5 Alasan Hamster Memakan Anaknya Sendiri yang Baru Lahir

Mengapa bayi hamster sering menghilang tiba-tiba? Apakah dimakan indukya? Seperti yang telah diteliti, ternyata inilah alasan mengapa indukan hamster memakan anaknya sendiri.

Hamster memiliki ukuran yang mini, sehingga sangat lucu dan menggemaskan. Ia suka menghabiskan waktunya dengan bermain-main di dalam kandang ataupun berinteraksi dengan Anda secara langsung.

Dengan bentuk tubuh dan sifat di atas mungkin menjadi salah satu daya tarik yang membuat banyak orang yang ingin memeliara hamster. Namun, dibalik sifatnya yang periang, ternyata hamster juga memiliki sifat yang kejam.

Mengapa dikatakan kejam? Karena salah satu sifat buruk hamster yaitu suka memakan anakannya sendiri. Kanibalisme yang terjadi pada hamster ini sering terjadi saat indukan baru melahirkan anaknya.

Mengapa hamster memakan anaknya?  Ketahui alasan induk hamster suka memakan anaknya di bawah ini!

Alasan Hamster Memakan Anaknya Sendiri yang Baru Lahir


5 Alasan Hamster Memakan Anaknya Sendiri yang Baru Lahir
Gambar Via : petpintar


Perlu digaris bawahi bahwa hal ini tidak terjadi pada setiap hamster yang melahirkan. Namun bagi Anda yang sudah berpengalaman memelihara hamster, pastinya sudah pernah menjumpai induk hamster memakan anaknya yang baru lahir. 

Berikut Alasan Mengapa Indukan Hamster Memakan Anaknya Sendiri 


1. Karena Kekurangan Makanan

Mungkin ini alasan rasional mengapa indukan hamster menjadi kanibal atau memakan anaknya sendiri. Setiap mahluk hidup saat menyusui pasti membutuhkan energi tambahan untuk memberi nutrisi pada bayinya.

Oleh karena itu, indukan hamster membutuhkan lebih banyak makanan untuk mendapatkan energi.  Jika Anda tidak memberinya makan secara teratur, hamster merasa lapar yang bisa menyebabkannya memakan apa saja yang ada di dekatnya.

Dan tidak hanya itu, induk hamster juga menganggap bahwa ia memakan anaknya karena takut tidak bisa memberi makan pada anaknya. Entah apapun alasannya, yang penting Anda selalu menyediakan makanan untuk menghindari hal ini.

2. Indukan Hamster Stres

Selama proses kehamilan, persalinan, menyusui dan mengasuh anaknya pasti akan menyebabkan hamster stress. Jika hamster sedang stres berat, ia mungkin akan memakan anaknya dengan sengaja.

Dia mungkin merasa bahwa merawat hamster adalah beban besar dalam hidupnya. Oleh karena itu, dia mengalami stres sendirian dan membunuh bayinya sebagai pelampiasan.

Hal ini dapat terjadi pada indukan hamster, dimana mereka mungkin tidak siap secara mental untuk merawat anak-anaknya.

Untuk lebih lengkapnya, baca artikel berikut : 10 Ciri-Ciri Hamster Stres dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

3. Karena Hamster Ketakutan

Seperti hewan lainnya, indukan hamster pasti akan berusaha untuk melindungi anaknya dari bahaya apapun. Tetapi ketika seekor hamster benar-benar ketakutan, emosi ini malah bisa menjadi malapetaka bagi anak-anaknya. Indukan hamster akan tidak segan-segan untuk yang membunuh darah dagingnya sendiri.

Baca Juga :

9 Cara Merawat Hamster agar Tumbuh Sehat & Tidak Cepat Mati

7 Cara Membedakan Hamster Jantan & Betina (Mudah & Akurat)

 5 Cara Menjinakkan Hamster Galak agar Bisa Dipegang Manusia

Alasan indukan hamster merasa ketakutan mungkin berasal dari ancaman eksternal, seperti takut pada manusia, hewan peliharaan lain, atau suara keras. Jika hal di atas terjadi, pastinya akan meningkatkan emosi pada hamster.

Patut Anda garis bawahi bahwa hamser sangat takut dengan orang lain atau hewan lain jika belum mengenalnya. Jadi, saat baru membelinya, Anda bisa menjauhkan kandang hamster dari jangkauan hewan atau manusia untuk beradaptasi terlebih dahulu.

4. Akibat Induknya tidak Mengenali Bau pada Bayinya

Indukan hamster menghabiskan banyak waktu setiap hari untuk merawat anaknya yang baru lahir. Bau atau aroma yang tertinggal pada setiap bayi akan membantu sang induk untuk mengenali bayinya.

Nah, ketika tangan manusia menyentuh atau bahkan memegang bayi hamster, maka aroma atau bau tangan manusia akan tertinggal di bayi hamster.

Dengan adanya aroma yang berbeda, membuat indukan hamster tidak bisa mengenali bayinya. Itulah yang menjadi penyebab jika indukan hamster sering membunuh dan memakan anaknya karena baunya sudah berubah.

5. Akibat Induk Hamster tidak Mampu Menjaga Anaknya

Orang bukan satu-satunya yang berpikir bahwa mereka tidak bisa merawat bayi yang baru lahir. Demikian pula hamster dengan banyak anak, mengasuh mereka akan sangat kerepotan.  

Baca Juga :

7+ Cara Merawat Hamster Agar Tidak Bau (Mudah dan Terbukti)

6+ Cara Mengawinkan Hamster dengan Benar (Terbukti Berhasil)

8+ Penyebab Bulu Hamster Rontok beserta Cara Mengatasinya

Indukan hamster akan mengira dia tidak merawat semua bayinya. Akibatnya indukan akan memakan anak hamster yang dianggap tak layak diberi makan. Indukan hamster hanya akan meninggalkan beberapa anak yang sekiranya bisa dirawat sampai dia dewasa.  

Itulah ulasan Tentang Alasan Indukan Hamster suka Memakan Bayinya

Itulah alasan mengapa indukan hamster bisa memakan anaknya sendiri yang tidak bersalah. Anda harus cermat mengenai hal-hal di atas agar indukan hamster tidak memakan anaknya sendiri, sehingga Anak hamster bisa selamat.

Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Belum ada Komentar untuk "5 Alasan Hamster Memakan Anaknya Sendiri yang Baru Lahir"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel