10 Tempat Wisata di Purwokerto Terbaru & Hits untuk Dikunjungi

Apa saja tempat wisata yang ada di Purwokerto? Nah, berikut ulasan mengenai beragam jenis distinasi wisata di Purwokerto yang lagi hits dan wajib sobat wisata kunjungi.

Purwokerto adalah bagian dari Kabupaten Banyumas yang sekaligus menjadi pusat pemerintahan. Selain terkenal akan bahasa ngapaknya, kota ini juga dikenal dengan sebutan kota satria. Selain itu, disini juga menyimpan berbagai tempat wisata yang seru. Mulai dari wisata alam, sejarah, budaya hingga kulinernya yang layak untuk sobat coba.

10 Tempat Wisata di Purwokerto yang Terbaru 

Kota yang satu ini juga tak kalah dengan daerah lainnya, disamping sebagai pusat bisnis juga menawarkan berbagai destinasi wisata yang pastinya sangat menarik untuk sobat wisata kunjungi. 

Penasaran apa saja tempat wisata di Purwokerto yang sedang hits untuk dikunjungi? Simak mengenai rekomendasi wisata di Purwokerto di bawah ini!

Tempat Wisata di Purwokerto Terbaru yang Wajib Dikunjungi

1. Baturaden

10 Tempat Wisata di Purwokerto Terbaru & Hits untuk Dikunjungi
foto : portalwisata

Baturaden terletak di sebelah utara kota Purwokerto, tepatnya di lereng sebelah selatan gunung Slamet. Karena letaknya di lereng gunung, menjadikan kawasan ini memiliki hawa sejuk dan cenderung sangat dingin terutama di malam hari.

Baturaden juga merupakan destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal, baik di hari libur maupun di hari-hari biasa. Sehingga tak heran jika terdapat banyak sekali hotel dan villa didirikan di sini.

Baca Juga : Tempat Wisata Di Purbalingga Yang Kece Dan Wajib Anda Kunjungi

Baturaden memiliki keindahan yang memancar dari lereng gunung Slamet. Lokasinya yang berjarak sekitar 15 km dari Kota Purwokerto ini, tak hanya menyimpan panorama alam yang unik, tetapi juga cerita rakyat tentang Raden Kamandaka atau Lutung Kasarung yang cukup akrab di masyarakat Indonesia.

Tidak hanya wisata alam, Baturaden juga menyediakan beragam wisata kebudayaan seperti Grebeg Suro yang diadakan setiap bulan pertama dalam kalender tahun Islam, pertunjukan musik calung, dan tari tradisional lengger, pertunjukan bernuansa mistis yakni kuda lumping, serta sadranan sebagai upacara mengunjungi situs suci seperti di kuburan yang juga disebut Kenduren oleh masyarakat pada sekitar.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

2. Curug Gede

10 Tempat Wisata di Purwokerto Terbaru & Hits untuk Dikunjungi
foto : jadwaltravel

Wisata curug Gede di Banyumas, Jawa Tengah yang merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya yang tidak ada duanya. Selain itu, penduduk lokal daerah Baturaden juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Jika sobat berkunjung ke wisata ini, maka akan disuguhkan fenomena alam yang menarik dengan aliran sungai yang tenang dan pancuran air terjun yang begitu menyegarkan.

Baca Juga : Serba Serbi Wisata Religi Purbalinga

Suara gemericik air yang khas dengan aliran air yang jernih membuat pikiran menjadi lebih tenang dan damai. Jadi sangat cocok jika tempat ini dijadikan sebagai destinasi pariwisata favorit di Banyumas.

Saat menuju lokasi curug Gede, sobat wisata perlu berhati-hati karena akses jalannya yang cukup curam apalagi jika membawa anak-anak.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

3. Curug Ceheng

10 Tempat Wisata di Purwokerto Terbaru & Hits untuk Dikunjungi
foto : sikidang

Curug Ceheng yang terdapat di desa Gandatapa Subang mempunyai view alam yang luar biasa menakjubkan. 

Saat kamu berada di curug Ceheng, sobat dilarang untuk terjun dari atas curug karena sudah banyak pengunjung yang terjun dari atas, namun tidak muncul kembali . Konon katanya, menurut mitos yang beredar di masyarakat tepat di kolam tempat jatuhnya air yang mengalir terdapat seekor ular yang sangat besar. 

Baca Juga : 10 Destinasi Wisata Alam Gunung Di Jawa Tengah Yang Menakjubkan

Entah mitos tersebut benar adanya atau tidak, namun yang pasti kolam di sekitar aliran air terjun sangat dalam. Curug Ceheng berada di lokasi yang tidak sulit untuk dijangkau, sobat hanya perlu menapaki tangga yang akan membawa kalian lebih dekat dengan Curug Ceheng. 

Tangga yang akan dilewati cukup banyak, namun keindahan alam yang akan sobat dapatkan dapat meluruhkan semua lelah selama perjalanan. Ditambah lagi dengan kejernihan airnya yang membuat sobat akan merasa tenang saat di sini.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

4. Curug Jenggala

10 Tempat Wisata di Purwokerto Terbaru & Hits untuk Dikunjungi
foto : piknikasik

Wisata alam curug Jenggala ialah wisata yang memanfaatkan background air terjun di kawasan wisata Baturaden. Tak hanya air terjun yang memiliki pesona mengagumkan, melainkan kawasan Baturaden yang dihiasi spot foto kekinian.

Pihak pengelola wisata sengaja menarik minat sobat wisata yang memiliki hobi foto yakni menyediakan spot foto yang kekinian. Misalnya, spot foto menarik yang terbuat dari papan kayu berbentuk love. 

Baca Juga : Tempat Wisata Religi Berbagai Agama Di Semarang

Wisata curug Jenggala memiliki view yang bagus berupa panorama alam yang masih alami dengan diselimuti oleh udara sejuk khas pegunungan. Sobat wisata basa mendatangi wisata Banyumas Ini sekadar menikmati panorama alam yang masih hijau dan asri sehingga cocok sekali sebagai lokasi yang menghilangkan penat setelah rutinitas yang sangat melelahkan.

Wisata Curug Jenggala tergolong objek wisata yang baru sehingga wajar jika sobat kurang familiar dengan tempat wisata Banyumas ini. Lokasi air terjun Jenggala ini berada di dusun Kalipagu Ketenger, Baturraden ketenger , Kabupaten Banyumas.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

5. Pancuran Tujuh

10 Tempat Wisata di Purwokerto Terbaru & Hits untuk Dikunjungi
foto : superadventure

Destinasi wisata yang satu ini nyaris tidak pernah sepi pengunjung, bahkan saat hari-hari biasa pun tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Wajar sih, kalau sampai tempat ini banyak dikunjungi, pasalnya sobat bisa menemukan banyak sekali spot menarik yang bisa dikunjungi. Salah satunya adalah sumber air panas alami yang mengalir langsung melewati tujuh saluran air.

Nah yang paling menarik, konon katanya sumber mata air panas ini punya banyak khasiat loh. Salah satunya mampu mengobati berbagai macam penyakit, terutama penyakit kulit. Well, benarkah hal itu?

Baca Juga : 10 Rekomendasi Tempat Wisata di Semarang Paling Hits Terbaru

Secara ilmiah, air panas yang mengandung belerang memang terbukti mengandung banyak sekali khasiat, terutama untuk mengobati penyakit kulit. Selain itu, air panas pun efektif sekali untuk relaksasi sekaligus mampu melancarkan peredaran darah.

Setelah melepas lelah di pancuran tujuh, sobat bisa menikmati spot menarik lainnya seperti, melihat langsung sebuah batu besar yang dialiri air panas dengan warna coklat yang sangat khas. Warna coklat pekat ini merupakan endapan belerang yang tertahan di permukaan batu.

Selain itu, di bagian bawah objek wisata ini sobat bisa menikmati eksotisme khas lirang. Biasanya sih spot yang berada tepat dibawah Pancuran Tujuh kerap digunakan sebagai background foto selfie sambil menikmati nuansanya sejuk khas pegunungan.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

6. Telaga Sunyi

10 Tempat Wisata di Purwokerto Terbaru & Hits untuk Dikunjungi
foto : travelingyuk

Apabila sedang berlibur ke daerah Purwokerto, jangan lupa untuk mampir ke Telaga Sunyi Baturaden. Sesuai namanya, tempat ini menawarkan pemandangan telaga yang indah di tengah hutan yang jauh dari polusi udara dan hiruk pikuk kehidupan kota. Jadi sangat cocok bagi wisatawan yang sedang mencari ketenangan. 

Telaga Sunyi Baturaden letaknya tidak jauh dari lokawisata Baturraden, perjalanannya bisa ditempuh sekitar 10 menit dengan berkendara.

Namun lokasinya cukup tersembunyi oleh rindangnya pepohonan yang membuat telaga Sunyi Baturaden belum banyak dikunjungi wisatawan. Bahkan tidak jarang wisatawan dapat menikmati keindahan telaga ini sendirian.

Wisatawan bisa merasakan sensai berjalan di atas batuan besar yang mengelilingi telaga atau sekadar duduk di tepiannya sambil menikmati suara deburan air terjun. Selain itu, tumpukkan batu di sekeliling telaga yang membentuk lereng dan gua-gua kecil juga dapat menjadi background foto yang menarik.

Baca Juga : 10 Tempat Wisata di Palembang (Paling Hits & Wajib Dikunjungi)

Nah, air dari telaga Sunyi Baturaden yang berwarna khas dan nampak jernih ini memang mengundang sobat untuk berenang. Bahkan, sobat pun melihat tumpukan batu yang berada di dasar air dengan sangat jelas. Namun, ada beberapa area yang tidak boleh dipakai untuk berenang karena memiliki aliran air yang cukup deras dan batuan besar yang cukup berbahaya. 

Saat pertama kali masuk ke dalam air, sobat akan disambut oleh air sejuk yang menyegarkan tubuh. Sobat dapat berenang santai menikmati dinginnya air.

Selain itu, bisa juga dengan duduk-duduk di tengah telaga dengan memanfaatkan batuan yang ada atau mandi dibawa air terjun yang mengisi telaga dengan air sejernih asli pegunungan. Rasanya seperti berada di kolam renang pribadi dengan pemandangan yang tak ada duanya.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

7. Pendakian Gunung Slamet

10 Tempat Wisata di Purwokerto Terbaru & Hits untuk Dikunjungi
foto : jalansepi

Gunung Slamet adalah sebuah gunung yang terdapat di pulau Jawa, Indonesia. Gunung Slamet terletak diantara lima Kabupaten yaitu kabupaten Brebes, kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Pemalang.

Gunung Slamet sendiri cukup populer sebagai salah satu tujuan para pendaki karena gunung ini memiliki panorama keindahan yang terdapat di puncak Gunung Slamet. 

Baca Juga : 10 Destinasi Wisata di Batam Terbaru & Terhits untuk Dikunjungi

Gunung yang memiliki ketinggian 3428 meter diatas permukaan laut ini merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah dan menempati urutan kedua gunung tertinggi di Jawa, setelah Gunung Semeru yang memiliki ketinggian mencapai 3676 meter diatas permukaan laut.

Nama gunung Slamet identik dengan kata “Slamet” yang dalam bahasa Jawa bermakna selamat, pada intinya nama gunung ini bisa memberikan makna keselamatan. Hal ini dikarenakan aktivitas Gunung Slamet yang terbilang aktif, namun tidak pernah meletus dalam skala yang besar.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

8. Dream Land Park

10 Tempat Wisata di Purwokerto Terbaru & Hits untuk Dikunjungi
foto : aswindrajaya

Tempat wisata Dreamland terdapat di desa Pancasan, Kecamatan Ajibarang, Kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas. Saat ini Dreamland adalah tempat wisata kolam renang Waterboom terbesar di Kota Purwokerto, pesona alam yang indah serta menawan dapat menyedot banyak pengunjung dari beragam daerah.

Letak kolam renang yang dibikin dengan terasering menambah keindahan yang tersaji. Di objek wisata air tersebut ada juga taman reptil serta unggas yang terdapat di susunan terasering sisi teratas.

Baca Juga : 10 Tempat Wisata di Jepara Terbaru dan Terhits untuk Dikunjungi

Dreamland yaitu area yang strategis untuk melepas penat dengan dikelilingi area perbukitan serta danau buatan yang indah dan menawan untuk keluarga maupun kaum muda-mudi. Pegunjung akan merasa puas karena tempat wisata yang satu ini tergolong murah dan memiliki sarana yang sangat baik.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

9. Crossworld Paintball

10 Tempat Wisata di Purwokerto Terbaru & Hits untuk Dikunjungi
foto : anekatempatwisata

Untuk sobat yang suka dengan kegiatan menantang, Purwokerto memiliki tempat outbound seru bernama cosworth Paintball. Disini, sobat bisa bermain perang-perangan lengkap dengan pakaian khusus dan alatnya.

Tidak hanya sekadar tempat untuk bermain Paintball, di sini kamu juga akan menemukan berbagai fasilitas lainnya seperti tempat bermain billiard, mini food court, dan juga tempat belanja peralatan paint ball dengan harga yang sangat terjangkau.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

10. Museum Bank Rakyat Indonesia

10 Tempat Wisata di Purwokerto Terbaru & Hits untuk Dikunjungi
foto : kompasiana


Bank Rakyat Indonesia didirikan di Purwokerto, Jawa Tengah oleh Raden Arya wirjaatmadja dengan nama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofde atau dalam bahasa Indonesia itu berarti Bank bantuan dan simpanan milik kaum priyayi Purwokerto.

Bank ini adalah bank yang melayani orang-orang pribumi, dimana lembaga keuangan tersebut berdiri di tanggal 16 Desember 1895 yang kemudian dijadikan sebagai hari jadi BRI hingga saat ini. Sesuai dengan fungsinya, saat ini bank bantuan dan simpanan milik kaum priyayi Purwokerto juga melakukan hal yang sama seperti simpan pinjam uang meski dengan peralatan yang sederhana.

Baca Juga : 10 Tempat Wisata di Kebumen Terbaru yang Sedang Hits dan Populer

Sekalipun Raden Arya remaja selalu melakukan pencatatan dengan sangat baik. Oleh karena itu, museum BRI di Jalan Jenderal Sudirman memiliki replika dari bangunan kantor bank dan Purwokerto school and sparbank bearland sehub dan tersebut di halaman depan.

Replika ini dibuat mirip dengan aslinya dan bertujuan untuk memperlihatkan bagaimana suasana perbankkan tempo dulu di dalamnya. Terdapat  juga patung Raden Aria wirjaatmadja yang sedang menerima tamu yang tak lain adalah nasabah bank disini. Sobat bisa memanfaatkan replika dan banguan museum ini untuk berselfie.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

Itulah Tempat Wisata di Purwokerto Terbaru dan Lagi Hits untuk DIkunjungi

Demikian ulasan mengenai rekomendasi destinasi wisata di Pourwokerto yang lagi hits dan wajib sobat kunjungi. Semoga ulasan di atas bisa menjadi informasi bagi sobat akan berencana mengunjungi wisata di Purwokerto.

Belum ada Komentar untuk "10 Tempat Wisata di Purwokerto Terbaru & Hits untuk Dikunjungi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel