5 Fakta Unik Hamster, Si Imut yang Lucu dan Menggemaskan

Bagi para pecinta hamster, Anda harus mengetahui fakta menarik tentangnya. Baik itu mengenai kenapa hewan yang satu ini banyak digemari ataupun fakta-fakta lainnya. Nah, berikut beberapa fakta menarik seputar hamster.

Bagi para pecinta hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan, Anda pasti telah memilih hamster sebagai hewan peliharaan favorit di rumah. Hamster adalah hewan yang mudah dirawat dan tidak memakan banyak tempat sebagai kandang.

Banyak yang mengatakan bahwa hamster ini bukan hewan peliharaan yang bisa diajak berinteraksi. Mungkin pernyataan ini salah, pada kenyataannya justru hamster bisa diajak bermain untuk menghibur Anda di waktu luang.

Nah, buat Anda yang ingin memelihara hewan menggemaskan ini, Anda harus mengetahui fakta menarik dan unik tentang hamster. Berikut ulasannya :

Fakta Menarik Tentang Hamster sebagai Hewan yang Lucu dan Menggemaskan


5 Fakta Unik Hamster, Si Imut yang Lucu dan Menggemaskan


Dengan mengetahui fakta menarik tentang hamster, pastinya akan memberikan informasi yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. Sehingga hal tersebut bisa dijadikan alasan untuk mulai memelihara hamster atau lebih mencintainya. Berikut faktanya :

Fakta Menarik Hamster yang Wajib Anda Ketahui

1. Hewan Adalah Hamster Penakut

Hamster adalah hewan yang banyak diburu predator alam liar, sehingga sifat aslinya ini tidak memungkinkan untuk kontak langsung dengan manusia. Mungkin perlu waktu berminggu-minggu sampai hamster bisa dipegang dan diajak berinteraksi.

Berikut beberapa tips untuk menjinakkan hamster.

Biarkan hamster untuk menyendiri, setidaknya seminggu setelah adopsi. Kecuali saat Anda memberi makan dan minum. Dengan menyendiri ini akan memberinya waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan baru.

Jangan pernah mencoba menangkap dengan mengejarnya di dalam kandang, itu akan membuat hamster stres dan dia tidak akan bertahan lama di dalam kandang.

Jangan mengejutkan hamster dengan suara keras.

Dekatkan dan sentuh hamster dengan tangan Anda secara perlahan dan hati-hati. Saat ia mulai mencium tangan Anda, artinya hamster sudah jinak.

Untuk lebih lengkapnya, baca artikel berikut :  5 Cara Menjinakkan Hamster Galak agar Bisa Dipegang Manusia

2. Hamster Membutuhkan Banyak Aktivitas

Hamster memang hewan kecil, tetapi mereka tetap membutuhkan banyak gerakan setiap hari. Sehingga apabila memelihara mereka di dalam kandang kecil dan tidak memberinya mainan maka akan bisa membuat hamster stres.

Di alam liar, hewan ini berjalan cukup jauh setiap harinya. Untuk mengakalinya, Anda bisa meletakkan benda di bawah ini di dalam kandang untuk membuat hamster Anda tetap bergerak. Berikut diantaranya :

Berikan kandang yang luas, jika anda membuat kandang hamster sendiri sebaiknya membuatnya cukup luas. Ini akan memberinya kenyamanan sehingga dia bisa bergerak bebas di sana-sini.

Baca Juga :

7+ Cara Merawat Hamster Agar Tidak Bau (Mudah dan Terbukti)

6+ Cara Mengawinkan Hamster dengan Benar (Terbukti Berhasil)

8+ Penyebab Bulu Hamster Rontok beserta Cara Mengatasinya

Memberinya bola yang berguna untuk mencegah kerusakan kandang. Artinya, dengan bola ini bisa meredakan hamster untuk melakukan hal-hal yang dapat merusak kandang atau bahkan merepotkan kita.

Roda berputar, roda berputar ini sangat cocok untuk membuat hamster selalu bergeeak. Hamster akan memainkan roda dengan cara masuk ke dalamnya, sehingga roda akan terus berputar karena hamster yang terus bergerak. Pastikan ukurannya cukup besar agar aman bagi hamster.

3. Hamster Jantan dan Betina tidak Boleh Hidup Bersama

Fakta menarik selanjutnya yaitu Anda tidak boleh mencampurkan hamster jantan dan betina dalam satu kandang. Walaupun tujuan Anda adalah memelihara hamster, Anda tetap perlu menempatkan hamster jantan dan betina di kandang yang terpisah.

Tujuannya yaitu supaya hamster tidak bertengkar dan tidak berkembang biak terlalu cepat yang akan mengakibatkan hamster Anda semakin banyak. Jika hamster terlalu banyak, repot juga kan?

Selain itu, hamster adalah hewan yang tingkat reprodusinya cepat. Sehingga ketika bayi hamster lahir, segera pisahkan untuk untuk menghindari perkelahian dan saling membunuh. Ingat, hamster adalah hewan yang soliter atau lebih suka sendiri!

4. Hamster Memiliki Penglihatan yang Buruk

Secara alamiah hamster memang sangat suka berpetualang, jadi sebaiknya taruh mereka di dalam kandang besar dan sesekali bisa dibiarkan di atas meja. Namun, pergerakan hamster seringkali perlu diwaspadai karena penglihatannya yang buruk.

Baca Juga :

9 Cara Merawat Hamster agar Tumbuh Sehat & Tidak Cepat Mati

7 Cara Membedakan Hamster Jantan & Betina (Mudah & Akurat)

10 Ciri-Ciri Hamster Stres dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

Hamster yang baru lahir hanya bisa membuka matanya sekitar 2 minggu setelah lahir. Mereka juga hanya melihat dari dekat dan buta warna. Ia biasanya menggunakan kumis dan indra penciuman yang kuat untuk mengenal lingkungan sekitarnya.  

5. Makanan Hamster

Orang mungkin banyak mengangap hamster adalah hewan herbivora yang hanya memakan vegetarian, seperti kacang dan buah. Ini tidak benar sama sekali, justru hamster adalah hewan omnivora yang tidak hanya makan sayuran, namun juga bisa memakan daging, serangga atau cacing.

Makanan terbaik untuk hamster tentunya adalah makanan yang bergizi seperti pelet, biji-bijian dan buah-buahan. Jangan memberinya makan buah yang rasanya masam seperti jeruk, karena ini adalah makanan yang dilarang untuk diberikan ke hamster.

Itulah Fakta Menarik mengenai Hamster yang Lucu dan Menggemaskan

Demikian ulasan mengenai fakta menarik mengenai hamster. Semoga uraian di atas dapat bermanfaat bagi Anda yang akan memelihara hamster. Anda juga bisa mempelajari informasi mengenai hamster di artikel kami lainnya.

Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Belum ada Komentar untuk "5 Fakta Unik Hamster, Si Imut yang Lucu dan Menggemaskan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel