Cara Merawat Ikan Cupang Agar Cepat Besar & Warnanya Bagus

Cara merawat ikan cupang menjadi salah satu hal yang wajib Anda ketahui agar nantinya ikan cupang yang Anda pelihara bisa sehat dan memiliki bentuk yang indah. Seperti yang kita ketahui,  cara merawat ikan cupang memang cukup mudah. Bagaimana cara merawat ikan cupang? Simak ulasannya di bawah ini!

Keindahan pola warna-warni dan bentuk ekornya membuat banyak orang tertarik untuk memelihara ikan cupang di rumah. Selain itu, ikan cupang hias ini dapat digunakan sebagai pajangan di rumah atau sekedar sebagai hobi untuk mengisi waktu luang.

Seperti yang dilansir liputan6, pada prinsipnya orang yang ingin memelihara ikan cupang bisa menjadi hobi, bisa juga digunakan untuk bersantai untuk menghilangkan stress. Keunikan ikan cupang dari segi warna dan bentuknya yang berbeda membuat orang tertarik dengan ikan hias ini.

Cara Merawat Ikan Cupang Agar Cepat Besar & Warnanya Bagus


Cara Merawat Ikan Cupang yang Mudah bagi Pemula

Ikan cupang cukup mudah dipelihara oleh pemula yang tertarik akan keindahannya. Perawatannya tidak terlalu rumit, namun membutuhkan ketekunan agar ikan cupang yang dipelihara dapat sehat dan berkembang dengan baik.

Nah, seperti apa cara merawat ikan cupang yang benar? Berikut cara perawatan ikan cupang mudah bagi pemula yang dilansir dari berbagai referensi :

Cara Mudah Merawat Ikan Cupang agar Sehat dan Warnanya Bagus


1. Pilih Wadah Yang Sesuai

Tak hanya di akuarium, ikan cupang juga bisa hidup di wadah seperti toples dan lainnya. Agar ikan leluasa bergerak di dalam wadah, disarankan menggunakan wadah berukuran 3 liter atau yang berukuran 20 x 15 x 15 cm. Tangki juga memfasilitasi pembersihan rutin.

2. Kenali Jenis Air Cupang Anda

Seperti yang kita ketahui, bahwa ikan cupang adalah ikan air tawar. Jadi gunakan air ini seolah-olah habitat aslinya supaya ikan cupang merasa nyaman.

Dilansir dari liputan6, air yang baik untuk ikan cupang yaitu air yang dalam keadaan hangat, gunakan air sumur atau air PAM yang diendapkan kurang lebih sehari.

3. Tidak Perlu Memakai Aerator

berbeda dengan ikan hias lainnya seperti ikan ikan guppy dan mas, ikan cupang ini tidak perlu memakai aerator dalam wadah atau akuariumnya. 

Baca Juga : 20+ Jenis Ikan Cupang Cantik beserta Ciri-Ciri dan Gambarnya

Jadi, apabila Anda ingin membersihkan wadahnya, maka ikan cupang harus dipindahkan di wadah yang lain. Untuk menguras atau membersihkan air, dianjurkan untuk menggantinya setiap tiga kali sehari atau maksimal seminggu sekali.

4. Pindahkan Ikan Cupang Tanpa Menyentuhnya

Saat Anda akan membersihkan wadah ikan cupang, pastinya ikan cupang tersebut harus dipindahkan ke wadah yang lain dulu.

Nah, saat memindahkan, usahakan jangan menyentuh ikan cupang secara langsung. Hal ini dikarenakan ikan cupang mudah terluka atau bagian sirip dan ekornya akan rusak.

Pindahkan ikan cupang dengan air, untuk mengurangi risiko robek atau patahnya pada sirip dan ekor cupang. Tidak dianjurkan untuk memindahkan cupang secara manual atau dengan jaring.  

4. Proses Pemberian Pakan

Ikan cupang bisa Anda beri pakan dengan kutu air, cacing sutra, pelet kecil, dan pakan cupang yang lainnya. 

Baca Juga : 8+ Jenis Makanan Ikan Cupang agar Warnanya Cerah dan Bagus

Untuk aturan pakannya cukup diberi sekali dalam sehari dan beri dia makan ikan cupang secara bertahap. Hal yang perlu diperhatikan yaitu jangan memberi pakan terlalu banyak, karena sisa makanan dapat mencemari akuarium dan menyebabkan penyakit

5. Berikan Daun Ketapang sebagai Antibiotik

Selain diberi pakan yang sehat, ikan cupang juga harus diberi daun katapang. Hal ini akan berguna sebagai antibiotik alami yang cocok untuk mengobati luka pada ikan cupang, seperti ekor patah atau robek. Daun ketapang ini juga dapat menstabilkan pH air dalam wadah.

7. Sesekali Jemur Ikan Cupang 

Selain memberinya daun ketapang sebagai antibiotik, ikan cupang juga harus dijemur sesekali di bawah sinar matahari. Hal ini bertujuan untuk membunuh bakteri dan jamur, baik yang terdapat dalam ikan cupang maupun di akuarium.  

Untuk waktu penjemuran ikan cupang paling baik yaitu antara jam 8.00-10.00 dengan durasi sekitar 30 menit dan dilakukan seminggu sekali. Selain membunuh bakteri, penjemuran ini juga dapat membuat cupang lebih segar dan mencegah stres.  

8. Beri Garam Khusus Ikan Hias di Dalam Air

Seperti yang dilansir dari laman popmia,  pemberian garam khusus untuk ikan hias bertujuan untuk menyeimbangkan osmosis dalam tubuh ikan cupang. Selain itu, garam ini juga bisa membantu menyembuhkan luka dan menstabilkan metabolisme ikan cupang.

Ingat, jangan menyemprot terlalu banyak! Anda hanya perlu menambahkan 0,1% garam ke seluruh air dalam wadah atau akuarium.

9. Beri Metil Biru Apabila Ekor atau Sirip Ikan Cupang Patah

Kerusakan pada sirip atau ekor ikan cupang, baik robek atau patah pasti akan membuat kita panik!  Tenang saja, Anda dapat membantu penyembuhan dan memperbaiki ekor atau sirip ikan cupang yang rusak.

Caranya yaitu dengan memberi metil biru pada air di akuarium. Dengan ini ikan cupang Anda bisa pulih lebih cepat, bahkan dalam waktu kurang dari seminggu. Namun, tergantung tingkat kerusakannya juga ya!

10. Cara Merawat Ikan Cupang yang Lemah dan Sakit

Ikan cupang yang lemas bisa menjadi pertanda bahwa Ia sedang sakit. Untuk cara merawat ikan cupang yang sakit, Anda bisa meletakkan beberapa tetes metil biru, garam ikan hias, obat tetraklorida dan jumlah lemak yang sesuai ke dalam air akuarium. (popmia.com)

Kemudian Anda bisa mengaduknya hingga tercampur rata. Baru kemudian Anda bisa masukkan ikan cupang ke dalam air yang mengandung obat di tersebut.

Itulah Cara Merawat Ikan Cupang Agar Cepat Besar dan Tidak Mati

Demikian ulasan mengenai cara merawat ikan cupang supaya tetap sehat dan tidak cepat mati. Semoga ulasan di atas bisa menjadi referensi bagi Anda yang baru memelihara ikan cupang. Selamat mencoba!

Belum ada Komentar untuk "Cara Merawat Ikan Cupang Agar Cepat Besar & Warnanya Bagus "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel