6 Ciri-Ciri Hamster Sedang Hamil dan Akan Melahirkan Anaknya

Apa ciri-ciri hamster yang hamil? Jangan sampai Anda kaget akan induk hamster yang tiba-tiba melahirkan bayi hamster. Maka dari itu Anda haru mengetahui ciri-ciri hamster betina hamil, Berikut penjelasannya!

Sudah kita ketahui bahwa hamster selain menjadi hewan peliharaan yang disukai oleh banyak orang Indonesia.  Hamster juga merupakan hewan favorit untuk dikembangbiakkan dan dijual kepada orang yang ingin memeliharanya.

Berbagai jenis hamster cantik tersedia untuk dipelihara. Tak hanya cantik, hamster juga dapat berkembang biak cepat, jadi Anda bisa mengembangbiakkannya. 

6 Ciri-Ciri Hamster Sedang Hamil dan Akan Melahirkan Anaknya
Gambar Via : petpintar

 

Inilah Ciri-Ciri Fisik Hamster Hamil dan Akan Melahirkan Anaknya 

Sebagai salah satu orang yang ingin membudidayakan hamster, Anda perlu mengetahui seperti apa ciri-ciri hamster yang sedang hamil karena hamster adalah salah satu hewan yang subur atau mengalami masa kehamilan yang cepat.

Namun, mengetahui ciri-ciri hamster yang sedang hamil tidak semudah mengenali hewan hamil lainnya.  Oleh karena itu, di bawah ini tersedia informasi mengenai ciri-ciri hamster yang hamil. Berikut penjelasannya !

Tanda-Tanda Hamster Hamil

Sebelum Anda mengetahui hamster mana yang sedang hamil, Anda perlu mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan hamster tersebut untuk mengandung anaknya. Umumnya hamster betina berumur 6 minggu siap dibuahi oleh pejantannya.

Untuk menambah wawasan, sebelumnya Anda harus membaca artikel : 6+ Cara Mengawinkan Hamster dengan Benar (Terbukti Berhasil)

Dan biasanya indukan betina mengandung anaknya sekitar 20 hari atau kurang. Setelah hamil, hamster bisa melahirkan banyak anak sekaligus. Berikut ciri-ciri hamster yang sedang hamil  :

1. Membuat Sarang di Tempat Tidurnya

Salah satu ciri hamster yang hamil adalah dengan membuat sarang di tempat tidurnya atau kandang tempat tinggalnya.

Saat hamster betina hamil akan mengalami perubahan fisik dan mental.  Oleh karena itu, Anda juga harus melihat semua perubahan yang sedang terjadi.

Ciri-ciri ini memang hampir dimiliki semua hewan karena merupakan naluri alami saat hamil. Tujuan hamster betina membuat sarang di tempat tidurnya yaitu untuk menyiapkan tempat yang nyaman saat kelahiran bayinya. 

Baca Juga : Cara Membuat Kandang Hamster dengan Mudah dan Sederhana

Cara hamster betina membuat sarang yaitu dengan membawa barang apapun yang ia butuhkan dan menyusunnya untuk membentuk sebuah sarang. Selain untuk kenyamanan saat melahirkan, ini juga dirancang untuk menghangatkan udara dingin di rumah Anda.

Jika Anda memperhatikan bahwa hamster Anda sedang melakukan aktivitas seperti itu, itu tandanya hamster Anda sedang hamil.

2. Mengumpulkan Makanan di Sarang

Setelah membuat sarang dengan tujuan menjaga tubuhnya tetap hangat, hamster hamil kerap melakukan aktivitas lain, seperti mengumpulkan makanan untuk hamster di dekat sarangnya. Tujuan hamster mengumpulkan makanan ini yaitu sebagai persiapan kelahiran bayinya.

Baca Juga : 16 Makanan Hamster Alami & Bermerek [Sehat & Mudah Didapat]

Mereka akan terlihat sibuk mondar-mandir untuk membawa makanan dengan menggigitnya atau dengan cara lain. Biasanya indukan hamster akan melahirkan tak lama setelah makanan dikumpulkan di sarangnya.

3. Hamster Sulit Tidur

Hamster merupakan salah satu mamalia nokturnal, artinya akan aktif di malam hari daripada siang hari. Pada umumnya jika hamster hamil berusia 15 hari, ia akan merasa gelisah dan sulit tidur bahkan di siang hari.

Baca Juga : 10 Ciri-Ciri Hamster Stres dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

Jika Anda melihatnya aktif sepenuhnya di siang hari, maka dapat dipastikan hamster Anda sedang hamil. 

4. Nafsu Makan Hamster Meningkat

Ciri lain dari hamster hamil adalah nafsu makan hamster yang meningkat. Ini dilakukan untuk memberi nutrisi bagi diri hamster itu sendiri dan anak yang sedang dikandungnya.

Ciri ini sebenarnya bisa kita temui pada semua hewan apapun yang dalam masa kehamilan. Ini bisa diartikan sebagai aktivitas alamiah untuk makan dengan posri yang banyak.

Nafsu makan hamster akan meningkat selama masa kehamilan. Nafsu makan hamster yang meningkat tidak berarti ia bisa makan sebanyak yang ia bisa.

Namun terkadang porsi yang kita berikan dimakan dengan cepat, tidak seperti sebelum indukan hamster itu hamil. Perubahan perilaku tersebut mungkin disebabkan oleh kehamilan hamster.

5. Berat Badan Hamster Bertambah

Tidak hanya nafsu makannya saja yang meningkat, ciri-ciri hamster hamil juga bisa dicirikan dari penampilannya. Berat badan hamster yang meningkat merupakan akibat dari bertambahnya nafsu makan hamster.

Jika Anda curiga bahwa indukan hamster hamil, Anda bisa menimbangnya dengan timbangan digunakan untuk menimbang kue.  Anda harus menimbang hamster secara berkala. Hamster yang hamil pasti terlihat lebih besar dari biasanya.

Baca Juga :

9 Cara Merawat Hamster agar Tumbuh Sehat & Tidak Cepat Mati

7 Cara Membedakan Hamster Jantan & Betina (Mudah & Akurat)

 5 Cara Menjinakkan Hamster Galak agar Bisa Dipegang Manusia

Jika Anda menimbang dan mencermati bahwa semakin hari berat badan bertambah dan bertambah lagi, maka hamster yang Anda pelihara sudah pasti hamil. Namun, Anda juga harus memastikan bahwa hamster yang Anda periksa adalah hamster betina.

6. Puting Hamster Terlihat Menonjol

Hampir ciri-ciri ini terjadi pada semua jenis mamalia yang menyusui anaknya, yaitu putingnya yang menonjol. 

Hamster tergolong jenis hewan mamalia seperti sapi, kucing, kelinci, dan lainnya, jadi apabila sedang masa hamil, puting susunya akan terlihat menonjol.

Namun ada beberapa hal yang perlu Anda diperhatikan karena ciri-ciri ini tidak mesti menandakan hamster Anda hamil. Jadi apabila puting hamster menonjol tetapi tidak ada tanda-tanda lain hamster hamil, mungkin hamster Anda mengidap penyakit yang perlu segera diobati.

Setelah bayi hamster lahir, Anda harus tahu bagaimana cara merawat bayi hamster. Anda bisa baca informasinya  di : 8 Cara Merawat Bayi Hamster Dari Lahir Agar Tak Mati [Lengkap]

Itulah Ciri-Ciri Hamster Hamil dan Akan Melahirkan Anaknya 

Demikian ulasan mengenai ciri-ciri hamster hamil di atas. Apabila Anda sedang beternak hamster untuk dijual, Anda wajib memperhatikan ciri-ciri kehamilan hamster yang Anda pelihara. Dengan begitu, Anda bisa memprediksi kapan Anda bisa menjual hamster yang sudah melahirkan.  

Semoga informasinya bermanfaat, sekian dan terima kasih atas kunjungannya!

Belum ada Komentar untuk "6 Ciri-Ciri Hamster Sedang Hamil dan Akan Melahirkan Anaknya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel