21 Lomba 17 Agustus Yang Unik, Kreatif, Lucu Dan Tidak Membosankan

Bulan Agustus merupakan momen istimewa bagi negara kita tercinta Indonesia. Berbagai perayaan mulai dilakukan sebagai simbol untuk menghargai semangat juang para pahlawan kemerdekaan. Upacara bendera, pemasangan bendera di depan rumah, syukuran dan lainnya. Itulah beberapa rangkaian kegiatan yang biasa dilakukan di bulan Agustus.

Namun semua kegiatan tersebut tak lengkap rasanya tanpa adanya lomba 17-an. Bulan Agustus identik dengan diselenggarakannya lomba-lomba yang dapat mempererat dan meningkatkan kreativitas serta daya juang bagi pesertanya. Bicara tentang lomba 17-an, ada beberapa lomba yang kreatif, unik, dan lucu khas peringatan momen HUT RI. Berikut diantaranya :

1. Merangkak sambil ngedot


Lomba merangkak sambil ngedot
Foto : purwantujil.blogspot
Lomba ini merupakan salah satu lomba yang unik, lucu, dan menggelitik. Setiap orang pasti akan tertawa saat menyaksikan perlombaan ini. Lomba merangkak sambil ngedot, lucunya peserta lomba ini adalah orang tua sementara anaknya menjadi penunggan orang tua mereka. Ditambah lagi, para orang tua merangkak sambil mengedot seperti bayi. Pemenang ditentukan melalui siapa yang cepat sampai ke garis finish tanpa menjatuhkan dot.
Back to Content ?

2. Voli net tertutup


voli net tertutup
Foto : blog.quikcorp
Cara dan peraturannya pun sama dengan permainan voli pada umumnya. Hal yang membedakannya hanya net yang digunakan tidak memakai jaring, melainkan memakai net yang tertutup sehingga lawan di sebrang lapangan tidak terlihat.

Kita tidak tahu seperti apa formasi dari tim lawan, kita hanya bisa siap siaga jika bola masuk ke lapangan kita. Lomba inipun sangat menantang karena dapat menguji kekuatan insting.
Back to Content ?

3. Sepakbola daster


sepakbola daster
Foto : PamanawaNews
Cara bermainnya sama seperti sepakbola pada biasanya, yang membedakan hanya para pesertanya harus memakai daster dan jumlah pemainnya biasanya lebih sedikit. Biasanya permainan ini diadakan untuk bapak-bapak. Gelak tawa pun mengiringi pertandingan ini, karena para peserta berlarian seperti ibu-ibu.
Back to Content ?

4. Sepak bola corong


sepakbola corong
Foto : Youtube
Sama seperti sepakbola daster yang menggunakan peraturan sepakbola pada umumnya. Pemainnya hanya 4-5 orang yang akan beradu dengan wajah yang ditutup dengan corong. Sehingga tingkat kesulitan dari permainan ini yaitu melihat dengan lubang kecil  pada corong. Pemain pun harus jeli dalam melihat pergerakan bola.
Back to Content ?

5. Joget Balon.


joget balon
Foto : kakaosika.wordpress
Peserta dibagi menjadi berpasang-pasangan. Cara mainnya yaitu balon diletakan di tengah-tengah peserta, biasanya di antara kepala ataupun perut kedua peserta. Keduanya harus bisa menahan balon agar tidak jatuh, tidak diperbolehkan menggunakan tangan. Setelah itu para peserta harus berjoget mangikuti alunan musik sambil berjalan menuju garis finish. Biasanya musiknya dangdut agar tambah meriah. Pemenangnya ditentukan dari pasangan mana yang tercepat sampai ke garis finish.
Back to Content ?

6. Memasukan belut ke botol


memasukan belut ke botol
Foto : polresbatang
Para peserta harus memegang dan memasukan belut dari lokasi start ke dalam botol yang berada di garis finish, para peserta pun harus berlari sambil memegang belut.Tantangannya yaitu kulit belut sangat licin, sehingga akan sangat sulit membawa dan memasukan ke botol. Siapa yang paling banyak memasukan belut ke botol dalam waktu yang ditentukan panitia, maka ialah pemenangnya.
Back to Content ?

7. Estafet karet


estafet karet
Foto : bikinapa
Umumnya permainan ini terdiri dari beberapa tim yang beranggotakan 4-7 orang. Peserta satu tim harus mengoper karet gelang dari barisan depan sampai belakang dengan menggunakan sedotan plastik yang diletakan di mulut.

Orang yang berada di barisan depan harus mengambil karet yang diletakan di piring yang berisikan tepung manggunakan mulut, jadi mulutnya akan terlihat putih. Orang yang paling belakang harus meletakkan karet yang sudah dioper ke corong. Tim siapa yang paling banyak memindahkan karet dari piring berisi tepung sampai ke corong, maka ialah pemenangnya.
Back to Content ?

8. Balap karung pakai helm


balap karung pakai helm
Foto : BUENTEMA
Lomba ini sangat lucu, unik, dan pastinya bakal bikin Anda ketawa. Pasalnya pesertanya harus memasukan seluruh badannya ke dalam karung, selain itu peserta juga harus memakai helm. Tantangannya pun menjadi semakin sulit dari balap karung biasa.

Ada yang guling-guling, bertabrakan karena kurang seimbang. Mereka juga harus menahan rasa malu saat ditertawakan penonton. Pemenang ditentukan melalui siapa yang tercepat sampai ke garis finish.
Back to Content ?

9. Lomba tata rias dengan mata tertutup


tata rias dengan mata terturup
Foto : Rasakan
Permainannya terdiri dari beberapa tim yang beranggotakan dua orang. Cara mainnya simpel, Ada yang bertindak sebagai perias dengan mata ditutup mengunakan kain, dan ada yang menjadi objek rias atau yang akan dirias. Perias yang ditutup matanya  harus merias wajah pasangan mainnya secantik mungkin dalam waktu yang sudah ditentukan panitia, siapa yang tercantik ialah pemenangnya.
Back to Content ?

10. Estafet air.


estafet air
Foto : perlombaan17an
Peserta yang terdiri dari 4-7 orang duduk secara berbanjar ke belakang. Peserta paling depan mengambil air dari ember menggunakan gelas plastik ( gelas bekas air minum ) yang sudah dilubang bawahnya. Kemudian mengoper melalui atas kepala dan tidak boleh menengok ke belakang, tantangannya yaitu bagian bawah yang berlubang membuat air akan sangat cepat habis sebelum sampai ker finish. Selain itu dengan melewati atas kepala, maka para pesertanya pun akan basah kuyup.  Tim yang paling banyak menyisakan air sampai finish atau peserta terakhir, maka ialah pemenangnya.
Back to Content ?

11. Memasukkan benang ke dalam jarum


memasukan benang ke dalam jarum
Foto : laranganslampar.blogdesa
Caranya simpel, siapa yang tercepat memasukan benang ke jarum maka ialah pemenangnya. Namun tantangannya yaitu peserta harus memasukan jarum sambil berjalan atau tidak diam di tempat. Hal ini membuat tangan terus bergoncang sehingga benang akan semakin sulit dimasukan ke lubang jarum yang kecil.
Back to Content ?

12. Ambil koin


ambil koin
Foto : Akurat
Permainan ini hampir sama dengan lomba makan krupuk, peserta mengambil koin yang ditancapkan pada sebuah papaya atau semangka. Kedua tangan peserta diikat di belakang, dan papaya atau semangka juga sudah dilumuri dengan oli. Sehingga wajahnya pun akan kotor.
Back to Content ?

13. Pukul air


pulul air
Foto : Kissparry
Permainan ini dilakukan secara berpasangan. Satu sebagai pemukul dan satu lagi sebagai pengarah. Cara bermainnya yaitu pemukul menggunakan penutup mata dan harus berjalan menuju ke mistar yang telah digantung plastik berisi air. Pengarah pun harus mengarahkan pemukul agar sampai dan berhasil memecahkan plastik. Siapa yang tercepat memecahkan plastik air maka ialah pemenangnya.
Back to Content ?

14. Tiup balon


tiup balon sampai meletus
Foto : danisa31.blog
Perlombaan ini cukup beresiko karena para peserta harus berani untuk meniup balon sampai meletus. Siapa yang lebih cepat dalam meniup dan balonnya meletus lebih dulu, maka ialah pemenangnya. Lomba ini harus dilakukan dengan hati-hati karena bisa-bisa balon yang meletus akan mengenai wajah.
Back to Content ?

15. Gebuk bantal


gebuk bantal
Foto : poskotanews
Umumnya dilakukan pada empang yang dipasang sebuah bambu secara horizontal ditengahnya. Kedua peserta harus saling memukul ( menggebuk ) menggunakan bantal. Siapa yang bertahan dan tidak jatuh ke empang, maka ialah pemenangnya. Peserta yang kalah pun akan basah kuyup karena tercebur ke empang.
Back to Content ?

16. Memasukan pensil ke botol


memasukan pensil ke dalam botol
Foto : faixalfaris
Permainan ini sederhana, peserta harus memasukan pensil ke dalam botol. Tapi tak semudah yang dibayangkan, pensil telah diikat tali dan kemudian di ikat pula pada pinggang bagian belakang peserta. Sehingga peserta harus membelakangi botol untuk memasukannya, selain itu konsentrasi dan keseimbangan dalam kuda-kuda juga diperlukan dalam lomba ini. Siapa yang tercepat berlari dari start ke  garis finish dan berhasil memasukan paku ke dalam botol, maka ialah yang menjadi juaranya.
Back to Content ?

17. Bakiak


bakiak
Foto : ShopBack
Bakiak merupakan sebuah kayu yang dipasangi plat sandal yang terbuat karet ban, umumnya diisi oleh 3-4 orang. Para peserta harus menggunakan plat sandal yang disusun berurutan, mereka harus kompak dalam melangkahkan kakinya untuk sampai ke garis finish. Dua sampai tiga tim dipermainkan dan siapa yang tercepat sampai ke garis finis, maka ialah pemenangnya.
Back to Content ?

18. Panjat Pinang


panjat pinang
Foto : pospubliknews
Perlombaan ini menjadi salah satu lomba yang dilaksanakan khusus di bulan Agustus, sebuah tiang terbuat dari kayu pinang yang dikupas kulitnya kemudian ditanamkan dalam tanah. Kemudian di atasnya digantung beberapa hadiah menarik mulai dari perabotan rumah bahkan sepeda. Tantangannya adalah tiang itu dilumuri oli yang berwarna hitam, sehingga permukaan tiang menjadi licin dan sulit dipanjat.

Jumlah pesertanya tergantung tinggi tiang, semakin tinggi tiangnya maka pesertanya pun semakin banyak. Para peserta yang tergabung menjadi beberapa tim harus bekerja sama, sehingga mereka pun akan saling menaiki pundak seperti menyusun balok untuk sampai ke atas. Pemenangnya ditentukan oleh siapa yang berhasil sampai ke puncak dan mendapatkan hadiah yang digantung.
Back to Content ?

19. Makan kerupuk


makan kerupuk
Foto : jadiBerita
Perlombaan yang melatih ketangkasan ini memang mengasyikan, khususnya bagi para anak-anak. Permainannya dilakukan dengan menggantungkan kerupuk di tempat yang lebih tinggi dari pesertanya. Kedua tangan diikat di belakang, serta kepala mendongakkan ke atas untuk menggigit kerupuk. Pemenang di tentukan berdasarkan peserta yang paling cepat menghabiskan kerupuknya.
Back to Content ?

20. Tarik tambang


tarik tambang
Foto : Akurat
Lomba ini melatih pentingnya kerja sama dalam sebuah tim, umumnya satu tim terdiri dari 5-10 orang. Dua tim dipertandingkan, siapa yang lebih kuat menarik tambang sampai batas yang telah ditentukan, maka ialah pemenangnya. Lomba ini menjadi simbol perjuangan para pahlawan kemerdekaan yang terus bekerja keras dan berjuang dengan gigih untuk mencapai kemerdekaan.
Back to Content ?

21. Lomba kelereng.


balap kelereng
Foto : Malang-Merdeka
Permainan ini mengandalkan keseimbangan tubuh, peserta harus meletakan kelereng di atas sendok yang kemudian dibawa dari garis start sampai ke garis finish dengan menggunakan mulut. Jika kelereng jatuh di tengah jalan, peserta akan didiskualifikasi. Siapa yang cepat sampai ke garis finish, maka ialah pemenangnya.
Back to Content ?

Belum ada Komentar untuk "21 Lomba 17 Agustus Yang Unik, Kreatif, Lucu Dan Tidak Membosankan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel