Ternyata ini ! Cara penularan penyakit

Orang tertular penyakit
Pernahkah Anda sakit, karena memakan sesuatu? Pernahkah Anda sakit secara tiba-tiba,karena Anda berada di sekitar orang yang sakit? Pernah pulakah Anda terkena penyakit kulit, karena meminjam baju orang lain?. Sebelum kita mengetahui cara penularan penyakit, terlebih dahulu kita mengerti apa yang menjadi sumber penyakit, agar kita dapat menghindarinya.

Penyakit yang paling umum cepat menular diantaranya disebabkan oleh virus, bakteri, gigitan serangga (nyamuk). Contohnya flu, diare, scabies (gatal), TBC, malaria, DBD, dan penyakit lainnya.
Penularan penyakit memang dapat terjadi melalui apa yang Anda makan,dihirup,dan apa yang Anda sentuh?. Secara garis besar, berikut ini merupakan hal sepele yang dapat menularkan penyakit :

a. Masuk melalui saluran pernapasan
Bibit penyakit dapat masuk melalui tubuh seseorang melalui saluran pernapasan. Seorang penderita mengeluarkan air ludah atau getah bening atau udara yang mengandung bibit penyakit. Apabila salah satu dari ketiganya terhirup oleh orang lain yang kebetulan tubuhnya sedang lemah, maka orang tersebut akan sakit karena tertulari penyakit tersebut.

b. Masuk melalui saluran pencernaan
Bibit penyakit dapat masuk melalui rongga mulut sebagai salah satu organ pencernaan. Penyebabnya yaitu, makanan dan minuman yang kita konsumsi tidak higienis, serta alat makan yang digunakan tidak bersih. Selain itu kelalaian orang yang tidak mencuci tangan sebelum makan.

c. Masuk melalui kulit atau bersentuan
Kulit kita setiap hari pasti bersentuhan dengan benda-benda sekitar,sehingga tak luput kulit merupakan salah satu media penularan penyakit. Dibawah ini merupakan cara penularan penyakit melalui kulit :
Penyakit pada kulit dapat ditularkan melalui sentuhan langsung antara penderita dengan orang lain.
Melalui hubungan tidak langsung, yaitu orang lain yang menggunakan peralatan yang telah digunakan oleh penderita.
Penyakit yang masuk melalui kulit dapat mengakibatkan penyakit pada kulit dan penyakit bukan pada kulit. Penyakit pada kulit contohnya, seseorang merasa gatal sehabis memakai pakaian milik temannya. Contoh penyakit yang masuk melalui kulit tetapi tidak menyerang kulit yaitu, Demam Berdarah, Malaria, dll. Penyakit tersebut masuk melalui kulit dengan bantuan gigitan nyamuk yang menggigit penderita kemudian menggigit atau menularkannya ke orang lain, dan akan menyerang pembuluh darah.

Dari beberapa uraian di atas, hal yang terpenting adalah kita selalu menjaga kebersihan diri, lingkungan agar selalu terhindar dari berbagai penyakit. Sekian, Terima Kasih.

Belum ada Komentar untuk " Ternyata ini ! Cara penularan penyakit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel