Perbedaan Ikan Cupang Hias dan Aduan yang Mudah Dikenali

Perbedaan ikan cupang hias dan ikan cupang aduan memang terlihat cukup jelas dari bentuk fisiknya, baik ukuran, warna, dan lainnya. Lalu apa saja perbedaan ikan cupang hias dan aduan? Simak ulasannya di bawah ini!

Ikan cupang atau nama latinnya Betta SP termasuk dalam golongan ikan air tawar. Dengan bentuknya yang mungil dengan warna yang indah, sehingga ikan ini mulai banyak penggemarnya.

Seperti yang kita ketahui, bahwa ikan cupang tidak hanya dijadikan hiasan. Namun terdapat sebagian orang yang menjadikanya sebagai hiburan, yaitu dengan mengadunya.

Perbedaan Ikan Cupang Hias dan Aduan yang Mudah Dikenali
Gambar Via : artorlife


Inilah Perbedaan Ikan Cupang Hias dan Aduan

Selain bentuk dan karakternya yang unik dan mampu bertahan hidup dalam lingkungan yang minim oksigen. Ikan cupang juga agresif dalam mempertahankan wilayahnya. Sehingga ada sebagain orang yang memanfaatkan keagresifannya untuk diadu satu sama lain.

Oleh karena itu, ikan cupang biasanya terbagi dalam dua kelompok, yaitu ikan hias dan ikan cupang aduan. Nah, seperti apa perbedaan dan ciri-ciri ikan cupang hias dan aduan? Berikut ulasannya :

Ciri-Ciri Ikan Cupang Hias dan Ikan Cupang Aduan


1. Ciri-Ciri Ikan Cupang Hias

  • Ikan cupang hias biasanya memiliki ukuran ekor dan sirip yang lebar dan panjang. Selain itu, struktur tulang sirip dan ekor menunjukkan bentuk yang khas.
  • Kecantikannya lah menyebabkan ikan ini banyak dipelihara, ikan cupang hias juga memiliki warna yang terang pada tubuhnya (tidak kusam). Selain itu, terdapat juga kombinasi warna yang pastinya indah dan menarik.
  • Ikan cupang hias biasanya bergerak dengan sangat halus dan kibasan sirip serta ekornya menggambarkan keanggunan.
  • Saat mereka melihat musuh atau sedang bercumbu, sirip dan ekor berkembang sepenuhnya dan menunjukkan bentuk khasnya sendiri.

2. Ciri-Ciri Ikan Cupang Aduan

  • Seperti namanya, ikan cupang aduan ini memiliki tubuh yang terlihat kokoh. Lebar dan tinggi ikan dari leher hingga ekor memiliki ukuran dan ketebalan yang sama. Namun, biasanya di ujung ekor terlihat sedikit lebih kecil.
  • Ikan cupang aduan memiliki gerakan yang sangat agresif. Tidak selambat seperti ikan cupang hias.
  • Apabila ikan cupang aduan ini melihat musuh, ekor dan siripnya berkembang sempurna. Hal ini menunjukkan mentalitas yang baik untuk bertarung.
  • Ikan cupang aduan memiliki bibir terlihat tebal dan kuat. Mulutnya tertutup rapat tanpa menganga.  Jika dilihat dari atas, pada bibir bawah terlihat bintikan kecil yang mencirikan gigi yang tajam.
  • Seperti yang dilansir laman alamtani, ikan cupang aduan biasanya berasal dari jenis cupang splendens, cupang imbellis, cupang mahachaides dan jenis cupang hasil persilangannya.  
Baca Juga :



Itulah Cara Membedakan Cupang Hias dan Cupang Aduan

Demikian ulasan mengenai ciri-ciri ikan cupang hias dan aduan. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat bagi Anda yang akan memilih antara cupang hias dan aduan. Sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Ikan Cupang Hias dan Aduan yang Mudah Dikenali "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel