Cara Mengatasi Kaki Pecah-Pecah Secara Alami Dan Cepat

Kaki pecah-pecah adalah masalah yang rentan diderita bagi semua usia. Kaki pecah-pecah dapat disebabkan karena kurangnya kelembaban di area telapak kaki yang sudah tidak memiliki satupun kelenjar minyak. Kondisi ini membuat telapak kaki kering yang akhirnya membuat kaki retak dan kapalan.

Cara Mengatasi Kaki Pecah-Pecah Secara Alami Dan Cepat

Aktivitas yang Anda lakukan juga dapat menyebabkan kaki pecah-pecah, seperti terlalu lama memakai sepatu, berjalan dengan menopang beban berat tanpa alas kaki, hingga pemakaian sabun yang salah. Selain itu kaki pecah-pecah juga efek dari penyakit medis seperti diabetes, gangguan tiroid, dan eksim. Meskipun rentan diderita berbagai usia, kaki pecah-pecah umumya dialami oleh orang yang berusia lanjut karena faktor penuaan yang menyebabkan kulit jadi cenderung kering.

Hingga pada akhirnya Anda akan mengalami kulit kaki bersisik, gatal, kulit mengelupas, bahkan bisa menimbulkan rasa sakit saat berjalan dan dapat menimbulkan infeksi. Jika kaki Anda mengalami pecah-pecah yang sudah parah, Anda harus merendam dengan air hangat dan menggosok kaki dengan batu apung untuk mengangkat lapisan kulit yang mati sebelum melakukan perawatan di bawah ini.

Baca Juga : Anda Sering Lupa ? Inilah Penyebabnya

Berikut ulasan mengenai cara mengatasi kaki pecah-pecah secara alami dan cepat :

1. Masker tepung beras

Untuk menuai hasil yang maksimal, Anda disarankan merendah kaki dengan air hangat selama 10 menit, kemudian keringkan dan balur dengan pasta tepung beras.

Anda bisa membuat pasta tepung beras dengan mencampurkan 2-3 sendok makan tepung beras, tambahkan beberapa tetes madu dan cuka sari apel. Jika kaki Anda sangat kering dan pecah-pecah parah, Anda juga bisa menambahkan satu sendok teh minyak almond atau minyak zaitun ke dalam masker. Penerapan scrub kaki selama dua kali seminggu juga dapat mempercepat penyembuhan.

Baca Juga : Cara menghilangkan jerawat secara alami dalam waktu singkat

Tekstur tepung beras yang kasar dapat mengupas, membersihkan, dan menutrisi kulit dengan asupan mineral penting yang dapat membuat kulit kaki Anda lebih halus.

2. Pijat dengan minyak

Penyebab utama kaki pecah-pecah yaitu kurangnya suplai kelembaban dalam telapak kaki. Sehingga kaki menjadi kering dan merengkah, jadi pengobatan yang tepat yaitu dengan memberi kelembaban pada kulit kaki sebanyak dan secepat mungkin. Anda harus memakai minyak atau lotion? Untuk hasil yang maksimal disarankan untuk memakai minyak. Minyak bekerja lebih baik dari pada lotion, karena lotion lebih cepat menyerap kedalam kulit saat digunakan.

Selain minyak Anda juga menggunakan vitamin E yang bisa didapat dalam bentuk suplemen maupun minyak alami. Vitamin E dapat menjadi pelembab kulit yang mampu membantu menyembuhkan dan mencegah kaki pecah-pecah.

Baca Juga : Manfaat Makan Pakai Tangan Tanpa Sendok Bagi Kesehatan

Untuk pengobatan yang lebih praktis Anda bisa menggunakan minyak apapun seperti minyak almond, minyak wijen, minyak zaitun, tea tree oil, hingga minyak kelapa pun dapat Anda gunakan. Caranya mudah, Anda cukup melumuri kaki Anda dengan minyak dan pijat kaki Anda secara perlahan. Pakailah kaos kaki dan biarkan minyak meresap semalaman, Anda harus melakukan pengobatan ini rutin sebelum tidur untuk hasil yang maksimal.

Kandungan minyak akan melembabkan kulit kaki, sementara pijatan akan membantu merangsang sirkulasi yang dapat mempercepat penyembuhan.

3. Petroleum jelly ( krim kaki ) dan air lemon

Proses penyembuhan dengan cara ini tergantung ampuh dan cepat. Seperti biasa Anda harus merendam kaki dengan air hangat selama kurang lebih 10 menit, keringkan dan lumuri dengan pasta petroleum jelly dan air lemon.

Anda dapat menggunakan vaselin sebagai krim kaki. Campurkan satu sendok teh Vaselin dengan tiga sendok air lemon atau jus lemon, dan aduk hingga rata. Lumuri kaki Anda dengan pasta ini, diamkan selama satu jam. Anda juga bisa memakai kaos kaki dan membiarkan pengobatan semalaman agar lebih meresap. Setelah Anda bangun, bilas dengan air hangat. Lakukan cara pengobatan ini secara rutin untuk hasil yang maksimal. Anda akan merasakan perubahan kaki yang menjadi lebih halus dan lembut.

4. Masker alpukat pisang

Pisang dan alpukat sangat baik untuk menyembuhkan kaki pecah-pecah dengan cepat. Ambilah buah pisang matang dan setengah buah alpukat. Tumbuk keduanya hingga halus dan campurkan sampai merata. Alpukat kaya akan minyak esensial, vitamin, dan lemak yang membantu dalam memperbaiki kulit kering.

Setelah pasta jadi, seperti biasa Anda  hanya cukup melumuri kaki yang bermasalah dengan pasta tadi. Biarkan selama 10-20 menit atau Anda  juga bisa memakai kaos kaki dan membiarkan pasta meresap semalaman untuk mempercepat penyembuhan.

Baca Juga : Ternyata ini ! Cara penularan penyakit

Setelah memakai pasta, bilas kaki Anda dengan air hangat, Anda bisa melakukannya selama dua hari sekali sampai gejalanya membaik.

5. Lulur oatmeal

Pengobatan dengan mencampurkan oatmeal dan minyak zaitun merupakan metode yang baik untuk membantu proses penyembuhan kaki kering dan pecah-pecah. Metode ini memang sudah digunakan selama ratusan tahun untuk menyembuhkan peradangan dan iritasi pada kulit.

Anda cukup menyediakan satu sendok oats kering dan satu sendok minyak zaitun atau minyak almon. Campurkan keduanya dan aduk hingga menjadi pasta, kemudian lumuri kaki yang bermasalah dengan pasti ini. Biarkan pasta meresap hingga waktu sekitar setengah jam dan bilas dengan air hangat. Anda bisa melakukan metode ini dua hari sekali untuk memperoleh hasil yang maksimal.

6. Minyak Mawar Dan Gliserin

Minyak mawar mengandung vitamin sebagai antioksidan, antiradang, dan antiseptik, sementara itu gliserin dapat membantu melembutkan kaki. Sehingga air mawar dan gliserin merupakan kombinasi yang pas untuk mengatasi kaki pecah-pecah dengan efektif.

Anda hanya perlu mencampurkan minyak mawar dan gliserin dengan jumlah atau perbandingan yang sama. Selanjutnya oleskan pada telapak kaki setiap hari sebelum tidur.

7. Garam Inggris

Kaki Anda berpotensi pecah-pecah, segeralah mengaplikasikan pelembab untuk mencegah kaki kering yang akan memperburuk keadaan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan garam inggris untuk meningkatkan sirkulasi.

Caranya Anda harus menyediakan satu setengah cangkir garam inggris, larutkan ke dalam air hangat. Kemudian rendah kaki Anda selama kurang lebih 10 menit, Anda juga bisa menggosoknya dengan batu apung untuk mengangkat lapisan kulit mati. Lalu rendam lagi dalam larutan garam tadi selama 10 menit, keringkan kaki dan oleskan dengan krim kaki atau petroleum jelly untuk menjaga kulit kaki tetap lembab.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Kaki Pecah-Pecah Secara Alami Dan Cepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel