Apakah Hamster Peliharaan Melakukan Hibernasi?

Apakah hamster berhibernasi? Berapa lama hamster berhibernasi? Lalu bagaimana cara membedakan hamster berhibernasi dan hamster mati? Untuk mendapatkan jawabannya, simak ulasan berikut ini!

Seperti yang kita ketahui bahwa salah satu hal yang dilakukan untuk bertahan hidup yaitu berhibernasi. Hibernasi yang terjadi pada hamster ini disebabkan oleh faktor kekurangan makanan dan suhu rendah di musim dingin. 

Nah, itulah mengepa hewan pengerat kecil ini melakukan hibernasi di musim dingin. Selain itu, secara alamiah hamster juga memiliki moncong atau mulut yang bentuknya seperti kantong. Dengan inilah hamster dapat membawa makanan dari tempat yang jauh untuk persediaan makanan di sarangnya.

Apakah Hamster Peliharaan Melakukan Hibernasi?
Gambar Via : arenahewan


Namun, pertanyaannya adalah apakah hamster peliharaan atau domestik, yang dalam artian kecukupan makanan dan suhu yang terkontrol akan melakukan hibernasi? Ya juga ya, atau mungkin hamsternya mati?  Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan di bawah ini!

Hibernasi pada Hamster dan Cara Membedakannya dengan Hamster Mati


Apakah Hamster Berhibernasi?

Seperti yang sudah disinggung di atas, hamster liar berhibernasi di musim dingin karena kurangnya makanan dan suhu yang rendah. Mereka akan bangun secara berkala untuk makan. Lalu apakah hamster peliharaan juga akan berhibernasi?

Untuk hamster peliharaan yang pada hakikatnya tercukupi makanan dan berada di lingkungan bersuhu hanyat, maka mereka akan cenderung tidak berhibernasi.

Waktu Hamster Berhibernasi

Di alam liar, hamster biasanya berhibernasi saat musim mendekati dingin, dimana hamster lebih sulit untuk mencari makanan. Musim dingin ini bersuhu sekitar 15 °C. Ini adalah  Itulah mengapa mereka harus berlindung dari hawa dingin.

Hal ini tidak berlaku pada hamster peliharaan rumahan, hamster rumahan jarang berhibernasi karena kondisi kehidupan yang mereka alami sebagai hewan peliharaan tidak memerlukan mekanisme bertahan hidup seperti itu.  

Baca Juga :

7+ Cara Merawat Hamster Agar Tidak Bau (Mudah dan Terbukti)

6+ Cara Mengawinkan Hamster dengan Benar (Terbukti Berhasil)

8+ Penyebab Bulu Hamster Rontok beserta Cara Mengatasinya

Hamster peliharaan rumahan kemungkinan berada di suhu rumah, yaitu 15-21°C dan mereka selalu mendapat makanan dari pemiliknya.

Bagaimana Cara Hamster Berhibernasi?

Di alam bebas, hamster yang berhibernasi memasuki keadaan fisiologis, dimana mereka akan menyimpan energinya sebagai antisipasi untuk tetap aktif saat masa berbuah datang. Biasanya keadaan ini ditandai oleh :

  • Hamster dalam keadaan torpor, yaitu keadaan di mana mereka tetap tidak bergerak
  • Tingkat metabolisme yang lebih rendah
  • Suhu tubuh menurun
  • Kurangi tanda-tanda vital

Saat berhibernasi, hamster selalu mempersiapkan faktor untuk bertahan di musim dingin. Diantaranya yaitu :

  • Pertama, sebelum hibernasi, hamster bersiap untuk bertahan hidup pada tahap ini. Mereka biasanya meningkatkan asupan makanan selama bermiggu-minggu sehingga tubuh mereka menyimpan cukup lemak dan nutrisi untuk hibernasi.  
  • Kedua, hamster juga mempersiapkan sarangnya agar tetap aman dan nyaman selama musim dingin. Pasalnya, meeka akan tetap tidak sadar dan rentan terhadap ancaman eksternal.  

Bagaimana Cara Membedakan Hamster Sedang Berhibernasi dan Hamster Mati

Wajar untuk bertanya  apakah hamster Anda sedang berhibernasi ketika Anda mengamati mereka yang banyak menggunakan waktunya untuk tidur.  

Baca Juga :

9 Cara Merawat Hamster agar Tumbuh Sehat & Tidak Cepat Mati

7 Cara Membedakan Hamster Jantan & Betina (Mudah & Akurat)

5 Cara Menjinakkan Hamster Galak agar Bisa Dipegang Manusia

Hal ini mungkin cukup mengkhawatirkan untuk melihat ke dalam kandang hamster dan menyadari bahwa hamster tidak bergerak, sehingga Anda berpikir bahwa hamsternya mungkin sudah mati. 

Dalam posisi ini, kita harus tetap tenang dan mencari tahu apakah mereka sedang hibernasi atau malah sudah mati. Berikut cara membedakannya :

  • Amati cara hamster bernpas, jika hamster bernapas lebih lambat dari biasanya, ia sedang hibernasi.  Tetapi jika mereka tidak bernafas, mereka sudah mati.  
  • Sentuh tubuhnya dengan lembut, Jika mereka sensitif dan sedikit hangat, mereka akan berhibernasi.  Namun, jika dingin dan keras, hamster Anda telah mati. Anda bisa menyentuh area pipi hamster. Saat hibernasi, area pipi sangat sensitif dan sedikit lebih hangat dari tubuh.  Karena itu, mereka bisa merespons sentuhan Anda dengan kedutan kumis.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Hamster Peliharaan Anda Berhibernasi?

Meskipun tidak biasa, bukan tidak mungkin hamster peliharaan Anda mulai berhibernasi, misalnya jika ia melarikan diri dan Anda menemukannya di luar ruangan atau meletakkan kotak di tempat yang dingin. Maka bisa saja hamster peliharaan Anda berhibernasi.

Untuk langkah yang bisa Anda ambil yaitu dengan membangunkannya. Apapun alasannya, hamster peliharaan akan tidak siap untuk berhibernasi seperti hamster liar, misalnya belum terbiasa yang akan berdampak pada kematian hamster.

Oleh karena itu, langkah terbaik adalah membangunkannya karena hibernasi dapat membahayakan hamster.  Untuk membangunkannya, Anda bisa melakukan tahapan di bawah ini :

  • Anda harus terlebih dahulu membawanya ke tempat di rumah yang suhunya konstan dan nyaman. Pastikan perbedaan suhu tidak terlalu besar, proses ini harus selalu dilakukan secara bertahap.
  • Kemudian dengan lembut usapkan tangan Anda pada hamster dengan tujuan untuk menghangatkannya dan agar mereka tahu bahwa itu adalah Anda.  
  • Setelah bangun dan pulih dari kedinginan, beri mereka makanan dan air dengan sedikit gula untuk membantu mereka mendapatkan energinya kembali.
  • Anda akan melihat bahwa hamster Anda lemah dan sulit bergerak. Tapi jangan khawatir! Mereka pulih dalam beberapa jam dan akan mulai berjalan kembali. Pastikan saja mereka memiliki suhu, makanan, dan air panas yang konstan.

Itulah Pembahasan Menganai Apakah Hamster  Peliharaan Berhibernasi atau Tidak

Dapat disimpulkan bahwa hamster peliharaan Anda bukan tidak mungkin melakukan hibernasi yang menjadi naluri alami saat di alam liar. Nah, untuk kebaikan dan keselamatan hamster, alangkah baiknya Anda membangunkannya.

Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih atas kunjungannya!

Belum ada Komentar untuk "Apakah Hamster Peliharaan Melakukan Hibernasi?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel