Cara menghilangkan jerawat secara alami dalam waktu singkat

Pernahkah Anda mengalami jerawatan, hal ini memang wajar karena jerawat merupakan tanda seseorang telah mengalami masa pubertasi. Namun, banyak keluhan dari mayoritas anak muda bahwa setelah masa pubertas jerawat masih saja bermunculan di area wajah.

Jerawat merupakan suatu keadaan dimana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Menurut para ahli kesehatan mengatakan bahwa tak ada seorang pun didunia ini yang melewati masa hidupnya tanpa jerawat. Kemungkinan besar penyebab jerawat adalah perubahan hormonal yang dapat merangsang kelenjar minyak di kulit.

Jerawat di muka
Indonesia merupakan salah satu negara yang beriklim tropis. Hal ini menyebabkan kebanyakan penduduknya memiliki jenis  kulit yang berminyak. Produksi kelenjar minyak yang berlebihan akan mengakibatkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit dan bercampur dengan sel-sel kulit mati yang terdapat kotoran didalamnya. Hal ini dapat menyebabkan masalah jerawat.

Cara Mengatasi Wajah Jerawatan Dengan Bahan Alami

Cara mengatasi wajah yang jerawatan dapat  menggunakan bahan-bahan alami. Selain bahan yang mudah didapat, juga tidak menimbulkan efek samping dan lebih aman digunakan. Contoh bahan alami yang dapat anda ginakan diantaranya :

1. Madu murni

Gunakan madu sebagai lulur secara teratur, madu mampu mengurangi minyak berlebih dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Hal ini karena mad mengandung vitamin dan mineral yang akan menjadikan kulit sehat alami.

2. Gel lidah buaya

Banyak produk kecantikan yang memanfaatkan lidah buaya sebagai bahan utama untuk kecantikan kulit. Untuk mengurangi minyak berlebih dan menghilangkan jerawat anda bisa membuat pasta dengan susu dan lidah buaya.Terapkan ke kulit wajah dan tunggu 15-20 menit, setelah itu bersihkan dengan air. Lakukan secara teratur setidaknya 3 hari sekali.

3. Buah papaya

Masih sama dengan madu , papaya juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Didalamnya terdapat antioksidan dan vitamin yang berfungsi untuk mempertahankan diri dari radikal bebas yang dapat menyababkan penuaaan. Pepaya juga dapat mengurangi minyak berlebih dan mencegah munculnya jerawat.

4. Tomat

Kandungan vit A dan C yang terkandung pada tomat juga dapat    menhilangkan jerawat secara alami. Caranya potong buah tomat menjadi 2 bagian, oleskan pada wajah secara merata, diamkan selama 20-30 menit kemudian bilas dengan air mengalir.                                                                       

5. Cuka Apel

Cuka apel mampu membunuh bakteri penyebab jerawat, karena cuka apel memiliki kandungan antiseptic alami. Jika perawatan menggunakan cuka apel dilakukan secara teratur maka masalah jerawat pun dapat diatasi. Caranya oleskan cuka apel menggunakan kapas bersih, diamkan selama 2-5 menit, kemudian bilas dengan air mengalir.

6. Air lemon

Kandungan asam askorbat dalam lemon sangat ampuh digunakan untuk menghilangkan jerawat. Selain itu buah ini juga dapat digunakan untuk menghilanhkan bekas jerawat. Caranya peras buah lemon, kemudian oleskan perasan tadi ke wajah, tunggu 10-15 menit, kemudian bilas dengan air mengalir.

7. Kulit jeruk

Kulit jeruk mengandung vitamin A dan C serta flavonoid yang mampu menghilangkan jerawat. Caranya jemur kulit jeruk, kemudian tumbuk kulit jeruk yang sudah kering, tambahkan sedikit air, lalu oleskan pada wajah seperti masker. Diamkan selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air mengalir.

Tips Merawat Kulit yang Jerawatan

 1. Hindari sabun atau produk kecantikan yang keras

Penggunaan produk semacam ini biasanya dapat menyebabkan kulit kering, tetapi kenyataannya malah meningkatkan produksi minyak untuk pelembab kulit alami. Selain itu juga berdampak mengiritasi kulit yang akan mengakibatkan jerawat. Sehingga sangat disarankan untuk kulit berminyak tidak memakai produk sabun yang keras.

2. Terlalu sering membersihkan wajah 

Membersihkan wajah dari kotoran dan sisa make up sangat dianjurkan untuk mencegah jerawat. Tetapi jika hal ini dilakukan secara berlebihan akan mengiritasi kulit dan kulit menjadi kering, hal ini akan mengakibatkan resiko timbulnya jerawat.

3. Hindari make up terlalu tebal

Pakar kulit berpendapat bahwa penggunaan meke up berlebihan akan berefek buruk bagi kesehatan kulit. Penggunaan make up yang tebal akan memungkinkan tersumbatnya pori-pori yang dapat memicu timbulnya jerawat.

4. Gunakan pelembab alami.

Terdapat beberapa pelembab alami yang dapat membantu mengurangi minyak sekaligus melembabkan kulit, cotohnya  papaya, madu, alpukat, dan gel lidah buaya.

5. Hindari penggunaan scrub

Memang scrub dapat membantu menghilangkan sel-sel mati, tetapi penderita jerawat harus menghindarinya karena dapat meningkatkan iritasi dan kemerahan yang akan memperburuk jerawat.

6. Pilihlah produk kecantikan dengan label noncomedogenic

Produk ini sangat aman digunakan bagi Anda dengan kulit berminyak, karena dirancang khusus untuk tidak menyumbat pori-pori kulit. Sehingga tidak menimbulkan jerawat.

7.    Hindari mengorek atau memencet jerawat

Memencet jerawat akan menembah kerusakan dan bekas luka pada kulit wajah. Para     pakar kulit menyatakan bahwa Anda tidak boleh memencet jerawat karena akan melukai kulit wajah jika sembarangan pencet jerawat. Anda justru akan membuat kulit Anda lunak dan menyebabkan kulit rentan sobek. Gunakan pengobatan yang tepat untuk mengurangi jerawat dan bekas luka.

Penutup

Itulah ulasan mengenai cara meluruskan rambut keriting atau ikal dengan behan alami. Cara di atas hanya akan berhasil jika dilakukan dengan teratur. Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.
















Belum ada Komentar untuk "Cara menghilangkan jerawat secara alami dalam waktu singkat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel