10 Rekomendasi Tempat Wisata di Semarang Paling Hits Terbaru

Apa saja rekomendasi wisata yang ada di Semarang? Sama seperti kota-kota lainnya, semarang juga memiliki berbagai destinasi wisata yang sangat wajib sobat kunjungi saat berada di kota ini.

Saking banyaknya, kalian pasti akan merasakan wisata mana yang akan dikunjungi terlebih dahulu. Nah, untuk itu telah kami siapkan beberapa rekomendasi destinasi wisata yang ada di Semarang berikut ini!

10 Rekomendasi Destinasi Wisata Semarang Terbaru yang lagi Hits

Ibukota dari provinsi Jawa Tengah ini merupakan salah satu kota besar yang ada di Indonesia. Selain menjadi ibukota provinsi, kota ini juga menawarkan berbagai destinasi wisata yang menarik untuk sobat wisata kunjungi. Mulai dari tempat wisata bersejarah yang akan membuat sobat flashback ke masa masa lalu hingga destinasi wisata alamnya yang membuat sobat betah di sini.

Penasaran, apa saja wisata yang ada di Semarang? Yuk simak ulasan mengenai berbagai distinasi wisata di Semarang berikut ini !

Tempat Wisata di Semarang dan Sekitarnya yang lagi Hits (Wajib Dikunjungi)

1. Lawang Sewu

10 Rekomendasi Tempat Wisata di Semarang Paling Hits Terbaru
foto : liputan6

Gedung dengan arsitektur khas kolonial ini merupakan salah satu tempat wisata paling popular bagi kalangan warga kota Semarang. Gedung ini merupakan salah satu peninggalan dari Belanda yang sekarang dijadikan tempat wisata.

“Lawang” yang dalam bahasa jawa berarti pintu dan “sewu” yang artinya seribu. Jadi dinamakan Lawang Sewu karena bangunan ini memiliki banyak sekali pintu. Ya, kalau dihitung-hitung kurang lebih pintunya itu berjumlah sekitar 400.

Dengan mangamati kemegahan arsitektur klasik ini akan merasakan sensasi tersendiri. Terlebih saat malam hari, lampu-lampu yang menghiasi bangunan ini membuatnya menjadi sangat indah dan dimanfaatkan para pengunjung untuk mendapatkan hasil foto yang bagus.

Baca Juga : Tempat Wisata Di Purbalingga Yang Kece Dan Wajib Anda Kunjungi

Bangunan bersejarah ini juga menawarkan cerita tentang sejarah kereta api di Indonesia, mulai dari kereta yang pertama kali ada, sampai yang terakhir. Untuk lokasi lawang sewu sangatlah strategis, yakni berada di bundaran Tugu Muda yang tidak jauh dari kantor balaikota Semarang dan dari pusat oleh-oleh khas Semarang.

Nah, buat kalian yang berkunjung dari luar Semarang gak perlu khawatir karena di sekitar bangunan ini banyak terdapat tempat penginapan, jadi kalian gak bakal repot kalau mau main ke Lawang Sewu.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

2. Brown Canyon

10 Rekomendasi Tempat Wisata di Semarang Paling Hits Terbaru
foto : bosniatravel

Brown Canyon sebenarnya bukan tempat wisata melainkan tempat proyek penggalian material penambangan. Dikarenakan penambangan di sana telah berlangsung sekian lama, maka tanah di bukit itu kian terkikis dan pada akhirnya memiliki pesona yang mirip dengan Grand Canyon, AS.

Tempat ini menawarkan pemandangan tebing tinggi dan curam ditambah pohon-pohon yang tumbuh membuat tebing ini tampak semakin indah dipandang. Banyak wisatawan yang memanfaatkan pemandangan ini untuk berswafoto dengan latar yang eksotis tersebut. Bahkan tidak sedikit juga loh, yang melakukan foto prewedding di tebing ini.

Nah, waktu favorit untuk mengunjungi tebing ini yaitu di sore hari karena berada di ketinggian maka tebing ini cocok banget untuk menikmati keindahan senja dan sudah selesainya aktivitas penambangan di sini.

Tempat wisata ini berada di area Rowosari, Meteseh Tembalang, Semarang. Wisata ini cukup jauh dari pusat kota, ditambah lagi karena tempat ini merupakan tempat penambangan, tentunya bakalan banyak truk yang melintas di kawasan ini. Jadi kalian harus hati-hati jika ingin berwisata ke tempat ini.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

3. Ayanaz Gedong Songo

10 Rekomendasi Tempat Wisata di Semarang Paling Hits Terbaru
foto : rutemu

Ayanaz Gedong Songo memiliki konsep wisata alam modern, berlatar pegunungan dan awan biru yang membuat tempat ini sangat indah untuk berfoto. Pemandangan utamanya adalah gunung Ungaran serta Gunung Sindoro dan Sumbing yang mempesona.

Ayanaz Gedong Songo juga menyediakan lebih dari 35 spot foto terhampar para wisatawan bebas berfoto dimanapun. Selain itu ada 6 sport berbayar seperti balon dan babel ukuran besar serta kecil.

Baca Juga : Tempat Wisata Religi Berbagai Agama Di Semarang

Ayanaz Gedong Songo ini terdapat di kawasan Candi Gedong Songo, maka dari itu untuk masuk ke area wisata Ayana Gedong Songo ini, pengunjung harus membayar tiket masuk ke jadi Gedong Songo dan juga tiket masuk ke wisata Ayana Gedong Songo itu sendiri.

Tempat wisata ini cocok sekali untuk liburan bersama keluarga, apalagi berada di dataran tinggi membuat tempat wisata ini memiliki udara yang sejuk. Dengan banyaknya pengunjung dari luar Semarang yang ingin menikmati tempat wisata ini, maka banyak tempat penginapan di sekitar area wisata ini.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

4. Museum Kereta Api Ambarawa

10 Rekomendasi Tempat Wisata di Semarang Paling Hits Terbaru
foto : ksmtour

Museum kereta api Ambarawa merupakan salah satu museum yang memiliki banyak koleksi kelengkapan kereta api yang pernah memiliki kejayaan di masa penjajahan. Museum ini ramai dikunjungi masyarakat untuk belajar sejarah perkeretaapian di Indonesia.

Di tempat ini, kalian bisa melihat lokomotif uap tua yang masih terselamatkan karena sebagian besar lokomotif tua sudah hancur. Selain itu, di museum ini juga terdapat perpustakaan bernama Kereta Api Pustaka yang didisain sedemikian rupa agar terasa nyaman untuk pengunjung yang ingin membaca buku.

Tempat wisata Semarang ini juga mengoleksi benda-benda antik perkeretaapian Indonesia. Nah, bagi sobat yang ingin merasakan sensasi naik kereta api uap, disini juga tersedia Ambarawa Railway Mountain tour yang merupakan paket perjalanan wisata yang ditawarkan kepada pengunjung.

Untuk kalian yang ingin berwisata kesini lokasinya berada di Jl. Stasiun, Panjang Kidul No 1, Panjang Kidul, Panjang Ambarawa, Semarang.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

5. Maroon Mangrove Edupark

10 Rekomendasi Tempat Wisata di Semarang Paling Hits Terbaru
foto : phinemo

Seperti namanya, Maroon mangrove edupark merupakan tempat wisata edukasi yang menawarkan pemandangan hutan bakau dengan akses jalan berupa jembatan dan sejumlah fasilitas lainnya. 

Tempat wisata ini berada di dekat Bandara Ahmad Yani sehingga tidak jarang pesawat terlihat melintas di atas dengan jarak yang cukup dekat. Selain melihat take off dan landing dengan dekat, para pengunjung juga memanfaatkan momen ini sebagai background foto yang menarik.

Baca Juga : Serba Serbi Wisata Religi Purbalinga

Selain itu, salah satu fasilitas yang menarik adalah keberadaan menara pandang dengan ketinggian 10 m. Dengan naik ke atas menara tersebut, kalian bisa melihat lebih luas daerah sekeliling kawasan dan juga bisa berfoto-foto sepuasnya.

Untuk lokasinya, maroon mangrove edupark ini berada tidak jauh dari pusat kota. Sehingga tidak sulit bagi kalian yang ingin ke sana untuk menemukan tempatnya. Nah, untuk merasakan sensasi yang berbeda, coba deh untuk berkunjung pada sore hari. Nantinya para sobat dapat menikmati indahnya matahari terbenam dari tempat ini.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

6. Taman Bunga Celosia

10 Rekomendasi Tempat Wisata di Semarang Paling Hits Terbaru
foto : koranjakarta

Taman bunga celosia, wisata alam yang terletak di kaki gunung Ungaran, Semarang. Wisata ini menawarkan pemandangan yang alami dengan view yang indah. Seperti namanya, taman bunga celosia ini didominasi oleh bunga celosia, namun juga terdapat jenis bunga lain yang membuat taman ini penuh warna dan sangat menarik.

Selain itu, terdapat juga berbagai miniatur landmark dari berbagai Negara, museum ilusi, area bermain anak, dan pusat oleh-oleh. Jika kalian datang ke sini jangan khawatir kehabisan spot untuk selfie karena tempat wisata ini menyediakan berbagai spot foto yang menarik dan pastinya indah.

Lokasi taman bunga celosia ini berada di jalan wisata Gedong Songo KM 05, lokasinya sangat mudah ditemukan karena searah dengan Candi Gedong Songo.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

7. Umbul Sidomukti

10 Rekomendasi Tempat Wisata di Semarang Paling Hits Terbaru
foto : wisataoke

Umbul Sidomukti merupakan tempat wisata yang menyuguhkan kolam renang alami yang berasal dari mata air pegunungan. Letaknya berada di bawah kaki gunung Ungaran dengan ketinggian kurang lebih 1.200 mdpl yang tentunya membuat suhu udara di sana sangat sejuk.

Kolam renang ini merupakan kolam renang tertinggi di Asia, so gak kebayangkan kan gimana sensasinya berenang di kolam renang tertinggi ini. Apalagi ditambah dengan pemandangan yang bagus untuk berswafoto.

Baca Juga : 10 Destinasi Wisata Alam Gunung Di Jawa Tengah Yang Menakjubkan

Di tempat tersebut juga tersedia berbagai jenis kolam, mulai dari kedalaman satu setengah meter untuk orang dewasa dan untuk kolam anak-anak mempunyai kedalaman 30 cm. Tidak hanya kolam renang, di sana juga terdapat beberapa fasilitas yang bisa kalian nikmati seperti outbound, camping ground, kuliner, dan wisata berkuda.

Selain itu, keunggulan sidomurni ini memang paling cocok jika menginap dengan suasana yang sejuk dan pemandangan yang indah.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

8. Gunung Ungaran

10 Rekomendasi Tempat Wisata di Semarang Paling Hits Terbaru
foto : backpakerjakarta

Gunung Ungaran merupakan salah satu objek wisata terkenal di Kota Semarang. Gunung ini memiliki ketinggian 2050 meter diatas permukaan laut. Gunung Ungaran memiliki jalur pendakian yang bisa kamu lewati jika ingin melihat pesona Gunung Ungaran.

Jalur pendakian yang pertama yaitu basecamp mawar yang merupakan jalur favorit para pendaki, jalur pendakian Gedong Songo dan yang terakhir adalah jalur promasan. Dari atas gunung ini, kalian bisa melihat indahnya Puncak Telomoyo yang berada di Salatiga.

Selain itu, di Ungaran juga memiliki beberapa curug yang bagus pemandangannya. Gunung Ungaran juga menjadi situs bersejarah karena dibawah kaki gunung ini terdapat salah satu wisata sejarah yaitu Candi Gedong Songo. 

Bagi para pecinta kopi, di gunung ini juga terdapat kebun kopi yang tentunya terdapat pondok kopi yang dapat disinggahi oleh para pendaki. Pastinya akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan saat menikmati kopi sambil melihat pemandangan yang menakjubkan dari gunung Ungaran.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

9. Curug Benowo

10 Rekomendasi Tempat Wisata di Semarang Paling Hits Terbaru
foto : jejakpiknik

Salah satu wisata air yang populer di Semarang yaitu Curug Benowo. Curug ini berada dekat dengan Curug Lawe. Curug Benowo memiliki ketinggian sekitar 70 m dan air yang mengalir pada curug ini berasal dari kaligarang atau kali banjir kanal barat Semarang.

Untuk mencapai curug ini harus melewati jalan yang licin dan sulit, sehingga cocok buat sobat yang menyukai petualangan. Sama seperti wisata alam lainnya, perjalanan ke Curug ini dipenuhi pohon rindang dan juga pemandangan alam yang sangat indah. Di beberapa titik juga terdapat warung-warung kecil yang bias sobat gunakan untuk bersahabat.

Baca Juga : 

Bagi pecinta fotografi, kalian bisa mengambil foto alam di sepanjang jalan menuju ke curug ini. Terdapat juga jembatan yang romantis yang banyak dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk berfoto bersama pasangannya.

Tempat wisata ini berada di Kali Sidi, Ungaran Barat, Semarang. Lokasi yang terpencil membuat tidak ada kendaraan umum yang menjangkau wisata ini langsung. So, bagi kalian yang ingin berlibur kesini sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi untuk mempermudah perjalanan.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

10. Eling Bening

10 Rekomendasi Tempat Wisata di Semarang Paling Hits Terbaru
foto : hargaticket

Eling bening merupakan sebuah restoran yang mengusung konsep wisata keluarga. Elingbening menawarkan pemandangan alam yang sangat indah dengan view utama Rawa Pening dan background gunung Merbabu, gunung Andong, dan Telomoyo.

Tak hanya kulinernya yang menarik, di wisata ini kalian bisa bermain outbond, tracking, hunting foto hingga mandi di kolam renang. 

Eling bening Bawen menjadi satu diantara tempat romantis di Kota Semarang ketika memasuki malam hari. Lampu-lampu kota akan menghiasi tempat wisata ini ditambah kabut tipis akan turun secara perlahanan. So, gak heran ada beberapa pasangan muda-mudi menjadikannya sebagai lokasi prewedding yang sangat romantic, bahkan ada pula pasangan yang menggelar pernikahan di sana.

Akses menuju lokasi wisata ini tergolong mudah, cukup mengikuti rute Eling bening Semarang dari arah Kabupaten Solo atau kota Semarang.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

Itulah Rekomendasi Wisata di Semarang Terbaru yang Wajib Kunjungi

Demikian ulasan macam-macam tempat wisata terbaru di Semarang dan sekitarnya. Semoga ulasan di atas menambah inspirasi mengenai tempat wisata yang akan dikunjungi. Sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Belum ada Komentar untuk "10 Rekomendasi Tempat Wisata di Semarang Paling Hits Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel