7 Cara Mengajak Hamster Bermain Yang Tepat Agar Tidak Stres

Cara mengajak hamster bermain menjadi hal yang paling dinanti-nanti bagi para pemeliharanya. Pasalnya, saat waktu senggang pasti akan membelai hewan menggemaskan ini ataupun bermain dengan cara lainnya.

Bagi sebagian orang, dengan mengajak hamster bermain menjadi sebuah momen untuk menghibur diri dari rutinitas kesibukan sehari-hari. Tak hanya itu, dengan mengajak hamster bermain pastinya akan membuat hamster menjadi lebih jinak terhadap pemilknya.

Banyak yang beranggapan bahwa hamster merupakan hewan peliharaan yang tidak bisa diajak berinteraksi. Mungkin pernyataan ini salah, pada kenyataannya justru hamster bisa diajak bermain untuk menghibur pemiliknya di waktu senggang.

Nah, bagaimana cara mengajak hamster bermain? Yuk simak ulasan lengkapnya mengenai cara mengajak hamster bermain yang tepat di bawah ini!

Bisa Stres! Berikut 7 Cara Mengajak Hamster Bermain yang Tepat

7 Cara Mengajak Hamster Bermain Yang Tepat Agar Tidak Stres
Gambar Via : arenahewan

Berbeda dengan tikus, hamster mrupakan hewan yang tergolong jinak, lucu, dan menggemaskan. Selain itu, hamster juga termasuk hewan peliharaan yang mudah dan murah dalam perawatannya. Sehingga tak mengherankan jika hewan lucu ini banyak dipelihara.

Cara mengajak hamster bermain juga bertujuan agar hamster merasa lebih nyaman karena sudah terbiasa berinteraksi dengan manusia. Lalu apa saja cara mengajak hamster bermain? Dan bagaimana cara bermain hamster jika ditinggal majikannya?. Simak ulasan di bawah ini!

Cara Mengajak Hamster Bermain yang Tepat


1. Pegang Hamster

Cara pertama yang biasa Anda lakukan pasti dengan memegang hamster, dan kemudian dikeluarkan dari kandangnya untuk ditaruh di pundak, pangkuan, dan lainnya.

Bahkan, terkadang hamster masuk dalam pakaian Anda, sehingga Anda merasa ada yang sedang menggelitiki. Seru bukan?

2. Bermainlah Dengan Ekornya

Selanjutnya, cara mengajak hamster bermain yaitu dengan menurunkan ekor hamster, membiarkannya berlari, dan terkadang menarik atau menarik ekornya secara perlahan.  Asalkan, tidak terlalu kencang untuk ditarik.

Hal ini tidak hanya dilakukan hamster, kucing  juga akan merespons jika Anda memegang ekornya. Kucing itu kucing adalah salah satu hewan yang bersifat jinak.

3. Goda Hamster dengan Makanan

Apa makanan favorit hamster?  Para pemelihara hamster mungkin ada yang mengatakan bahwa makanan favorit hamster yaitu biji-bijian, baik itu gabah, kedeai, jagung, dan sayuran berupa wortel dan tauge.

Baca Juga :

16 Makanan Hamster Alami & Bermerek [Sehat & Mudah Didapat]

Bahaya! 14 Jenis Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Hamster

Namun di zaman yang modern ini, makanan juga berkembang dari waktu ke waktu. Bahkan sudah tersedia makanan kemasan yang pastinya kandungan nutrisinya tak kalah.

Untuk cara bermain dengan hamster bisa Anda praktekkan dengan menaruh makanan di pinggir kandang, lalu saat akan diambil hamster, tarik keluar agar hamster merespons. Pasti lucu bukan?

4. Pegang Kumisnya

Seperti yang kita ketahui, hamster memiliki kumis yang tipis dan manis. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan kumis sebagai alat untuk mengajaknya bermain.  

Baca Juga : 8+ Penyebab Bulu Hamster Rontok beserta Cara Mengatasinya

Anda dapat melakukan ini dari waktu ke waktu dengan menyentuh atau menggoyangkan kumis hamster, tetapi jangan terlalu keras karena dapat menyebabkan mual. Kumis biasanya merupakan tempat yang paling mudah untuk diraba dan dibiasakan hamster.

5. Buatkan Kandang yang Nyaman untuk Hamster

Sudah barang tentu, dengan memeprsiapkan kandang yang nyaman bertujuan agar saat pengenalan habitat baru, hamster bisa dan mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya.  

Dengan cara ini, Anda juga bisa menaklukkan atau menjinakkan hamster sehingga mudah untuk diajak bermain. 

Baca Juga : Cara Membuat Kandang Hamster dengan Mudah dan Sederhana

Kandang yang Anda buat harus sedikit lebih lebar dari tubuhnya yang kecil. Selain itu gunakan bahan yang kuat dan tentunya harus bersih agar hamster bisa nyaman di dalam kandang, sehingga bisa dengan mudah anda ajak bermain.

6. Buatkan Wahana Bermain

Setelah mempersiapkan kandang hamster yang nyaman, Anda juga bisa menambahkan taman bermain yang isinya mainan-mainan hamster agar bisa digunakan untuk mencegah stress pada hamster.

Inilah mengapa, ukuran kandang hamster harus lebih besar dari pada tubuhnya. Dengan begitu, Anda bisa meletakkan alat untuk bermain dengannya. Ini adalah bagian dari cara mengajak hamster untuk bermain. 

Baca Juga :

7+ Cara Merawat Hamster Agar Tidak Bau (Mudah dan Terbukti)

6+ Cara Mengawinkan Hamster dengan Benar (Terbukti Berhasil)

7 Cara Membedakan Hamster Jantan & Betina (Mudah & Akurat)

10 Ciri-Ciri Hamster Stres dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

5 Cara Menjinakkan Hamster Galak  

Untuk mainannya terdiri dari beberapa mainan yang memiliki tabung atau terowongan hamster dari kayu. Misalnya roda berputar yang bisa Anda buat dengan bambu sebagai ganti dari bahan kayu.

7. Beri Bola Hamster

Sering melihat hamster yang menggiring atau mengejar bola di dalam kandang? Nah, salah satu cara mengajak hamster bermain yaitu dengan meletakkan bola di dalam kandang. Biarkan dia menggiring bola sendiri dan tugasnya adalah menggerakkan bola saat dia tidak bergerak.  

Jadi, tak hanya manusia saja yang bisa bermain bola, hamster juga bisa bermain. Dengan melihat bola tersebut bergerak, maka hamster akan bersemangat untuk mengubahnya menjadi sebuah permainan.

Itulah Cara Mengajak Hamster Bermain yang Tepat Agar Tidak Stres 

Cara mengajak hamster bermain di atas tentunya hampir sama dengan cara bermain dengan kucing, anjing, ataupun kelinci. Hanya saja jika bermain dengan kucing dan anjing di lingkungan yang longgar, bermain dengan hamster bisa dilakukan di kandangnya.

Demikian cara mengajak hamster bermain dengan tepat. Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Belum ada Komentar untuk "7 Cara Mengajak Hamster Bermain Yang Tepat Agar Tidak Stres"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel