12+ Manfaat Memelihara Hamster Bagi Pemiliknya di Rumah

Pernahkah kamu memelihara hamster? Selain hewan yang lucu dan menggemaskan, ternyata dengan memelihara  hamster bisa bermanfaat loh bagi pemiliknya. Seperti apa manfatnya? Berikut 12 manfaat memelihara hamster.  

Banyak anggapan bahwa hamster adalah hewan yang bisa menemani pemiliknya beraktivitas di siang hari. Hal ini dikarenakan hamster merupakan salah satu hewan yang aktif pada malam hari dan tidur pada siang hari. Jadi Anda tidak terlalu repot.

Meskipun memelihara hamster tidak sepopuler kucing atau anjing, mereka sebenarnya adalah hewan spesial yang menyenangkan dan lucu untuk dipelihara.

Bagi yang baru dan ingin memelihara hewan peliharaan, hamster adalah salah satu pilihan terbaik. Selain menemani Anda di malam hari, ternyata terdapat manfaat lain dari memelihara hamster bagi pemiliknya. 

12+ Manfaat Memelihara Hamster Bagi Pemiliknya di Rumah
Gambar Via : petpintar


12 Manfaat Memelihara Hamster Bagi Pemiliknya

Untuk alasan utama orang memelihara hamster mungkin karena perawatannya yang mudah daripada hewan lain seperti kucing, anjing, dan kura-kura. Misalnya saja, Anda tidak membutuhkan kandang yang terlalu besar dan mahal untuk dihuni hamster.

Nah, ternyata masih ada manfaat lainnya dari Anda yang memelihara hamster. Berikut manfaat memelihara hamster, barangkali setelah membaca artikel ini, Anda akan tertarik memelihara hamster.

Manfaat Memelihara Hamster bagi Pemiliknya 


1. Menyenangkan

Mungkin alasan utama orang memelihara hamster karena senang akan bentuknya yang imut dan perilakunya yang sangat menggemaskan. 

Selain itu, pada beberapa jenis hamster memiliki bulu yang lebat dan panjang. Jadi saat Anda membelai tubuhnya, hamster bersifat lebih tenang daripada hewan peliharaan berbulu lainnya.

Saat Anda bermain dan membelai mereka, itu membuat mereka merasa lebih tenang dan rileks. Jadi akan aman dan tidak perlu khawatir.

2. Biaya Perawatan Murah

Sudah kita ketahui bahwha hamster adalah hewan peliharaan yang cukup murah untuk membelinya dan juga murah dalam perawatannya. 

Harga pasaran hamster umumnya berkisar antara 35.000-50.000. Hal ini tergantung pada jenis hamsternya juga.

Baca Juga :

9 Cara Merawat Hamster agar Tumbuh Sehat & Tidak Cepat Mati

7+ Cara Merawat Hamster Agar Tidak Bau (Mudah dan Terbukti)

Untuk rutinitas perawatan hewan ini, Anda bisa membeli alat dan bahan lainnya dengan detail harga sebagai berikut:

  • Harga kandang: Rp 100000
  • Pasir untuk hamster: Rp 15.000
  • Mainan hamster: Rp 30.000 - Rp 50.000

Jadi saat pertama kali memelihara hamster, Anda hanya perlu membutuhkan uang sekitar Rp. 200.000. Cukup murah bukan? untuk mendapatkan dan memelihara hewan yang lucu dan cantik ini.

3. Tidak Perlu Jalan-Jalan

Sebagian orang akan memiliki rutinitas yang sibut setiap harinya. Mereka mungkin menginginkan hewan peliharaan yang bisa diajak bermain di dalam kamar dan tidak memerlukan juga jalan-jalan.

Nah, untuk itu hamster adalah salah satu pilihan yang tepat sebagai hewan peliharaan Anda. Mereka hanya bersenang-senang di dalam kandang, Anda juga bisa mengajaknya bermain di luar kandang dan masih di dalam rumah.

4. Hewan yang Tidak Berisik

Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat memelihara hewan yaitu apakah berisik atau tidak. Apabila hewan peliharaan Anda bebrisik, pastinya akan mengganggu pekerjaan atau aktivitas keseharian Anda.

Untuk itu, hamster menjadi salah satu pilihan hewan peliharaan yang tidak berisik. Memelihara hamster akan lebih aman dan nyaman karena tidak menggonggong dan melompat pagar rumah tidak seperti anjing atau kucing yang bisa mengganggu pemiliknya.

Mereka hanya bersenang-senang di dalam kandang, tidak peduli seberapa dekat mereka dengan rumah Anda. Oleh karena itu, Anda dapat memelihara hamster di mana pun Anda tinggal, baik di kontrakan atau di rumah pribadi.

5. Tidak Memerlukan Perawatan Kesehatan Lebih

Tidak seperti hewan peliharaan lain yang membutuhkan lebih banyak perawatan kesehatan, hamster sama sekali tidak membutuhkan perawatan dokter hewan. Anda hanya perlu berkonsultasi pada dokter hewan apabila terdapat masalah serius pada hamster.

Anda secara langsung memberikan hamster suplemen, obat-obatan, dan vaksinasi untuk menjaga kesehatanya atau untuk memulihkan hamster yang sakit. Murah dan mudah bukan?

6. Hewan yang Tidak Galak dan Tidak Agresif

Apakah Anda ingin memelihara hewan tetapi takut diserang atau digigit? Hamster menjadi pilihan terbaik untuk dipelihara. Pasalnya jika Anda menyentuh dan membelai tubuhnya, mereka akan bersifat tenang dan tidak agresif.

Baca Juga :  5 Cara Menjinakkan Hamster Galak agar Bisa Dipegang Manusia

Hamster tidak akan pernah menyerang atau menggigit Anda selama Anda membuatnya tetap tenang dan tidak mengganggu.

7. Tidak Capek untuk Membersihkan Kandangnya

Tidak semua orang memiliki waktu untuk memelihara hewan yang membutuhkan upaya lebih untuk merawatnya, mulai dari membersihkan kandang, kotoran, bahkan urinnya.

Ukuran kandang hamster umumnya tidak besar. Dengan demikian akan membantu mempercepat proses pembersihan. 

8. Mainan Hamster yang Sederhana

Di dalam kandang hamster, Anda harus menyediakan minimal dua jenis mainan yang bisa mereka gunakan. Mainan yang paling umum digunakan adalah roda yang berputar dan bola.

Hamster bisa memainkan roda untuk membuatnya terus bergerak atau sebagai tempat lari. Hal ini bisa membuat hamster terlihat ceria dan sehat.

9. Cukup Mandi dengan Pasir

Meskipun Anda jarang memandikan hewan ini, hamster bisa menggunakan pasir untuk mandi. Hal ini memang sudah menjadi kebiasaan hamster pada habitat aslinya, yaitu di gurun.

Pasir ini bisa didapatkan di toko hewan peliharaan. Untuk variannya mungkin terdapat berbagai warna dan aroma pasir. Dengan ini mungkin bisa membantu Anda yang belum terbiasa memandikan hewan peliharaan.

Namun, hal yang perlu diperhatikan yaitu sesekali Anda memandikan hewan dengan air bersih dan shampo untuk mencegah pertumbuhan kutu dan membuatnya tetap sehat.

10. Dapat Dilatih untuk Kompetisi

Bisakah hamster ikut berlomba?  Bahkan salah satu ajang pencarian bakat internasional pernah menemukan peserta dalam kompetisinya yang menggunkan hamster untuk bermain.

Hamster adalah hewan yang tunduk dan jinak pada pemiliknya. Faktanya, pada beberapa pertunjukan hamster bisa melewati beberapa rintangan yang ada dihadapannya.

Jadi hamster yang Anda pelihara juga dapat dilatih untuk melakukan berbagai trik hewan untuk diikutkan dalam lomba. Jangan lupa untuk memberi hadiah pada hamster Anda saat dia berlatih dengan makanan favoritnya agar lebih nurut lagi.

11. Hewan tidak berbau

Meski hamster sama seperti tikus yang tergolong hewan pengerat, namun bau tubuhnya tidak seperti tikus. Hal ini mungkin disebabkan karena hamster menghabiskan waktunya di dalam kandang, jadi Anda harus menjaga kebersihan kandangnya.

Apalagi untuk sekarang ini telah tersedia berbagai varian warna dan aroma dari pasir yang digunakan dalam kandang hamster. Jadi akan membuatnya semakin wangi bukan?

12. Teman Pulang kantor

Hamster adalah hewan peliharaan yang bagus untuk orang-orang yang sibuk di siang hari dan tidak punya banyak waktu untuk merawat hewan peliharaannya. Karena hamster jauh lebih aktif di malam hari dan tidur di siang hari.

Dengan begitu, saat Anda pulang kerja diwaktu malam, hamster bisa menjadi teman Anda untuk menghilangkan rasa lelah yang timbul di siang hari.

Itulah ulasan Manfaat Memelihata Hamster bagi Pemiliknya

Hamster adalah hewan yang lucu dan menggemaskan, banyak pula manfaat memelihara hamster bagi pemiliknya. Semoga ulasan mengenai manfaat memelihara hamster dapat menjadikan Anda lebih cinta akan hamster peliharaan Anda.

Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Belum ada Komentar untuk "12+ Manfaat Memelihara Hamster Bagi Pemiliknya di Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel