9 Kebiasaan Buruk Yang Merusak Baterai HP

Anda pasti kurang puas saat asyik-asyiknya bermain HP tiba-tiba baterai low. Ini mungkin pengaruh dari kapasitas baterai HP yang kecil. Namun tidak selalu baterai cepat habis dipengaruhi faktor tersebut.

Sekarang banyak bermunculan merk-merk HP yang menyuguhkan kapasitas baterai yang besar. Sayangnya dengan keunggulan itu tidak menjamin baterai tahan lama. Semua itu tergantung pada penggunaannya, HP dengan kapasitas baterai besar bisa cepat habis, jika Anda sering melakukan hal buruk dibawah ini :

Men-charger HP

1. Mengoperasikan HP Saat Dicharger

Hal yang paling sering dilakukan ini ternyata membawa dampak yang cukup signifikan bagi HP Anda. Saat HP sedang dicharger, suhu HP akan naik. Jika Anda melakukan panggilan, menyalakan musik, tetap bermain game saat HP diisi ulang lama-kelamaan bukan hanya baterai yang rusak namun perangkat HP Anda juga akan rusak.

Jadi biarkan HP Anda terisi penuh hingga 100%, setelah itu kita bisa menggunakannya. Menggunakan HP saat dicharger, membuat arus listrik yang masuk ke dalam baterai akan langsung dipakai untuk mengoperasikan HP. Hal ini akan berdampak pada proses pengisian  daya yang lama dan membuat daya tahan baterai berkurang.

Kebiasaan ini sebaiknya dihentikan, karena selain merusak kondisi baterai juga dapat membahayakan penggunanya.

2. Men-charger HP Semalaman

Membiarkan HP discharge semalaman mungkin menjadi kebiasaan yang umum bagi Anda. Sewaktu Anda bangun tidur Anda akan merasa puas dengan HP yang  terisi daya penuh. Namun , dibalik semua itu akan membawa dampak yang buruk bagi HP Anda, khususnya baterai yang berjenis litium akan mengalami kebocoran daya dan menurunkan kinerja HP sehingga daya baterai akan cepat habis.

3.  HP Tidak Pernah Dimatikan

Matikan HP Anda saat tidak digunakan, namun hal ini mustahil dilakukan karena disetiap waktu pasti selalu bermain dengan HP. Untuk menghindari kerusakan baterai, ada baiknya jika Anda tidur matikan HP untuk beristirahat.
Layaknya seseorang yang tidak beistirahat, HP juga akan bekerja lebih keras lagi jika tidak diistirahatkan. Daya bateraipun akan dikonsumsi lebih besar. Sehingga kinerjanya dapat menurun.

4. Membiarkan HP Mati Kehabisan Daya

Memaksa HP untuk menghabiskan daya hingga mati sendiri merupakan hal yang berdampak buruk bagi HP Anda. Pasalnya jenis baterai yang digunakan HP android yaitu litium-ion akan tahan lama jika daya baterai tinggal 20 % langsung dicharger. Untuk itu selalu ada peringatan  ketika daya 15% atau 20% untuk dicharger.

5. Menggunakan Charger Palsu ( Tidak Sesuai Merk HP )

Charger original sangat bepengaruh terhadap pengisian daya di HP Anda, khususnya tingkat kecepatan waktu pengisian daya. Beda charger dengan merk HP akan bisa menyebabkan waktu pengisian daya menjadi  semakin lama. Selain itu penggunaan charger palsu akan menyebabkan HP Anda meledak. Kok bisa ya?.

Ya tentu saja bisa, Setiap merk HP memiliki tegangan yang berbeda, jadi kalau Anda menggunakan charger palsu akan menyebabkan kerusakan pada HP yang akan menimbulkan suhu HP Anda panas, jika hal ini sering dilakukan, akan beresiko HP meledak.

Jika charger asli bawaan pabrik hilang, jangan sekali-kali Anda menggunakan charger palsu yang tidak sesuai dengan merk HP Anda. Demi keselamatan, lebih baik menggunakan charger yang original sama seperti merk HP Anda.

6. Tingkat Kecerahan Terlalu Tinggi dan Waktu Sleep yang Lama

Ini merupaka hal yang sepele, tetapi sangat mempengaruhi daya tahan baterai. Anda dapat mengatur kecerahan layar secara manual dan secara otomatis.

Pengaturan kecerahan secara otomatis akan lebih banyak mengonsumsi baterai. Jadi Anda disarankan untuk mengatur tingkat kecerahan secara manual.Perlu diperhaikan tingkat kecerahan yang terlalu tinggi selain mengonsumsi baterai yang besar juga dapat merusak mata, apalagi kalau digunakan ditempat yang gelap.

Pengaturan waktu sleep atau tidur harus dapat dikondisikan, ketika ponsel sudah tidak terpakai usahakan waktu tidurnya tidak melebihi  1 menit atau lebih baik dimatikan.

7. Bluetooth, WiFi & GPS Yang Selalu Aktif

Fitur-fitur di atas menyebabkan HP Anda selalu mencari jaringan. Apalagi jika terjadi di tempat yang jarang ada sinyal, HP Anda selalu bekerja untuk mencari sinyal agar bisa berhubungan ke dunia luar bahkan jika Anda tidak menggunakannya.

Akibatnya baterai HP menjadi boros dan juga membuat HP lemot. Sebaiknya Anda menyalakan fitur-fitur yang memerlukan jaringan saat benar-benar diperlukan.

Anda juga bisa menggunakan fitur mode terbang atau mode pesawat jika HP tidak digunakan.  Selain menolak notifikasi masuk, mode pesawat juga menjadi salah satu cara untuk menghemat daya baterai.

8. Menaruh HP di Dekat Perangkat Elektronik

Perangkat elektronik seperti  laptop, TV, Sound Sistem dan benda elektronik lainnya mempunyai tegangan yang tinggi, sangat berbahaya jika HP Anda diletakan dengan barang-barang tersebut.  Saat Anda menaruh dekat dengan barang terebut, maka suhu HP akan naik sehingga konsumsi  bateraipun akan menjadi boros. Jika hal ini terus terjadi, maka akan merusak baterai HP Anda.

9. Menggunakan HP di Suhu Ekstrim

Panas matahari yang menyengat, ternyata bisa berdampak buruk bagi HP Anda. Jangan biarkan HP terpapar secara langsung sinar matahari, karena akan menaikkan  suhu HP Anda. Hal serupa juga terjadi saat Anda terlalu lama bermain game, atau mengerjakan sesuatu yang dapat menaikkan suhu HP, segera hentikan  aktivitas tersebut sampai suhu HP normal kembali.

Sama halnya dengan suhu yang dingin, HP Anda akan bekerja lebih keras lagi. Sehingga menyebabkan baterai cepat habis. Amankan HP dari dinginnya udara dengan dimasukan kedalam tas atau saku jaket.

Jadi gunakan HP Anda pada suhu ruangan antara 16°C – 30°C. Untuk memperpanjang usia dan menghindari kerusakan baterai HP Anda.

Itulah ulasan mengenai  hal buruk yang dapat merusak baterai HP Anda, hindari kebiasaan-kebiasaan buruk di atas agar dapat memperpanjang usia baterai dan terhindar dari kerusakan baterai HP Anda. Semoga bermanfaat, sekian dan…… terima kasih


Belum ada Komentar untuk "9 Kebiasaan Buruk Yang Merusak Baterai HP"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel