Jangan Lupa Tertawa, Bikin Sehat Loh!

Sudahkah Anda tertawa hari ini?, Tahukah Anda ada banyak segudang manfaat tertawa bagi kesehata tubuh, baik jasmani maupun rohani. Tertawa merupakan salah satu aktivitas yang mudah dilakukan sebagai cara untuk terhindar dari penyakit. Lantas apa saja manfaat jika orang tertawa :
Anak Tertawa

Sering tertawa membuat Anda lupa dengan stres

Anda bisa memancing diri Anda tertawa untuk menghilangkan stress dan tertekan karena suatu masalah, misalnya dengan cara membaca atau menonton hal-hal yang lucu.

Baca Juga : Anda Sering Lupa ? Inilah Penyebabnya

Dengan berhasilnya anda tertawa maka otak akan menghasilkan suatu hormon yang disebut hormon endrofin atau hormon bahagia. Nah, hormon ini akan melancarkan metabolisme tubuh serta aliran darah, dengan begitu tubuh akan merasa santai terhindar dari stress dan tekanan.

Menyehatkan jantung

Salah satu penyebab penyakit jantung adalah adanya gangguan metabolisme tubuh. Saat orang tertawa otak menghasilkannya hormon endrofin yang akan melebarkan pembuluh darah, sehingga melancarkan sirkulasi metabolisme dan aliran darah, untuk menjaga fungsi jantung secara normal.

Salah satu penelitian yang dilakukan membuktikan bahwa manfaat tertawa bagi jantung hampir sama dengan manfaat ketika melakukan olahraga aerobik.

Meningkatkaan Imunitas tubuh

Ketika Anda tertawa  menyebabkan banyak respon tubuh yang terjadi. Salah satunya bisa merangsang produksi leukosit (sel darah putih), yang berfungsi melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Leukosit akan menjadi sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga : Manfaat Makan Pakai Tangan Tanpa Sendok Bagi Kesehatan

Meringankan rasa sakit

Salah satu penelitian yang dilakukan menegaskan bahwa tertawa 20 menit saja bisa meningkatkan toleransi tubuh terhadap rasa sakit. Hormon endrofin sangat berperan dalam hal ini yang merileksasi tubuh agar santai, sehingga dapat mengurangi rasa sakit.

Melatih otot perut

Ketika Anda tertawa otot perut akan mengembang dan berkontraksi, hal ini sama dengan Anda sedang melatih kekuatan otot perut. Bagi Anda yang menginginkan bentuk perut yang rata  tetapi malas berolahraga, tertawa menjadi solusi untuk mengatasi masalah ini.

Memperpanjang umur

Umur memang sudah diatur oleh maha kuasa, dengan begitu kita tidak tahu sampai kapan umur kita di dunia ini. Namun, ada beberapa fakta yang menunjukkan bahwa orang yang mudah atau sering tertawa memiliki umur yang panjang, hal ini dikarenakan tertawa bisa membuat lebih sehat jasmani dan rohaninya.

Baca Juga : Makanan Untuk Diet Alami Yang Bikin Langsing

Menghilanhkan  Emosi

Ketika Anda sedang emosi entah sebab apa. Perasaan emosi itu akan luntur jika Anda melihat atau mendengar hal yang lucu. Rupanya tertawa membawa dampak psikologis yang besar, hal ini dikarenakan tertawa bisa membuat otot-otot yang semula tegang menjadi lemas. Sehingga dapat meredakan emosi.

Meningkatkan Daya Ingat

Ternyata tertawa dapat meningkatkan daya ingat seseorang. Tertawa mampu melancarkan aliran oksigen ke otak. Dengan pasokan oksigen yang cukup membuat memori dan daya ingat Anda meningkat.

Membakar Kalori

Kalori sangat berpengaruh pada faktor penyebab kegemukan atau obesitas. Hal yang ajaib dari tertawa adalah mampu membakar kalori yang berada di tubuh kita. Tertawa mampu membakar sekitar 10-40 kalori dalam waktu 15 menit.

Membuat Awet Muda

Manfaat tertawa yang ini merupakan hal yang selalu diharapkan untuk selalu tampil muda di masa tua. Tidak perlu melakukan perawatan yang mahal untuk awet muda. Pada saat Anda tertawa  membuat perasaan menjadi lebih bahagia. Sehingga terhindar dari stres dan tekanan.

Itulah beberapa manfaat dari tertawa, aktivitas sepele yang menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Sekian semoga bermanfaat, Terima Kasih.


Belum ada Komentar untuk "Jangan Lupa Tertawa, Bikin Sehat Loh!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel