7+ Tanda-Tanda Ikan Cupang Hidup Bahagia, Sehat, dan Rileks

Apa saja ciri-ciri ikan cupang tumbuh dengan bahagia? Jangan sampai Anda sebagai pemilik malah tidak tahu apakah cupang yang dipelihara bahagia atau tidak. Untuk lebih lengkapnya, cermati ulasan di bawah ini mengenai ciri-ciri ikan cupang bahagia.

Seperti yang kita ketahui, ikan cupang adalah salah satu jenis hewan peliharaan paling populer untuk dipelihara. Namun, karena diletakkan sendirian di dalam wadah atau akuarium, pemilik sering mengira ikan cupang mereka tidak bahagia dan kesepian. Padahal anggapan ini tidak sepenuhnya benar.

Untuk itu, dilansir dari laman kompas.com dan beberapa sumber lainnya, berikut ciri atau tanda untuk mengetahui apakah cupang Anda hidup bahagia atau tidak.

7+ Tanda-Tanda Ikan Cupang Hidup Bahagia, Sehat, dan Rileks
Gambar Via : popmama


Tanda-Tanda Ikan Cupang Tumbuh dengan Bahagia


Ikan cupang adalah ikan cantik yang biasanya dipelihara sendirian di akuarium, karena ikan cupang jantan bisa agresif terhadap ikan lain. Anda dapat memantau perilaku akuarium dan lingkungan agar ikan berhasil dan bahagia.

Penting untuk meluangkan waktu untuk memantau ikan cupang Anda setiap hari untuk menemukan tanda-tanda bahwa ia mungkin bosan atau sakit. Dengan mengetahui tanda-tanda ikan cupang bahagia, maka ikan cupang bisa terhindar dari stres.

Berikut Tanda-Tanda Ikan Cupang Anda Tumbuh dengan Bahagia



1. Berenang dengan Lincah


Ciri ikan cupang yang bahagia yaitu mereka berenang mengelilingi sisi akuariumnya setiap hari. Sesekali mereka mungkin malas bergerak, namun di lain waktu mereka akan berenang dengan dengan lincah dari sisi ke sisi lain.

Ciri ikan cupang yang tidak sehat yaitu akan kesulitan berenang dan terlihat tidak terkoordinasi. Biasanya ikan juga sering berada di dekat dasar akuarium dan menunjukkan kesulitan untuk berenang menjauhi dari bawah.

Jika cupang Anda tampaknya tidak memiliki masalah dalam berenang dan tidak mencondongkan tubuh ke samping atau meronta, maka cupang Anda dalam keadaan sehat dan bahagia.


2. Mengamati Sarangnya


Salah satu tanda paling jelas dari ikan cupang bahagia adalah ketika mereka membangun sarang gelembung. Carilah gelembung di permukaan akuarium atau Anda akan bisa melihat cupang meniup sarangnya.

Ikan cupang jantan membentuk sarang gelembung ketika siap untuk kawin, dan ikan hanya mengekspresikan perilaku naluriah ini ketika mereka merasa aman dan nyaman.

Perlu diperhatikan bahwa tidak semua ikan cupang jantan akan membuat sarang gelembung di dalam akuarium, jadi jangan disimpulkan bahwa Ikan Cupang Anda tidak bahagia. 

Setiap cupang jantan membuat sarang gelembungnya sendiri, yang bisa dilakukan setiap hari atau setiap enam bulan.

Selain itu, beberapa cupang betina juga bisa membuat sarang gelembung, meskipun ini sebagian besar adalah perilaku jantan.


3. Warna Cerah


Ikan cupang yang sehat dan tidak stres akan menampilkan bentuk fisik yang baik, yaitu dengan menunjukkan warna-warna cerah dan sirip yang indah.

Berbeda dengan ikan yang sakit, dimana warnanya kusam dan pudar dengan sirip yang terlihat menggumpal, tidak rata, atau terkulai. Tanda lain dari ikan cupang yang stres adalah "garis stres" yang muncul secara horizontal di seluruh tubuh.


4. Perilaku Makan


Ikan cupang adalah ikan yang cerdas, tanda kecerdasannya adalah mengenali kapan waktunya makan.

Ikan cupang bahagian dan telah beradaptasi dengan baik akan mulai berenang saat Anda mendekati akuarium untuk memberinya makan, terutama jika Anda selalu memberinya makan pada waktu yang sama.

Ikan juga senang dan bersemangat untuk makan saat Anda menambahkannya ke akuarium.

5. Aktivitas Normal


Ikan cupang yang sudah tumbuh dengan baik akan berinteraksi secara teratur dengan lingkungannya.  Artinya, ikan cupang akan bermain atau berenang di sekitar hiasan di akuarium dan tanaman.

Apabila cupang Anda diam di satu tempat, khususnya di dasar akuarium dan mengabaikan lingkungannya bisa menjadi pertanda bahwa ia sedang sakit. Perilaku ini tidak sama dengan tidur, yang biasa dilakukan ikan cupang, dan itu sangat normal.

6. Rukun dengan Ikan Lainnya


Jika Anda memelihara ikan cupang dengan ikan lain yang kompatibel, dan memantau interaksi ikan cupang dengan temannya tidak saling menyerang atau agresif, maka ini adalah pertanda ikan cupang Anda bahagia dengan lingkungan sekitar.

Dimana ikan cupang dapat berenang berdampingan tanpa harus merasa stres atau mengejarnya. Hal sebaliknya, ketika ikan cupang mengarahkan sirip ke ikan lain, mengejarnya, atau bahkan menggigitnya, ini pertanda ia tidak senang dan Anda mungkin perlu mengeluarkan ikan lainnya dari akuarium.


7. Tidak Bersembunyi


Ciri-ciri lain ikan cupang yang bahagia adalah bergerak kesana-kemari di dalam akuariumnya dan mudah ditemukan dari hari ke hari.

Jika ikan cupang terus menerus bersembunyi, ini pertanda ikan anda sedang stres atau mungkin sakit. Meskipun ikan cupang sedang menghabiskan waktu di hiasan yang menjadi tempat persembunyiannya, namun mereka tidak boleh menghabiskan waktu di dalamnya sepanjang hari dan mengabaikan lingkungan sekitar akuarium.

Bagaimana Cara Menjaga Ikan Cupang agar Terus Bahagia


Seperti manusia, ikan cupang akan bahagia jika kebutuhan fisik dan mentalnya terpenuhi. Banyak faktor yang mempengaruhinya, misalnya dengan memilih akuarium dengan ukuran yang tepat, makanan berkualitas, serta banyak tanaman atau dekorasi pada akuarium.

Hal yang perlu diperhatikan yaitu dengan mengamati rutinitas ikan cupang. Sehingga Anda bisa mengetahui tanda-tanda bahwa ikan tersebut tidak sehat atau tidak bahagia.

Itulah Tanda-Tanda Ikan Cupang yang DIpelihara Tumbuh dengan Bahagia


Demikian ulasan mengenai ciri-ciri ikan cupang yang Anda pelihara tumbuh bahagia. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang memelihara ikan cupang, sehingga dapat terhindar dari stress. Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Belum ada Komentar untuk "7+ Tanda-Tanda Ikan Cupang Hidup Bahagia, Sehat, dan Rileks"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel