5 Cara Menjinakkan Hamster Galak agar Bisa Dipegang Manusia

Hamster Anda galak dan suka menggigit? Bingung bagaimana cara menjinakan hamster? Berikut beberapa cara untuk menjinakkan hamster supaya bisa bersahabat dengan orang sekitar.

Sama seperti hewan lainnya, tidak semua jenis hamster yang bisa dibesarkan langsung bersahabat atau bisa dijinakkan. Jadi Anda perlu tahu cara menjinakkan hamster yang galak agar tidak menggigit.

Meskipun hamster merupakan hewan yang menggemakan dan cantik, nyatanya hamster juga memiliki mekanisme pertahanan diri yang alami, yaitu dengan menggigit saat merasa tidak nyaman atau terganggu.

Biasanya hamster akan sulit dijinakkan saat pertama kali saat pindah ke rumah atau kandang baru. Itu sebabnya kita sering mendengar pemilik hamster baru yang mengeluh bahwa hamster mereka galak atau suka menggigit.

Apabila ham di atas terjadi, Anda perlu tahu cara menjinakkan hamster Roborovsky, Syria, dan jenis hamster lainnya. Berikut ulasannya :

5 Cara Menjinakkan Hamster Galak agar Bisa Dipegang Manusia
Gambar Via : petpintar


Cara menjinakkan hamster yang Galak Agar Tidak Menggigit

Setelah hamster dibeli, pasti perlu waktu untuk menyesuaikan diri dengan kandang yang baru. Selama waktu ini, lebih baik jangan ganggu hamster Anda.

Cobalah menjinakkan hamster Anda selama seminggu lagi. Untuk waktunya mungkin di malam hari, hal ini karena hamster adalah hewan nokturnal. Setiap jenis hamster itu berbeda, mungkin ada yang cepat dijinakkan, ada juga yang membutuhkan waktu lama.

Jadi, Anda harus sabar dan tetap berusaha melakukan beberapa cara menjinakkan hamster agar bisa berinteraksi secara rutin, sehingga akan terbiasa dan akhirnya bisa jinak.

5 Cara Menjinakkan Hamster Galak agar Bisa Dipegang Manusia


1. Biarkan Hamster Beradaptasi

Kandang adalah tempat pertama hamster Anda berhenti setelah membelinya. Itulah mengapa sangat penting untuk meletakkannya di tempat yang tepat, yaitu di tempat terlindung dari suara dan kelembaban.  

Selain itu, jangan buru-buru mengajaknya bermain. Karena beradaptasi dengan tempat baru membutuhkan waktu, sama seperti orang yang harus beradaptasi dengan tempat baru dan tempat eksternal.

Anda harus menunggu setidaknya 2-3 hari. Namun, bisa juga sampai dua minggu untuk beberapa jenis hamster yang sangat sulit dijinakkan, seperti hamster Roborovsky.

Selama masa menunggu, bicaralah atau mengobrol dengan hamster agar ia dapat mengenali suara Anda dan memantau secara teratur apakah ia melakukan aktivitas normal seperti makan, minum, dan bermain.

2. Sering Bermain dengan Hamster

Kemudian, setelah hamster terbiasa dengan kehadiran Anda, Anda bisa mulai bermain dengannya.  Bermain dengan hamster dapat meningkatkan kedekatan di antara Anda dan hamster.

Baca Juga :

Hamster Syrian dan Harga | jenis Hamster Syrian & Cara Merawat

Hamster Campbell dan Harganya | Jenis, Ciri, dan Cara Merawat

Hamster Roborovski | Harga, ciri, Makanan, dan Cara Merawatnya

Anda juga bisa mengajaknya bermain di luar kandang. Siapkan kotak besar dan beberapa mainan bekas.

Anda bisa menggunakan makanan atau snack untuk keluar dari kandang. Tidak masalah jika hamster ingin lari dari Anda dan mencium bau Anda.

3. Berikan Cemilan

Setelah beberapa hari menyesuaikan diri dengan kandang baru, hamster biasanya melakukan beberapa gerakan untuk menunjukkan bahwa ia penasaran dengan Anda.

Jika gejala ini muncul, Anda bisa memberinya cemilan atau makanan. Untuk melakukan ini, tunggu sampai dia benar-benar bangun tidur. Anda bisa memberi makanan ringan melalui jeruji besi kandang.

Taruh makanan di tangan Anda sampai benar-benar hamster mendekatinya sendiri untuk mencoba mengambil makanan secara perlahan. Usahakan cuci tangan Anda terlebih dahulu dan tidak terlalu banyak bergerak agar hamster tidak takut.

Lakukan langkah ini dengan hati-hati, hamster mungkin pada awalnya tampak sedikit ragu-ragu. Namun, hal ini terbukti akan membuat hamster lebih akrab dan merasa diperhatikan. Jadi dia tidak lagi takut padamu.

4. Sering sentuh hamster

Sampai disini, hamster akan cukup jinak dan tidak asing lagi bagi Anda. Jika anda sering menyentuh dan memanjakannya, membuat mereka lebih ramah, lebih jinak dan lebih akrab.

Anda juga tidak boleh sembarangan menyentuh atau memegang hamster. Lalu seperti apa cara mengangkat atau menyentuh hamster dengan baik?

Cara memegang atau menyentuh hamster yang baik itu tidak dari atas. Pasalnya insting hamster akan menganggap tangan kita itu sebagai predator karena pada umumnya hamster diburu atau dimangsa dengan diterkam dari arah atas.

Selain itu, jangan angkat saat hamster tubuhnya berbalik dan memperlihatkan gigi. Ini artinya, dia merasa terancam dan akan otomatis menggigit tangan Anda.

Untuk pertama kalinya, Anda bisa menggunakan sarung tangan untuk meningkatkan keamanannya.  Dekati hamster dan biarkan dia berjalan sendiri menuju tangan Anda. Setelah dipegang, cobalah untuk memindahkannya dari satu tangan ke tangan lainnya dan tetap biarkan bergerak dengan sendirinya. 

Jangan panik jika hamster bergerak cepat. Anda bisa membelai dengan lembut sambil memegangnya dengan cara menangkupkan kedua tangan ke atas agar merasa aman.

Jika Anda merasakan kakinya bergerak dan terdengar suara mendecit, segera turunkan dia. Pastikan juga, Anda tidak memegangnya terlalu erat.

Ulangi langkah ini beberapa kali agar terbiasa disentuh dan dipegang. Dalam komunikasi seperti itu, hamster sudah jinak, terbiasa, dan bisa mempercayai Anda.

5. Biasakan mencium bau tangan Anda

Biasakan hamster untuk mencium bau tangan Anda. Hamster memiliki penciuman yang sangat tajam, sehingga dapat dengan mudah mengenali pemiliknya.

Bagaimana cara hamster mendeteksi bau tangan Anda?  Anda bisa melakukannya saat mengganti alas kandang dengan serbuk gergaji, maka harus menggunakan tangan Anda sendiri.

Baca Juga :

9 Cara Merawat Hamster agar Tumbuh Sehat & Tidak Cepat Mati

7 Cara Membedakan Hamster Jantan & Betina (Mudah & Akurat)

10 Ciri-Ciri Hamster Stres dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

Kemudian campur-campur serbuk gergaji menggunakan tangan Anda, sehingga aromanya nanti bisa tertinggal di serbuk tersebut. Dengan berjalannya waktu, hamster pasti akan terbiasa dengan bau tangan Anda.

Selain baunya, mengingat hamster memiliki penglihatan yang tidak begitu baik. Anda juga bisa mrnggunakan suara agar terdengar hamster sehingga hamster bisa mengenal majikannya.

Bicaralah sering-sering, terutama dari awal. Jangan lupa memberinya nama supaya bagus dan akan melatih keakraban.

Penyebab Hamster Galak dan Suka Menggigit

Pasti banyak dari Anda yang bertanya-tanya kenapa hamster begitu galak dan suka menggigit? Hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor yang membuatnya galak. Bukan karena sifat aslinya, tapi karena faktor lain. 

Berikut beberapa faktor yang menyebabkan hamster menjadi liar dan galak :

  • Gen atau keturunan, masalah inilah yang sulit kita pecahkan. Memang sebagian besar spesies hamster terlahir ganas. Hal ini wajar mengingat hamster di habitat aslinya bersifat agresif terhadap benda asing, termasuk manusia. Berbeda dengan hamster yang Anda rawat sejak kecil, ia memandang orang sebagai objek yang tidak membahayakan nyawanya.
  • Trauma, trauma adalah alasan terbesar mengapa hamster sulit jinak dan menjadi ganas. Penyebab trauma itu bermacam-macam, seperti perlakuan yang kasar, jatuh dari genggaman tangan Anda, dan berkelahi dengan hamster lain.
  • Hamster yang hamil atau menyusui pasti akan meningkatkan sifat agresinya. Dia mudah sekali stress karena terganggu, hal ini menjadikan segala sesuatu yang mendatanginya dianggap selalu berbahaya.  Jadi dia berusaha melindungi anak-anaknya.
  • Terganggu, hamster merupakan hewan nokturnal. Aktif pada sore hingga dini hari. Siang harinya, ia menggunakannya untuk istirahat. Jika di siang hari sewaktu istirahat mereka terganggu, hamster pasti akan merasakan stres dan menjadi galak jika Anda menyentuhnya.

Lalu Bagaimana Langkah yang Dilakukan Saat Digigit Hamster?

Mungkin bagi para pemula akan langsung mendorong atau membuangnya secara kasar saat digigit hamster. Hal ini jelas salah, saat tergigit usahakan untuk tidak berteriak, tidak panik, atau menyingkirkan hamster hamster dengan kasar.

Baca Juga :

7+ Cara Merawat Hamster Agar Tidak Bau (Mudah dan Terbukti)

6+ Cara Mengawinkan Hamster dengan Benar (Terbukti Berhasil)

8+ Penyebab Bulu Hamster Rontok beserta Cara Mengatasinya

Sebaiknya, singkirkan hamster secara perlahan agar hamster merasa nyaman dan tangan Anda tidak dianggap sebagai hal yang berbahaya. Kemudian, taruhlah kembali hamster ke kandang dengan hati-hati dan biarkan untuk menenangkan diri. Selanjutnya, Anda bisa mencuci gigitannya dengan sabun dan air.

Cobalah untuk bersabar dan jika Anda digigit, jangan menyerah.  Tentu saja, hamster peliharaan lebih nyaman saat bersosialisasi dan di rumah.

Itulah Ulasan Mengenai Cara Menjinakkan Hamster yang Galak dan Suka Menggigit

Semoga ulasan di atas mengenai cara menjinakkan hamster yang galak dan suka menggigit dapat dijadikan sebagai gambaran Anda dalam menjinakan hamster kesayangan. Kuncinya, setelah hamster jinak dan terbiasa dengan Anda, jangan berhenti memberinya perhatian, bermain, mengelus, dan mengobrol dengannya.

Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat, sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Menjinakkan Hamster Galak agar Bisa Dipegang Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel