4+ Macam Perbedaan Hamster dan Tikus yang Mudah Dikenali

Masih bingung dengan perbedaan hamster dan tikus? Hamster itu seperti apa? dan tikus itu seperti apa?. Sebenarnya apa sih perbedaan antara hamster dan tikus?  Yuk simak perbedaan keduanya di bawah ini!

Penting untuk mengetahui perbedaan antara hamster dan tikus, jadi jangan bingung karena hamster dan tikus adalah jenis berbeda yang memiliki warna atau bentuk yang sama.

Hamster dan tikus diklasifikasikan sebagai hewan pengerat. Keduanya memang hampir sulit dibedakan, pasti banyak diantara Anda yang belum mengetahui perbedaan antara tikus dan tikus besar.

Realitanya, banyak orang yang mengira hamster adalah tikus Hamster sebenarnya termasuk dalam keluarga tikus, namun memiliki ciri fisik dan perilakunya sangat berbeda.

Untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan antara hamster dan tikus, perhatikan ulasan lengkapnya di bawah ini :

4+ Macam Perbedaan Hamster dan Tikus  yang Mudah Dikenali
Gambar Via : petpintar


Cara  Membedakan Hamster dan Tikus yang Mudah Dikenali   

Tikus tersebut termasuk dalam keluarga pengerat Muridae, keluarga mamalia terbesar di dunia. Sekitar 1.400 spesies tikus termasuk di dalamnya.

Di dunia ini beragam jenis tikus yang bisa kita pelihara, misalnya hamster. Beberapa diantaranya memiliki warna dan bentuk tubuh yang hampir sama, sehingga cukup sulit untuk membedakannya.

Dahulu hamster tergolong dalam famili hewan pengerat lain, namun karena cukup dekat dengan tikus maka masuk dalam klasifikasi family yang sama. Hamster termasuk dalam subfamili Cricetinae yang mencakup 18 spesies hamster yang telah menyebar dari Eropa hingga Asia.

Apa Perbedaan Hamster dan Tikus? 

Untuk bisa membedakan hamster dan tikus, Anda harus memperhatikan ciri-ciri masing-masing hewan pengerat ini. Berikut ulasan lengkepnya :

1. Ciri Fisik

Ciri fisik lain yang dapat menjadi pembeda antara hamster dan tikus adalah bentuk mulut dan hidungnya. Tikus memiliki mulut yang lebih panjang dan gigi yang lebih tajam daripada hamster.

Tikus juga memiliki ekor yang panjang, yang berguna untuk menjaga keseimbangan saat memanjat atau di ketinggian.

Baca Juga :

9 Cara Merawat Hamster agar Tumbuh Sehat & Tidak Cepat Mati

7 Cara Membedakan Hamster Jantan & Betina (Mudah & Akurat)

10 Ciri-Ciri Hamster Stres dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

 5 Cara Menjinakkan Hamster Galak agar Bisa Dipegang Manusia

Sementara hamster tidak memiliki ekor, tetapi ada berbagai jenis hamster dengan ekor yang lebih kecil dan lebih pendek.

Selain itu, hamster dan tikus memiliki penglihatan yang buruk. Hamster mengandalkan indra penciuman dan pendengaran yang kuat. Meski tidak buta dalam hal warna, hamster dan tikus masih tidak bisa melihat dengan jelas di malam hari dan masih mengandalkan indra penciumannya.

2. Habitat

Apa perbedaan paling jelas antara hamster dan tikus?  Tentu saja dari tempat tinggal atau habitat mereka.

Di Indonesia, tikus lebih banyak berada di alam liar dan jalanan, bukan seperti hamster yang dipelihara. Namun, ada beberapa jenis tikus yang bisa dipelihara. Namun spesies ini tergolong langka di Indonesia.

Tikus memiliki antibodi dan kekuatan fisik yang sangat kuat, sehingga dapat hidup di tempat yang lembab, basah, dan kotor. Antibodi pada tikus menjadi lebih kuat setiap tahun. Jadi meskipun mereka tinggal di tempat yang kotor dan tercemar seperti selokan, mereka terlihat kuat dan gesit.

Tidak seperti hamster, mereka memiliki antibodi yang relatif lemah, itulah sebabnya hamster terkadang disebut hewan manja. Hamster lebih menyukai tempat yang bersih dan kering. Mereka tidak bisa hidup di tempat yang lembab, bau dan kotor seperti tikus.  

Oleh karena itu, disarankan untuk rutin membersihkan kandang hamster agar terhindar dari penyakit.

Habitat mereka masing-masing juga mempengaruhi reproduksi mereka. Tikus dapat berkembang biak dengan cepat karena termasuk dalam kategori poli oestrus. Poli oestrus adalah sebutan untuk proses reproduksi yang bisa terjadi beberapa kali sepanjang tahun. Tikus mungkin bisa melahirkan 6-8 ekor bayi dalam satu kali melahirkan.

Sedangkan hamster bisa melahirkan dengan jumlah yang lebih banyak dari tikus, yaitu bisa 2-12 anak hamster sekaligus. 

3. Ukuran dan Bentuk Tubuh

Sekilas, bentuk tubuh tikus dan hamster hampir identik, bulat dan gemuk. Namun kenyataannya, tubuh mereka terlihat berbeda.Tubuh hamster lebih besar dan lebih gemuk, tetapi tubuh tikus agak memanjang dan langsing. 

Baca Juga :

7+ Cara Merawat Hamster Agar Tidak Bau (Mudah dan Terbukti)

6+ Cara Mengawinkan Hamster dengan Benar (Terbukti Berhasil)

8+ Penyebab Bulu Hamster Rontok beserta Cara Mengatasinya

Beberapa hamster juga memiliki tubuh yang panjang dan langsing, namun secara umum masih terlihat lebih besar dari tikus. Kemudian yang paling terlihat dengan jelas adalah bagian pipi, dimana hamster memiliki kantong untuk menyimpan makanan sehingga terlihat lebih menggelembung. 

Sementara tikus sendiri tidak memiliki kantong pada pipinya karena sudah terbiasa memakan makanannya secara langsung dengan cepat.

4. Perilaku dan Gaya Hidup

Antara hamster dan tikus memiliki karakter atau sift berbeda. Misalnya, pada pola makan di mana hamster lebih menyukai buah-buahan, biji-bijian, dan tumbuhan. Sedangkan tikus lebih suka memakanan apa saja, terutama yang berbau amis seperti ikan dan daging.

Hamster adalah hewan tunggal dan tidak banyak menunjukkan hidupnya berkoloni atau berkelompok.  Saat mereka berkumpul, mereka akan cenderung bertengkar satu sama lain. Sementara tikus lebih suka  hidup berkelompok. Hal ini sering dihindari karena dapat menyebarkan penyakit melalui urine dan feses serta dapat merusak tanaman.

Hamster dapat hidup di alam liar hingga dua tahun, sedangkan tikus umumnya tidak hidup lama, ada yang hanya hidup selama tiga bulan.

Baca Juga :

Hamster Syrian dan Harga | jenis Hamster Syrian & Cara Merawat

Hamster Campbell dan Harganya | Jenis, Ciri, dan Cara Merawat

Hamster Roborovski | Harga, ciri, Makanan, dan Cara Merawatnya

Hamster merupakan hewan nokturnal yang aktif pada malam hari dan menghabiskan waktunya dengan tidur atau bersembunyi dari predator. Sedangkan tikus lebih aktif sepanjang waktu dan muncul hampir setiap malam.

Itulah Perbedaan Hamster dan Tikus yang Mudah Dikenali

Ternyata perbedaan antara hamster dan tikus ini mudah dikenali, kuncinya Anda memperhatikan perbedaan ciri-ciri yang dijelaskan di atas. Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Belum ada Komentar untuk "4+ Macam Perbedaan Hamster dan Tikus yang Mudah Dikenali"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel