Bersih & Aman! Berikut 7 Cara Memandikan Hamster yang Benar

Cara memandikan hamster memang tidak mudah, jika terjadi kelalaian mungkin bisa membahayakan hamster peliharaan Anda. Nah, berikut beberapa cara memandikan hamster yang benar.

Hamster adalah salah satu hewan paling populer untuk dipelihara karena hewan pengerat ini lucu dan menggemaskan. Memelihara hamster selain lucu juga tidak repot seperti merawat hewan lain seperti kucing, kelinci, dan anjing.

Misalnya saja begini, saat Anda memperhatikan bulu anjing, kucing atau kelinci yang berdebu atau kotor, Anda harus segera mencucinya dengan air dan sampo khusus. Tapi hal tersebut tidak berlaku bagi hamster.

Hamster memiliki kemampuan untuk membersihkan tubuhnya dengan cara menjilat dirinya sendiri dan memiliki minyak alami di tubuhnya yang membuatnya tetap hangat. 

Jika direndam dalam air yang terlalu dingin, mereka akan mudah mati. Sebelum memelihara hamster, Anda perlu mengetahui cara memandikannya dengan benar, sebelum ia mati karena kesalahan Anda sendiri.

Cara Memandikan Hamster agar Tubuhnya Wangi dan Bersih

Cara Memandikan Hamster yang Aman dan Bersih
Gambar Via : petpintar

Tubuhnya yang kecil dan lucu memberikan daya tarik tersendiri bagi hamster. Namun masalahnya, masih banyak orang yang belum mengetahui cara terbaik memandikan hamster.

Berikut cara memandikan hamster untuk mencegah hamster Anda sakit.

Cara Memandikan Hamster yang Aman agar Bersih


1. Hamster Mandi dengan Pasir 

Pecinta hamster sering menganggap proses ini sebagai metode "mandi pasir". Salah satu ciri hamster adalah kemampuannya dalam membersihkan tubhnya sendiri dengan cara berguling-guling di pasir.

Anda hanya perlu menyiapkan pasir dalam mangkuk kecil. Kemudian ditempatkan di dalam kandang yang hamster agar mereka bisa mandi sendiri. Setelah 12 jam, segera bersihkan pasirnya.

Baca Juga :

9 Cara Merawat Hamster agar Tumbuh Sehat & Tidak Cepat Mati 

7+ Cara Merawat Hamster Agar Tidak Bau (Mudah dan Terbukti

Perhatikan bahwa tidak semua jenis pasir dapat digunakan untuk memandikan hamster. Zeolit ​​adalah substrat terbaik untuk memandikan hamster. 

Untuk hasil yang maksimal, gunakan pasir yang sudah menggunakan aroma alami sesuai dengan keinginan Anda. Ada banyak toko hewan peliharaan yang menawarkan ini.

2. Bersihkan Bulu Hamster

Setelah hamster mandi di bak pasir. Terkadang hamster kesulitan dalam membersihkan pasir di bagian tubuhn yang tidak dijangkau olehnya, jadi Anda bisa membersihkan pasir tersebut.

Baca Juga : 8+ Penyebab Bulu Hamster Rontok beserta Cara Mengatasinya 

Proses ini mungkin dilakukan pada hamster siria yang merupakan hamster dengan bulu yang lebih panjang, sebaiknya sikatlah sebelum atau sesudah mandi debu. Namun, Anda tidak perlu melakukan ini jika Anda yakin tidak pasir yang tertinggal di bulu.

Selain menghilangkan pasir, menyikat hamster membantu mereka untuk menghilangkan serpihan kayu, makanan, dan kotoran yang mungkin menempel di bulunya.

3. Bersihkan Gigi Hamster

Kebersihan gigi pada hamster sangat mempengaruhi nafsu makannya. Jika gigi hamster semakin bersih, maka nafsu makannya pun akan semakin baik.

Anda tidak perlu memutihkan gigi hamster sepenuhnya. Pasalnya, gigi hamster berwarna kuning merupakan warna alami yang berasal dari berbagai jenis makanan hamster.  

Selain itu, hamster dewasa yang giginya terlalu putih seringkali dianggap sebagai tanda suatu penyakit.

Jadi seperti apa gigi hamster yang sehat?  

Gigi hamster yang sehat adalah yang berwarna kuning alami dan sama panjangnya dengan gigi kiri dan kanan.

4. Gosok dengan Minyak Kelapa

Setelah bagian tubuh hamster bersih, Anda bisa menggosokkan minyak kelapa pada bagian tubuh hamster.

Baca Juga :

7 Cara Membedakan Hamster Jantan & Betina (Mudah & Akurat)

10 Ciri-Ciri Hamster Stres dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

 5 Cara Menjinakkan Hamster Galak agar 

Minyak kelapa ini berhasiat membantu kulit hamster untuk mencegah kekeringan dan menjaganya tetap sehat. Caranya, Anda bisa gunakan jari telunjuk Anda untuk menggosoknya perlahan. Pastikan jumlah minyak kelapa tidak terlalu banyak menutupi hamster.

5. Periksa Kuku Hamster Secara Teratur

Untuk mempercantik hamster, perhatikan bentuk dan panjang kukunya. Jika terlalu panjang dan keriting, itu tandanya sudah saatnya dipotong.

Pada dasarnya tidak semua hamster membutuhkan pemotongan kuku yang teratur. Hanya pemotongan hamster secara teratur yang dapat mengurangi risiko penyakit.

Misalnya jika ada tanda-tanda penyakit pada hamster dan goresan kuku yang tidak normal harus diperbaiki.

6. Bersihkan Kandang Hamster

Mengapa hamster tidak mudah tercium baunya seperti hewan peliharaan berbulu lain? Padahal hamster tidak mandi di air?

Hamster bukan berarti tidak berbau sama sekali. Namun, penyebab hamster bau umumnya karena kandang tempat tinggalnya itu kotor. Sehingga bisa mengiritasi kulit hamster dan membuatnya tidak nyaman.

Baca Juga : Cara Membuat Kandang Hamster dengan Mudah dan Sederhana

Oleh karena itu, Anda harus rajin membersihkan kandang hamster minimal 4 hari sekali agar kandang tidak kotor, bau, dan penuh kutu.

Sebaiknya letakkan hamster di tempat yang aman dan bersih terlebih dahulu saat membersihkan kandang. 

7. Jika Perlu, Mandikan Hamster dengan Air

Ingat! Hamster adalah hewan yang mudah mati jika terkena air dingin. Cara ini hanya disarankan jika Anda memang ingin membersihkan bulu hamster secara maksimal.

Selain itu, keadaan darurat dari hamster yang mengharuskannya mandi di air adalah mereka yang bulunya terkontaminasi kutu dan disemprot bahan kimia berbahaya.

Jika tidak ada keadaan darurat tersebut, Anda sebaiknya hanya menggunakan handuk basah yang hangat untuk memandikan hamster.

Berikut cara memandikan hamster dengan benar menggunakan air :

  • Tidak memandikan hamster dengan air yang sangat dingin atau sangat panas.
  • Setelah mandi, bersihkan dengan handuk.
  • Basuhlah tubuh hamster, bukan bagian wajah  atau kepala.
  • Wajah dan kepalanya hanya bisa dibersihkan dengan handuk basah.
  • Setelah selesai, segera keringkan hamster. Gunakan hair dryer dengan pengaturan natural untuk hasil yang lebih cepat dan maksimal.
  • Apabila kutu bahan kimia pada hamster sulit dihilangkan, sebaiknya bawa dia ke dokter hewan 

Bagaimana Cara Membersihkan Bulu Hamster yang Terkena Racun?

Jika hamster terpapar zat beracun seperti pewarna atau bahan kimia lain pada bulunya, Anda harus mencegah hamster untuk menjilatnya. Hal ini bertujuan agar hamster tidak menelan sesuatu yang beracun

Memang cara terbaiknya yaitu dengan memotong bulu yang sudah terkena racun, tapi keadaan ini mungkin akan merubah penampilan hamster itu sendiri. Jadi, salah satu solusinya yaitu dengan membersihkanna supaya hamster tidak menjilat bulunya. Berikut langkahnya :

  • Untuk membersihkannya, gunakan sikat gigi yang lembut dengan sedikit air hangat untuk membantu menghilangkan paparan bahan kimia di bulunya. 
  • Sebaiknya gunakan air sesedikit mungkin agar tidak menghilangkan banyak minyak dari bulu hamster.
  • Jangan gunakan sabun atau sampo tanpa berkonsultasi dengan dokter hewan Anda. Produk seperti ini bisa membuat hamster kesayangan Anda sakit jika sisa sampo tersebut sampai tertelan.

Itulah Cara Memandikan Hamster dengan Benar 

Demikian cara memandikan hamster dan cara membersihkan bulu hamster yang terkena racun atau bahan kimia. Hal terpenting adalah selalu menjaga kebersihan kandang dan hamster itu sendiri. Dan ingat, apabila tidak dalam keadaan darurat seperti di atas, usahakan untuk tidak memandikan hamster dengan air.

Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang memelihara hamster. Sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Belum ada Komentar untuk "Bersih & Aman! Berikut 7 Cara Memandikan Hamster yang Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel