Bahaya! 14 Jenis Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Hamster

Jenis makanan yang tidak boleh dimakan hamster menjadi hal yang penting untuk menjaga agar hamster peliharaan Anda tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Meskipun hamster diklasifikasikan sebagai hewan yang pemakan segala. Namun terdapat beberapa larangan makanan untuk hamster yang perlu diperhatikan. Berikut adalah makanan yang tidak boleh dimakan hamster.

Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Hamster
Gambar Via : petpintar


Awas Bahaya! Inilah Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Hamster Peliharaan

Saat memelihara hamster, salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan adalah makanan dan minuman yang aman sehingga bisa menunjang kesehatannya.

Jika Anda lalai dalam memilih makanan hamster, hewan peliharaan Anda mungkin memiliki berbagai masalah kesehatan yang bisa berisiko mati.

Jadi, makanan apa saja yang tidak boleh dimakan hamster? Nah, di bawah ini telah kami rangkum artikel mengenai daftar larangan makanan hamster yang harus Anda perhatikan.

Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Hamster Karena Berisiko Kematian!

Naluri alami hamster adalah ia memakan makanan apa pun yang Anda berikan. Tapi jangan sampai salah, tentunya terdapat juga larangan makanan yang harus Anda perhatikan.

Makanan berikut ini bukan hanya mengandung nutrisi yang tidak seimbang, tetapi juga beracun dan berbahaya bagi kesehatan.

Berawal dari berbagai sumber, berikut beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi hamster dan efeknya pada hewan peliharaan Anda.

Dilansir dari laman petpintar dan media lainnya, berikut beberapa makanan yang tidak boleh dimakan hamster :

1. Bawang Putih dan Bawang Merah

Konsumsi bawang putih dan bawang merah ternyata sangat berbahaya bagi kesehatan hamster.

Hamster yang mengonsumsi bawang putih akan mengalami gangguan pencernaan dan gangguan darah sedang. Sedangkan bawang merah sendiri menyebabkan kerusakan sel darah merah pada hamster.

2. Selada

Padahal, sayuran yang biasa disantap sebagai lalap. Namun hanya mengandung sedikit nutrisi yang dibutuhkan hamster.

Baca Juga :

9 Cara Merawat Hamster agar Tumbuh Sehat & Tidak Cepat Mati

7 Cara Membedakan Hamster Jantan & Betina (Mudah & Akurat)

5 Cara Menjinakkan Hamster Galak agar Bisa Dipegang Manusia

Selada juga memiliki kemampuan menyebabkan diare pada hamster. Tak seperti selada, Anda bisa menggunakan sayuran hijau lainnya, seperti kangkung yang lebih aman dan bergizi untuk hamster.

3. Biji Apel

Meskipun apel direkomendasikan sebagai makanan yang baik untuk hamster, namun Anda harus berhati-hati agar hewan peliharaan Anda tidak memakan bijinya.

Biji apel diketahui mengandung amygdalin, yang melepaskan hidrogen sianida saat bersentuhan dengan enzim pencernaan. Selain itu, amygdalin juga dapat ditemukan pada biji buah-buahan lain seperti aprikot, persik, dan ceri.

Kandungan sianida ini tentunya memiliki efek toksik pada hamster, bahkan pada risiko kematian. 

4. Tomat

Meskipun tomat memiliki rasa berbeda yang lebih manis daripada kebanyakan sayuran. Namun tomat tetap mengandung zat asam, yang menjadikannya sebagai salah satu makanan yang tidak boleh dimakan hamster.

Asam ini bisa menyebabkan diare pada hamster Anda. Pemberian dalam jumlah kecil masih aman, misalnya setengah sendok makan.

Pastikan juga tidak ada daun tomat yang tersisa saat memakan hamster. Ini karena daun tomat beracun bagi hamster dan bisa membunuh mereka meski dalam jumlah kecil.

5. Kentang

Kentang kaya akan pati dan dapat menyebabkan diare pada hamster. Diare yang parah menyebabkan dehidrasi dan bahkan kematian.

Gejala dehidrasi ditandai dengan mata cekung, lesu, tidak nafsu makan, dan penurunan elastisitas pada kulit hamster.

Makanan hamster ini sebenarnya aman, asalkan dimasak terlebih dahulu dengan cara merebus dan mengupas kentangnya.

6. Almond

Kacang almond yang tidak dipanggang dan terasa pahit di dalamnya mengandung sianida. Terkecuali untuk almond sudah dipanggang masih bisa berikan pada hamster. Asalkan diberikan dalam jumlah yang terbatas, misalnya seminggu sekali.

Baca Juga :

7+ Cara Merawat Hamster Agar Tidak Bau (Mudah dan Terbukti)

6+ Cara Mengawinkan Hamster dengan Benar (Terbukti Berhasil)

8+ Penyebab Bulu Hamster Rontok beserta Cara Mengatasinya

Selain itu, kacang almond belum dipanggang memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi dan tidak memenuhi kebutuhan nutrisi hamster.

7. Sitrus

Adapun jenis buah-buahan yang diklasifikasikan sebagai buah sitrus yaitu jeruk mandarin, jeruk bali, lemon, limau, dan jeruk nipis.

Di dalamnya kaya akan vitamin C, sehingga buah ini memiliki sifat asam. Oleh karena itu, berbahaya bagi sistem pencernaan hamster peliharaan Anda.

8. Kacang Tanah

Kacang juga tinggi lemak, apalagi untuk kacang olahan yang tinggi garam dan berisiko bagi hamster. Kandungan garam pada makanan jenis ini yang dilarang untuk hamster menyebabkan dehidrasi. 

Untuk bisa memberiannya kepada hamster, pastikan kacang tanah tersebut tanpa garam dan dalam jumlah sedikit, ya.

9. Sayuran dan Buah Yang Tidak Dicuci

Menjaga kebersihan merupakan salah satu cara mendapatkan makanan hamster yang berkualitas.  Sayuran dan buah-buahan yang tidak dicuci, tentunya bisa mengandung pestisida yang berbahaya bagi hewan peliharaan Anda.

Selain itu, dengan merendam dan mencuci di bawah air mengalir, Anda bisa mengurangi risikonya dengan menyiapkan sayur dan buah organik, ya.

10. Makanan Ringan Manusia

Makanan ringan manusia seperti keripik kentang, permen dan kue yang dapat digolongkan sebagai junk food. Makanan ini mengandung banyak gula, garam, dan zat tambahan yang dapat menyebabkan masalah pencernaan, diare, dan dehidrasi.

Jika Anda memiliki anak kecil di rumah, sebaiknya berhati-hati untuk tidak memberi cemilannya untuk hamster.

11. Cokelat

Bisakah hamster makan coklat?

Tentu saja tidak! Makanan cokelat, terutama cokelat hitam, mengandung senyawa theobromine yang terdapat dalam kakao.

Kandungan senyawa theobromine sangat beracun bagi hamster. Apalagi untuk hamster kecil, seperti hamster Roborovski.

12. Roti

Bisakah hamster makan roti? kandungan ragi pada roti menjadi alasan utama hamster tidak mengonsumsi makanan ini.

Baca Juga :

10 Ciri-Ciri Hamster Stres dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

Wajib Paham! Inilah 5 Penyebab Hamster Mati Saat Dipelihara

Bersih & Aman! Berikut 7 Cara Memandikan Hamster yang Benar

Ragi yang beracun bagi hamster ini tentunya mengancam nyawa. Selain roti, ragi ditemukan dalam bir, anggur, dan minuman beralkohol lainnya.

13. Makanan Hewan Peliharaan Lain

Jika Anda memiliki hewan peliharaan lain di dalam rumah, jangan memberi makanan anjing atau kucing pada hamster kesayangan Anda.

Perbedaan kebutuhan nutrisi menjadi alasan utama mengapa Anda tidak boleh memberi makanan ini kepada hamster.

14. Makanan Manis, Asin dan Pedas

Makanan manis mengandung glukosa tinggi, yang tidak dibutuhkan hamster. Sedangkan makanan asin bisa menyebabkan dehidrasi pada hamster.

Selain itu, produk makanan berempah dan pedas tentunya akan mengganggu saluran pencernaan hamster dan menyebabkan diare.

Lalu, Apa Saja Makanan Yang Baik Untuk Hamster?

Dari sekian banyak pemelihara hamster, pastinya bagi para pemula mungkin masih merasa bingung mengenai makanan hamster yang baik. Berikut beberapa rekomendasi makanan yang baik untuk hamster :

  • Gabah
  • Beras Merah 
  • Jagung 
  • Kedelai
  • Kacang Hijau 
  • Wortel 
  • Tauge 
  • Ulat Hongkong
Untuk lebih lengkapnya, silahkan baca : 16 Makanan Hamster Alami & Bermerek [Sehat & Mudah Didapat]

Itulah Jenis Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Hamster karena Berisiko Kematian

Dapat disimpulkan bahwa makanan yang tidak boleh dimakan hamster di atas, pastinya bisa membahayakan kesehatannya dengan nyawa taruhannya.

Oleh karena itu, penting untuk selalu memberikan makanan hamster yang berkualitas untuk menjaga nutrisinya. Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Belum ada Komentar untuk "Bahaya! 14 Jenis Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Hamster"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel