10 Destinasi Wisata Alam Gunung Di Jawa Tengah Yang Menakjubkan

Jawa Tengah menjadi surga bagi para pecinta alam, pasalnya terdapat berbagai tipe gunung yang menawarkan keindahan dari ketinggian. Mendaki gunung sekarang mulai digemari berbagai kalangan, khususnya anak muda.

Bagi para pecinta alam mendaki menjadi suatu aktivitas wajib yang harus dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Berikut ini merupakan daftar gunung di Jawa Tengah yang cocok untuk dijelajahi :

1. Gunung Merbabu 


wisata alam gunung merbabu
Foto : travel.dream
Gunung yang memiliki ketinggian 3.145 mdpl merupakan gunung yang letaknya berdampingan dengan Gunung Merapi. Gunung Merbabu memiliki tiga puncak yang salinh terpisah cukup jauh. Gunung ini cocok untuk para pemburu bunga edelweis, pasalnya kanan kiri jalan Anda akan dikelilingi oleh bunga edelweis, khususnya jika sudah melewati pos tiga.

Baca Juga : Tempat Wisata Religi Berbagai Agama Di Semarang

Selain itu, terdapat pula padang sabana yang terhampar di pos 4 dan 5. Ditumbuhi rerumputan yang mempunyai tinggi 20-25 cm, membuat sabana ini mirip dengan sabana di Gunung Semeru. Untuk mendapatkan pemandangan dari bunga edelweis dan padang sabana Anda harus melalui jalur Selo dan Garcik di Boyolali. Anda juga bisa mangambil jalur alternatif agar cepat sampai ke puncak melalui jalur Thekelan di Salatiga.
Back to Content ?

2. Gunung Merapi 


wisata alam gunung merapi
Foto : travel.tribunnews
Gunung yang paling aktif di Indonesia ini menawarkan pesona alam yang menakjubkan. Anda bisa melihat aktivitas vulkanik di puncak Merapi, seperti fenomena wedhus gembel yang menjadi citra Gunung Merapi. Gunung ini memiliki ketinggian 2.930 mdpl yang memiliki berbagai tumbuhan tropic dan hutan bambu.

Baca Juga : Tempat Wisata Di Purbalingga Yang Kece Dan Wajib Anda Kunjungi

Untuk sampai ke puncak Anda harus menghabiskan sekitar 4 jam dari jalur Selo, Boyolali. Namun pendaki hanya diperbolehkan sampai pos terakhir yaitu Pasar Bubrah. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa jalur sempit serta bebatuan yang terjal dan tidak kuat untuk pijakan.
Back to Content ?

3. Gunung Slamet 



wisata alam gunung slamet
Foto : twitter
Menyandang predikat sebagai gunung tertinggi kedua setelah Semeru, membuat jalur pendakiannya dinobatkan terpanjang di Jawa Tengah. Gunung ini terletak di 5 kabupaten sekaligus yaitu Brebes, Banyumas, Purbalingga, Pemalang, dan Tegal.

Baca Juga : Serba Serbi Wisata Religi Purbalinga

Jalur yang panjang dan terjal tidak membuat tantangan tersendiri untuk menaklukannya. Anda bisa melalui jalur Blambangan, Karangreja, Purbalingga untuk sampai ke puncak.
Back to Content ?

4. Gunung Telomoyo 


wisata alam gunung telomoyo
Foto : visitjawatengah
Gunung ini memiliki ketinggian 1.894 mdpl, yang membuatnya cocok didaki oleh para pemula. Gunung yang berstatus masih aktif ini menawarkan panorama pemandangan yang cantik dari ketinggian. Selain itu, jalur menuju puncak juga sudah dapat dilalui kendaraan bermotor. Gunung ini berada diantara Kabupaten Semarang dan Kabupaten Magelang, sehingga Anda pu bisa menikmati keindahan Rawa Pening dari puncak Gunung Telomoyo.
Back to Content ?

5. Gunung Sumbing 


wisata alam gunung sumbing
Foto : pandu
Gunung ini merupakan gunung tertinggi ketiga Pulau Jawa dengan ketinggian 3.371 mdpl, sangat cocok untuk wisata pendakian Anda selanjutnya. Waktu yang ditempuh untuk sampai ke puncak yaitu sekitar 8 jam. Gunung api ini masih aktif beraktifitas, namun tidak terlalu besar dan kawahnya pun berada jauh darai posisi puncak tertinggi.

Baca Juga : Pesona Alam Siregol Purbalingga

Gunung ini mencakup tiga kabupaten yaitu Magelang, Wonosobo, dan Temanggung. Anda bisa melalui jalur pendakian yang menjadi favorit dan telah lama dikenal yaitu jalur Garung. Tak jauh dari jalur garung, terdapat sebuah basecamp untuk mendaki ke Gunung Sindoro.
Back to Content ?

6. Gunung Sindoro 


wisata alam gunung sindoro
Foto : Martinusadyh.web
Gunung Sindoro yang mempunyai ketinggian 3.150 mdpl merupakan salah satu wisata pendakian favorit yang berada di Jawa Tengah. Gunung ini juga mempunyai sebuah spot favorit bagi para pendaki karena memiliki pemandangan yang indah dan memukau.

Baca Juga : Pesona Jembatan Merah Purbalingga

Terdapat sabana yang ditumbuhi edelweiss dan telaga kecil yang sangat cocok untuk berswa foto mengabadikan momen Anda. Letaknya yang berdampingan dengan Gunung Sumbing menjadikannya seperti dua gunung kembar.

Hal yang perlu diperhatikan apabila Anda mendaki yaitu tidak diperbolehkan untuk bermalam di puncak karena gunung yang masih aktif ini mengeluarkan gas yang berbahaya. Anda bisa melalui jalur Kledung di Kabupaten Temanggung untuk sampai ke puncak Gunung Sindoro. Waktu yang ditempuh sekitar 5-6 jam.
Back to Content ?

7. Gunung Ungaran 


wisata alam gunung ungaran
Foto : travelingyuk
Gunung yang mempunyai ketinggian 2.050 mdpl, patut Anda coba sebagai wisata pandakian selanjutnya. Meskipun belum banyak diminati oleh para pendaki, gunung ini menawarkan sensasi pemandangan yang tidak kalah dengan gunung lain. Menuju puncak dibutuhkan waktu 6-7 jam dengan berjalan santai.

Di perjalanan Anda akan disuguhkan pemandangan yang berganti-ganti, sehingga tidak membosankan. Mulai dari kebun kopi milik warga, melewati sungai dan air terjun, dan menyusuri padang ilalang serta pohon-pohon besar. Bagi Anda yang ingin bermalam, bisa juga membangun tenda di sekitar hutan rindang.

Untuk sampai ke puncak Anda bisa melalui jalur Pasar Jimbaran yang merupakan jalur yang sudah diplester, yang membuat kendaraan pun bisa naik. Selain itu juga bisa melalui jalur Candi Gedong songo dan Medini.
Back to Content ?

8. Gunung Lawu 


wisata alam gunungg lawu
Foto : tagar
Gunung ini terletak di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur yang memiliki ketinggian 3.642 mdpl dan berstatus sebagai gunung yang tidak aktif lagi. Gunung yang satu ini merupakan salah satu gunung dengan akses jalan buatan terpanjang, khususnya jalur Cemoro Sewu yang tersusun atas bebatuan tertata membentuk anak tangga.

Uniknya lagi setiap malam satu suro banyak orang yang melakukan pendakian untuk berziarah. Puncak gunung ini disebut Hargodumilah, yang terdapat bangunan joglo peninggalan Prabu Brawijaya. Dari puncak Anda dapat menikmati keindahan Kota Ngawi, Solo, Magetan, dan Karangannyar.

Jalur menuju puncak bisa melalui Cemoro Kandang, Cemoro Sewu, Cetho, dan lainnya. Jika menginginkan suasana perjalanan yang sunyi, Anda bisa melalui jalur Cetho. Namun jalur ini akan menghabiskan waktu dua kali lipat untuk sampai ke puncak disbanding jalur Cemoro Kandang dan Cemoro Sewu.
Back to Content ?

9. Gunung Prau 


wisata alam gunung prau
Foto : sportourism
Gunung Prau memiliki ketinggian 2.565 mdpl, dengan ketinggian tersebut Anda sudah bisa merasakan keindahan sunrise di pagi hari. Uniknya lagi golden sunrise di Gunung Prau dinobatkan sebagai sunrise terbaik di kawasan Asia Tenggara. Selain itu Anda dapat menikmati keindahan gunung yang berada di sekitar Gunung Prau, seperti Gunung Slamet, Sindoro, Sumbing, Merbabu, Merapi, Andong dan lainnya.

Selain pemandangannya indah, jalurnya pun mudah dilalui serta hanya tidak membutuhkan waktu banyak untuk sampai ke puncak. Jalur yang sering digunakan yaitu di Desa Dieng dan Desa Patak Banteng dengan waktu tempuh hanya sekitar 6 jam.
Back to Content ?

10. Gunung Andong 


wisata alam gunung andong
Foto : katalogwisata
Gunung Andong memiliki ketinggian 1.726 mdpl yang menjadikan gunung ini cocok untuk didaki oleh para pemula. Jalur yang cukup mudah dilewati membuat gunung ini menjadi tujuan wisata pendakian, khususnya di wilayah Jawa Tengah.

Dari puncak Anda bisa menyaksikan pemandangan di kaki gunung, selain itu Anda juga bisa berkemah dan bermalam di puncak. Jika Anda ingin berkemah disarankan untuk datang lebih awal karena lokasi yang sempit.

Untuk sampai ke puncak, Anda bisa melalui jalur Sawit di kecamatan Ngablak, Magelang. Jalur ini merupakan jalur yang terkenal dan sering digunakan. Waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 2 jam untuk sampai ke puncak.
Back to Content ?


Nah sudah gak bingung kagi kan mau mendaki gunung yang mana? Itulah ulasa 10 wisata gunung di Jawa Tengah yang harus Anda coba. Selamat mendaki, semoga keselamatan selalu mengiringimu.

Belum ada Komentar untuk "10 Destinasi Wisata Alam Gunung Di Jawa Tengah Yang Menakjubkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel