Tempat Wisata Di Purbalingga Yang Kece Dan Wajib Anda Kunjungi

Purbalingga tak mau kalah dengan kota-kota wisata di Indonesia, dengan daerah yang diapit pegunungan membuat Purbalingga memiliki alam yang eksotis yang mampu menjadi daya tarik tersendiri.

Meskipun tak setenar kota wisata seperti Yogyakarta maupun Bandung, namun Purbalingga juga memiliki destinasi wisata yang menawarkan suasana dan panorama yang menakjubkan. Anda bisa menikmati wisata alami maupun wisata buatan yang mampu merefresh pikiran Anda dari hiruk pikuk kehidupan kota.

Anda dapat menikmati wisata alam hingga wisata air yang popular disana. Berikut merupakan ulasan tempat wisata yang ada di Purbalingga sebagai destinasi liburan :


1. Goa Lawa


Goa Lawa

Lokasi : Desa Siwarak, Karangreja, Purbalingga.

Golaga ( Goa Lawa Purbalingga) , destinasi yang menyuguhkan pesona keindahan di dalam perut bumi. Goa ini terbentuk akibat erupsi lava Gunung Slamet, yang akhirnya mengalami pendinginan dan mengeras selama proses bertahun-tahun. Goa ini merupakan goa yang unik, karena hanya terdapat di Purbalingga dan Bali.

Goa ini memiliki luas 6 kilometer dan panjangnya mencapai 1,2 kilometer. Pengunjung dapat melakukan kegiatan menyusuri goa ini. Anda akan dibawa bertualang di berbagai lorong goa. Mulai dari lorong lebar dan sempit. Anda juga akan menemui medan lumpur, berair, hingga medan yang terjal.

Pengelola juga menambahkan keindahan goa dengan mempercantik  area dalam goa menggunakan pencahayaan yang warna-warni. Inilah yang menjadi salah satu spot untuk berselfie mengabadikan momen Anda bersama orang tersayang atau kerabat.

Kembali ke Daftar Isi?

2. Owabong Waterpark Purbalingga


owabong water park
Foto : travelspromo
Lokasi : Jl. Raya Owabong, Bojongsari, Purbalingga.

Menyandang predikat sebagai destinasi wisata air terbesar ketiga di Jawa Tengah, Owabong  menyuguhkan keunikan tersendiri karena adanya pembagian zona wahana yang ada di tempat ini. Zona wahananya terbagi atas zona Waterpark Utama, Sanggaluri, Cottage, dan Usman Janatin.

Baca Juga : Pesona Jembatan Merah Purbalingga

Di kawasan zona Waterpark Utama Anda dan keluarga dapat menikmati wahana air yang terdiri dari kolam renang, waterboom setinggi 13 meter yang merupakan waterboom tertinggi di Jawa Tengah. Anda juga bisa bermain di pantai bebas tsunami, kanal arum, kolam sesat,  kolam air hangat, kolam terapi ikan, kolam renang olympic, dan kolam ember tumpah. Anda juga bisa menikmati Teater 4D, wahana go-kart hingga Rafting.

Selanjutnya di kawasan Sanggaluri Anda bisa mengajak buah hati Anda untuk belajar sambil berwisata. Terdapat beberapa wahana disana seperti Labirin, Rumah kaca, Rumah gempa, dan Taman Kelinci.

Pada zona Cottage menyuguhkan wahana-wahana outbond yang dapat menguji adrenalin Anda. Selanjutnya pada zona Usman Janatin di dalamnya terdapat wahana yang tak kalah menarik dari zona lainnya, mulai dari kereta mini, Bom-Bom Car, dan Taman Lampion yang menarik.

Back to Content ?

3. Agrowisata Kebun Stroberi Serang


agrowisata serang


Lokasi : Desa Serang, Karangreja, Purbalingga.

Kesejukan di bawah lereng gunung Slamet membuat tanaman stroberi mudah tumbuh di Serang. Selain sebagai mata pencaharian, kebun stroberi ini juga dibuka untuk umum sebagai Agrowisata. Di sana Anda tidak hanya menikmati kesejukan dan panorama alamnya, tetapi juga bisa menikmati segarnya buah stroberi yang dipetik langsung dari pohonnya.

Agrowisata ini juga menyediakan fasilitas seru lainnya, seperti labirin, naik kuda, outbound, flying fox, high rope, hingga terdapat area khusus untuk Anda yang suka camping. Sehingga destinasi wisata ini cocok untuk berlibur bersama keluarga.

Back to Content ?

4. Jembatan Cinta Pring Wulung


jembatan cinta
Foto : dakatour
Lokasi : Desa Wisata Panusupan, Rembang, Purbalingga.

Jembatan yang berada di tengah persawahan ini menawarkan suasana romantis kekinian. Tempat ini cocok untuk dikunjungi bersama pasangan tercinta.

Sesuai namanya jembatan ini terbuat dari bambu wulung yang berbentuk ikon love yang menjadikannya unik dan menjadi daya tarik para pengunjung. Kreativitas menjadi kuncinya, disana Anda akan menemukan berbagai ornamen menarik seperti air mancur, taman bunga dan ornamen lainnya yang cocok untuk spot selfie.

Back to Content ?

5. Telaga Situ Tirta Marta



telaga situ tirta marta
Foto : riskisapu
Lokasi : Desa Karangcegak, Kutasari, Purbalingga.

Layaknya Umbul Ponggok di Klaten, Telaga Situ Tirta Marta pun memiliki keindahan yang tak mau kalah. Di wisata ini Anda dapat menikmati spot foto underwater dengan background yang tak biasa. Pengelola telah menyiapkan benda-bendaa yang unik untuk memuaskan pengunjung.  Jadi menjadi perkara wajib bagi Anda untuk membawa kamera.

Baca Juga : Serba Serbi Wisata Religi Purbalinga

Namun bagi Anda yang tidak punya kamera jangan sedih, pengelola wisata ini juga sudah menyediakan kamera yang dapat disewa sekaligus dengan operatornya atau fotografernya. Jadi Anda bisa menikmati sejuk dan jernihnya air serta spot-spot foto yang menarik. Bagi Anda yang takut kedalaman, jangan khawatir di sini kedalaman kolam hanya 1 meter saja.

Back to Content ?

6. Purbasari Pancuran Mas


purbasari pancuran mas
Foto : ig_Mochsabar
Lokasi : Desa Purbayasa, Padamara, Purbalingga.

Konsep yang ditawarkan oleh pengelola wisata ini memang dapat menarik minat para pengunjung, pasalnya seseorang yang belajar di luar ruangan akan merasa lebih bahagia, apalagi kalau disertai dengan wahana permainan.

Di wisata ini pengunjung ( terutama anak-anak ) akan belajar mengenai macam-macam yang serkaitan dengan flora dan fauna. Tersedia berbagai wahana belajar fauna seperti Aquariumseaworld, Kawasan burung, dan lainnya.

Selain itu Anda juga bisa bermain sepeda air, mengunjungi museum tiga dimensi yang akan menambah ilmu pengetahuan anak Anda.

Back to Content ?

7. Kutabawa Flower Garden


kutabawa flower garden
Foto : Minggatan
Lokasi : Desa Kutabawa, Karangreja, Purbalingga.

Layaknya wisata di Lembang, Bandung. Kutabawa Flower Garden tak kalah indahnya, di sini Anda dapat menjumpai warna-warni berbagai macam bunga, Yang kurang lebih terdapat  18 jenis bunga di kebun ini.

Bunganya ditanam pada tanah yang berundak-undak, sehingga tetap terlihat walaupun dari jarak jauh. Jika Anda ingin berselfie di sini juga banyak menyuguhkan spot foto yang indah. Seperti jalan setapak yang dihiasi gerbang kecil berbentuk ikon “love” yang menambah keindahan kebun ini.

Back to Content ?

8. Puncak Sendaren


puncak sendaren
Foto : Blogreverensi
Lokasi : Jl. Ardi Lawet, Panusupan, Kec. Rembang, Kabupaten Purbalingga.

Bagi Anda yang ingin menikmati pesona ketinggian Anda wajib mencoba destinasi ini. Cara yang efektif dan efisien untuk dapat menikmati pesona kota Purbalingga ialah dengan menapaki puncak Sendaren. Tempat ini menawarkan panorama di atas ketinggian yang  sangat indah. Rentetan bukit hijau diwarnai  langit yang cerah dengan hembusan angin sepoi-sepoi menjadi daya tarik gunung Sendaren.

Spot yang menjadi andalan salah satunya adalah Jembatan di atas awan yang ada di puncak Sendaren. Bagi Anda yang sangat suka ber-selfie pasti Anda akan merasakan sensasi berbeda berswa foto dengan background jembatan atas awan dan puncak Sendaren dari atas ketinggian.

Back to Content ?

9. Curug Tempuran


curug tempuran
Foto : wisatapbg
Lokasi : Jl. Binangun 18, Pengalusan, Mrebet, Purbalingga.

Meskipun belum populer di kalangan masyarakat, ternyata Purbalingga mempunyai air terjun yang cantik dan memukau, salah satunya adalah Curug Tempuran.

Baca Juga : Pesona Alam Siregol Purbalingga

Tempat ini menyuguhkan alam yang masih alami dan asri karena belum banyak terjamah oleh masyarakat. Batuan alami, pepohonan  rindang serta aliran sungai yang tenang menambah pesona curug Tempuran. Jernih dan segarnya air membuat para pengunjung tak sabar untuk menjeburkan diri ke sungai persis di bawah aliran air terjun.

Bagi Anda yang tidak suka berenang Anda dapat mengabadikan momen ini dengan berswa foto dengan latar air terjun Tempuran.

Back to Content ?

10. Museum Uang


museum uang
Foto : jalanjalanenak
Lokasi : Jl. Raya Kutasari-Tobo, Kutasari, Purbalingga

Museum uang ini cocok untuk destinasi bersama keluarga, khususnya anak Anda yang sekaligus berwisata sambil belajar. Di sini Anda dapat melihat berbagai macam jenis uang yang merupakan koleksi dari museum ini. Baik mata uang Indonesia maupun mata uang negara lain. Mulai dari  mata uang zaman modern, hingga zaman kerajaan nusantara semuanya masih tersusun rapi dan terawat di museum ini.

Back to Content ?

11. Kampung Kurcaci

kampung kurcaci
Foto : Travelingyuk
Lokasi : Daerah Krajan, Serang, Karangreja, Purbalingga.

Kalau di Bandung terkenal dengan Rumah Hobbit, di Purbalingga pun ada kawasan wisata yang mirip dengan wisata Rumah Hobbit. Kampung Kurcaci namanya, berlokasi di bawah kaki gunung Slamet menambah keindahan saat Anda berkunjung kesana.

Rumah yang berukuran kecil khas kurcaci menjadi daya tarik tersendiri, Anda dapat memanfaatkannya untuk berswa foto dengan background rumah kurcaci dengan warna yang mencolok.

Back to Content ?

12. Bukit mertelu


bukit mertelu
Foto : ig resti_fajriatun
Lokasi : Desa Sangkanayu, Mrebet, Purbalingga.

Wisata ini merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati pesona alam Purbalingga dari atas ketinggian. Selain itu Anda juga menikmati segarnya udara khas daerah dataran tinggi. Spot foto pun tersedia untuk Anda yang hobi selfie.

Selain itu Anda bisa bersantai di atas ayunan gantung yang tersedia. Ada juga gazebo  yang disediakan hanya untuk beristirahat sambil menikmati keindahan dari ketinggian. Tempat ini cocok sebagai liburan bersama keluarga atau bersama teman-teman.

Untuk bisa sampai ke lokasi Anda harus berjalan kaki melewati medan perjalanan yang cukup menguras tenaga. Namun,  “ Perjuangan tak menghianati hasil “, itulah ucapan kata saat Anda sampai di puncak bukit mertelu. Pasalnya Anda langsung disuguhkan dengan pemandangan yang mempesona.

Back to Content ?

13. Curug Sumba


curug sumba
Foto : bagi-in
Lokasi : Kemojing, Desa Tlahab, Karangreja, Purbalingga.

Memang wisata ini belum banyak diketahui oleh masyarakat banyak, namun curug ini menawarkan keindahan yang tak kalah dengan wisata lainnya. Sama seperti curug pada umumnya di curug Sumba  yang mempunyai kedung atau kubangan di bawah curug. Anda bisa memanfaatkan kedung sebagai wahana untuk berenang ditemani sejuknya air dan dikelilingi batuan alami dan rindangnya pepohonan.

Bagi Anda yang tidak suka beranang Anda dapat menikmati keindahan curug dan hijaunya hutan dengan bersantai dan bermain di area taman yang tersedia. Anda bisa mengabadikan momen ini dengan berwsa foto berlatar curug Sumba dan alam bebas.

Back to Content ?

14. Puncak Sibarat


puncak sibarat
Foto : deksgran
Lokasi : Desa Gunungwuled, Rembang, Purbalingga.

Tempat yang pas untuk melihat pemandangan dari ketinggian. Udara yang segar diselingi angin yang sepoi-sepoi membuat lokasi ini cocok untuk merefresh otak Anda dari hiruk pikuk kehidupan kota. Anda bisa menikmati pesona wilayah Purbalingga dari ketinggian, bahkan jika cuaca mendukung Gunung Sindoro Sumbing dan Waduk Mrica Banjernegara tampak jelas di kejauhan. Anda juga bisa memanfaatkan keindahan perbukitan untuk berswa foto.

Back to Content ?

15. Bukit Watu Geong


bukit watu geong
Foto : wisatapurbalinggauhuy
Lokasi : Gunungwuled, Rembang, Purbalingga

Selain puncak Sibarat, di Desa Gunungwuled juga terdapat spot kece untuk melihat keindahan dari ketinggian.  Namanya Bukit Watu Geong, destinasi ini cocok untuk bersantai menikmati keindahan dan juga berswa foto dengan backgroung perbukitan hijau.

Back to Content ?






Belum ada Komentar untuk "Tempat Wisata Di Purbalingga Yang Kece Dan Wajib Anda Kunjungi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel