6 Ciri Ikan Cupang Stres beserta Penyebab & Cara Mengatasinya

Apa saja ciri-ciri ikan cupang stress? Jangan sampai Anda sebagai pemilik malah tidak mengetahui jika ikan cupang Anda stress. Untuk itu, perhatikan ulasan di bawah ini mengenai ciri-ciri ikan cupang stress.

Mungkin Anda bertanya-tanya apakah ikan cupang bisa stress?. Seperti manusia dan hewan peliharaan lainnya, ikan cupang ternyata juga bisa mengalami stres. Gejalanya juga sangat berbeda dan beberapa di antaranya bisa sangat halus dan terlihat alami.

Nah, seperti apa ciri-ciri ikan cupang yang stress? Bagaimana cara mengatasi ikan cupang yang stress? Berikut kami ulas secara lengkap mengenai ciri-ciri ikan cupang stress beserta cara mengatasinya di bawah ini.

6 Ciri Ikan Cupang Stres beserta Penyebab & Cara Mengatasinya
Gambar Via : dzargon


Ciri-Ciri Ikan Cupang Stres beserta Cara Mengatasinya

Dengan mengetahui lebih dini akan ciri-ciri ikan cupang stress, maka Anda bisa melakukan tindakan preventif untuk mencegah ikan cupang stress terlalu parah. Jika sudah parah, besar kemungkinan bisa mengalami kematian.

Oleh karena itu, Anda harus mengenal ikan cupang peliharaan Anda dan perilakunya. Dengan cara ini Anda dapat mengetahui bahwa Ikan Cupang Anda stres karena suatu alasan.

Dilansir dari laman kompas.com, berikut beberapa tanda stres ikan cupang dan cara mengatasinya :

Waspada! Inilah Tanda-Tanda Ikan Cupang Stres  


1. Ikan Cupang Berperilaku Aneh

Ciri atau tanda bahwa ikan cupang Anda stres adalah perilaku aneh. Misalnya, dia tidak berenang seperti dulu, atau kepribadiannya terlihat berbeda.

Dengan menyadari hal ini sedini mungkin, Anda bisa melakukan cara untuk menghilangkan penyebab stress pada ikan cupang sebelum keadaan menjadi lebih buruk lagi.

2. Nafsu Makan Ikan Cupang Menurun

Selanjutnya, ciri atau tanda ikan cupang stress yaitu mengalami penurunan nafsu makan. Jika ikan cupang Anda kehilangan nafsu makan, bisa jadi terdapat hal yang tidak beres.

Baca Juga : 20+ Jenis Ikan Cupang Cantik beserta Ciri-Ciri dan Gambarnya

Dilansir dalam kompas.com, gejala nafsu makan yang menurun tidak mesti menandakan bahwa ikan cupang Anda stres. Keadaan ini bisa diterjemahkan ke dalam banyak hal, misalnya ikan cupang Anda sakit, sembelit, atau bahkan mengalami depresi.

Jika Anda mencoba mendiagnosis stres pada ikan cupang, kehilangan nafsu makan bisa menjadi gejala yang menyertainya.

3. Lebih Mudah Terserang Penyakit

Banyak orang menganggap bahwa penyakit menyebabkan stress, padahal justru stres lah yang sebenarnya menyebabkan penyakit. Jika ikan cupang Anda sakit, itu mungkin karena dia stres.  

Baca Juga : Cara Merawat Ikan Cupang Agar Cepat Besar & Warnanya Bagus

Keadaan stres akan melemahkan sistem kekebalan ikan cupang, sehingga membuatnya lebih rentan terhadap infeksi atau terserang penyakit.

Jika cupang Anda sakit, selain mengobatinya, Anda juga harus mencari penyebab utama ikan cupang stres, seperti kondisi air yang buruk, ikan lain yang agresif, dan sebagainya.

4. Ikan Cupang Cenderung suka Bersembunyi

Ikan cupang yang sedang stres umumnya akan sering bersembunyi. Namun, jika sesekali ikan cupang bersembunyi adalah perilaku yang normal. 

Namun, jika ikan cupang Anda menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bersembunyi daripada berenang, maka ada sesuatu yang tidak beres.

Anda perlu mencari tahu apakah penyebab mengapa ikan cupang lebih suka bersembunyi. Baik disebabkan oleh ancaman atau bahaya lain yang bisa membuatnya stres.

5. Terlihat Gelisah saat Berenang

Ikan cupang Anda biasanya akan melesat di sekitar akuarium sesekali. Tetapi jika Anda memperhatikan bahwa ikan cupang melesat terus-menerus atau perilaku gelisah lainnya, Anda perlu mencari tahu alasannya.

Bisa jadi karena dia takut dengan ikan lain penghuli akuarium, tapi bisa juga karena terdapat hal lain di dalam atau di luar akuarium yang membuatnya gelisah.

Selain perilakunya yang gelisah, Anda perlu memperhatikan tanda-tanda lain, seperti menggosok dan membenturkan tubuhnya ke batu, melesat ke dasar akuarium, menjepit siripnya, dan menggesek kerikil.

6. Ikan Cupang akan Berganti Warna

Selain berganti warna untuk mempercantik, warna yang berganti pada ikan cupang juga menjadi pertanda bahwa ikan cupang Anda sudah mulai bosan.

Pada umumya, ikan cupang yang stress akan terlihat jauh lebih pucat dan kurang menarik perhatian Anda saat berenang. Selain itu, Anda juga bisa melihat garis-garis dengan warna berbeda di sepanjang kulitnya. Sehingga saat bergantinya warna tubuh juga dapat terjadi karena ikan cupang Anda mengalami depresi.

Cara Mengatasi Ikan Cupang yang Stres

Setelah mengetahui ciri-ciri ikan cupang stress di atas, selanjutnya yang harus Anda ketahui adalah cara mengatasi ikan cupang yang sedang stress. Sangat penting sekali untuk sesegera mungkin menemukan penyebab stress, agar bisa diatasi sebelum lebih parah.

Dilansir dari laman kompas.com, berikut beberapa cara paling umum untuk menangani ikan cupang yang stress :

1. Ganti Air Akuarium 

Tidak mengganti air dalam waktu yang lama akan membuat ikan cupang Anda stres. Jadi, Anda harus rajin dan teratur dalam mengganti air di dalam akuarium, sehingga bisa meredakan stres pada ikan cupang.  

Sangat direkomendasikan untuk mengganti air sekali atau dua kali seminggu, tergantung pada ukuran akuarium. Tujuan penggantian air ini yaitu untuk mengurangi jumlah amonia dan nitrat di dalam akuarium, sehingga dapat membuat ikan cuapang lebih nyaman.

2. Berikan Ruang yang Cukup

Dengan memberinya ruang berupa akuarium yang cukup luas, bisa membuat ikan cupang Anda bahagia dan bebas stress. Ikan cupang membutuhkan air dengan kapasitas minimal 5 liter. 

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa ikan cupang mampu bertahan di akuarium kecil, misalnya berukuran 2,5 galon. Namun, antara bertahan hidup dan hidup bahagia adalah dua hal yang berbeda. Jika ingin ikan cupang Anda bahagia dan bebas stres, sangat direkomendasikan menggunakan akuarium minimal 5 galon.

3. Gunakan Filter yang Kuat

Selain sering mengganti air, gunakan juga filter yang kuat. Filter ini digunakan untuk menjaga air akuarium tetap bersih saat Anda tidak punya waktu untuk membersihkannya.

Filter lebih tidak invasif daripada mengganti air, itulah sebabnya filter sangat bagus untuk menjaga ikan cupang Anda agar tidak stres. Pastikan filter tidak menghasilkan arus.

4. Menyediakan Makanan yang Berkualitas

Sistem kekebalan akan melemah jika Anda tidak memberinya nutrisi yang berkualitas. Dengan sistem kekebalan yang melemah maka bisa menyebabkan ikan cupang Anda mengalami stres.

Baca Juga : 8+ Jenis Makanan Ikan Cupang agar Warnanya Cerah dan Bagus

Jadi, Anda harus memilih makanan yang berkualitas, berupa kombinasi pellet cupang serta makanan hidup dan beku.

5. Periksa Suhu Air dalam Akuarium

Selain menyediakan air bersih, Anda juga harus memastikan suhu yang konstan. Suhu mungkin bervariasi, hal ini tergantung pada ukuran akuarium, lokasi rumah Anda, dan lainnya.

Fluktuasi suhu menjadi salah satu hal yang menyebabkan ikan cupang stres. Jika suhu turun terlalu turun atau naik dengan cepat, dampak parahnya bisa menyebabkan ikan cupang Anda mati.

6. Beri Banyak tempat persembunyian

Dengan menyediakan ruang persembunyin yang cukup akan mengatasi ikan cupang Anda dari stres.  Tempat persembunyian ini berfungsi untuk ruangan yang digunakan ikan cupang berelaksasi.

Jadi, dengan bersembunyi bisa membuat ikan cupang Anda beristirahat tanpa harus takut diserang  dan merasa aman saat mulai merasa stres. Tempat persembunyian yang bisa Anda gunakan yaitu bisa berupa tanaman dan gua serta berbagai dekorasi lainnya.

7. Keluarkan Ikan yang Agresif dari Akuarium

Seperti yang kita ketahui, ikan cupang adalah ikan yang cukup agresif. Jadi jangan taruh ikan agresif lainnya di akuarium yang sama. Jika ternyata ikan terus agresif terhadap ikan cupang Anda, Anda harus mengeluarkannya atau memindahkannya dari akuarium.

Walaupun ikan cupang Anda melawan, dia masih akan mengalami stres. Demikian pula, jika Anda melihat bahwa Ikan Cupang Anda terus-menerus menyerang ikan lain. Jadi hal yang harus dilakukan yaitu dengan memindahkan semua ikan ke akuarium lain agar ikan cupang Anda tidak stres.

Itulah Ciri-Ciri Ikan Cupang Stres beserta Cara Mengatasinya

Demikian ulasan mengenai ciri-ciri ikan cupang stress beserta cara mengetasinya dengan mudah. Semoga ulasan di atas bisa menjadi gambaran akan ciri-ciri ikan cupang yang stress, sehingga Anda bisa mengambil tindakan untuk mencegah stress pada ikan cupang lebih parah.

Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Belum ada Komentar untuk "6 Ciri Ikan Cupang Stres beserta Penyebab & Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel