8 Tanda-Tanda Hamster Mau Mati Yang Mudah Anda Ketahui

Apakah Anda suka memelihara hamster, namun cepat mati?  Jangan khwatir, berikut informasi tentang ciri-ciri kematian hamster pada umumnya.

Hamster adalah salah satu hewan peliharaan yang membutuhkan perhatian lebih. Hamster bisa berumur pendek dibandingkan hewan peliharaan lainnya seperti kucing, anjing, atau kelinci.

Hewan pengerat kecil ini sangat sensitif terhadap perubahan mendadak yang terjadi pada lingkungan hidupnya. Oleh karena itu, jika hamster tidak dirawat dengan baik, umurnya mungkin tidak panjang.

8 Tanda-Tanda Hamster Mau Mati Yang Mudah Anda Ketahui
Gambar Via : arenahewan


Wajib Diketahui! Inilah Ciri-Ciri Hamster yang Akan Mati 

Apabila hewan kesayangan yang kita pelihara mati mendadak, pasti akan merasa kehilangan dan menyesal, begitu pun pada hamster. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui ciri-ciri hamster yang akan mati. Dengan demikian, Anda bisa memberikan pertolongan atau perawatan terbaik pada hamster Anda.  

Sesuai yang dilansir dari beberapa laman, di bawah ini telah kami siapkan paparan mengenai beberapa ciri-ciri hamster yang mati secara mendadak. Berikut informasinya :

Tanda-Tanda Hamster Mau Mati 


1. Muntah

Bukan hanya hamster, ciri-ciri ini mungkin terjadi pada hewan peliharaan lainnya yaitu mengalami muntah-muntah. Hal ini terjadi karena hamster sedang melawan penyakit tersebut.  

Jadi jika ini terjadi, mungkin itu pertanda hamster akan cepat mati. Begitu pun sebaliknya, jika ditangani dengn baik, bukan tidak mungkin hamster akan sembuh dan kembali sehat.

2. Hamster Tidak Mau Makan

Hamster tidak mau makan? pertanda ia akan mati. Bukan tanpa alasan lagi, pasti hamster sedang menderita sakit yang membuatnya malas untuk makan. 

Baca Juga :

9 Cara Merawat Hamster agar Tumbuh Sehat & Tidak Cepat Mati

7 Cara Membedakan Hamster Jantan & Betina (Mudah & Akurat)

5 Cara Menjinakkan Hamster Galak agar Bisa Dipegang Manusia

Nafsu makan hamster berkurang sehingga tubuhnya tidak menerima makanan apapun. Seperti mahluk hidup lain, jika tidak menerima asupan makanan, maka akan tidak bisa bertahan hidup.

3. Hamster Banyak Menghabiskan Waktunya Untuk Tidur

Tanda yang dapat dikenali dari hamster yang sekarat adalah seringnya mengantuk. Seperti yang kita ketahui, bahwa hamster adalah hewan yang aktif. Jadi, akan sangat mudah untuk melihatnya.

Bukan karena kemalasan, tapi itu menunjukkan bahwa tubuh hamster sedang lelah dan daya tahan tubuh Anda sedang menurun. Anda harus segera melakukan pertolongan, misalnya seperti memberinya nutrisi atau vaksin, setidaknya bisa memperlama hidup hamster.

4. Hamster Banyak Minum Air

Ciri-ciri selanjutnya yaitu adanya hamster yang sering minum. Ini menunjukkan bahwa hamster kekurangan cairan atau kekurangan air di dalam tubuhnya.  

5. Tubuh Lemas

Ciri-ciri hamster yang akan mati dapat kita kenali dari kondisi fisiknya, yaitu terlihat lemas, lelah, dan lesu.  

Baca Juga :

7+ Cara Merawat Hamster Agar Tidak Bau (Mudah dan Terbukti)

6+ Cara Mengawinkan Hamster dengan Benar (Terbukti Berhasil)

Seperti yang kita ketahui, jika hamster dipegang biasanya akan sedikit memberontak. Namun, jika hamster akan mati, dia akan tidak berdaya jika diangkat dengan tangan, bahkan beratnya pun menjadi sangat ringan. Selain itu, kepalanya pun menjadi lemah atau layu. 

6. Pandangan Hamster Sayu

Matanya akan terlihat cekung atau layu. Selain itu, pandangannya pun saat menatap akan terlihat sayu. Ini menjadi tanda jika hamster tidak dalam kondisi yang sehat.

7. Tidak Aktif

Hamster yang akan sekarat pastinya tidak akan seaktif hamster sehat lainnya. Seperti kebanyakan hamster sehat lainnya, mereka akan gesit untuk bermain dan bergerak kesana kemari.  

Baca Juga : 10 Ciri-Ciri Hamster Stres dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

Hal ini tidak berlaku bagi hamster yang akan mati, mereka akan cenderung diam dan sedikit bergerak. Anda harus memahami jika Anda kasus ini terjadi, kemungkinan besar hamster Anda akan mati.  

8. Bulu Hamster Kumel dan Berantakan

Warnanya yang cerah akan terlihat pudar, kulitnya yang cerah juga akan menjadi pucat. Selain itu, disertai juga dengan bulunya yang halus yang terlihat lebih berantakan dan kumel.  

Baca Juga : 8+ Penyebab Bulu Hamster Rontok beserta Cara Mengatasinya

Meskipun Anda membasahi dan melembabkan bulunya, namanya hamster sudah sakit, pasti akan terliat kumel lagi pada bulunya.

Pada dasarnya, semua hewan peliharaan akan mengalami tanda dan gejala kematian di atas. Oleh karena itu, Anda harus rajin melakukan vaksinasi atau vitamin kepada hewan peliharaan Anda untuk menjaga daya tahannya. 

Itulah Ciri-Ciri Hamster yang Akan Mati beserta Penjelasannya

Demikian beberapa ciri-ciri kematian hamster yang penting bagi pemilik untuk mengetahuinya agar dapat menanganinya dengan baik sebelum terlambat. Meskipun dalam keadaan sekarat, bukan tidak mungkin nyawa hamster masih bisa terselamatkan.  

Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Belum ada Komentar untuk "8 Tanda-Tanda Hamster Mau Mati Yang Mudah Anda Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel