10 Destinasi Wisata di Batam Terbaru & Terhits untuk Dikunjungi

Kota Batam merupakan salah satu kota yang terletak di kepulauan Riau yang memiliki berbagai tempat wisata. Batam menjadi kota yang menarik untuk dikunjungi dan menjadi tujuan utama para wisatawan.

Batam sendiri lebih dikenal sebagai salah satu pintu masuk menuju ke Singapura. Padahal kota terbesar di Provinsi Kepulauan Riau itu layak dikenal lebih dari sekedar pintu masuk dan keluar Indonesia. Melainkan sebagai salah satu kota dengan banyaknya pulau tersebar di wilayahnya, batam juga bisa disebut sebagai destinasi wilayah tropis yang sangat eksotis. 

10 Rekomendasi Tempat Wisata di Batam Terbaru Paling Hits

Sudah sepatutnya jika kota yang dikenal dengan kemoderennya dan gaya hidup bertafar tinggi ini memiliki destinasi wisata yang lengkap dan indah. Nah, daripada penasaran apa saja wisata yang ada di kota Batam, yuk simak ulasan mengenai berbagai rekomendasi wisata kota Batam di bawah ini!

Macam-Macam Destinasi Wisata di Batam yang Mempesona

1. Pantai Nongsa

10 Destinasi Wisata di Batam Terbaru & Terhits untuk Dikunjungi
foto : andalastourism

Pantai Nongsa memiliki pasir putih yang membentang di sepanjang garis pantainya dengan air laut yang jernih, sehingga biota laut dan terumbu karangnya bisa dilihat langsung dengan mata telanjang.

Pantai Nongsa atau lebih tepatnya kata “Nongsa” diambil dari nama tokoh Melayu yakni Nong Isa. Ia merupakan tokoh Melayu pertama yang mengembangkan potensi yang dimiliki oleh pesisir pantai ini hingga bernilai. Sehingga pesisir ini akhirnya disebut dengan pantai Nongsa.

Selain itu, letaknya yang dekat dengan Singapura akan lebih memanjakan mata dengan pemandangan Kota Singapura pada waktu malam hari. Selain itu, pantai ini juga menggabungkan suasana antara keindahan pantai dengan modernnya kota Batam. Dari keunikan inilah yang mendatangkan begitu banyak wisatawan domestik hingga internasional hanya untuk menikmatinya. Keren bukan Sob?

Pantai yang terletak di Kelurahan Sumbawa, Kecamatan Batam timur, Kepulauan Riau ini memiliki begitu banyak pengunjung. Cukup dengan merogoh kocek yang murah kalian sudah bisa menikmatinya dan tentu saja pantai ini dibuka selama 24 jam.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

2. Pulau Abang

10 Destinasi Wisata di Batam Terbaru & Terhits untuk Dikunjungi
foto : zesthotel

Taman bawah laut yang indah menampilkan terumbu karang yang menakjubkan dihiasi dengan berbagai bentuk ukuran dan warna dari banyak makhluk laut semua itu adalah pemandangan yang akan dirasakan oleh para snorkling atau penyelam bawah air di pulau Abang.

Baca Juga : 10 Tempat Wisata di Palembang (Paling Hits & Wajib Dikunjungi)

Pulau Abang sendiri terletak di sebelah selatan Batam, Provinsi Kepulauan Riau yang dikelilingi oleh banyak pulau-pulau kecil lainnya yang kebanyakan merupakan kawasan konservasi terumbu karang. Sedangkan pulau utama yaitu pulau Abang yang hanya berukuran sekitar 10 km2 saja.

Untuk masuk ke Pulau Abang ini, kalian tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis. Tetapi jika kalian ingin menyusuri Pulau Abang disana, disediakan juga tour travel yang akan membantu kalian dalam berwisata.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

3. Pulau Ranoh

10 Destinasi Wisata di Batam Terbaru & Terhits untuk Dikunjungi
foto : utiket

Pulau Ranoh adalah salah satu dari banyak objek wisata dari gugusan Pulau Abang , Batam, Kepulauan Riau. Pulau Ranoh memiliki pasir pantai yang menimbun pada permukaannya sehingga membentuk sebuah semenanjung kecil ke laut.

Selain itu, air laut yang jernih dan tenang akan menambah sensasi berlibur di tempat wisata ini.  Salah satu, aktivitas yang bisa dijajal sekaligus menjadi unggulan adalah watersport di sana. Dimana wisatawan bisa keliling perairan menggunakan perahu kano, bermain banana boat, jetski, ocean rafting, waterflooding, snorkelling, dan lainnya.

Untuk wisatawan yang ingin menikmati sensai malam bisa mencoba berkemah mewah atau bahasa kerennya adalah glamping, singkatan dari glamor camping. 

Baca Juga : 10 Rekomendasi Tempat Wisata di Semarang Paling Hits Terbaru

Nah, buat kalian yang punya anggaran terbatas enggak usah sedih karena disana pun ada fasilitas yang namanya fegro, yaitu fasilitas yang bisa didapatkan di area ini, mulai dari api unggun hingga minibar. Selain itu, sahabat wisata juga akan mendapat paket makan malam di pulau Ranoh ini.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

4. Hutan Wisata Mata Kucing

10 Destinasi Wisata di Batam Terbaru & Terhits untuk Dikunjungi
foto : swiss-belhotel

Kebun Binatang ini berbeda dengan kebun binatang pada umumnya. Perbedaan ini terletak pada letak tempat wisata ini yang berada di tengah hutan, ditambah lagi dengan kealamian dari hutan yang masih terjaga menjadi daya pikat untuk para wisatawan.

Kebun Binatang ini memiliki beberapa koleksi hewan yang bisa dilihat oleh wisatawan yang mengunjunginya, diantaranya buaya, ular, kura-kura, dan beberapa primata yang terdapat di kebun binatang. Buaya yang ada di sini merupakan hasil dari penangkapan di sungai no yang memiliki panjang tiga meter. Ada juga beberapa spesies burung di Kebun Binatang ini.

Selain mengoleksi hewan, di sini juga disediakan kolam renang dan juga flying fox. Jadi para wisatawan tidak mungkin bosen untuk berlibur di sini. 

Baca Juga : 10 Destinasi Wisata Alam Gunung Di Jawa Tengah Yang Menakjubkan

Nama hutan wisata mata kucing ini berasal dari penduduk setempat yang selalu melihat cahaya-cahaya di malam hari, padahal jalan di hutan hanya bisa dilewati dengan dengan kaki. Nah, kemudian cahaya yang dilihat oleh penduduk ini dianggap sebagai mata harimau yang bersinar di malam hari yang selalu menatap kearah penduduk. 

Sedangkan untuk penduduk setempat dilarang untuk menyebut kata harimau secara langsung karena dianggap sebagai pantangan adat. Sebagai gantinya, maka kawasan hutan tersebut disebut dengan hutan mata kucing.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

5. Pantai Mirota

10 Destinasi Wisata di Batam Terbaru & Terhits untuk Dikunjungi
foto : pantainesia

Pantai Mirota terletak di desa Sijantung, pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang cukup terawat sehingga selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan, baik itu di hari biasa maupun di hari libur.

Di sepanjang pantai ini telah tersedia pondokan yang berjajar rapi. Nah, untuk bisa bersantai ria di pondokan ini, kalian harus membayar ongkos yang tidak terlalu mahal.

Namun, buat kalian yang ingin bersantai secara gratis, dapat pula duduk-duduk dengan menggelar tikar dibawah pohon. Selain itu, pantai ini juga telah menyediakan fasilitas untuk bermain untuk anak-anak. Tak hanya itu, berbagai permainan untuk orang dewasa juga telah tersedia seperti, banana boat, kano, dan juga kapal pompong milik nelayan yang siap kalian sewa.

Buat para sobat wisata yang ingin berburu kuliner di pantai ini, telah tersedia beberapa kafe dan resto yang menyediakan berbagai macam makanan khas laut atau bahkan makanan khas melayu. 

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

6. Kebun Raya Batam

10 Destinasi Wisata di Batam Terbaru & Terhits untuk Dikunjungi
foto : gowest

Kebun Raya Batam di kawasan Nongsa ini menambahkan daftar destinasi wisata yang ada di kota Batam. Tempat wisata ini memiliki lokasi yang sangat ideal untuk dikunjungi wisatawan karena berada dekat dengan beberapa resort dan pelabuhan. 

Destinasi ini memiliki ribuan koleksi keanekaragaman hayati yang bertemakan konservasi tumbuhan dari berbagai pulau di Indonesia. Wisata ini diresmikan sejak 22-12-2018, seiring berjalannya waktu, jumlah koleksi tanaman yang ada di taman ini makin beragam. Sehingga objek wisata ini digadang-gadang akan menyaingi Botanic Garden milik Singapura.

Baca Juga : Tempat Wisata Religi Berbagai Agama Di Semarang

Wisata ini dibuka setiap hari, mulai dari pagi hingga sore hari. Jadi sobat wisata bisa bebas memilih hari yang tepat untuk berkunjung ke tempat wisata yang eksotis ini.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

7. Queen Garden Waterboom Batam

10 Destinasi Wisata di Batam Terbaru & Terhits untuk Dikunjungi
foto : tempatwisat

Queen Garden Waterboom adalah salah satu tempat wisata selanjutnya di kota Batam yang bisa dikunjungi oleh sobat wisata. Waterboom ini terletak di daerah bengkeng, Sedai, Batam. Fasilitas yang disediakan oleh Waterboom ini adalah wahana yang akan digunakan oleh para pengunjung.

Setiap wahana yang disediakan akan memberikan kesan tersendiri setelah mencobanya. Mulai dari wahana yang memacu adrenalin hingga wahana yang digunakan untuk bersantai di sekitar kolam juga disediakan disini.

Selain itu, ada juga Mini Zoo Bird yang menyediakan segala jenis burung untuk diperlihatkan kepada pengunjung. Jadi, selain untuk tempat wisata tetapi juga cocok untuk edukasi. So, pokoknya buat yang berkunjung di kota Batam, kalian wajib deh untuk mampir di tempat yang keren ini!

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

8. Pulau Mubut

10 Destinasi Wisata di Batam Terbaru & Terhits untuk Dikunjungi
foto : tribunnews

Pulau mubut ini asyik untuk dikunjungi saat akhir pekan. Dengan berlibur di sebuah pulau dengan alam yang sangat indah pasti akan membuat puas para sobat wisata. Pantainya yang berpasir putih bersih dan air lautnya yang jernih dengan pemandangan laut lepas yang eksotis menjadi daya tarik tersendiri dari pulau mubut ini.

Nah, biasanya pengunjung datang di pagi hari untuk menghabiskan waktu sampai sore di pulau ini. Sambil merasakan hembusan angin laut serta udara segar dengan pepohonan yang teduh dan menikmati pesona pasir putih yang asri dan alami.

Baca Juga : Tempat Wisata Di Purbalingga Yang Kece Dan Wajib Anda Kunjungi

Pulau mubut ini memiliki dua buah pulau yang terpisah yaitu pulau mubut darat dan pulau mubut laut. Pulau mubut laut dihuni oleh penduduk sekitar kurang lebih 300 lebih jiwa, sementara pulau mubut darat pada awalnya sebuah pulau kosong berpasir putih yang dimanfaatkan masyarakat sebagai lahan perkebunan kelapa yang tidak dihuni oleh penduduk.

Wisata Pulau mubut saat ini sudah dilengkapi penginapan dan fasilitas yang menunjang lainnya. Sehingga sobat dapat menikmati senja atau sunset di pulau ini karena pemandangannya yang akan sangat cantik. Ditambah lagi dengan pesona jajaran pohon kelapa menjorok ke laut yang menjadikan pemandangan pantai semakin elok dan sempurna.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

9. Ocarina Park

10 Destinasi Wisata di Batam Terbaru & Terhits untuk Dikunjungi
foto : pariwisataku

Saat masuk ke area Ocarina Batam, pengunjung akan disambut dengan berbagai patung Sio yang berderet di sepanjang jalan taman. Taman patung Sio tersebut antara lain patung kelinci, kerbau, naga, tikus, harimau, kambing, ular, monyet, kuda, dan juga ayam.

Tidak hanya menyaksikan patung shio, pengunjung juga dapat mengetahui filosofi dari masing-masing shio tersebut. Masing-masing patung tersebut disertai dengan penjelasan sifat dari shio dalam bahasa Inggris, Mandarin, dan bahasa Indonesia.

Baca Juga : Serba Serbi Wisata Religi Purbalinga

Setelah lelah berkeliling taman, pengunjung dapat rehat di sebuah restoran seafood. Nah, disini mengunjungi dapat memesan berbagai macam masakan dan minuman khas Batam. 

Untuk pengunjung yang ingin membeli oleh-oleh khas Batam, di Ocarina Batam juga terdapat pusat oleh-oleh yang menjual berbagai souvenir yang harganya relatif terjangkau. Lokasi wisata ini berada 1 km dari pelabuhan Batam Center, tepatnya di Jl. Bungarayas, Daibengkong, Kepulauan Riau.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

10. Rumah Kopi Fatmawati

10 Destinasi Wisata di Batam Terbaru & Terhits untuk Dikunjungi
foto : nasirullah

Ingin menikmati sensasi secangkir kopi dengan suasana yang berbeda, sobat bisa datang ke Rumah Kopi Fatmawati yang terletak di kawasan mega wisata Ocarina Batam ini.

Cafe ini menawarkan aneka kopi berkualitas dengan pemandangan laut, suara deburan ombak, dan juga lalu lalang kapal. Sesuai dengan namanya, yang menjadi menu andalan di rumah kopi Fatmawati ini adalah sajian kopi beraneka ragam.

Minuman olahan dari bahan kopi tersedia di cafe ini, mulai dari yang panas hingga yang dingin. Selain itu, tidak hanya menu kopi, cafe ini juga menawarkan menu makanan dengan berbagai pilihan mulai dari makanan ringan yang khas Indonesia dan makanan besarnya.

Rumah Kopi Fatmawati buka dari 10.00 pagi hingga 11.00 malam. Dengan harganya yang terjangkau dan tempat yang asyik, destinasi wisata ini sangat cocok dikunjungi bersama teman dan keluarga sambil menikmati kopi berlatar suasana laut.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

Itulah Rekomendasi Tempat Wisata di Kota Batam Terbaru yang Wajib Dikunjungi 

Demikian ulasan mengenai macam-macam wisata yang berada di Kota Batam yang wajib sobat kunjungi saat berkunjung di kota ini. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat, sekian dan terima kasih atas kunjungnnya.

Belum ada Komentar untuk "10 Destinasi Wisata di Batam Terbaru & Terhits untuk Dikunjungi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel