6 Kerugian Menggunakan SD Card di Android, Smartphone jadi lemot?

SD card membantu memori internal untuk menambah storage menjadi lebih besar. Tapi tahukah Anda mengenai dampak penggunaan SD card ?. Sekarang ada smartphone terbaru yang tidak dilengkapi dengan slot micro SD. Para produsen beralasan untuk menunjang kenyamanan penggunaan oleh konsumen

Kapasitas memori  sekarang memang menjadi salah satu kriteria ketika seseorang membeli smartphone. Memori smartphone yang besar tentu saja menjadi idaman bagi semua pengguna. Alasannya simpel, semakin besar memori, maka data yang disimpanpun kapasitasnya  juga semakin banyak.

SD Card
Memori  yang kecil sering kali jadi kendala bagi para penggunanya.  Ya itu memang benar, semua pengguna pastinya menginginkan semua file pentingnya dapat tersimpan dengan baik di smartphone. Untuk mengakalinya maka digunakan memori tambahan  SD card atau memori eksternal.

Namun benarkah penggunaan SD card membawa dampak buruk, untuk itu mari simak ulasan di bawah ini.

1. Kehilangan Data Yang Penting

Umumnya memori internal digunakan untuk menyimpan lebih banyak aplikasi yang memerlukan space besar. Ini baru aplikasi saja sudah penuh, mau diletakkan dimana file-file seperti foto, lagu, dokumen?. Pastinya Anda akan menggunakan SD card untuk menyimpan file-file tersebut.
Ribuan lagu, foto, dan berbagai dokumen yang kalian simpan di SD card belum tentu aman, kok bisa?.

Faktor yang mempengaruhi keamanan data Anda salah satunya adalah Anda tidak tahu sampai kapan SD card dapat menyimpan data Anda. Selain itu SD card juga mempunyai umur  yang pendek dan mudah rusak. Ditambah lagi, Anda tidak akan mendapat peringatan dahulu sebelum data Anda hilang.

Semakin sering Anda membuka atau mengakses file dari SD card, maka kemampuan  membaca SD card menjadi berkurang. Untuk mengamankan data Anda yang penting  seperti data pekerjaan, sekolah, kuliah ada baiknya Anda mem- back up penyimpanan data atau menyimpan di perangkat lain seperti laptop.

2. Kesulitan Dalam Mencari File 

Memori internal dan eksternal memanglah sangat jauh perbedaannya. Namun, tidak pada jenis-jenis smartphone tertentu yang memiliki kemampuan untuk memformat SD card menjadi memori internal untuk menambah storage. Tapi bukan berarti memori internal dan eksternal dianggap menjadi satu-kesatuan di smartphone Anda.

Salah satu dampak buruk dari penggunaan SD card yaitu jika Anda mendownload file dengan format yang berbeda, maka smartphone akan mengelompokkan file tadi berdasarkan jenisnya. Bisa jadi file tersebut ditempatkan di tempat yang terpisah antara memori internal dan eksternal.

Jadi hal ini akan menyulitkan Anda dalam mencari file dan menjadikan Anda bingung dimana filenya berada. Apalagi kalau filenya banyak dan tertumpuk, pasti akan mempengaruhi kenyamanan Anda dalam menggunakan smartphone.

3. Menyulitkan ganti smartphone baru

Saat ini SD card membuat repot para pengguna yang akan ganti smartphone. Saat Anda berganti smartphone, SD card pastinya akan ikut berpindah, untuk mentransfer file atau data yang penting . Nah, tahap inilah yang menjadi masalah. Data atau file yang tersimpan di SD card smartphone android lama , tidak dapat kalian pindahkan ke smartphone lain dengan leluasa.

Padahal, sebelum eranya smartphone SD card sangat dibutuhkan untuk memudahkan kita memindahkan file dari handphone lama ke handphone baru, begitu Anda memasukan SD card dari handphone lama, maka akan otomatis tersimpan di handphone baru.

SD card memiliki sifat yang berbeda dengan flash disk atau memori penyimpanan lainnya. Jika kita memindahka file menggunakan flash disk, akan mudah dan leluasa .

Saat Anda mengatur SD card sebagai memori local di android Anda, maka SD card tadi akan otomatis terkunci dan hanya dapat dibuka atau diakses melalui smartphone yang asli

4. Menghilangnya password aplikasi saat SD card error

Terlalu banyak aplikasi yang disimpan di SD card, bisa memungkinkan terjadinya error. Saat terjadi error Anda akan kehilangan password aplikasi yang tersimpan, sehingga harus masuk ulang ke dalam aplikasi tersebut.

5. Smartphone akan menjadi lemot

SD card dengan kualitas yang rendah akan mempengaruhi berbagai sIstem di smartphone Anda, salah satunya adalah kecepatan smartphone dalam memproses data. Salah satu penyebabnya adalah Anda terlalu sering memindahkan data dari SD card ke smartphone atau sebaliknya.

Meskipun memakai SD card yang memiliki kualitas tinggi, belum menjamin kepuasan Anda dalam mengakses data. Bahkan kecepatannya masih kalah dengan memori internal.

6. Mempengaruhi  Performa Game

Salah satu keinginan bagi para gamers adalah dapat mengakses game dengan lancar dan tanpa lemot. Jika game yang mempunyai tingkat grafis yang HD dan game play yang rumit, pastinya akan memerlukan space atau ruang yang besar hingga bergiga-giga.

Salah satu solusinya untuk smartphone yang memori internalnya kecil yaitu dengan memindahkan data-data game ke dalam SD card. Inilah yang akan mempengaruhi performa game Anda, SD card memiliki keterbatasan speed dalam mentransfer  dan memproses data.

RAM yang besar belum bisa jadi jaminan untum memainkan game dengan lancar dan  performa yang baik, selama Anda masih menyimpan data game tersebut di SD card. Akibatnya game Anda mengalami penurunan grafik  dan membuat kalian tidak fokus.

Pastinya membuat Anda bete jika smartphone Anda  lemot dan membuat Anda kalah dalam bermain game.

Itulah ulasan mengenai  6 kerugian yang disebabkan oleh penggunaan SD card di smartphone android Anda. Dari pada mengalami hal yang tidak diinginkan seperti di atas, lebih baik memilih smartphone dengan memori internal yang besar untuk menunjang kepuasan Anda menggunakan smartphone tanpa lemot dan penyimpanan yang aman. Sekian…. Dan terima kasih.








Belum ada Komentar untuk "6 Kerugian Menggunakan SD Card di Android, Smartphone jadi lemot?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel