10 Tempat Wisata di Palembang (Paling Hits & Wajib Dikunjungi)

Selain terkenal dengan kuliner khasnya yaitu pempek, Palembang juga menyimpan sejumlah destinasi wisata yang sangat direkomendasikan untuk sobat wisata kunjungi.

Apa saja tempat wisata yang ada di Kota Palembang? Bagi yang penasaran dan bagi sobat yang akan berencana berwisata di kota pem-pek ini, yuk simak ulasan mengenai macam-macam tempat wisata di Palembang berikut ini!

10 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang Terbaru yang Hits

Pada masa kerajaan Sriwijaya, Palembang adalah kota kerajaan bahari terbesar di Asia Tenggara. Kota yang sudah berusia 1335 tahun ini, memiliki sejumlah tempat wisata yang pastinya menyuguhkan ragam hal menarik.

Mulai dari warisan budaya dan sejarah hingga destinasi wisata lain yang menjamin sobat wisata akan jatuh cinta berada di Palembang. Penasaran apa aja? yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Macam-Macam Tempat Wisata di Palembang yang Wajib Dikunjungi 

1. Jembatan Ampera

10 Tempat Wisata di Palembang (Paling Hits & Wajib Dikunjungi)
foto : ksmtour

Jembatan ini dikenal sebagai icon kota Palembang. Jembatan Ampera terus mengalami perubahan dan peremajaan. Di malam hari, salah satu tempat wisata favorit ini dihiasi lampu-lampu yang membuat jembatan ini semakin indah dan eksotis.

Banyak yang berpendapat bahwa dengan menyaksikan jembatan Ampera di malam hari ini sama seperti menyaksikan eksotika Venesia di Italia. Dari atas jembatan Ampera terlihat benteng Kuto Besak yang masih kokoh berdiri.

Sementara itu, di dalam Plaza Benteng Kuto Besak terdapat pasar kuliner malam yang selalu dipenuhi para pengunjung. Tak heran jika orang yang melancong ke Palembang belum lengkap jika belum yang menyaksikan keindahan jembatan Ampera di malam hari.

Di awal berdirinya, jembatan Ampera diberi nama jembatan Musi, mengingat jembatan ini melintas di antara dua wilayah yang dipisahkan sungai Musi. Kemudian nama tersebut juga sempat diganti menjadi jembatan Bung Karno sebagai penghormatan kepada Soekarno yang dianggap berperan besar bagi berdirinya jembatan ini.

Adanya persoalan politik di tanah air kemudian mengubah nama jembatan Bung Karno menjadi jembatan Ampera. Kata “Ampera” sendiri merupakan akronim dari “Amanat Penderitaan Rakyat”. Jadi Ampera merupakan slogan yang kerap dipakai oleh Soekarno yang mengilhami perjuangan yang memimpin negara untuk mencapai kesejahteraan dan kemakmuran yang sama.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

2. Pulau Kemaro

10 Tempat Wisata di Palembang (Paling Hits & Wajib Dikunjungi)
foto : travel kompas

Pulau kemaro jadi letak di kawasan sungai Musi dan bisa ditempuh dalam waktu 20 menit dari dermaga Benteng Kuto Besak. Pulau ini tidak terlalu besar, luasnya kurang lebih hanya 30 hektar dan dihuni ratusan orang saja.

Meskipun demikian, pulau kemaro tidak pernah sepi karena selalu dipadati oleh wisatawan. Salah satu daya tarik pulau Kemaro yaitu terletak pada bangunan pagoda di bagian tengah pulau. Arsitektur pagoda tersebut sangat mirip dengan pagoda ala negeri tirai bambu. Pada sisi dinding pagoda 9 lantai ini menggambarkan legenda pulau Kemaro.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Tempat Wisata di Semarang Paling Hits Terbaru

Bagian atas pagoda terdiri dari tempat ibadah umat Budha yang sering digunakan masyarakat etnis Tionghoa. Sehingga tak mengherankan jika pagoda ini ramai dikunjungi menjelang hari raya Imlek atau hari besar umat Buddha lainnya.

Bahkan di beberapa ruangan di dalam pagoda juga sering digunakan para peserta festival Imlek untuk menginap. Selain itu, tepat disamping pagoda terdapat klenteng Hok Swie Bio yang lebih populer disebut kelenteng Kwan In. Di depan klenteng yang dibangun tahun 1962 ini, terdapat makam Tambunan Siti Fatimah dan pengawalnya yang dipercaya sebagai asal-usul terbentuknya Pulau Kemaro.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

3. Air Terjun Lematang

10 Tempat Wisata di Palembang (Paling Hits & Wajib Dikunjungi)
foto : nativeIndonesia

Jika berkunjung ke Palembang jangan lupa mampir di tempat wisata ini. Sebab air terjun Lematang ini terletak di kota Pagaralam, Provinsi Sumatera Selatan. Air terjun Lematang ini mudah anda temui karena letaknya yang strategis di pinggir jalan, di tikungan tajam, dan jalanan yang menanjak saat menuju kota Pagaralam.

Di air terjun Lematang ini, kalian bisa bermain air, memancing, dan berswafoto karena pemandangannya yang indah dan asri. Jika kalian ingin pergi ke air terjun Lematang perlu sekitar 6 jam perjalanan dari Palembang.Tentunya sobat perlu berhati-hati karena rute yang dilewati berkelok-kelok.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

4. Danau Ranau

10 Tempat Wisata di Palembang (Paling Hits & Wajib Dikunjungi)
foto : jejakcantik

Danau Ranau merupakan danau terbesar kedua yang ada di Sumatera setelah Danau Toba. Danau Ranau dengan luas sekitar 125,9 km. Danau ini berlokasi di perbatasan Kabupaten Lampung Barat, Lampung dan Kabupaten Ogan Komering Ulu atau Biasa disingkat dengan Oku Selatan.

Ternyata, danau ini juga dikelilingi perbukitan dan lembah yang masih alami. Untuk sampai ke lokasi ini, kalian harus menempuh jarak sekitar 330 KM atau delapan setengah jam perjalanan darat dari Kota Palembang.

Baca Juga : Tempat Wisata Di Purbalingga Yang Kece Dan Wajib Anda Kunjungi

Rasa lelah selama perjalanan terbayarkan sudah saat menikmati berbagai keindahan alam dan suka ria dari anak-anak yang sedang bermain di sekitar tepi danau. Suasana yang tenang dan jauh dari hiruk pikuk kehidupan di kota menambah kenyamanan saat berlibur di sini.

Selain itu, air yang tenang dan berlatar gunung Seminung menjadikan danau ini menjadi destinasi wisata yang sangat indah. Kalian juga dapat mengelilingi danau menuju pemandian air panas alami di bawah kaki gunung. Kalian juga bisa bermain ke pulau Marisa yang letaknya di tengah danau menggunakan kapal sewaan yang harganya cukup terjangkau.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

5. Fantasy Island Palembang

10 Tempat Wisata di Palembang (Paling Hits & Wajib Dikunjungi)
foto : travelspromo

Salah satu obyek wisata yang sedang naik daun di Palembang adalah Fantasy Island yang letaknya di jalan Indralaya, Palembang. Sebuah wahana permainan air dan bisa dibilang masih baru. Meskipun tidak terlalu besar, namun banyak dikunjungi wisatawan di akhir pekan dan hari libur.

Di sana terdapat berbagai wahana seperti Playful, Ski, Tsunami River, Waterboom, Dragon Tower, go-car, dan wahana asyik lainnya. Nah, Fantasy Island ini masih mungkin untuk terus dikembangkan dan ditambah arena bermainnya.

Baca Juga : Serba Serbi Wisata Religi Purbalinga

Untuk wahana yang menjadi favorit pengunjung adalah kolam arus dan papan seluncur yang menawarkan sensasi meluncur dan berputar dari ketinggian dan menceburkan diri ke dalam kolam. So, gimana tuh pasti seru kan?

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

6. Arung Jeram Sungai Manna

10 Tempat Wisata di Palembang (Paling Hits & Wajib Dikunjungi)
foto : pedomanwisata

Lokasi sungai Manna sendiri berada di kecamatan Tanjung Sakti, Kabupaten Pagaralam, Provinsi Sumatera Selatan. Untuk bisa mengakses dan turun ke lokasi ini, kalian bisa menuju kantor penyedia jasa arung jeram yang terletak di Jalan Kompleks Humar 9, Kota Pagaralam.

Namun sebelum merasakan sensasinya arum jeram di sungai ini, syaratnya harus ada minimal lima orang peserta. Setelah itu, kalian akan dikenakan tarif yang sebenarnya cukup terjangkau. 

Baca Juga : 10 Destinasi Wisata Alam Gunung Di Jawa Tengah Yang Menakjubkan

Nah, dalam pakat tersebut kalian sudah difasilitasi dengan perahu karet, pemandu, rescue team, asuransi, makan siang, air mineral, serta penjemputan hingga pengantaran kembali ke Pagaralam. Selain itu, kalian juga bakal diberikan file dokumentasi berupa sebuah CD yang berisi foto-foto seru saat bermain di arung jeram tersebut.

Tak hanya itu, kalian juga bisa loh menikmati snack khusus khas Pagaralam yang ditawarkan pihak penyedia jasa. So, seru banget bukan?

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

7. Waterboom Opie Jakabaring

10 Tempat Wisata di Palembang (Paling Hits & Wajib Dikunjungi)
foto : jejakpiknik

Waterboom Opie Jakabaring merupakan salah satu tempat destinasi wisata air yang mengundang banyak sekali perhatian para wisatawan. Lokasi tempat wisata ini berada di JI. Gea Bastari, Komplek Opie Jakabaring, Palembang.

Lokasi tempat wisata ini hampir dekat dengan tempat wisata lainnya yang berada di Kota Palembang. Salah satu wahana di Waterboom Opie Jakabaring yang menjadi favorit para pengunjung yaitu Wahana Boom Blazer yang merupakan wahana dengan ketinggian 12 m dengan panjang 150 m dengan lingkungan yang sangat ekstrim.

Selain itu, di tempat wisata ini juga terdapat Smash down dengan ketinggian 12,5 m dan panjang 45 m yang memiliki tiga lintasan, sehingga banyak sekali pengunjung yang yang memanfaatkannya untuk berbalap.

Nah, untuk pengunjung yang akan bermain di Waterpark ini pastinya akan dikenai biaya masuk yang harganya sangat terjangkau.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

8. Pendakian Gunung Dempo

10 Tempat Wisata di Palembang (Paling Hits & Wajib Dikunjungi)
foto : detik.sumsel

Gunung Dempo berada di Kota Pagaralam yaitu di perbatasan antara Provinsi Sumatera Selatan dan provinsi Bengkulu. Gunung Dempo merupakan gunung tertinggi ketiga di Sumatera. Kawasan di kaki gunung Dempo didominasi oleh perkebunan teh dan kopi.

Baca Juga : Tempat Wisata Religi Berbagai Agama Di Semarang

Kota Pagaralam sendiri terkenal dengan penghasil kopi robusta dengan kualitas terbaik. Gunung Dempo berada disekitar 310 km sebelah barat kota Palembang, tepatnya di Desa Dempo Makmur, kecamatan Pagaralam, Kota Pagaralam, Provinsi Sumatera Selatan.

Untuk mendaki gunung Dempo para pendaki harus mematuhi beberapa peraturan dari penduduk setempat agar pendakian berlangsung aman dan kembali dengan selamat.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

9. Tugu Belido

10 Tempat Wisata di Palembang (Paling Hits & Wajib Dikunjungi)
foto : travelingyuk

Tugu belido ini juga menjadi icon kota mpek-mpek. Tugu belido ini berbentuk ikan belida yang konon dulunya adalah ikan asli yang menjadi bahan pembuatan pempek dan harganya sangat mahal.

Ikan belida atau bagi masyarakat setempat disebut ikan beldo adalah jenis ikan tawar asli sungai Musi di Palembang. Ikan belida ini memiliki daging yang tebal dan menjadi bahan pembuatan pem-pek.

Bisa dikatakan memiliki kualitas nomor satu karena memiliki aroma ikan yang renyah dan hanya sedikit warna pempek juga butir. Di karenakan ikan ini sudah punah dan susah ditemukan, maka sebagai bentuk pelestarian dan mengingatkan bentuknya, dibuatlah patung ikan balido. 

Patung ini didesain oleh seniman asal Boyolali, Jawa Tengah yang kemudian dirakit di kota Palembang. Patung Belida terbuat dari lempengan tembaga dan kerangkanya dibuat dari baja dengan mempunyai berate 3 ton, tinggi 12 m, dan lebarnya 22 m.

Patung ini dibuat menghadap ke sungai Musi dan terdapat air mancur yang keluar dari mulutnya. So buat kalian yang mau ke Palembang jangan lewatkan ya mampir dan berfoto dengan icon khas sungai Musi ini. Selain berlatarbelakang jembatan Ampera, tentunya terdapat sungai Musi yang melegenda.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

10. G-art Studio

10 Tempat Wisata di Palembang (Paling Hits & Wajib Dikunjungi)
foto : tripadvisor

Saat ini destinasi wisata tiga dimensi memang sangat popular, beberapa kota di Indonesia sudah memiliki tempat wisata seperti itu, termasuk juga kota empek-empek Palembang ini. Meskipun terbilang baru, destinasi bernama g-art studio itu sangat populer di kalangan warga Palembang, terutama para muda-mudi.

Di dalamnya, terdapat puluhan gambar tiga dimensi yang bisa dipilih sesuka hati di sana. Saat ini, terdapat 41 koleksi image tiga dimensi mulai dari rumah adat, berselancar, hingga buaya yang siap menerkam.

Tak hanya itu, ada pula 7 photo booth dan 3 magic corner karena untuk dijadikan latar untuk berswafoto. Jadi, kalian tak perlu takut lagi fotonya jelek karena pengunjung akan dipandu oleh petugas G-art untuk mendapatkan angle yang pas. Dengan demikian, dijamin foto kamu akan terlihat nyata.

Nah, salah satu alasan kenapa tempat ini populer adalah harganya yang sangat terjangkau. Jadi jangan pernah deh kamu lewatin buat main-main G-art studio ini ya!.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

Itulah Macam-Macam Destinasi Wisata Palembang Terbaru yang Wajib Dikunjungi  

Demikian ulasan mengenai berbagai rekomendasi wisata kota Pelambang yang wajib sobat kunjungi saat berwisata di kota pem-pek ini. Semoga ulasan di atas bisa menjadi referensi para travellers, terima kasih dan sampai jumpa.

Belum ada Komentar untuk "10 Tempat Wisata di Palembang (Paling Hits & Wajib Dikunjungi)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel