Manfaat Makan Pakai Tangan Tanpa Sendok Bagi Kesehatan


Makan dengan tangan langsung atau tanpa menggunakan sendok, garpu, dan alat makan lainnya sangat erat kaitannya pada orang zaman dulu. Di zaman sekarang makan dengan tangan langsung merupakan hal yang kampungan.

Banyak yang beranggapan bahwa makan menggunakan sendok garpu merupakan pilihan terbaik untuk menyantap makanan, dari pada menggunakan tangan langsung. Namun makan dengan tangan memiliki manfaat yang tak terduga bagi kesehatan. Apa saja manfaatnya ? Simak ulasan berikut.

Baca Juga : Anda Sering Lupa ? Inilah Penyebabnya

Sebelum menjelaskan mengenai manfaat makan pakai tangan, perlu Anda ketahui bahwasanya Rasulullah pernah menerangkan hal itu dalam hadist yang diriwayatkan oleh Muslim :

“Rasulullah SAW makan menggunakan tiga jari tangan kanan dan menjilati jari-jari tersebut sebelum di bersihkan”

Dari hadist di atas sangat jelas bahwa Rasulullah SAW menganjurkan kepada umatnya supaya makan menggunakan tangan langsung, sedangkan makna dari “ tiga jari “ yaitu berkaitan dengan ukuran porsi makan setiap mengambil makanan.



Anak sedang makan menggunakan tangan
Manfaat makan menggunakan tangan

Berikut ini beberapa manfaat makan pakai tangan langsung bagi kesehatan Anda, di antaranya :

1. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Telapak tangan dan sela-sela jari Anda terdapat bakteri baik dan bakteri jahat. Bakteri baik akan melindungi tubuh Anda dari virus berbahaya dan menjaga kesehatan mulut, tenggorokan, usus, dan sistem pencernaan.

Saat kita makan menggunakan tangan bakteri  baik akan berpindah ke mulut dan ditelan menuju tenggorokan dan sampai di usus. Proses ini membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan di usus dan mencegah penumpukan bakteri berbahaya. Namun sayangnya jika Anda makan dengan sendok garpu, bakteri baik tidak masuk ke dalam tubuh Anda.

Selain itu saat kita baru menyentuh makanan, sebuah sinyal dikirim ke otak untuk melepas enzim dan cairan yang dibutuhkan dalam proses pencernaan. Otak akan mengatur supaya metabolisme bekerja sesuai apa yang dibutuhkan dalam proses pencernaan yang baik. Dengan sistem pencernaan yang baik pastinya akan menunjang kesehatan tubuh dan pikiran Anda.

Baca Juga : Jangan Lupa Tertawa, Bikin Sehat Loh!


2. Membuat makanan terasa lebih enak 

Ketika Anda menyentuh makanan untuk dimasukan ke dalam mulut, saraf ujung jari akan terangsang dan mengirimkan sinyal ke otak untuk melepaskan cairan pencernaan. Hal inilah yang menyebabkan makanan yang kita makan mengunakan tangan terasa lebih enak.

Selain itu, saat Anda makan mengunakan tangan membuat aktivitas makan Anda menjadi lambat, ini akan berakibat sitem pencernaan dalam tubuh Anda akan bekerja lebih baik. Hal ini dikarenakan saat makan menggunakan tangan Anda menjadi lebih sadar dan merangsang semua organ pencernaan supaya bekerja optimal.


3. Mencegah penyakit diabetes tipe 2

Seseorang yang terbiasa makan menggunakan sendok garpu pasti akan menghabiskan makan dengan cepat. Hal ini akan beresiko terserang penyakit diabetes tipe 2. Hal ini dikarenakan tegesa-gesa menghabiskan makanan dengan cepat tanpa dikunyah dengan maksimal, akan berakibat pada ketidakseimbangan gula darah dalam tubuh sampai akhirnya bisa menderita diabetes.


4. Meningkatkan rasa kenyang

Biasanya saat makan dengan tangan Anda akan memasukan makanan sedikit demi sedikit ke dalam mulut. Makanan pun akan terurai sempurna karena prosesnya dilakukan dengan lambat. Sehingga perut pun dapat dapat mengetahui bahwa Anda sudah kenyang.

Selain itu, seseorang yang makan dengan diselingi kegiatan seperti menonton TV dan membaca koran akan cenderung tidak cepat lapar, karena proses makanan di dalam sistem pencernaan terjadi secara lambat dan memungkinkan makanan terurai secara sempurna.

Seperti yang dijelaskan di atas, makan dengan tangan menyebabkan perut dapat mengetahui apakah Anda sudah kenyang atau belum, sehingga akan mencegah makan berlebihan yang dapat menimbulkan obesitas.

Baca Juga : Cara menghilangkan jerawat secara alami dalam waktu singkat


5. Membangkitkan emosi dan gairah

Makan menggunakan tangan sebenarnya telah mulai dilakukan sejak zaman dahulu kala, bahkan Nabi Muhammad SAW Pun menganjurkan umatnya untuk makan menggunakan tangan.

Masyarakat Indonesia zaman dahulu mempercayai bahwa makan menggunakan tangan melibatkan lima jari yang memiliki arti sendiri-sendiri. Lima jari ini merupakan perlambang dari lima elemen meditasi :
Ibu Jari melambangkan ruang kosong
Jari telunjuk melambangkan udara
Jari tengah melambangkan api
Jari manis melambangkan air
Jari kelingking melambangkan bumi

Jika Anda makan menggunakan tangan, maka proses makan akan merangsang kelima elemen tersebut. Sehingga dipercaya dapat membantu memberi energi pada makanan yang dimakan. Selain itu, juga dipercaya mampu membersihkan seluruh energi negatif yang ada dalam tubuh. kelima indra manusia akan menjadi aktif, sehingga membuat Anda lebih sadar mengenai rasa, tekstur, dan aroma makanan yang akan Anda makan.


6. Lebih higienis

Pendapat ini mungkin bertentangan dengan pemahaman masyarakat pada umumya, manfaat makan menggunakan tangan justru lebih higienis dibandingkan menggunakan peralatan makan.

Logikanya begini, peralatan makan hanya dicuci satu kali setelah selesai makan, sementara Anda mencuci tangan berapa kali dalam sehari ? pasti lebih sering dibandingkan mencuci peralatan makan.

Tentu saja, penting untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan untuk memastikan bahwa tangan lebih higienis. Saat Anda makan dengan tangan, bakteri baik yang ada di tangan dapat dipertahankan dan tubuh akan mendapat perlindungan dari bakteri berbahaya.
,
Pada akhirnya, seseorang yang terbiasa makan menggunakan tangan akan selalu mencuci tangan sebelum menikmati makanan. Aktivitas ini secara langsung akan menjaga kehigienisan tangan.


7. Menjadi sensor suhu dan tekstur makanan

Saat Anda makan dengan sendok garpu, secara reflek pasti akan langsung masuk ke dalam mulut. Tidak peduli suhu dan tekstur makanan itu.

Saat Anda makan mengggunakan tangan, ujung saraf jari tangan akan merasakan suhu makanan, apakah bersuhu panas atau dingin. Sehingga Anda akan tahu makanan akan dilahap langsung atau menunggu sampai suhunya normal.

Selain itu makan dengan tangan membuat saraf jari bisa merangsang apakah makanan bertekstur keras atau lembut. Sehingga akan memudahkan Anda dalam proses pengunyahan.

Kondisi di atas juga menyebabkan pelepasan enzim pencernaan dan zat-zat yang tepat untuk membantu Anda mencicipi makanan dengan baik.


8. Meningkatkan sirkulasi darah

Makan dengan tangan mampu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, ini disebabkan tangan yang digunakan saat makan akan bergerak guna menghantarkan makanan ke mulut. Sehingga tangan melakukan semacam gerakan latihan otot yang berakibat pada peningkatan sirkulasi darah.


Nah, itulah beberapa manfaat makan pakai tangan yang baik bagi kesehatan Anda. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Makan Pakai Tangan Tanpa Sendok Bagi Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel