga :

7+ Cara Merawat Hamster Agar Tidak Bau (Mudah dan Terbukti)

6+ Cara Mengawinkan Hamster dengan Benar (Terbukti Berhasil)

Apabila penyebabnya adalah kurap, Anda bisa memandikan hamster dengan sampo antijamur. Jika ini tidak berhasil, Anda dapat meminum ivermectin setiap tujuh hingga sepuluh hari.

3. Konsultasikan dengan dokter hewan

Dari uraian di atas, dapat kita simpulkan bahwa rontoknya bulu hamster dipengaruhi banyak hal. Jadi, sangat dianjurkan untuk berkonsultasi kepada dokter hewan sebelum keadaan hamster semakin parah.

Bisa jadi dokter hewan langsung mengambil sampel bulu yang rontok, kemudian memberikan obat yang fungsinya mengembalikan bulu hamster seperti semula. Dengan berkonsultasi pada ahlinya, pastinya akan lebih jelas dan kerontokkan bulu hamster dapat diminimalisir.

Itulah Penyebab Bulu Hamster Rontok beserta Cara Mengatasinya dengan Mudah

Semoga ulasan di atas mengenai penyebab bulu hamster rontok dan cara mengtasinya dapat bermanfaat bagi Anda yang baru pertama kali memelihara hamster. Dapat disimpulkan bahwa kerontokan ini disebabkan oleh beberapa faktor, jadi tetaplah menjaga kesehatan hamster agar terhindar dari kerontokan bulu.

Sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Belum ada Komentar untuk "8+ Penyebab Bulu Hamster Rontok beserta Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel