16 Makanan Hamster Alami & Bermerek [Sehat & Mudah Didapat]

Makanan hamster memang cukup penting untuk menjaga kesehatan hewan peliharaan yang menggemaskan satu ini. Layaknya manusia, dengan makanan yang sehat dan bergizi, pastinya hamster akan tumbuh sehat dan kebal terhadap perubahan-perubahan lingkungan sekitar.

Seperti yang sudah kita ketahui, hamster sama seperti tikus yang tergolong ke dalam hewan omnivora atau pemakan segala. Meskipun demikian, Anda harus tetap memperhatikan pola dan menu makanan hamster supaya hamster sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Seperti apa rekomendasi makanan hamster yang baik?  Jangan khawatir, di bawah ini akan disajikan jenis makanan hamster yang bergizi dan pastinya baik untuk tumbuh kembang hamster.

16 Makanan Hamster Alami & Bermerek [Sehat & Mudah Didapat]
Gambar Via : petpintar


16 Makanan Hamster Alami dan Bermerek | Sehat, Aman, dan Mudah Didapat

Hamster adalah hewan pengerat kecil dengan bulu yang lembut. Mengingat penampilannya yang cantik dan menawan, tidak heran jika hewan lucu ini banyak dipilih sebagai hewan peliharaan.

Dari sekian banyak pemelihara hamster, pastinya bagi para pemula mungkin masih merasa bingung mengenai makanan hamster yang baik. Untuk itu, simak ulasan di bawah ini mengenai makanan hamster yang baik dan menyehatkan.

Makanan Hamster Alami 

1. Gabah

Gabah adalah salah satu makanan pokok yang menyehatkan untuk hamster. Sereal bisa menjadi sumber utama karbohidrat, sehingga hamster bisa tetap aktif karena energinya terisi dengan baik.

Selain kaya akan karbohidrat, biji yang dibungkus kulitnya juga sangat kaya vitamin D yang berguna untuk beternak hamster.

2. Beras merah

Masih dalam jenis gabah, namun kali ini varietas gabahnya berupa beras merah. Beras merah ini merupakan sumber karbohidrat yang baik untuk hamster. Beras merah juga baik untuk perkembangan otak. 

3. Jagung

Selain sumber karbohidrat di atas, jagung merupakan sumber karbohidrat yang bagus untuk menyuplai energi pada hamster. Jumlah karbohidrat dalam jagung mencapai 80%.

Baca Juga :

9 Cara Merawat Hamster agar Tumbuh Sehat & Tidak Cepat Mati

7 Cara Membedakan Hamster Jantan & Betina (Mudah & Akurat)

10 Ciri-Ciri Hamster Stres dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

 5 Cara Menjinakkan Hamster Galak agar 

Jagung dapat digunakan sebagai makanan pokok atau camilan hamster, misalnya disajikan dalam bentuk jagung kering ataupun jagung mentah langsung.

4. Kedelai

Kedelai merupakan jenis kacang-kacangan yang banyak mengandung protein, sehingga sangat baik sebagai bahan pangan pokok.

Kedelai dapat digunakan sebagai makanan utama atau sebagai camilan bagi hamster yang dalam masa pertumbuhan. Hal ini dikarenakan kacang kedelai ini sangat cocok untuk mengasah gigi hamster saat masa pertumbuhan.

5. Kacang Tanah

Kacang tanah juga dapat digunakan sebagai makanan hamster karena merupakan sumber energi.Sebagai hewan pengerat, maka hamster akan sangat suka kacang tanah karena teksturnya yang agak keras dan gurih.

Tetapi jangan terlalu sering memberi kacang pada hamster, pasalnya dalam kacang sendiri mengandung lemak yang dapat memicu terjadinya obesitas yang tentunya dapat membahayakan kesehatan hamster.

6. Kacang hijau

Masih dalam jenis kacang-kacangan, kali ini makanan lain yang baik untuk tumbuh kembang hamster adalah kacang hijau. Seperti jenis kacang lainnya, kacang hijau juga dikenal baik untuk gigi hamster. 

Selain itu, kandungan nutrisi dalam kacang hijau juga lengkap. Di dalamnya ada karbohidrat, protein, vitamin, dan lemak.

7. Biji Kenari

Kacang atau biji kenari juga bisa digunakan sebagai suplemen atau makanan tambahan untuk hamster. Namun, pastikan bahwa kacang kenari yang Anda kasih haru memiliki berkualitas baik, yaitu kering, bersih, tidak berbau, dan berwarna kuning.

8. Biji bunga matahari

Banyak yang menganggap bahwa kuaci atau biji bunga matahari merupakan makanan utama atau pokok hamster di habitat aslinya. Padahal, biji bunga matahari sebaiknya dijadikan camilan atau makanan selingan saja.

Baca Juga :

7+ Cara Merawat Hamster Agar Tidak Bau (Mudah dan Terbukti)

6+ Cara Mengawinkan Hamster dengan Benar (Terbukti Berhasil)

8+ Penyebab Bulu Hamster Rontok beserta Cara Mengatasinya

Kandungan lemak pada biji-bijian ini cukup tinggi, sehingga bisa dijadikan campuran pada makanan utama. Dengan begitu, hamster akan memperoleh gizi yang lebih seimbang.

9. Wortel

Makanan hamster berupa sayuran yaitu wortel yang sangat cocok untuk camilan hamster. Makanan hamster berupa sayuran wortel ini sangat baik untuk dikonsumsi hamster bermata merah.

Mengapa demikian? karena hamster jenis ini lebih mudah terkena katarak. Tapi bisa juga Anda menambah wortel pada jenis hamster lain hanya sekadar cemilan saja. Selain bisa dimakan langsung, jus wortel juga cocok sebagai pengganti untuk diminum.

10. Tauge

Jika Anda memiliki anggaran terbatas dan ingin membuat camilan hamster, tauge bisa menjadi pilihan termurah yang bisa Anda buat dengan mudah.

Seperti sebelumnya, Anda bisa memberi tauge dalam jumlah terbatas dan mentah.

Pastikan tauge dalam keadaan mentah, namun Anda tetap perlu mencucinya agar kebersihannya bakteri dan mikroba.

11. Apel

Hewan peliharaan hamster juga bisa diberi makan buah, salah satunya adalah apel yang bisa dengan mudah Anda temukan di pasaran.

Bagi yang ingin manjadikan apel sebagai makanan hamster kecil, seperti Roborovsky, Anda perlu memotongnya menjadi kubus kecil agar mudah dimakan.

Jangan lupa untuk membuang bijinya agar hamster tidak memakannya.  Karena biji apel mengandung senyawa Amiygdalin yang bersifat racun.

Buah-buahan lain yang bisa Anda siapkan untuk makanan hamster yaitu seperti stroberi, anggur, semangka, dan pisang. Tapi masih dalam jumlah terbatas dan hanya sesekali saja.

Larangan hamster untuk makan buah-buahan citrus, seperti jeruk dan lemon karena di dalamnya mengandung asam yang dapat mengganggu sistem pencernaan hamster.

12. Ulat Hong Kong

Karena hamster juga memakan serangga di alam liar, Anda juga bisa sering menjadikan ulat Hong Kong sebagai protein hewani.

Selain ulat hongkong, Anda bisa memilih dari serangga lain, seperti jangkrik dan ulat jerman yang bisa Anda temukan di toko makanan burung.

Sayangnya, beberapa orang menghindari terlalu banyak protein hewani untuk hamster mereka atau memberikannya dalam jumlah yang sangat terbatas.

Hal ini dianggap menyebabkan perilaku kanibal pada hamster, terutama yang memelihara lebih dari satu hamster di dalam kandang.

13. Telur rebus

Untuk makanan hamster yang baik dan mengandung protein hewani, Anda bisa memilih telur rebus terutama yang bagian putihnya.

Bagian putih telur ini sudah mengandung cukup banyak protein untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hamster. Anda dapat memberinya seminggu sekali.

Saat membuat telur rebus, pastikan untuk memasaknya sampai matang untuk menghindari resiko bakteri Salmonella pada telur mentah.

Apa saja merek makanan hamster yang bagus dan berkualitas?

Meskipun kombinasi di atas dapat digunakan untuk membuat makanan hamster dan caranya yang cukup sederhana. Namun sayangnya hal tersebut tidak membuat makanan menjadi sangat tahan lama.

Selain itu, Anda harus selalu memastikan kesegarannya agar hamster dapat memakannya dengan aman. Sebagai alternatif, beberapa merk makanan hamster terbaik kini tersedia dalam kemasan yang bisa Anda siapkan sebagai makanan praktis sehari-hari.

Berikut ini beberapa merk makanan hamster beserta harganya yang bisa kamu temukan di toko hewan peliharaan atau toko online.

1. Morning Sun

Morning Sun merupakan jenis makanan kering yang dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya hamster.

Makanan hamster kemasan ini mengandung bahan-bahan yang sangat baik dan kaya vitamin yang aman dikonsumsi.

Ada beberapa jenis kemasan Morning Sun yang beredar di pasaran, seperti harga makanan hamster 1,2 kg yang harganya mulai dari Rp 55.000 hingga Rp 60.000.

2. Vitacraft

Vitacraft adalah merek makanan hamster diimport yang bagus karena di dalamnya mengandung sereal, biji-bijian dan sayuran berkualitas tinggi.

Makanan hamster ini kaya akan protein alami, vitamin dan mineral esensial yang dapat meningkatkan kesehatan hamster.

Selain itu, Vitacraft mengandung zat yang membuat kotoran hamster tidak berbau. Harga untuk kemasan 1 kg Vitacraft berkisar antara 75.000 sampai 80.000.

3. Hamsfood 

Di dalam negeri  juga terdapat merk makanan hamster yang lebih terjangkau, salah satunya yaitu Hamsfood yang kandungannya kaya akan protein dan mineral.

Hamsfood adalah kombinasi biji-bijian yang disukai hamster, seperti jagung, jagung, jelai, dan biji bunga matahari.

Harga makanan hamster hamsfood cukup terjangkau untuk semua pecinta hamster, mulai dari Rp 35.000 hingga Rp 40.000 per kemasan 1 kg.

Berapa Takaran Makanan Hamster Sesuai Dengan Ukuran Tubuhnya?

Bagi pemula mungkin masih bingung memberikan jumlah makanan yang tepat. Anda mungkin sudah menyiapkan makanan, tetapi hamster memakannya tidak habis dalam satu kali makan.

Sangat direkomendasikan untuk memberi makan hamster dua kali, di pagi dan sore hari, dengan setengah sendok makan pelet atau kombinasi sereal setiap kali makan.

Jumlah makanan ini juga bisa berbeda-beda tergantung jumlah hamster yang dipelihara di dalam kandang. Selain itu, ukuran dan jenis hamster juga bisa mempengaruhi hal ini.

Misalnya Anda bisa memberi makan sedikit hamster kecil, seperti Roborovski. Hal ini berbanding terbalik jika Anda memberi makan hamster Syria, yang membutuhkan lebih banyak makanan.

Dan jangan lupa untuk membersihkan residunya terlebih dahulu agar hamster tetap segar. Siapkan juga air bersih untuk diminum di wadahnya sendiri.

Itulah Makanan Hamster Alami dan Bermerek yang Sehat dan Mudah Didapat

Demikian ulasan di atas mengenai makanan hamster alami dan bermerek bisa menjadi referensi bagi Anda yang sedang memeihara hamster. Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Belum ada Komentar untuk "16 Makanan Hamster Alami & Bermerek [Sehat & Mudah Didapat]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel