8+ Jenis Makanan Ikan Cupang agar Warnanya Cerah dan Bagus

Apa makanan ikan cupang agar bisa mencerahkan warna cupang? Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan mengenai makanan ikan cupang yang dapat mencerahkan warna tubuhnya berikut ini!

Makanan ikan cupang menjadi salah satu hal yang wajib diperhatikan oleh para pemelihara cupang. Selain mempengaruhi kesehatan, makanan cupang juga bisa mempengaruhi warna cupang peliharaan. Dengan memberi makanan yang sesuai, warna ikan cupang Anda akan semakin cerah dan indah.

8+ Jenis Makanan Ikan Cupang agar Warnanya Cerah dan Bagus
Gambar Via : kompas


Ternyata Ini! Makanan Ikan Cupang agar Warnanya Cerah dan Bagus

Selain karena keindahan siripnya, salah satu daya tarik ikan cupang mengapa banyak dipelihara yaitu warnanya beragam dan indah.

Nah, untuk membuat warna ikan cupang tetap cerah dan lebih indah lagi, Anda bisa memberinya makanan yang dapat meningkatkan kecerahan warna cupang. Apa saja makanan yang bisa mencerahkan warna cupang? Simak ulasan berikut ini :

Ini Dia! Makanan yang Mencerahkan Warna Ikan Cupang

Dilansir dari laman media kompas dan cnnindonesia, inilah makanan yang mempercantik warna cupang Anda :

1. Salmon

Dikutip dari Betta Care Fish Guide, salmon merupakan salah satu makanan yang paling sering digunakan untuk mempercantik warna ikan cupang. Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah dengan tidak memberi makan ikan cupang secara berlebihan.

Karena kandungan nutrisi ikan salmon cukup tinggi untuk ikan cupang.  Anda sebaiknya hanya memberi makan salmonnya beberapa kali dalam seminggu.

Untuk memberi makan ikan salmon, Anda bisa memotongnya kecil-kecil daging ikan salmon kemudian baru diberikan pada cupang. Atau lebih praktisnya, Anda membeli makanan ikan cupang yang mengandung salmon.

2. Daphnia

Makanan yang bisa mempercantik warna ikan cupang yaitu Daphnia. Kutu air ini merupakan salah satu pilihan makanan terbaik mempercantik warna ikan cupang Anda.  

Sama dengan jenis hewan krustasea lainnya, daphnia menjadi sumber pigmen karotenoid yang bagus, yang dapat memengaruhi warna ikan cupang Anda.

3. Cacing Darah

Cacing darah atau bloodworm adalah larva dari lalat pengusir hama. Cacing darah merupakan makanan alami ikan cupang yang hidup di alam bebas.

Baca Juga : 20+ Jenis Ikan Cupang Cantik beserta Ciri-Ciri dan Gambarnya

Kandungan cacing darah berupa zat besi yang tinggi, sehingga dapat menghasilkan warna merah cerah pada tubuh ikan.

Anda bisa memberinya cacing darah yang masih hidup. Namun, jika tidak dapat menemukan bloodworm hidup, beberapa toko hewan menyediakannya dalam bentuk gel atau bentuk kering.

4. Spirulina

Spirulina merupakan mikroalga yang bisa memberikan manfaat kesehatan dan warna pada ikan hias.  Seperti yang kita ketahui bahwa ikan cupang adalah karnivora, mereka tidak mungkin memakan spirulina begitu saja. 

Nah, untuk mengatasinya sekarang sudah mulai ada banyak produk pakan ikan yang mengandung spirulina di dalamnya.

5. Jentik Nyamuk

Selanjutnya, makanan yang membuat warna cupang cerah adalah jentik-jentik nyamuk. Ini menjadi makanan pokok di alam bebas dan merupakan pilihan makanan yang sangat baik bagi ikan cupang.

Biasanya saat musim kemarau nyamuk paling aktif berkembang biak dan menghasilkan jentik atau jentik nyamuk. Sehingga Anda bisa memanfaatkannya untuk pakan ikan cupang.

6. Brine Shrimp atau Udang Air Asin

Seperti yang kita ketahui, crustacea sering kali menjadi sumber utama pigmen karotenoid, yang dapat meningkatkan warna merah dan kuning pada ikan.

Selain dalphina, Anda bisa memberi makan udang air asin atau jenis krustasea lainnya seperti copepoda yang bisa meningkatkan warna ikan cupang Anda. Makanan yang masih hidup seperti udang air asin juga akan lebih menarik bagi cupang.

Selain bisa mencerahkan dan mempercantik warna cupang, udang air asin umumnya tumbuh dengan mudah dan bebas penyakit, jadi udang air asin menjadi makanan yang menyehatkan. 

7. Lalat Buah

Makanan yang mencerahkan warna cupang selanjutnya yaitu lalat buah. Jenis lalat yang bisa untuk pakan cupang adalah lalat yang biasa ditemukan pada buah-buahan di rumah Anda.

Ada juga lalat buah tak bersayap yang cocok untuk makan ikan cupang Anda. Bahkan Anda pun dapat membiakkan sendiri lalat buah ini dalam wadah kecil untuk menjamin stok pemberian makanan cupang.

8. Suplemen

Cara terbaik untuk memenuhi nutrisi ikan yaitu dengan  membebri berbagai macam makanan. Namun, Anda bisa meningkatkan nilai gizi makanan ikan cupang Anda dengan menambahkan suplemen.

Produk suplemen yang populer adalah cairan yang digunakan untuk merendam makanan. Biasanya digunakan untuk makanan kering beku karena akan bekerja sangat baik, yaitu menyerap suplemen seperti spons.

Bergantung pada suplemen spesifik yang Anda gunakan, mereka dapat menambahkan asam lemak dan vitamin ke dalam makanan ikan cupang Anda.

Setelah mengetahui jenis makanan yang baik untuk ikan cupang, Anda juga harus mengetahui cara merawatnya. Bisa Anda baca di : Cara Merawat Ikan Cupang Agar Cepat Besar & Warnanya Bagus

Tips dan Panduan Memberi Makan Ikan Cupang Agar Sehat dan Berwarna Cerah

Sangking antusiasnya memelihara cupang, terkadang bagi pemula sering memberikan makan yang berlebihan. Hal ini justru bisa membahayakan ikan cupang kesayangan Anda.

Jika Anda memberi makan berlebihan, maka akan berakibat menyumbat filter dan makanan tersebut bisa terurai menjadi racun yang berbahaya bagi ikan.

Jika sumber makanannya banyak, mereka akan terlalu sering makan dalam sehari. Sebaliknya, jika sumber makanan langka, mereka tidak akan makan terlalu banyak. Artinya ketika ikan di akuarium menerima banyak makanan, mereka akan memakannya meski tidak lapar.

Jadi sangat tidak sesuai dengan takaran atau pedoman dalam memberi makan yang baik. Lalu, seperti apa aturan pemberian makanan cupang yang baik? Berikut ulasannya :

1. Sesuaikan dengan Jenis Pakan

Pemberian pakan yang terlalu banyak atau berkali-kali dalam sehari akan mengakibatkan gangguan kesehatan karena makan berlebihan. Selain itu, adanya pakan yang tidak dimakan akan menjadi limbah dan dapat mengganggu kualitas air.

Untuk aturan pemberian pakan yang direkomendasikan yaitu dengan memberi 2-4 pellet per ikan, 1-2 kali sehari. Sedangkan untuk pakan hidup, beku atau kering 2-3 kali sehari.

Untuk ikan cupang dewasa cukup diberi makan sekali sehari, sedangkan bayi anakan ikan cupang yang masih kecil bisa diberi makan dua kali sehari.

Anda tidak perlu khawatir ikan cupang Anda akan kelaparan, karena dalam pellet bisa membesar hingga lebih dari 2x ukurannya setelah basah.

Perlu diperhatikan bahwa ukuran perut ikan cupang hanya sekitar sebesar mata, jadi jika Anda menginginkan makanan tambahan, sesuaikan tingkat aktivitas dan perilaku ikan cupang dalam air.

Makan berlebihan dapat menyebabkan kembung, sembelit, obesitas, masalah kandung kemih, penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang makan berlebihan, bahkan bisa berisiko kematian.

2. Terapkan Jadwal Makan

Pemelihara ikan cupang dapat menerapkan jadwal pemberian pakan yang ideal dan rutin yaitu dengan merubah jenis pakan sehingga ikan terhindar dari resiko makan berlebihan.

Selain itu, tetapkan waktu satu hari dalam seminggu jangan memberinya pakan supaya ikan cupang berpuasa guna menjaga kesehatan pencernaannya.  Dengan ini, bisa memberikan waktu pada saluran pencernaan ikan cupang untuk memproses makanan sepenuhnya.

3. Berikan Makanan yang Bervariasi

Pernah mengalami ikan cupang yang tidak mau makan dan memuntahkan makanannya karena tidak tertari? Nah, mungkin Anda perlu mencoba jenis atau merk makanan lain.

Salah satu faktor penyebabnya yaitu karena bertambahnya usia ikan cupang, bisanya mereka menjadi kurang aktif dan mungkin akan jarang makan. Kondisi ini merupakan kondisi yang normal. Untuk mengatasi itu, Anda bisa memvariasikan makanan agar nafsu makan Anda meningkat kembali.

Itulah ulasan Makanan Cupang agar Warnanya Cerah dan Tips Memberi Makan Ikan Cupang

Demikian jenis makanan cupang yang bisa mencerahkan warna. Mungkin butuh beberapa kali percobaan untuk menemukan makanan yang cocok bagi cupang Anda. Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Belum ada Komentar untuk "8+ Jenis Makanan Ikan Cupang agar Warnanya Cerah dan Bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel