Ciri-Ciri Smartphone Terkena virus & Cara Mengatasinya

Virus adalah sebuah program yang sangat merugikan, dalam dunia pemrograman dikenal sebagai bad script yang dapat mengganggu bahkan merusak kinerja sistem smartphone.

Ketika ponsel Anda terserang virus atau malware, pastinya Anda akan merasa khawatir dengan keamanan data di dalam ponsel. Memang wajar, karena virus dapat menghilangkan data penting yang tersimpan di ponsel bahkan dapat merusak software atau hardware yang membuat smartphone tak beroperasi secara normal.

bahaya virus
Ciri smartphone terkena virus & cara mengatasinya
Hal ini menjadi ancaman serius bagi kita yang sering menggunakan HP android untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti belanja online, mobile banking, dan transaksi perbankan lainnya. Apabila Anda sedikit saja lengah, maka segala aktivitas yang berhubungan dengan internet dapat dimata-matai oleh hacker dan bisa juga mereka mencuri data-data penting yang tersimpan di smartphone.

Baca Juga : Cara Mengatasi HP Kena Air Agar Tidak Mati Total dan Korslet

Saking bahayanya virus, Anda harus mengetahui ciri-ciri smartphone android terserang virus untuk mencegah virus semakin merusak dan menganggu kinerja ponsel, adapun ciri-ciri smartphone yang terkena virus yaitu :
1. Mengirim atau Menerima Pesan Aneh

Anda pasti tahu mana SMS yang datang dari kontak dan mana yang bukan. Apabila Anda nanti menerima atau mengirim SMS aneh yang mana kamu tidak melakukannya, kemungkinan smartphone tersebut telah terkena virus. Smartphone yang sudah terinfeksi virus akan mengirim pesan bahkan bisa melakukan panggilan.

Para pihak yang ta bertanggung jawab memanfaatkan SMS untuk mencuri akun dan data perbankan atau bisa juga login ID media sosial. Anda harus sesegera mungkin menghapus SMS yang tidak penting itu.

Baca Juga : 6 Kerugian Menggunakan SD Card di Android, Smartphone jadi lemot?

2. Gangguan Saat melakukan telepon

Jika Anda pernah mengalami masalah ini, bisa jadi smartphone Anda telah terserang malware. Salah satu cara yang dilkukan oleh hacker yaitu dengan mempengaruhi panggilan yang keluar maupun masuk. jika Anda sedang melakukan panggilan tiba-tiba telepon terputus, bukan disebabkan pulsa yang sudah habis atau sinyal yang jelek. Hal ini juga bisa disebabkan oleh malware.

3. Boros Kuota Data

Kuota yang cepat habis mencadi indikasi bahwa smartphone kamu terserang virus. Anda dapat melakukan pemantauan dengan membuka menu setting > klik penggunaan data.

Dari situ, Anda bisa melihat aplikasi mana yang paling banyak memakan kuota. Jika aplikasi itu memang sering digunakan, maka hal tersebut tidak bermasalah, misalnya Anda sering bermain game online yang mempunyai grafis yang tinggi, maka itu memang wajar jika kuota yang digunakan agak boros.

Nah, masalahnya Anda tidak sering atau bahkan belum pernah menggunakan suatu aplikasi, tapi muncul dalam daftar penggunaan kuota terbanyak secara tidak wajar. Anda harus segera meng-uninstall aplikasi tersebut.

4. Boros Baterai

Pasti Anda pernah merasakan baterai cepat habis, padahal Anda tidak mengoperasikan banyak aplikasi yang berat. Ini menjadi salah satu tanda jika smartphone telah terserang virus. Kok bisa ya, tidak menjalankan aplikasi berat malah baterai cepat habis?

Pasti bisa, pasalnya sifat virus yang selalu aktif di belakang layar atau background tanpa disadari oleh penggunanya. Anda bisa mengeceknya dengan membuka menu setting > klik aplikasi.

Dari situ, Anda dapat mencari aplikasi yang mencurigakan, jika Anda teliti mungkin terdapat aplikasi asing yang menyusup untuk memantau semua gerak-serik dalam pengoperasian smartphone. Anda harus segera meng-uninstall aplikasi mencurigakan tersebut.

Baca Juga : 9 Kebiasaan Buruk Yang Merusak Baterai HP

5. Smartphone menjadi lemot

Pada umumnya smartphone  yang memiliki masalah booting lama itu dipengaruhi oleh RAM dan memori internal yang rendah atau sudah penuh penggunaannya. Tetapi jika smartphone Anda yang mempunyai storage yang besar namun ternyata masih lemot atau nge-lag, maka Anda harus mencurigai jika smartphone sudah terinfeksi oleh malware.

Selain itu, aplikasi yang mengandung malware pastinya akan memberatkan sistem, hal ini dikarenakan virus selalu aktif di belakang atau background. Sehingga dapat menyebabkan penurunan kinerja smartphone secara tiba-tiba.

Solusinya, jika kondisi smartphone sudah parah dan Anda sudah tidak tahan dengan virus yang semakin merusak, Anda disarankan untuk melakukan factori reset.

6. Sering Restart Sendiri

Memang terdapat beberapa faktor yang menyebabkan sering restart bahkan mati dengan sendirinya. Namun jika Anda merasa semua sistem android berjalan dengan baik tapi masih saja melakukan restart dengan sendirinya tanpa terkontrol, Anda harus mencurigai bahwa smartphone Anda  terserang malware.

Malware dapat menyerang dan menyusup pada sistem reboot yang dapat merusak sistem android sehingga smartphone sering melakukan restart sendiri tanpa dikendalikan penggunanya.

Cara mengatasinya dengan melakukan scanning pada aplikasi antivirus yang terdapat dalam smartphone Anda.

7. Redirect

Pernahkah Anda mengalami saat browsing mencari informasi, kemudian Anda membuka situs tersebut malah dialihkan ke situs yang aneh dan tidak jelas ? Ini merupakan salah satu ciri jika smartphone Anda terkena malware. Sebab ada jenis malware yang dapat melakukan redirect ke website tertentu yang merupakan jebakan untuk mencuri data Anda.

Solusinya yaitu , Anda harus segera keluar dari website tersebut dan segera scan smartphone dengan antivirus. Jangan sekali-kali Anda melakukan atau melanjutkan aktifitas yang ditawarkan dalam laman web tersebut. Itu merupakan trik hacker untuk membajak dan mencuri data penting Anda di smartphone.

8. Sering Muncul Iklan Pop-up

Saat Anda sedang asyik membuka sosial media maupun aplikasi lainnya ataupun sedang browsing membuka situs, tiba-tiba muncul iklan pop up yang memenuhi layar smartphone yang tidak seperti iklan pada umumnya. Atau Anda sedang membuka aplikasi gratis yang biasanya tidak muncul iklan, namun tiba-tiba ada iklan pop up yang muncul.

Solusinya jangan sekali-kali Anda menge-klik iklan pop up tersebut, karena ini merupakan salah satu cara hacker dalam mencuri informasi ataupun data penting di smartphone Anda.

9. Tanpa disadari biaya telepon membludak

Malware juga dapat dengan mudah mengendalikan pemakaian telepon dan SMS, sehingga tanpa Anda sadari malware telah mengirimkanSMS ke berbagai layanan berbayar. Anda pun bisa menjadi pelanggan dari suatu layanan tanpa Anda pesan.

Solusinya, Anda bisa menggunakan pulsa telepon system pra bayar, yang pastinya lebih mudah untuk melihat rinciantelepon dan SMS yang sudah digunakan.

Itulah ulasan mengenai ciri-ciri smartphone yang terkena virus dan cara mengatasinya, semoga dapat bermanfaat bagi sesama.

Belum ada Komentar untuk "Ciri-Ciri Smartphone Terkena virus & Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel