Cara Membedakan Ikan Cupang Jantan dan Betina [100% Akurat]

Bagaimana cara membedakan ikan cupang jantan dan betina? Yuk simak ulasan lengkap mengenai cara membedakan ikan cupang jantan dan betina di bawah ini!

Cara membedakan ikan cupang jantan dan betina menjadi salah satu hal yang wajib Anda ketahui, khususnya bagi para peternak ikan cupang. Agar bisa berkembang biak, maka di dalam akuarium harus terdapat ikan cupang jantan dan betina.

Seperti yang kita ketahui, bahwa ikan yang hidup berkelompok di rawa, danau, dan sungai yang tenang, kini populer di kalangan manusia sebagai ikan hias. Selain karena keindahannya, ikan ini juga mempunyai daya tahan untuk hidup di lingkungan perairan yang kekurangan oksigen.  

Jadi Anda bisa memelihara ikan cupang di dalam toples kecil tanpa menggunakan aerator. Kemampuan tersebut didapat karena ikan cupang memiliki rongga labirin seperti paru-paru manusia.

Cara Membedakan Ikan Cupang Jantan dan Betina [100% Akurat]
Gambar Via : kompasiana


Begini! Cara Mudah Membedakan Ikan Cupang Jantan dan Betina

Cara membedakan ikan cupang jantan dan betina dapat dilihat dari ciri fisik tubuhnya, seperti warna, sirip, dan lainnya. Selain itu, di alam bebas ikan cupang jantan lebih agresif daripada betina. 

Namun, Untuk mengetahui jantan dan betinanya, Anda harus menunggu ikan cupang berkembang. Hal ini dikarenakan, ikan cupang terlihat sangat mirip saat muda. Sehingga ciri seksual tubuh ikan belum cukup berkembang di masa muda.

Dilansir dari laman liputan6 dan sumber referensi lainnya, berikut ulasan mengenai cara membedakan ikan cupang jantan dan betina :

Cara Membedakan Ikan Cupang Jantan dan Betina Dilihat dari Bentuk Fisiknya


1. Perhatikan Ukuran dan Bentuk Siripnya

Cara sederhana untuk membedakan ikan cupang jantan dan betina yaitu dengan memperhatikan bentuk dan ukuran siripny. Pada umum, ikan cupang jantan memiliki sirip perut, punggung, dan ekor yang berukuran 2-3 kali lebih panjang dari badan.

Baca Juga : 20+ Jenis Ikan Cupang Cantik beserta Ciri-Ciri dan Gambarnya

Sedangkan ikan cupang betina memiliki sirip yang lebih pendek. Panggul ikan cupang betina berbentuk sisir. Selain lebih panjang, panggul panggul pria juga lebih tebal. dasar panggul wanita Bette.

2. Cari Noda Telur

Cara paling mudah dan akurat untuk membedakan ikan cupang jantan dan betina yaitu dengan melihat noda telur. Pada cupang betina terdapat titik putih kecil di bagian bawah tubuh betina. Sedangkan cupang jantan tidak memilikinya.

 Titik putih ini terlihat seperti sebutir garam. Letaknya di pinggir panggul dekat kepala ikan cupang.  

3. Perhatikan Warnanya

Dengan memperhatikan warnanya, kita juga bisa membedakan antara ikan cupang jantan dan betina. Warna ikan cupang jantan umumnya lebih terang daripada beta betina. Untuk ikan cupang betina memiliki warna kusam terutama pada bagian tubuhnya.

Baca Juga :  8+ Jenis Makanan Ikan Cupang agar Warnanya Cerah dan Bagus

Namun, biasanya warna tubuh ikan cupang bisa berubah tergantung tingkat stres ikan. Untuk ikan betina yang stress, biasanya memiliki warna yang lebih terang daripada ikan yang tidak stres.

4. Perhatikan Bentuk Tubuh

Cara selanjutnya untuk membedakan ikan cupang jantan dan betina yaitu dengan mengamati bentuk tubuhnya. Pada umumnya, cupang jantan memiliki tubuh yang cenderung lebih tipis dan lebih panjang, sedangkan ukuran tubuh cupang betina cenderung lebih pendek dan lebih tebal.

Namun, Anda jangan terlalu cepat menyimpulkan karena indikator ini memang belum terlalu jelas. Untuk mengamati bentuk cupang jantan, Anda perlu memperhatikan dengan seksama dengan ikan jantan lainnya. Biasanya sebagai perbandingan, ikan cupang betina terlihat gemuk dan jantan pendek.

5. Lihat Dagunya

Ikan cupang jantan dan betina memiliki dagu di bawah insang yang warnanya berbeda dengan warna tubuhnya. Dengan memperhatikan dagu juga bisa menjadi cara untuk membedakan ikan cupang jantan dan betina. Untuk dagu biasanya mempunyai warna coklat atau hitam. 

Beta jantan memiliki janggut yang lebih besar dari betina. Untuk dagu ikan cupang betina biasanya hanya terlihat jika insangnya tertutup. Sedangkan ikan jantan tetap terlihat walaupun insangnya terbuka.

6. Perhatikan Garis Vertikal Tubuh Ikan Cupang

Dengan memperhatikan garis vertikan pada tubuh cupang juga bisa menjadi cara untuk membedakan ikan cupang jantan dan betina. 

Untuk tubuh ikan cupang betina memiliki pola vertikal saat siap kawin, sedangkan Bette jantan tidak.  Dan ikan cupang betina akan siap kawin biasanya berumur 3-4 bulan.

7. Daya Jelajah

Seperti yang sudah disinggung di atas, pergerakan ikan cupang jantan lebih agresif.  Sehingga daya jelajahnya pun juga luas. Jadi saat berada di akuarium, cupang jantan tampak lebih aktif dan sering menjelajahi sisi akuarium.

Baca Juga : Cara Merawat Ikan Cupang Agar Cepat Besar & Warnanya Bagus

Sedangkan untuk cupang betina umumnya cenderung kurang agresif. Jadi jika ikan cupang betina berada di akuarium, biasanya tidak terlalu lincah dan cepat dalam bergerak.

Ciri-Ciri Ikan Cupang Jantan dan Ikan Cupang Betina

Setelah mengetahui cara membedakan ikan cupang jantan dan betina, penting bagi Anda untuk mengetahui ciri-ciri dari ikan cupang jantan dan betina. Sehingga lebih paham lagi dalam membedakanya. Berikut ciri-cirinya :

Ciri-Ciri Fisik Ikan Cupang Jantan

  • Pergerakan ikan cupang jantan lebih agresif atau lincah
  • Ikan cupang jantan memiliki ukuran sirip dan ekor yang lebih lebar dan panjang
  • Ikan cupang jantan memiliki tubuh yang lebih kecil dari betinanya 
  • Ikan cupang jantan memiliki warna yang lebih terang dibanding betina
  • Apabila diperhatikan bagian tubuhnya, cupang jantan tidak memiliki garis vertikal, berbeda dengan cupang betina
  • Ikan cupang jantan biasanya suka menciptakan gelembung untuk melindungi telur, sedangkan cupang betina tidak.

Ciri-Ciri Fisik Ikan Cupang Betina

  • Ikan cupang betina memiliki tubuh yang kuat, sebagian besar tahan lama dan tidak panjang
  • Jika diperhatikan bagian sirip perut cupang betina, biasanya terdapat bintik putih atau telur
  • Cupang betina bergerak lebih lambat dan tidak seagresif cupang jantan
  • Cupang betina memiliki ukuran ekor dan sirip yang lebih kecil dan lebih pendek
  • Ikan cupang betina biasanya tidak berwarna terlalu cerah
  • Ikan cupang betina memiliki garis vertikal pada tubuhnya
  • Cupang betina tidak membuat gelembung 

Itulah Cara Membedakan Ikan Cupang Jantan dan Betina dengan Mudah dan Akurat

Demikian ulasan mengenai cara membedakan ikan cupang jantan dan betina dengan mudah dan akurat. Semoga ulasan di atas bisa bermnfaat bagi Anda yang masih bingung cara membedakan ikan cupang jantan dan betina. Sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membedakan Ikan Cupang Jantan dan Betina [100% Akurat]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel