Wajib Paham! Inilah 5 Penyebab Hamster Mati Saat Dipelihara

Apakah Anda suka memelihara hamster, namun cepat mati?  Jangan khwatir, berikut informasi tentang penyebab kematian hamster pada umumnya.

Sebelum memiliki hewan peliharaan, Anda harus mengetahui karakteristik hewan peliharaan tersebut. Pasalnya ada beberapa hewan peliharaan yang cukup merepotkan kita.

Hamster adalah salah satu hewan peliharaan yang membutuhkan perhatian lebih. Hamster bisa berumur pendek dibandingkan hewan peliharaan lainnya seperti kucing, anjing, atau kelinci.

Hewan pengerat kecil ini sangat sensitif terhadap perubahan mendadak yang terjadi pada lingkungan hidupnya. Oleh karena itu, jika hamster tidak dirawat dengan baik, umurnya mungkin tidak panjang.

Wajib Paham! Inilah 5 Penyebab Hamster Mati Saat Dipelihara
Gambar Via : petpintar


Wajib Diketahui! Inilah Penyebab Hamster Cepat Mati 

Apabila hewan kesayangan yang kita pelihara mati mendadak, pasti akan merasa kehilangan dan menyesal, begitu pun pada hamster. Oleh karena itu, Anda perlu tahu kenapa hamster mati begitu cepat. Dengan demikian, Anda bisa memberikan perawatan terbaik pada hewan peliharaan Anda.  

Sesuai yang dilansir dari beberapa laman, berikut kami paparkan beberapa penyebab hamster yang mari secara mendadak dan tanda-tandanya. Berikut informasinya :

5 Penyebab Hamster Mati Saat Dipelihara yang Wajib Anda Pahami


1. Hamster Dimandikan

Hamster pada dasarnya takut air dan tidak tahan jika tubuhnya basah, sehingga jika sedikit terkena air, hamster bisa sakit. Hal ini penting untuk diperhatikan saat memelihara hamster sebagai hewan peliharaan.  

Untuk mandi, mereka biasanya membersihkan tubuhnya dengan berguling di serbuk gergaji yang Anda buat.

Jika harus mandi karena hamster sudah bau sekali, Anda bisa mencucinya dengan benar. Siapkan kain lembab yang telah Anda peras hingga tidak ada tetesan air.

Baru setelah itu Anda bisa menggosok atau mengelap hamster Anda. Setelah mandi dengan kain basah, Anda harus segera mengeringkan bulunya dengan pengering rambut dengan panas yang sedang.

Untuk mengetahui cara memandikan hamster dengan benar, baca : Bersih & Aman! Berikut 7 Cara Memandikan Hamster yang Benar

2. Suhunya Terlalu Tinggi

Di habitat aslinya, hamster sering bersembunyi di balik rumput untuk mendinginkan tubuhnya, bahkan hamster suka membuat terowongan beberapa inci di bawah tanah.

Hamster ini adalah hewan yang sangat peka terhadap suhu udara di lingkungannya. Panas membuat hamster tidak bisa menahannya terlalu lama. Dengan bersembunyi di dalam lubang pasti suhunya lebih dingin daripada di permukaan. 

Baca Juga : 

9 Cara Merawat Hamster agar Tumbuh Sehat & Tidak Cepat Mati

7+ Cara Merawat Hamster Agar Tidak Bau (Mudah dan Terbukti)

6+ Cara Mengawinkan Hamster dengan Benar (Terbukti Berhasil)

8+ Penyebab Bulu Hamster Rontok beserta Cara Mengatasinya

Anda perlu menyesuaikan suhu kandang hamster Anda atau setidaknya jauhkan dari sinar matahari langsung untuk mengantisipasi hamster yang Anda peliharaannya cepat mati.

3. Induk Hamster Masih Muda

Induk hamster yang muda biasanya akan cepat stress, sehingga bisa mati mendadak.

Secara mental, indukan yang sangat muda belum siap untuk membesarkan anaknya karena tidak memiliki cukup kelenjar susu atau tidak dapat menghasilkan cukup susu untuk bayi hamster.

Dalam kondisi yang lebih buruk ini, hamster betina juga akan mudah stres. Hal ini memperburuk kondisi karena produksi susu tidak maksimal hingga kelenjar susu mengering.

Oleh karena itu, faktor usia saat memelihara hamster juga harus diperhatikan agar hamster Anda tidak mati secara mendadak.

4. Luka akibat Perkelahian

Ini biasanya terjadi karena perebutan sesuatu. Misalnya memperebutkan posisi dominan dalam suatu kelompok, atau hamster betina yang tarung dengan hamster betina lainnya untuk memperebutkan hamster jantan.

Baca Juga :

7 Cara Membedakan Hamster Jantan & Betina (Mudah & Akurat)

5 Cara Menjinakkan Hamster Galak agar Bisa Dipegang Manusia

Jika Anda memiliki banyak hamster di kandang dan Anda dapat melihat kematian karena cedera akibat tarung dengan hamster lain. Ini adalah risiko apabila Anda tidak memisahkan hamster yang terlibat.

Ada juga masalah lain karena keadaan tempat tinggal hamster. Misalnya, jika kandang hamster terlalu sempit, hamster lain mungkin saling bersentuhan secara fisik, yang meningkatkan risiko perkelahian.

Usahakan memiliki kandang yang lebih besar agar Anda bisa mengurangi risiko hamster Anda bersenggolan satu sama lain yang bisa mengakibatkan pertarungan.

5. Jatuh dari Tempat yang Tinggi

Hamster sangat rentan mengalami cedera jika terkena benturan keras, khususnya pada kaki karena jatuh dari ketinggian. Benturan keras dengan tanah atau lantai bisa mematahkan kaki atau tubuh hamster. Jika sudah patah, akan sulit untuk disembuhkan.

Hamster pada dasarnya bukanlah hewan yang memiliki penopang kaki yang kuat, bahkan untuk melompat dari tempat yang tinggi, hamster tidak memiliki kekuatan pada kakinya.

Jika Anda benar-benar ingin bermain dengan hamster di atas meja, jangan letakkan hamster di atas meja  yang memiliki ketinggian di atas pinggang manusia.

Jika hal di atas terjadi, hamster akan sangat kesakitan saat pengobatan. Karena hamster ini adalah hewan yang sangat sensitif, dampaknya Ia mungkin tidak mau makan karena kesakitan lalu mati dengan sendirinya.

Tanda-Tanda Kematian Hamster

Gejala kematian hamster dapat dilihat dari ciri fisik atau perilakunya yang berbeda dari biasanya.  Seperti yang kita semua tahu, hamster juga merupakan hewan peliharaan yang aktif.

Sekarang jika ada gejala seperti di bawah ini, sebaiknya Anda mulai mewaspadainya :

  • Hamster cenderung kurang aktifseperti biasanya
  • Penglihatan hamster layu
  • Hamster tidur hampir sepanjang waktu
  • Hamster Anda terlihat lemas
  • Hamster akan sering minum
  • Hamster tidak mau memakan makanan yang kita berikan padanya
  • Hamster sering muntah-muntah

Itulah ulasan mengenai Penyebab Kematian Hamster beserta Tanda-Tandanya

Demikian uraian penyebab kematian hamster dan ciri-ciri hamster sebelum mati. Jadi, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui hal ini. Dengan demikian, jika hamster Anda bertingkah aneh, Anda bisa menyelamatkan nyawanya untuk memperpanjang umurnya.  

Semoga informasi ini bermanfaat, sekian dan terima kasih atas kunjungannya!

Belum ada Komentar untuk "Wajib Paham! Inilah 5 Penyebab Hamster Mati Saat Dipelihara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel