Pesona Alam Siregol Purbalingga

Tebing Siregol
Tebing Siregol

Daerah yang memiliki pemandangan alam yang luar biasa, dengan dikelilingi bukit yang menjulang serta lembah-lembah yang curam. Ditambah lagi dengan jalan yang berliku-liku, menanjak dan menurun seakan-akan menambah sensasi perjalanan menelusuri pesona alam yang menakjubkan.

Siregol sebuah daerah di antara Desa Sirau dan Desa Kramat kecamatan Karangmoncol yang menawarkan hawa sejuk, dengan pemandangan tebing, jurang, dan hutan yang menghijau, diselingi dengan gemercik air terjun yang berada sela-sela bukit yang curam.

Bagi masyarakat Purbalingga khususnya kecamatan Karangmoncol dan sekitarnya mungkin sudah tidak asing lagi untuk daerah yang menakjubkan ini. Pasalnya setiap akhir pekan pasti di sekeliling jalanan  akan ramai orang-orang yang ingin menikmati keindahan alam Siregol.

Bagi anda yang tidak suka petualangan, Anda cukup bersantai di pinggiran jalan raya yang berbatasan langsung dengan tebing, jurang dan bukit yang bisa dijadikan objek berfoto. Menikmati keindahan bersama keluarga dengan berlatar alam bebas akan menjadikan pikiran Anda lebih santai terbebas dari hirup pikuk perkotaan. Anda juga bisa berfoto di bawah rindangnya pepohonan pinus yang dikelola oleh masyarakat sekitar.

Untuk Anda yang suka bertualang dan rasa adrenalin yang tinggi, Anda wajib mencoba sensasi bermain tubing, di sungai Tambra yang letaknya dibawah tebing-tebing yang menjulang tadi. Sensasi menghanyut dengan sarana ban di sungai tentu cukup menantang bagi sejumlah orang.
Aliran sungai yang deras dan dikelilingi oleh tebing-tebing serta pemandangan yang beragam perbukitan  dan persawahan, akan menambah pengalaman Anda jika menaklukkannya.

Anda juga bisa menikmati dinginnya air di curug Siregol, di sana Anda akan melihat bebatuan gunung yang besar-besar. Anda bisa memanfaatkan batu itu sebagai objek berfoto dengan background curug Siregol. Sungguh momen yang luar biasa.

Curug Siregol
Curug Siregol


Selain petualangan air dengan menikmati sensasi tubing, Anda juga bisa mendaki dan bercamping di tempat yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Aktivitas ini akan menambah pengalaman Anda berwisata di alam bebas. Jika Anda mendaki salah satu bukit Anda akan melihat permadani putih yang terbuat dari kabut bagaikan negeri di atas awan.

Baca Juga : Pesona Jembatan Merah Purbalingga

Fakta-fakta tentang Siregol


Hutan yang menyimpan satwa-satwa langka

Selain pemandangannya yang bagus, siregol juga mempunyai maskot unggulan yaitu owa jawa, yang termasuk satwa yang dilindungi. Selain itu, terdapat juga satwa-satwa lain seperti elang jawa, monyet ekor panjang, bajing jelarangan, bintorung, bubut besar, dan kukang jawa. Namun jika Anda hanya berkunjung di daerah dekat jalan raya, hanya akan melihat monyet ekor panjang, yang kebetulan sedang lewat untuk mencari makanan bersama kawanannya.


Peninggalan zaman paleolitikum

Selain menyuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan, Siregol juga menyimpan peninggalan sejarah, yaitu 30 batu artefak peninggalan di kawasan Pegunungan Lumbung. Peninggalan tersebut berupa altar, dolmen, phalus, dan berbagai peralatan rumah tangga yang terbuat dari batu. Benda-benda tersebut diyakini dibuat oleh manusia jaman pra sejarah sekitar 1.500 tahun sebelum masehi.

Hutan alami di Kabupaten Purbalingga

Hutan Pinus
Hutan pinus

Siregol merupakan salah satu hutan yang masih alami di Kabupaten Purbalingga, mutiara hijau itu perlu dijaga dan dilestarikan keberadaannya. Hutan di kawasan Siregol memiliki keanekaragaman tumbuhan yang menghasilkan oksigen untuk keberlangsungan kehidupan mahluk hidup khususnya manusia.



Jalur menuju lokasi


Untuk Anda yang akan menuju ke kawasan Siregol dari Purbalingga bisa melalui dua jalur yaitu Bobotsari dan Pengadegan.

Jalur Bobotsari

Dari purbalingga Anda bisa menggunakan angkutan pribadi atau angkutan umum dengan arah jalur yang sama. Dari arah Purbalingga ke Bobotsari, kemudian menuju ke Karangmoncol, di pertigaan Majingklak belok kiri  dan ikuti terus jalan hotmix. Setelah sampai Desa Kramat jalan akan mulai naik dan naik terus, dan jika sudah mulai terlihat tebing dan jurang yang curam itulah Siregol yang menakjubkan pesonanya. Untuk lebih jelasnya Anda bisa melihat jalur melalui google map.

Jalur Pengadegan

Jalur ini lebih disarankan untuk Anda yang berasal dari Banjarnegara dan sekitarnya supaya lebih efektif dan efisien. Tetapi jika dari arah Purbalinggapun  bisa melalui jalur ini dengan melalui jembatan Sigintung yang menghubungkan kecamatan Pengadegan dengan kecamatan Karangmoncol.

Di jembatan Sigintung atau jembatan merah juga merupakan objek wisata yang ramai pengunjung, Anda bisa mampir sejenak untuk berfoto dengan latar jembatan merah yang dan sungai yang indah. Setelah sampai di Karangmoncol Anda bisa langsung menuju ke arah Desa Kramat, dan langsung menuju Siregol.











Belum ada Komentar untuk "Pesona Alam Siregol Purbalingga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel